iklan

Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini

Cara ternak ikan gurame – Budidaya gurame atau ternak ikan gurame merupakan suatu perjuangan yang sangat menjanjikan, pasaran atau harga relatif stabil bahkan berangsur meningkat. Sedangkan pasokan gurame yang ada sampai ketika ini sangat belum sanggup tercukupi. Sebab sampai ketika ini pembudidaya ikan gurame atau petani gurame masih sangat minim. Disisi lain kebutuhan ikan gurame terus meningkat seiring harga yang terus naik.


Apabila Anda yaitu seorang yang ingin melaksanakan budidayakan ikan gurame namun terbatas akan lahan, Anda sanggup membudidayakan ikan ini dengan memakai kolam terpal. Cara ternak ikan gurame dengan memakai kolam terpal, Anda sanggup menciptakan kolam gurame dimana saja dan secara fleksibel pada lahan yang Anda miliki. Misal, di pekarangan rumah, lahan persawahan dan sebagainya.


 Budidaya gurame atau ternak ikan gurame merupakan suatu perjuangan yang sangat menjanjikan Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini
Cara ternak ikan gurame kolam terpal 

Dalam cara ternak ikan gurame kalau kolam yang Anda miliki tidak besar sebaiknya jangan diberikan bibit gurame dalam jumlah besar. Apabila dipaksakan maka akan pertumbuhan ikan gurame akan terhambat. Intinya dalam cara ternak ikan gurame jumlah ikan gurame harus diadaptasi dengan besarnya kolam. Kolam berukuran 1m2, kedalaman 90 cm sanggup Anda isi ikan gurame sebanyak 10 ekor dengan bobot 2,5 ons.


Cara Ternak Ikan Gurame Kolam Terpal


Cara ternak ikan gurameh yang baik hendaknya memperhatikan pemilihan benih. Pemilihan benih gurame yang baik sangat penting, alasannya dengan benih yang baik maka pertumbuhan ikan gurame akan maksimal.


Persiapan kolam terpal :


Cara ternak ikan gurame sanggup dilakukan memakai dua model kolam terpal yaitu:



  • Menggali tanah dengan kedalaman 90 cm, selanjutnya pasanglah terpal pada galian tersebut.

  • Membuat kolam terpal tanpa menggali tanah. Artinya menciptakan kolam terpal diatas permukaan tanah. Hal ini dilakukan dengan memakai kerangka dari besi maupun kayu. Kemudian terpal dirangkai berbentuk ibarat bak, sehingga beban terpal tidak terlalu berat ketika diberi air.


Cara ternak ikan gurame kolam model yang kedua memudahkan Anda dalam melaksanakan penggantian serta pencucian kolam. Selain itu, Anda juga lebih dimudahkan dalam membersihkan kotoran dalam kolam. Kotoran dari ikan gurame harus dibuang atau dikeluarkan dari kolam agar kebersihan dan kualitas air tetap terjaga.


Pendederan atau Pemijahan Ikan Gurame :


Setelah pembuatan kolam selesai, langkah berikutnya dalam cara ternak ikan gurame yaitu mengisi kolam dengan benih ikan gurame. Pastikan kolam bebas dari penyakit dan zat-zat berbahaya sebelum benih ikan gurame dimasukan ke kolam. Terpal juga mempunyai kandungan zat kimia didalam pewarnanya. Oleh alasannya itu sebelum dipasang maka sebaiknya Anda mencucinya sampai bersih. Untuk membunuh patogen di dalam air sanggup dengan cara menaburkan garam sebanyak 2 ons/m3. Pastikan bibit gurame yang hendak dibudidayakan terbebas dari penyakit gurame. Apabila terdapat gurame yang terjangkit penyakit, sebaiknya dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukan ke kolam.


Sebelum penebaran benih dilakukan dalam cara ternak ikan gurame, sebaiknya benih tersebut di adaptasikan. Hal ini bertujuan untuk menghindari stres pada benih ikan gurame pasca pemindahan. Cara pengadaptasiannya yaitu sebagai berikut: benih ikan gurame yang masih dalam plastik dimasukkan kedalam kolam beserta plastiknya yang terbungkus rapat tersebut. Tujuanya yaitu agar suhu air kolam sama dengan suhu air pada plastik bungkusnya.


Biarkan sampai dinding plastik benih gurame tersebut mengembun, itu berarti suhu air sudah sama. Buka plastik kemudian masukan ke kolam secara perlahan dan bertahap sampai benih terlihar sehat dan dalam keadan baik. Setelah itu benih gurame dilepaskan dengan perlahan.


Pemberian Pakan


Pada dasarnya ikan gurame termasuk binatang herbivora yaitu jenis ikan pemakan tumbuhan. Namun pada ukuran benih, ikan ini bersifat karnivora. Jenis pakan yang diberikan ketika ikan gurame masih benih berupa kutu air (daphnia) dan cacing sutra. Ikan gurame akan mempunyai sifat herbivora ketika ikan tersebut dewasa.


Pakan pokok gurame ialah pelet. Pelet sanggup Anda atur gizinya, namun di tempat yang cenderung sulit untuk mendapat pasokan pelet maka daun-daunan yaitu pakan alternatif terbaik untuk gurame. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari memakai pelet yang mempunyai kandungan protein 25% sampai 30%. Frekuensi kontribusi pakan yang baik yaitu dengan frekuensi yang banyak, namun sedikit jumlahnya, daripada dengan frekuensi yang sedikit namun jumlahnya banyak.


Anda sanggup memperlihatkan pakan berupa daun dan sayuran sebagai pakan tambahan. Sayuran dan daun-daunan sangat baik bagi kesehatan dan juga pada masa pertumbuhan ikan gurame. Adapun beberapa jenis dedaunan yang baik bagi ikan gurame yaitu sebagai berikut:



  • Daun keladi/ daun talas

  • Daun sente

  • Daun kangkung

  • Daun singkong

  • Daun ubi jalar

  • Daun pepaya

  • Tauge/ kecambah (tauge bibit padi muda, tauge kacang merah, tauge kacang hijau.


Dan pakan lainya yang membantu dalam pertumbuhan ikan gurame diantaranya sebagai berikut:



  • Labu

  • Bungkil kacang

  • Ampas tahu

  • Jagung rebus

  • Dedak

  • Pakan buatan (pelet)


Cara ternak ikan gurame dengan kontribusi pakan secara teratur dan berkualitas dan dengan kuantitas yang tinggi maka tingkat pertumbuhan ikan gurame sanggup lebih cepat.


Pada budidaya ikan gurame memakai kolam terpal ini, hal yang perlu dihindari yaitu kontribusi pakan yang berlebihan. Sebab, masakan yang tersisa dalam kolam mengandung amoniak dan dalam jumlah tertentu akan bersifat racun bagi ikan gurame.


Selain jumlah pakan yang teratur, hal yang perlu diperhatikan ialah  kualitas air. Meskipun ikan gurame cukup tahan dengan kualitas air yang kurang baik, tetapi air dalam kolam perlu dibersihkan dan diganti sebanyak 30% secara periodik. Umumnya penggantian dilakukan seminggu sekali dengan melaksanakan shift pond. Air disedot memakai pompa atau selang, dan kotoran akan keluar melalui selang tersebut, sesudah itu diganti dengan air baru.


 Budidaya gurame atau ternak ikan gurame merupakan suatu perjuangan yang sangat menjanjikan Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini
Pembuatan kolam terpal gurame, Cara ternak ikan gurame

Cara ternak ikan gurame akan lebih baik kalau kolam diberikan airator atau filter agar kadar oksigen tetap terjaga dan berfungsi untuk menjaga kebersihan air secara automatis. Untuk pendederan selanjutnya dalam cara ternak ikan gurame, bersihkan kolam dari lumut dan kotoran sampai bersih. Kemudian di cat memakai kapur  terus dikeringkan. Hari berikutnya isi air dengan kedalaman 30-40 cm. Berikan probiotik penumbuh plankton. Hal ini dilakukan lantaran masakan gurame secara umum dikuasai didapat dari masakan buatan atau pakan tambahan.


artikel terkait gurame: Cara Budidaya Ikan Gurame Lengkap




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel