iklan

Pengertian Session Layer Jaringan Komputer

Pengertian Session Layer Jaringan Komputer - Model Referensi Lapisan OSI ialah pemodelan sistem logis yang dipakai dalam jaringan komputer. Setiap paket data yang akan dikirim atau akan diterima oleh jaringan komputer akan melewati sistem pemodelan lapisan OSI. Ada 7 lapisan lapisan OSI yang dikenal, berikut ialah tujuh lapisannya:

Application Layer (Baca juga: Pengertian Application Layer)
Presentation Layer (Baca juga: Pengertian Presentation Layer)
Session Layer
Transport Layer (Baca juga: Pengertian Transport Layer)
Network Layer (Baca juga: Pengertian Network Layer)
Data Link Layer (Baca juga: Pengertian Data Link Layer)
Physical layer (Baca juga: Pengertian Physical Layer)

Tujuh lapisan ini harus mempunyai fungsi masing-masing, yang penting dan vital dalam koneksi jaringan komputer. Salah satu bab lapisan pada model lapisan OSI ialah lapisan Sesson. Untuk gosip perihal Session Layer, fungsi dan bagaimana Session Layer bekerja, maka kita sanggup mengerti melalui terjemahan di bawah ini. (baca juga: model layer OSI dan fungsinya)

Pengertian Session Layer Jaringan Komputer

 Model Referensi Lapisan OSI ialah pemodelan sistem logis yang dipakai dalam jaringan k Pengertian Session Layer Jaringan Komputer
Pengertian Session Layer Jaringan Komputer

Lapisan jaringan komputer ialah lapisan kelima dari keseluruhan lapisan OSI dikala pengguna mendapatkan data dari jaringan, dan bertindak sebagai lapisan atau lapisan ketiga ketika harus mengirim sambungan atau paket data (berperan sebagai pemancar).

Session layer jaringan komputer itu sendiri secara teoritis ialah lapisan atau lapisan yang terdapat pada Model Referensi Lapisan OSI yang bertanggung jawab mengendalikan obrolan yang terjadi antar node. Selain itu, lapisan atau Session Layer ini ialah bab dari lapisan yang bertanggung jawab untuk pengelolaan sambungan, dan memilih bagaimana koneksi sanggup dibuat.


Fungsi Session Layer

1. Berkomunikasi di jaringan
Fungsi pertama dari Session Layer ialah untuk membangun dan berkomunikasi dalam jaringan. Kita perlu tahu bahwa salah satu hal penting yang harus kita pahami dalam sebuah jaringan ialah komunikasi. Tanpa komunikasi, sidik jari tentu saja tidak akan bekerja dan berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh alasannya itu, Session Layer merupakan bab dari lapisan OSI yang membantu jaringan berkomunikasi, sehingga jaringan sanggup bekerja dengan baik dan juga optimal sesuai dengan tujuan utama pembuatan jaringan.

2. Pembentukan hubungan
Begitu komunikasi di jaringan mulai terbentuk, maka Session Layer berikutnya akan bertindak sebagai pembentuk sebuah hubungan. Pembangun kekerabatan ini ditentukan oleh tipe komunikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Saat menciptakan koneksi ini, node akan membentuk koneksi jaringan, dan kemudian menyetujui peraturan komunikasi yang ada dikala mendefinisikan komunikasi (fungsi Session Layer pertama).

3. Transfer dan pertukaran data
Fungsi selanjutnya dari session layer ialah memproses transfer data. Transfer data yang terjadi pada sesi layer ini ialah kondisi dimana tersedia node yang dipakai untuk melaksanakan proses obrolan dalam hal pertukaran data.

4. Pemutusan dalam jaringan
Session layer juga merupakan lapisan yang mempunyai eran dalam hal terputusnya komunikasi dan juga koneksi. Saat kita mengalami duduk perkara dikala menghubungkan koneksi yang terputus, ada kemungkinan terjadi kesalahan pada konfigurasi pada Session Layer di dalam jari.

Jenis Komunikasi Session Layer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layer layer layer pada jaringan model OSI membutuhkan komunikasi semoga sanggup proses dan fungsinya. Ada tiga tipe komunikasi yang dipakai pada session layer. Berikut ini ialah 3 jenis komunikasi yang dilakukan atau sanggup dibangun oleh session layer:

1. Simplex
Sesuai dengan namanya, simpleks ialah bentuk komunikasi yang sederhana dan sederhana. Bentuk komunikasi ini ialah bentuk komunikasi dimana data berjalan dalam arah yang sama, sehingga tidak ada kekerabatan timbal balik antara komunikasi yang terjadi.

2. Half duplex
Half-duplex tentu saja berbeda dengan model komunikasi simpleks. Jika simpleks ialah bentuk komunikasi satu arah, maka half-duplex ialah bentuk komunikasi dua arah, yang berarti mempunyai kekerabatan timbal balik antara dua jaringan komunikasi.

Half-duplex senidri mengacu pada sistem komunikasi dupleks, namun proses timbal balik mempunyai sifat yang terbatas, dan hanya sanggup dilakukan secara bergantian. Misalnya, ketika A ingin mengirim pesan ke B, maka B harus menunggu pesan A terlebih dahulu, kemudian sanggup membalas pesan A, dan sebaliknya.

3. Full-duplex
Full-duplex ialah bentuk komunikasi yang lebih rumit namun lebih efisien. Berbeda dengan half - duplex yang memakan waktu tertentu dan dilakukan secara bergantian, maka full - duplex ialah bentuk komunikasi dua arah, yang sanggup dilakukan bersamaan, jadi tidak perlu menunggu satu pihak untuk berkomunikasi.

Misalnya ketika A ingin mengirim pesan ke B, maka B juga sanggup eksklusif mengirim pesan ke A tanpa harus menunggu pesan dari A hingga yang pertama.

Bila bentuk komunikasi ini didefinisikan oleh Session Layer, yang memungkinkan koneksi koneksi sanggup saling terhubung satu sama lain. (baca juga: memahami komunikasi data full duplex)


Penggunaan Session Layer

Jika pada beberapa lapisan OSI sebelumnya, terkait dekat dengan perangkat keras tertentu, menyerupai lapisan tautan yang terkait dengan bridge dan switch, dan lapisan jaringan yang terkait dekat dengan router, lapisan Session Layer dalam model OSI tidak terkait dengan perangkat keras komputer, tapi dengan perangkat lunak.

Sebagian besar lapisan Session Layer ini bekerja pada perangkat lunak yang mempunyai fungsi pengelolaan data, salah satunya ialah SQL. Dengan memakai software SQL ini, maka session layer sanggup bekerja dalam membangun komunikasi dengan jaringan, sehingga terbangunlah suatu koneksi jaringan tertentu. Selain itu, sistem operasi komputer juga mempunyai tugas penting dalam proses yang terjadi di lapisan lapisan ini.

Lapisan lapisan lapisan ini juga mempunyai protokol tertentu dalam bekerja. Berikut ialah beberapa protokol yang membantu dan mengelola fungsionalitas lapisan Session Layer:

Protokol Session Layer ISO-SP: OSI
PPTP: Protokol Tunneling Point-to-Point
RPC: Remote Procedure Call Protocol
RTCP: Protokol Pengontrolan Real-time Transport

Itulah beberapa klarifikasi dari session layer yang merupakan lapisan pada model sistem OSI yang dibangun untuk menjalin koneksi dan memutus koneksi dalam jaringan.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Session Layer Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel