iklan

Ciri-Ciri Dongeng Rakyat Beserta Pengertian, Dan Jenis-Jenisnya

Ciri-ciri Cerita Rakyat – Terdapat berbagai dongeng yang mengisahkan perihal suatu insiden baik yang sudah terjadi atau bahkan yang kelak akan terjadi. Cerita-cerita yang sudah terjadi tersebut umumnya mempunyai keunikan tersendiri dan berbeda di tiap-tiap negara.


Cerita itulah yang sering disebut sebagai dongeng rakyat yang sarat akan makna dan nasihat yang berada di dalam alur dan simpulan kisahnya. Lalu, apa sesungguhnya pengertian dongeng rakyat? Apakah ada ciri-ciri di dalamnya yang membedakannya dengan jenis dongeng lain? Berikut pembahasannya. Cekidot!



Pengertian Cerita Rakyat


http://www.kachwanya.com/

Cerita rakyat merupakan dongeng yang berasal dan berkembang dari masyarakat pada masa lampau dan menjadi ciri khas tiap-tiap bangsa yang mempunyai budaya yang beranake ragam melingkupi kekayaan budaya serta sejarah yang dimiliki oleh tiap bangsa.


Umumnya, dongeng rakyat mengisahkan sebuah insiden di suatu tempat atau asal muasal sebuah tempat. Tokoh yang dimunculkan biasanya diwujudkan ke dalam bentuk binatang, insan biasa, atau bahkan dewa-dewi tergantung dari budaya suatu bangsa.


Cerita rakyat sering juga disebut folklore. Menurut Balai Bahasa, kata folklore berasal dari kata folk dan lore. Folk bermakna rakyat/kelompok/bangsa yang mempunyai suatu ciri pengenal fisik sosial serta kebudayaan. Lore berarti moral atau khazanah pengetahuan yang diwariskan secara bebuyutan baik lewat kata, contoh, atau perbuatan.


Secara umum folklore sanggup diberi makna yaitu bab sebuah kebudayaan yang tersebar, berkembang, dan diadatkan secara bebuyutan dari generasi ke generasi secara lisan serta perbuatan.


Ciri-ciri Cerita Rakyat


http://coastarts.co.uk/

Berdasarkan pengertian dongeng rakyat yang sudah dibahas sebelumnya, maka kita sanggup menyimpulkan secara sederhana ciri-ciri dari dongeng rakyat, yakni sebagai berikut:



  1. Disampaikan secara turun-temurun,

  2. Tak diketahui secara niscaya siapa yang pertama kali membuatnya,

  3. Kaya akan nilai-nilai luhur,

  4. Bersifat tradisional,

  5. Mempunyai banyak versi dan variasi,

  6. Memiliki bentuk-bentuk yang klise baik dalam susunan atau dalam cara pengungkapkannya,

  7. Bersifat anonim, maksudnya tak ada nama pengarangnya,

  8. Cerita rakyat disampaikan secara lisan.

  9. Tersebar dan berkembang dari lisan ke mulut.


Jenis-jenis Cerita Rakyat


emaze.com

Berikut yaitu jenis-jenis dongeng rakyat antara lain:


Fabel


Fabel yakni jenis dongeng rakyat dimana pelaku atau tokoh di dalam dongeng berwujud hewan. Contoh: dongeng Kancil dan Buaya.


Legenda


Legenda yaitu dongeng rakyat yang mengisahkan asal muasal suatu nama tempat atau tempat tertentu. Contoh: dongeng legenda danau Toba, asal-usul nama Surabaya, legenda Malin Kundang.


Mitos


Mitos ialah dongeng rakyat yang mengisahkan kehidupan para dewa-dewi. Contoh: Kisah Jaka Tarub


Sage


Sage yaitu jenis dongeng rakyat yang mengisahkan perihal kepahlawanan seseorang. Contoh: Si Pitung



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Dongeng Rakyat Beserta Pengertian, Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel