iklan

Sumber Peluang Perjuangan Beserta Teladan Usahanya

Peluang Usaha, Sumber-Sumber Peluang Usaha dan Contohnya – ada banyak sekali macam peluang perjuangan yang ada di sekeliling kita, dan bahkan peluang tersebut berasal dari kita sendiri. Namun kerap kali seseorang tidak/belum menyadari potensi perjuangan yang bisa ia kembangkan.

Peluang Usaha

Cerita Pengalaman Usaha

Sedikit pengalaman saya perihal memulai usaha. Pada tahun 2014, saya ingin sekali mempunyai sebuah gitar akustik dengan harga yang tidak mengecewakan mahal. Profesi saya sebagai mahasiswa, tentu uang menjadi kendala saya untuk mewujudkan keinginan saya tersebut.

Tak habis nalar saya pun berniat menjual gitar (tanpa modal ketika itu) loh gak punya uang (modal) kok malah mau jual gitar ?

Ya memang saya tidak mempunyai uang untuk membeli gitar pada ketika itu, lantas bagaimana bisa menjual barang tanpa modal ?

Awal mulanya saya hanya memasang gambar gitar dan mempromosikannya di sebuah marketplace online, o*x.com pada ketika itu. Ternyata ada yang berminat membelinya, tanpa pikir panjang saya meminjam uang pada orang bau tanah sebesar Rp. 750.000 dan membeli gitar tersebut kemudian menjualnya kepada orang yang berminat sekaligus menjadi costumer pertama saya pada ketika itu, seharga Rp. 850.000. Kaprikornus berapa untung yang saya peroleh ? bisa kalian hitung sendiri yah. ^^. (Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk )

Tak berhenti disitu, saya melanjutkan promosi ke rekan-rekan dan media umum saya yang lain sampai bisa menghasilkan 4 kali penjualan pada ketika itu. Nah dengan begitu keinginan untuk membeli gitar harapan sudah mulai menemukan jalannya bukan ?

Kesimpulannya, jangan pernah takut untuk memulai usaha, jikalau anda tidak mempunyai modal, mungkin anda bisa memakai cara-cara menyerupai diatas. Pada intinya, sebuah perjuangan tercipta alasannya yaitu adanya kebutuhan. 

Pada kesempatan ini, saya akan menunjukkan info perihal sumber-sumber peluang perjuangan beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi pembaca untuk menjalankan suatu usaha.

Baca juga:

  1. [Lengkap] Jenis-Jenis dan Contoh Usaha Waralaba
  2. 13 Ciri-Ciri Kewirausahaan Serta Tujuannya
  3.  3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”

Peluang Usaha dari Diri Sendiri

Peluang perjuangan yang pertama berasal dari dalam diri sendiri, kok bisa ya ? simak alasannya berikut ini.

Pertama, setiap perjuangan membutuhkan proses yang panjang dan tidak selamanya mulus. Jadi, setiap orang harus mempunyai konsistensi dan komitmen yang tinggi akan usahanya.

Rahasia orang sukses yaitu fokus dengan apa yang ia lakukan, bagaimana bisa sukses jikalau kita tidak fokus ? Motivasi yang sering diucapkan oleh motivator-motivator bisnis seperti:

Kesuksesan hanya selangkah lagi, namun kamu tetapkan untuk berhenti di kegagalan yang terakhir.

Jangan pernah menyerah, dan terus ber-improvisasi.

Anda harus menyayangi pekerjaan, supaya pekerjaan sanggup mencintaimu.

Baca: 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan)

Kesuksesan perjuangan yaitu akumulasi dari keberhasilan menaklukan kegagalan demi kegagalan. Sehingga, terang saja seseorang akan menjadi terampil, andal dan akan cukup pengetahuannya yang menyebabkan seseorang sanggup cepat sukses.

Salah satu peluang yang berasal dari diri Anda yaitu sebagai berikut:

1. Contoh Peluang Usaha dari Hobi

Bukti dari hobi yang bisa menjadi peluang usaha:

Contoh Peluang Usaha dari Hobi

 ada banyak sekali macam peluang perjuangan yang ada di sekeliling kita Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya

  1. Siapa yang tidak kenal Bill Gates ? yak, Bill Gates mempunyai hobi mengutak-atik computer, dan ia menganggap sistem operasi computer pertama, tidak efektif, sehingga ia membuat DOS (Disk Operating System) yang kemudian bermetamorfosis Windows sebagai Sistem Operasi computer yang lebih ringan dan canggih.
  2. Pernahkah anda mendengar atau bahkan membeli kaos sablon bermerek C59 ? Adalah Marius Widyarto yang berbekal hobi menyablon kaos, dan membuat teman-temannya tertarik, sehingga di pasarkan kaos produksinya dan bisnis ini bisa membuatnya sukses. 

2. Contoh Peluang Usaha dari Keahlian

Skill atau keahlian sangat mutlak diharapkan dalam membangun sebuah usaha, mungkin akan muncul pertanyaan seperti, bagaimana jikalau saya tidak punya skill atau keahlian ? Sekarang forum kursus sudah bertebaran dimana-mana,

Dengan skill, anda mempunyai modal untuk menyebarkan perjuangan sesuai dengan keahlian anda masing-masing.

Contoh Peluang Usaha dari Keahlian

 ada banyak sekali macam peluang perjuangan yang ada di sekeliling kita Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya

  • Pencipta mesin pencari GOOGLE yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan andal matematika dari Stanford University yang menemukan peluang perjuangan dari problem yang mereka hadapi. 

Baca juga:

  1. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  2. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel
  3. 8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya

3. Peluang Usaha dari Pengetahuan dan Latar Belakang Pendidikan

Pengetahuan sangat potensial untuk menemukan peluang. Sekolah tinggi tidak menjadi jaminan untuk sukses, tapi pengetahuan niscaya sanggup diolah untuk membangun sebuah usaha. Karena dengan pengetahuan, ada bisa mempelajari, dan memahami suatu bidang tertentu.

Contoh Peluang Usaha dari Pendidikan

  • Seorang anak lulusan Sekolah Menengah kejuruan dengan jurusan teknik mesin yang mengetahui bidang-bidang dalam mesin motor, sanggup merintis perjuangan bengkel, alasannya yaitu banyaknya keluhan atau kesulitan yang dihadapi pemilik motor/mobil alasannya yaitu keterbatasan pengetahuan yang dimilikinya. 

Peluang dari Lingkungan

Bisa jadi orang bau tanah anda dirumah atau orang-orang bau tanah di lingkungan anda mempunyai perjuangan namun tidak bisa memasarkannya secara luas, tentu ini bisa menjadi peluang perjuangan bagi yang muda dan melek teknologi untuk memasarkannya melalui online, gampang bukan ?

Tentu hal tersebut merupakan bekal dari pengetahuan atau latar belakang pendidikan, hobi dari teman-teman.

Contoh Peluang dari Lingkungan

Bob Sadino itu kok bisa berhasil menyerupai itu ya ? apa rahasianya ? Ternyata Bob Sadino menemukan inspirasi/ide bisnis dari lingkungan tempat ia tingal.

Beliau merintis perjuangan dengan bekal 50 ekor ayam milik tetangganya, kemudian menghasilkan telur yang ia tawarkan kepada kaum ekspatriat di kawasan kemang. Namun alasannya yaitu lingkungan ekspatriat sangat memperhatikan faktor kebersian, sehingga BOB kemudian menyebarkan kebun sayuran organic dengan cara hidroponik.

Meskipun sudah sukses wirausaham, Bob Sadino sangat berperilaku sederhana menyerupai kebiasaanya yang selalu mengenakan celana pendek. 

Peluang dari perubahan yang Terjadi

Perubahan yang dimaksud menyerupai di sekitar tempat tinggal anda sedang ada pembangunan perumahan baru. Artinya akan ada penduduk gres yang akan datang.

Nah kondisi ini bisa kita manfaatkan untuk mendirikan sebuah perjuangan menyerupai bengkel, kebutuhan rumah tangga, toko kelontong, toko buku, dan sebagainya.

  • Perubahan gaya hidup. Tentu membuat peluang di bidang fashion, kesehatan dan pola makan masyarkat umumnya.
  • Perubahan tingkat pekerjaan yang berat, sehingga membuat peluang tempat wisata.
  • Perubahan teknologi info dan komunikasi. Peluang yang diciptakan menyerupai konter HP/Laptop, sistem penjulan online.
  • Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan, akan membuat peluang menyerupai penjualan sparepart asuransi, bengkel dan aksesoris.

Peluang dari Konsumen

Anda bisa menemukan peluang perjuangan dengan cara mendenagarkan suara-suara dari konsumen seperti:

  • Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen
  • Keluhan-keluhan konsumen
  • Saran-saran konsumen
  • Angan-angan yang diimpikan konsumen perihal produk atau jasa tertentu.
  • Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa Anda.

Peluang yang timbul dari Gagasan Orang lain

Contoh peluang perjuangan dari gagasan orang lain seperti: sahabat anda mempunyai ide supaya sampah yang ada di sekolah dipisahkan antara sampah organik dan non-organik.

Lalu peluang apa yang muncul ? anda bisa membuat perjuangan daur ulang sampah organic dan non organic menjadi sesuatu yang berguna.

Peluang dari Informasi yang Diperoleh

Peluang perjuangan dari Informasi yang diperoleh, seperti:

  • Anda mendapat info perihal produk gres yang lagi viral atau trending dan anda mengetahui cara mendapat atau membelinya dengan harga dibawah pasaran. Tentu anda akan sanggup gampang memasarkannya, apalagi ketika ini sudah banyak marketplace online yang akan membantu anda memasarkan produk lebih efektif.

Demikianlah pembahasan tentang Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya. Semoga bermanfaat menambah ide peluang perjuangan teman-teman semuanya. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1.  12 Pihak Pemakai Informasi Akuntansi [LENGKAP]
  2. 10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi “Terbaru”
  3. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  4.  Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang
  5. 12 Contoh Macam-Macam Bukti Transaksi Perusahaan

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sumber Peluang Perjuangan Beserta Teladan Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel