iklan

Pengertian Dan Rujukan Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya

Akuntansilengkap.com Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya | Pasar persaingan monopolistik ialah suatu pasar yang terdapat bentuk interaksi antara seruan dan penawaran dan terdapat sejumlah besar penjual yang menunjukkan barang yang serupa tapi tak sama, dikarenakan setiap perusahaan mempunyai ciri khas tersendiri.

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik

Definisi pasar persaingan monopolistik ialah suatu pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda coraknya. Di sini, baik penjual maupun pembeli mempunyai kemampuan untuk menetapkan harga satu produk. Dikarenakan produsen memproduksi barang yang berbeda corak, maka produsen tersebut bisa menghasilkan atau membuat produk sesuai dengan seruan pasar.

Pasar persaingan monopolistik pada hakikatnya berada berada di antara pasar yang ekstrim yaitu pasar persaingan tepat dan pasar monopoli. Sehingga sifatnya mengandung unsur pasar persaingan tepat dan monopoli.

Bentuk pasar monopolistik diperkenalkan oleh Edward Chamberlin dan Joan Violet Robinson seorang ekonom Amerika Serikat pada 1930-an. Sebab dibentuknya ialah lantaran ketidakpuasan terhadap model pasar persaingan tepat yang dianggapnya kurang realistis misalnya ihwal ciri adanya barang yang homogen.

Kebanyakan perusahaan pada umumnya jikalau dilihat dari struktur pasar, termasuk dalam kategori pasar persaingan monopolistik.

Pasar persaingan monopolistik mirip pasar persaingan tepat dalam beberapa hal. Namun, ada beberapa ciri atau karakteristik fundamental yang membedakannya.

Baca juga:

  1.  Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri Dan Contohnya Serta Kelebihan Dan Kekurangan
  2. Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya

Berikut ialah beberapa ciri atau karakteristik pasar persaingan monopolistik, yaitu:

  1. Terdapat Banyak penjual, Walaupun tidak Sebanyak pada Persaingan Sempurna

Pada pasar persaingan monopolistik tidak ada satupun produsen yang mempunyai skala produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.

  1. Barang yang Diperjualbelikan Terdiferensiasi (memiliki perbedaan corak)

Hal ini yang membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna, dikala barang yang dihasilkan oleh satu produsen sanggup dibedakan dengan produsen lainnya. Meskipun jenis barang cenderung sama, biasanya tetap bisa dibedakan dari kemasan atau kualitasnya dan bahkan cara pembeliannya.

Perbedaan-perbedaan ini mengakibatkan barang yang diproduksi dalam pasar persaingan monopolistik bersifat pengganti yang bersahabat (close substitute) dan bukan bersifat pengganti tepat mirip dalam pasar persaingan sempurna.

  1. Adanya Kemampuan Penjual untuk Memengaruhi Harga

Produsen pada pasar persaingan monopolistik mempunyai kuasa untuk memengaruhi harga meskipun tidak sekuat mirip dalam pasar monopoli.

Kemampuan ini bisa dilihat dari upaya produsen guna mempertahankan keistimewaan dari produk yang dihasilkan. Contohnya pada industri deterjen, produk A lebih populer dengan kelembutannya sedangkan produk B populer dengan keharumannya.

  1. Penjual Praktis Keluar Masuk Pasar

Perusahaan lain gampang keluar masuk pasar dengan syarat mempunyai kemampuan untuk membuat produk dengan corak yang berbeda dan lebih menarik dari produk sebelumnya.

  1. Terdapat Kegiatan Promosi

Terdapat acara promosi sanggup memengaruhi gambaran masyarakat terhadap produk yang dihasilkan perusahaan, lantaran dalam pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah satu-satunya faktor yang bisa memengaruhi konsumen.

Suatu perusahaan mungkin sanggup menjual barangnya dengan harga relatif tinggi, tetapi masih sanggup menarik banyak pembeli.

Sebaliknya suatu perusahaan lain mungkin harga barang yang ditawarkan rendah tetapi tidak banyak menarik pembeli. Hal ini disebabkan oleh barang yang bersifat berbeda corak yang menjadikan daya tarik yang berbeda pula kepada para pembeli.

Maka para produsen dalam menghipnotis cita rasa pembeli diantaranya melaksanakan persaingan mirip memperbaiki mutu dan desain, iklan, mengatakan syarat penjualan yang menarik, dan sebagainya.

Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik

Berikut ini kelebihan pasar persaingan monopolistik.

  1. Menghasilkan Barang Berbeda Corak

Kondisi ini menguntungkan konsumen dikarenakan, mereka bisa menentukan produk barang yang sesuai dengan selera dan kemampuannya sehingga sanggup meningkatkan kesejahteraan mereka.

  1. Distribusi Pendapatan dalam Masyarakat Lebih Merata

Keuntungan produsen yang terbentuk atas perusahaan- perusahaan kecil bersifat normal, maka pemilik modal tidak mempunyai kekayaan yang berlebih. Disamping itu kesempatan kerja yang diciptakan lebih besar.

Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik

Selain kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, pasar persaingan

monopolistik juga mempunyai beberapa kelemahan mirip berikut ini.

  1. Operasinya tidak Seefisien Pasar Persaingan Sempurna

Hal ini dikarenakan harga lebih tinggi, kuantitas produksi lebih rendah dan tidak tercapai efisiensi baik produktif maupun alokatif.

  1. Perusahaan tidak mempunyai inisiatif untuk Melakukan Inovasi

Modal yang lebih terbatas, pasar yang terbatas, dan kecenderungan untuk memperoleh laba dalam jangka panjang menghalangi produsen (perusahaan) untuk membuat inovasi.

Contoh Pasar Monopolistik

Di dalam pasar monopolistik terdapat diferensiasi produk, sehingga pembeli mempunyai kebebasan menentukan produk yang disukai. Pada umumnya pembeli tidak gampang untuk pindah ke produk lain, meski ada produk gres yang muncul di pasar.

Contohnya, anggaplah kalian menyukai produk lagu dangdut dan mengoleksi semua lagu-lagu dangdut tersebut dalam bentuk kaset maupun CD, mustahil kalian membeli kaset dan CD lagulagu rock, walau itu banyak bermunculan lagu-lagu rock gres maupun lagu-lagu pop baru.

Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya
Kaset/CD ialah barang yang dijual di pasar persaingan monopolistik

Itulah tadi penjelasan Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik.  Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂 Like and share yaa ! 

Kunjungi juga artikel lainnya

  1. [Lengkap] Pengertian Mudharabah, Syarat, Rukun Dan Contohnya
  2. [3 Bahasan] Macam Macam Pajak di Indonesia dan Penjelasannya
  3. [Lengkap] 24 Objek Pajak Penghasilan PPh dan Contohnya
  4. 10 Alat dan Cara Pembayaran Internasional (Tunai, Open Account) dan Lainnya
  5. [Terbaru] Pengertian Letter of Credit (L/C) + Dokumen, Proses dan Jenisnya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Rujukan Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel