iklan

✔ Srg Gateway Dan Sub Gateway - Paket Anda Berhenti/Stop Disana?

SRG gateway dan SUB gateway biasanya menjadi dilema seorang peserta paket ketika paketan atau barang mereka berhenti atau stop tidak bergerak disana.Arti dari istilah tersebut dan apa yang harus dilakukan merupakan pembahasan kita kali ini.

Barang yang berhenti bergerak atau stop di SRG gateway dan SUB gateway akan selalu dialami oleh semua jenis transaksi yang memakai jasa expedisi pengiriman dalam mengirimkan paket atau barang dagangan ibarat JNE dan JNT/J&T.Saya akan menjelaskanya lengkap untuk anda semua.


Baca Juga

Penjelasan SRG Gateway dan SUB Gateway



SRG gateway dan SUB gateway biasanya menjadi dilema seorang peserta paket ketika paketan  ✔ SRG Gateway dan Sub Gateway - Paket Anda Berhenti/Stop Disana?


Dua istilah yang saya sebutkan merupakan sebutan yang dipakai untuk jasa pengiriman via expedisi JNE atau JNT dan mungkin jasa expedisi yang lainya.Tetapi,secara harfiah,pengertian dan penjelasanya hampir sama saja.

Sebelum saya mulai pembahasan,saya asumsikan anda sudah mengirimkan paket atau barang dan mengalami permasalahan ini.Ada beberapa hal yang harus anda fahami bila memang dilema ini sedang anda hadapi,antara lain :


Arti 


SRG Gateway itu artinya yaitu : Gudang Pusat di Bandara Ahmad yani International Airport yang letak lokasinya ada di kota semarang.

SUB Gateway itu artinya yaitu : Gudang sentra di Bandara Juanda International Airport yang letak lokasinya berada di kota surabaya.


Gudang pusat? Apa itu? 

Ini merupakan tempat " dikumpulkanya/berkumpulnya " paketan barang dari banyak sekali tempat untuk selanjutnya akan di seleksi berdasarkan tujuan masing-masing.Jika digambarkan secara sederhana kurang lebih ibarat ini :

- Paketan dari banyak sekali penjuru tempat akan dikumpulkan,lalu si petugas expedisi akan melaksanakan " sortir " atau pemilahan/pemisahan ( untuk barang yang akan dikirm ke wilayah wonosobo di tempatkan di sebelah sini,untuk barang yang akan dikirmkan ke purwokerto di sebelah sini ) dan seterusnya hingga habis dan tertata rapih.


Tujuanya apa dilakukan sortir atau penyortiran barang?

Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :
  • Mempercepat pengiriman ( lantaran sudah siap per-daerah nya )
  • Membuat alur proses lebih teratur
  • Mencegah tertinggalnya satu paket dengan paket yang lain dengan waktu kirim yang bersamaan 
  • Membuat rangkaian proses menjadi lebih terorganisir
Dengan klarifikasi ini,saya harapkan anda tidak menanyakan lagi pertanyaan ibarat : Paket saya ada di SRG/SUB gateway itu lagi diapain yaa?


Penyebab Kenapa Barang/Paketan berhenti dan Stop Lama


OK mas,bagian penjelasanya saya sudah faham.Yang jadi pertanyaan saya itu,kenapa kok kalau hingga sana,bisa usang banget? Bahkan berhari-hari tidak bergerak/STUCK membisu saja disana? Apa barangnya tidak diproses,atau tertinggal atau malah hilang barangkali?

Tenang dulu,saya akan menjelaskanya untuk anda.

Terjadinya delay atau sebuah paket berhenti bergerak itu ada banyak,TETAPI saya ingin memberitahukan bahwa bila keadaan ini terjadi,anda tidak perlu khawatir perihal paket anda,pasti hingga kok,hanya butuh waktu saja.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi antara lain :
  • OVERLOAD ( maksudnya yaitu menumpuknya paketan yang melebihi batas ) lantaran mungkin sedang ada hari besar atau hari istimewa lainya
  • Barang tercecer ( pisah dari rombongan,seperti yang saya jelaskan pada potongan SORTIR diatas )
  • Petugas banyak yang mangkir atau tidak masuk
- Pada potongan overload : Ini sangat sering dan mungkin dapat dikatakan setiap tahun,ketika saat-saat liburan semacam selesai tahun begini.Mungkin lantaran demam isu libur panjang,jadi banyak orang yang mengirimkan bingkisan untuk orang lain.

- Pada potongan tercecernya barang : Mungkin dapat diakibatkan kelalaian petugas atau mesin yang digunakan.Tetapi anda damai saja,pasti akan ketemu kok,yang penting anda selalu memantau dan menginformasikan semua dilema bila terjadi.

- Pada point dimana petugas banyak yang mangkir : Hal ini dapat dikarenakan banyak petugas yang sakit atau bahkan keluar/resign dari pekerjaan.Hal ini akan menciptakan proses penyortiran akan terganggu dan menjadi lebih lambat.

" OK lah mas,mungkin 1 atau 2 hari bahkan 1 ahad delay saya anggap nggak masalah,tapi ini hampir 2 ahad lebih paketan saya STOP disana,gimana? "

Jika waktu delay dirasa terlalu lama,anda dapat melaksanakan konfirmasi atau komplain ke pihak terkait,karena memang " seharusnya " tidak selama itu delaynya.


Bagaimana Cara Mengatasi dan Sikap yang Benar untuk Menyikapi Permasalahan Tersebut?


Untuk anda yang mengalami dilema ibarat ini,ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menyikapinya,antara lain :
  • Bersabar dan terus menunggu
  • Menanyakan kepada biro terdekat
  • Menanyakan ke sentra expedisi
  • Melakukan KOMPLAIN ke pihak expedisi
Penjelasan lengkapnya anda dapat baca pada artikel saya yang lain :

BACA :



Permasalahan Lainya

Selain daripada dilema diatas,masih ada beberapa dilema lain yang mungkin dialami oleh para pengguna jasa expedisi,antara lain :

1. Paketanya balik lagi : Sedang dalam perjalan kok tiba-tiba barangnya kembali ke si pengirim,bukanya dikirimkan?

Penyebab yang menyebabkan hal ini yaitu lantaran si pengirim " TIDAK JELAS " menuliskan alamat penerima.Maka sesuai mekanisme yang berlaku,barangnya akan dikembalikan lagi ke si pengirim.

2. Paketanya muter-muter tidak jelas : Mungkin ada sebagian dari anda yang pernah mengalaminya,dimana barangnya sudah hingga di sutau tempat tapi kemudian balik lagi,dan dikembalikan lagi ke tempat sebelumnya.

Penyebabnya kemungkinan besar sama dengan point nomor 1,yaitu si pengirim salah atau tidak terang mengirimkan alamat.

3. Paketanya tulisanya sudah sampai,tapi peserta belum terima barangnya : Masalah ini kemungkinan besar dan paling sering menjadi sebabnya yaitu kesalahan pengiriman kurir.Mungkin lantaran salah menulis alamat atau mungkin juga diterima oleh saudara anda tapi ia tidak bilang ke anda.

Anda dapat menanyakan pribadi ke biro terdekat atau kurirnya pribadi untuk mengambil kembali paketan anda yang salah kirim tersebut.

Untuk langkah komplain,anda dapat baca artikel berikut :

BACA :



Demikian klarifikasi perihal SRG/SUB gateway ketika terjadi dilema dengan barang atau paket yang anda kirimkan atau anda tunggu-tunggu.Semoga dapat membantu.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Srg Gateway Dan Sub Gateway - Paket Anda Berhenti/Stop Disana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel