iklan

7+ Jenis Ikan Air Tawar Yang Sanggup Dikonsumsi

Jenis ikan air tawar – Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan, bukan hanya ikan air maritim saja. ternyata ikan air tawar juga mempunyai kandungan gizi yang baik, selain itu juga ikan air tawar harganya lebih hemat dari ikan air laut.


Nah, pada pembahasan kali ini akan menjelaskan beberapa jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi. Agar kalian tahu lebih dalam dari ikan tersebut, maka mari disimak dengan baik



Macam-Macam Ikan Air Tawar


1. Ikan Mujair


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

adearisandi.wordpress.com


Pembahasan mengenai jenis ikan air tawar diawali dengan ikan mujair, mungkin kalian sudah tidak gila lagi mendengar nama ikan ini. Ya, ikan mujair merupakan ikan yang habitatnya di air tawar yang di dalamnya terdapat tumbuhan eceng gondok maupun tanaman bunga teratai menyerupai sungai, muara, danau dan lain-lain. Ikan ini sering dijadikan sebagai hidangan utama masyarakat Indonesia sebab kaya akan kandungan gizi dan duri yang dimilikinya tidak terlalu banyak, jadi gampang untuk dikonsumsi.


Oh iya, apakah kau sudah tahu asal mulanya ikan mujair? ternyata ikan mujair berasal dari perairan Afrika dengan nama ilmiah yaitu Oreochromis mossambicus yang menyebar secara alami ke perairan Indonesia.


Pertama kali ikan ini ditemukan oleh seorang bapak yang berjulukan Pak Mujair di muara Sungai Serang Blitar Jawa Timur pada tahun 1939. Jadilah ikan tersebut diberi nama mujair biar mengenang sang penemu.


Ikan Mujair mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:



  • Memiliki ukuran sedang.

  • Bentuknya pipih.

  • Warnanya hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning.

  • Memiliki sirip punggung dorsal dengan 15-17 duri tajam dan 10-13 jari-jari lunak.

  • Memiliki sirip dubur dengan 9-12 jari-jari dan 3 duri.


2. Ikan Gurame


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

wikipedia.org


Jenis ikan kedua yaitu gurame, gurame merupakan ikan yang hidup di air tawar yang sangat terkenal dikonsumsi oleh masyarakat di Asia Tenggara khususnya di Indonesia dan di Asia Selatan. Di samping itu, negara-negara lain juga ada yang mengakibatkan ikan ini sebagai ikan hias di akuarium.


Awal mulanya ikan ini menyebar di perairan Jawa, Sumatera dan Kalimantan kemudian dibudidayakan oleh sebagian orang di Asia tenggara, Asia Selatan dan Australia. Ikan gurame paling menyukai hidup di sungai-sungai dan rawa dengan banyak tumbuhan. Karena kuliner utama ikan ini yaitu flora namun juga terkadang memakan serangga, ikan yang lebih kecil, udang kecil dan plankton.


Ikan yang berbentuk pipih dan juga lebar ini, banyak orang yang menyukainya sebagai hidangan hidangan sebab rasanya yang gurih dan enak serta kandungan gizi dan proteinnya sangat banyak.


3. Ikan Lele


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

banten.co


Jika tadi ihwal ikan gurame, kini beralih ke ikan lele. Mungkin nama ikan ini sudah sangat terkenal sekali di kalangan masyarakat sebab memang ikan lele sering kita jumpai di setiap warung makan kaki lima sampai restoran sebagai hidangan hidangan utama.


Ikan lele mempunyai ciri-ciri yang gampang dikenali yaitu tubuhnya licin agak pipih memanjang dan mempunyai kumis panjang dari potongan mulutnya.


Pada setiap kawasan di Indonesia mempunyai nama masing-masing dari ikan lele ini, apa sajakah itu? mari simak.


Di Kalimantan disebut ikan pintet, di Makasar diberi nama ikan keling, di Aceh berjulukan ikan seungkoh, di Sumatera Barat disebut ikan kalang, di Sulawesi disebut ikan cepi, di Jawa Tengah diberi nama ikan lindi serta nama ikan lele di banyak sekali kawasan lainnya.


Selain dikonsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan ternyata ikan lele juga mempunyai kandungan vitamin D dan asam omega 6 yang tinggi sehingga sangat menyehatkan tubuh.


4. Ikan Mas


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

kata.co.id


Jenis ikan air tawar selanjutnya yaitu ikan mas, terkenal sebagai ikan yang bernilai hemat dan sudah menyebar keseluruh kawasan di Indonesia.


Ikan mas sendiri dibagi menjadi dua yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias, namun yang akan dibahas mengenai ikan mas konsumsi.


Di Indonesia pada ketika ini terdapat 7 jenis ikan mas konsumsi yang sudah dibudidayakan yang awal mulanya hanya beberapa saja. Ikan mas mulai dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1920-an yang bibitnya dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.


Sejarah pembudidayaannya berawal di kawasan Galuh Ciamis Jawa Barat pada masa ke 19. Kemudian menyebar luas ke kawasan Jawa lainnya pada masa ke 20 sesudah dibentuknya Jawatan Perikanan Darat oleh Kementrian Pertanian. Lalu ikan ini dikembangkan di kawasan Bukittinggi Sumatera Barat pada tahun 1892 dan menyebar luas keseluruh nusantara.


Setiap kawasan mempunyai nama ikan mas masing-masing menyerupai kancra, tikeu, tombro, raja, rayo, ameh dan lain-lain.


5. Ikan Bawal


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

langgengpancing.com


Ikan bawal merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon Brazil. Bentuknya hampir menyerupai dengan ikan piranha. Ikan bawal mempunyai bentuk tubuh yang pipih dan agak bundar serta mempunyai warna kulit yang menarik menyerupai warna perak.


Ikan bawal termasuk jenis ikan carnivora (pemakan daging) namun ketika kecilnya bersifat omnivora. Ikan ini biasa hidup dengan cara bergerombolan dalam jumlah kecil. Selain itu juga ikan bawal cukup terkenal di pasar sebagai ikan konsumsi sebab harganya yang relatif murah dan tentunya bergizi.


Adapun ciri-ciri ikan bawal lainnya yaitu:



  • Memiliki lubang hidung yang besar.

  • Matanya kecil berbentuk lingkaran menyerupai cincin.

  • Memiliki gigi seri yang tajam.

  • Rahangnya pendek dan kuat.

  • Kepalanya kecil.

  • Letak mulutnya di ujung kepala agak sedikit ke atas.

  • Memiliki sirip ekor berwarna merah, potongan atas berwarna abu-abu, potongan bawah berwarna putih.


6. Ikan Patin


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

bibitkan.net


Setelah membahas mengenai ikan bawal, selanjutnya yang akan dibahas yaitu ikan patin. Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan lele, hidup dialam yang sama dan mempunyai ciri-ciri berupa kumis sebagai patilnya sama menyerupai ikan lele.


Banyak masyarakat yang mengakibatkan ikan ini banyak sekali macam olahan kuliner menyerupai sayur sup ikan patin, gulai ikan patin, sampai abon ikan patin.


Ternyata dibalik lezatnya olahan ikan ini, mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan asupan gizi tubuh, berikut beberapa manfaatnya:



  • Mencegah jantung koroner.

  • Mempercepat pertumbuhan bayi.

  • Mengurai kolesterol.

  • Membantu pembentukan otot.

  • Menjaga kesehatan tulang.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.


Selain itu juga ikan patin sangat cocok untuk lahan bisnis dengan cara membudidayakannya. Karena seruan pasar pada ikan ini cukup besar dan nilai komersialnya cukup tinggi, serta banyak masyarakat yang menyukai ikan ini.


7. Ikan Nila


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

mangmolto.blogspot.com


Ikan nila merupakan sejenis ikan air tawar yang berasal dari belahan Afrika Timur dan kini banyak yang memelihara atau membudidayakannya di Indonesia dari semenjak tahun 1969. Ikan ini juga mempunyai nama ilmiah yaitu Oreochromis niloticus.


Ikan nila mempunyai ciri-ciri diantaranya panjang tubuhnya mencapai 30 cm, berwarna hitam, memilki sirip punggung dengan 17 duri tajam dan 15 jari-jari lunak serta mempunyai sirip dubur dengan 3 duri dan 8-11 jari-jari.


Ikan ini juga dikenal sebagai ikan jenis omnivora (pemakan flora dan daging) makanannya yaitu plankton, ikan kecil dan gulma di air. Ikan nila sangat gampang untuk dibudidayakan dan ternyata masih satu keluarga dengan ikan mujair yang mempunyai kandungan gizi dan protein yang tinggi pula.


8. Ikan Gabus


 Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan 7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

edubio.info


Jenis ikan air tawar selanjutnya yaitu ikan gabus, terkenal sebagai jenis ikan predator air tawar yang mempunyai banyak nama dari setiap dari yaitu aruan, bocek, kocolan, bayong bogo, licingan, kutuk, kabos dan lain-lain. Namun nama ilmiahnya yaitu channa striata.


Ikan gabus ternyata berasal dari Pakistan potongan barat menyebar luas ke Nepal, India, Bangladesh, Sri Langka, Tiongkok potongan selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.


Nilai komersial dari ikan ini juga cukup tinggi, di sebagian wilayah ikan gabus kerap kali diasinkan terlebih dahulu sebelum dijual dan diperdagangkan dengan harga tinggi. Karena proses pengasinannya yang mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Ikan gabus segar dijual dalam keadaan hidup.


Ikan gabus juga sangat membantu para petani dalam memusnahkan hama seperti, kodok, keong dan lain-lain. Itulah mengapa ikan elok juga dikenal sebagai ikan predator.


Demikianlah beberapa jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi dan ternyata sesudah kita ketahui, banyak kandungan gizi yang terdapat pada jenis ikan tersebut serta kita juga sudah mengetahui habibat dan ciri-ciri dari bebagai jenis ikan air tawar yang ada.


Semoga bermanfaat.


Sekian dan Terima kasih.


 




Sumber https://mefahlan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7+ Jenis Ikan Air Tawar Yang Sanggup Dikonsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel