Soal Uts/Pts Ipa Semester 2 Kelas 7 Smp Beserta Jawabannya
Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Ulangan Tengah Semester atau penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2/II) Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs Kelas 7/VII merupakan penilaian pada pertengahan semester 2/II untuk mapel IPA. Keberadaan UTS/PTS Semester 2/II ini menjadi penting lantaran ia memberi penentuan pada kenaikan penerima didik ke jenjang kelas berikutnya, yaitu kelas 7.
Belajar mempersiapkannya tentu saja menjadi solusi yang tidak tertawarkan bagi setiap siswa semoga sanggup menghadapi UTS/PTS 2/II ini dengan sebaik mungkin dan memperoleh nilai yang sebaik mungkin.
Maksud dari goresan pena ini ialah sebagai wahana mencar ilmu bagi siswa kelas 7/VII Sekolah Menengah Pertama atau MTs yang hendak menempuh UTS/PTS Semester 2/II pada mata pelajaran IPA. Wahana mencar ilmu yang kami sediakan ialah berupa penyediaan Soal UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.
Materi mencar ilmu IPA pada kelas 7/VII Semester 2/II ini terdiri atas enam penggalan sebagai berikut :
Bab 1 Sistem Organisasi KehidupanMakhluk Hidup
A. Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan
B. Jaringan-Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan
C. Organ-Organ pada Hewan dan Tumbuhan
D. Sistem Organ dan Organisme
Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
A. Pengertian Lingkungan
B. Hal-hal yang Ditemukan dalam Suatu Lingkungan
C. Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola
D. Pola Interaksi Manusia Memengaruhi Ekosistem
Bab 3 Pencemaran Lingkungan
A. Definisi Pencemaran
B. Pencemaran Air
C. Pencemaran Udara
D. Pencemaran Tanah
Bab 4 Pemanasan Global
A. Efek Rumah Kaca
B. Pengertian Pemanasan Global
C. Penyebab Pemanasan Global
D. Dampak Pemanasan Global
E. Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan Global
Bab 5 Lapisan Bumi
A. Atmosfer
B. Litosfer
C. Hidrosfer
Bab 6 Tata Surya
A. Sistem Tata Surya
B. Kondisi Bumi
C. Kondisi Bulan
D. Gerhana
Untuk materi UTS/PTS Semester 2/II ini ialah dari Bab 1 hingga dengan Bab 3. Buku atau rujukan yang digunakan ialah Buku Siswa Kelas 7/VII Mapel IPA SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Itulah sedikit ulasan mengenai pokok pembahasan materi mata pelajran IPA khususnya semester 2 yang nantinya akan saya urainakan pada bentuk soal untuk setiap babnya, lantaran pada artikel kali saya akan membahas mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Beserta Jawabannya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 25 Pilihan Ganda dan 5 Soal Essay.
Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Beserta Jawabannya
Adapun soal-soal yang diprediksi akan ada dalam SSoal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP adalah sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Sel yang memiliki inti sel akan tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membran inti disebut dengan ....
A. Sel eukariotik
B. Sel prokariotik
C. Sel tubuh
D. Sel darah merah
2. Di bawah ini yang tidak memiliki sel eukariotik......
A. Protista
B. Jamur
C. Tumbuhan
D. Arkea
3. Ilmuwan yang pertama kali mencoba melihat struktur sel pada sayatan gabus di bawah mikroskop. Dari hasil pengamatannya diketahui terlihat rongga-rongga yang dibatasi oleh dinding tebal. Jika dilihat secara keseluruhan, strukturnya menyerupai sarang lebah. Satuan terkecil dari rongga tersebut dinamakan sel. Ilmuwan tersebut ialah ....
A. Schleiden
B. Robert hooke
C. Robert brown
D. Felix Durjadin
4. Jaringan yang berfungsi mengangkut air dan unsur hara ke daun ialah ....
A. Xilem
B. Floem
C. Batang
D. Stomata
5. Kumpulan jaringan akan membentuk ....
A. Organ
B. Sel
C. Jaringan tubuh
D. Organel
6. Lingkungan dibedakan menjadi 2, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang ....
A. terdiri atas air, udara, dan tanah
B. sebagai habitat tumbuhan dan fauna
C. disusun produsen, konsumen, dan pengurai
D. menunjang insan dan aktivitasnya
7. Jika di sawah terdapat seekor burung, tiga petani, 15 ekor belalang,6 ekor katak, 2 ekor ular, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu ialah ....
A. 1 ekor burung
B. 15 ekor belalang
C. 6 ekor katak
D. 2 ekor ular
8. Jika suatu ekosistem air tawar terkotori insektisida kadar terbesar penimbunan materi pencemar akan terdapat pada ....
A. Air tawar
B. Ikan kecil
C. Fitoplankton
D. Ikan besar
9. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kali mendapatkan efek negatifnya ialah ....
A. Karnivor
B. Herbivor
C. Konsumen
D. Produsen
10. Adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun, tetapi memacu pertumbuhan akar terdapat pada habitat ....
A. Hutan basah
B. Padang rumput
C. Gurun
D. Hutan tropis kering
11. Tumbuhan yang mendominasi bioma taiga ialah ....
A. Rumput palem
B. Palem
C. Pinus
D. Kaktus
12. Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen, antara lain
1. Bakteri pengurai
2. Zat organik
3. Ikan herbivora
4. Fitoplankton
5. Ikan karnivora
Dari beberapa komponen-komponen tersebut, sanggup disusun suatu rantai makanan Susunan rantai makanan yang benar adalah
A. 2 – 4 – 3 – 5 – 1
B. 4 – 2 – 3 – 5 – 1
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 1 – 2 – 4 – 3 – 5
13. Piramida biomassa dibuat menurut perbandingan ....
A. pengeluaran energi setiap tingkat trofik
B. pemakaian energi setiap tingkat trofik
C. berat keseluruhan dari setiap tingkat trofik
D. berat keseluruhan hasil ekskresi dan sekresi setiap tingkat trofik
14. Bila dalam ekosistem tersebut ular habis diburu manusia, maka yang sanggup diupayakan insan semoga hama tikus tidak mengganggu pertanian padi ialah ....
A. menjaga kelestarian elang
B. menjaga kelestarian katak
C. membasmi hama belalang dengan pestisida
D. mengusir burung pemakan padi
15. Perhatikan cuplikan teks gosip berikut Pada hari Rabu 23 April 2014 pagi, diperkirakan sebanyak belasan ekorgajahmenyerangDesaBergang,KecamatanKetol,AcehTengah. Puluhan hektar kebun masyarakat mulai dari kopi, cokelat, pinang, termasuk cabe rusak diamuk binatang berbelalai panjang itu, tetapi tidak hingga menyerang rumah penduduk.
Tidak hanya gajah, satwa liar lain juga sering menyerang lahan pertanian penduduk, menyerupai landak yang merusak tumbuhan palawija dan kebun sawit, kasusnya belum usang ini terjadi di Kecamatan Langkahan dan Cot Girek. Dampak lainnya yang sangat dirasakan masyarakat Aceh Utara ialah aberasi bibir Sungai (Krueng) Kreuto, dipicu rusaknya daerah tangkapan air yang berada pada tempat hutan lindung Cut Mutia di Bate Uleu, Kecamatan Cot Girek.
Dari cuplikan gosip tersebut, faktor-faktor yang menimbulkan kejadian itu terjadi lagi ialah :
A. Menyempitnya habitat gajah
B. Tidak adanya daerah konservasi gajah
C. lahan perkebunan dan habitat gajah tidak dipisahkan
D. tidak adanya pos-pos penjagaan lahan perkebunan
16. Sesuatu sanggup dikatakan mencemari lingkungan apabila ....
A. Mengganggu kehidupan masyarakat
B. Mengganggu kelancaran lingkungan
C. Menganggu keseimbangan ekosistem
D. Membuat rusak kualitas udara
17. Suatu zat bukan dikatakan sebagai polutan apabila ....
A. Kadarnya melebihi ambang batas
B. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. Berada pada tempat yang tidak semestinya
D. Mengakibatkan kesehatan terganggu
18. Berikut yang bukan merupakan asal dari materi pencemaran air ....
A. Limbah industri
B. Limbah rumah tangga
C. Sampah padat
D. Limbah pertanian
19. Pembuangan materi terkotori secara eksklusif ke dalam perairan sanggup menimbulkan terjadinya pencemaran pada perairan tersebut. Misalnya,pembuangan limbah organik sanggup menimbulkan peningkatan mikroorganismeatau kesuburan tumbuhan air, sehingga menghambat masuknya cahaya mataharike dalam air. Hal ini menimbulkan berkurangnya kandungan oksigen terlarutdalam air, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya.
Uraian tersebut di atas menggambarkan akhir pencemaran air yang berupa ....
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan kesehatan
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
20. Coba kau pikirkan apabila suatu perairan terkotori oleh materi beracun. Bahan beracun itu sanggup meresap ke dalam badan alga, atau mikroorganisme lainnya. Selanjutnya, hewan-hewan kecil (zooplankton) akan memakan alga tersebut, kemudian zooplankton akan dimakan oleh ikan ikan kecil dan ikan besar akan memakan ikan yang kecil. Apabila ikan-ikan besar tersebut ditangkap oleh insan dan dimakan, maka materi beracun tersebut akan masuk ke dalam badan manusia.
Zooplankton yang makan alga tidak hanya satu, tetapi banyak sel alga. Dengan demikian, zooplankton tersebut sudah mengandung materi beracun yang banyak. Demikian juga halnya dengan ikan kecil yang memakan zooplankton, dan ikan besar akan memakan ikan kecil tidak hanya satu. Makin banyak memakan ikan-ikan kecil, maka makin banyak materi pencemar yang masuk ke badan ikan besar. Bagaimana dengan badan insan kalau sering makan ikan yang beracun tersebut?
Uraian tersebut di atas menggambarkan akhir pencemaran air yang berupa ....
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan kesehatan
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
21. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengolahan limbah ....
A. Memperhatikan kelestarian estetika lingkungan
B. Agar berbau tidak menyengat
C. Menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung
D. Minimalisasi basil patogen
22. Peningkatan kadar karbondioksida yang disebabkan oleh kegiatan pembakaran oleh manusia. Hal tersebut merupakan rujukan ....
A. Pencemaran udara primer
B. Pencemaran udara sekunder
C. Pencemaran udara tersier
D. Pencemaran udara generik
23. Limbah pertanian salah satunya disumbangkan dari penggunaan pestisida. Penggunaan pestisida yang berlebihan dan terus menerus tentu saja sanggup berakibat jelek bagi tanah. Akibat jelek yang diterima tanah dari penggunaan pestisida ialah ....
A. Tanah menjadi penuh racun
B. Penggunaan pestisida sanggup membunuh hama yang bermanfaat bagi petani
C. Pestisida sanggup membunuh mikroorganisme yang diharapkan untuk menjaga kesuburan tanah
D. Penggunaan pestisida sanggup mencemari lingkungan di luar persawahan
24. Penuruan hasil pertanian yang disebabkan oleh pencemaran tanah ialah menurunnya hasil pertanian. Hal ini disebabkan oleh ....
A. Perubahan metabolisme tanaman
B. Tanaman menjadi cepat layu
C. Tanaman menjadi santapan hama
D. Tanaman menjadi kurang layak konsumsi
25. Kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang terkotori disebut dengan ....
A. Bioremediasi
B. Antioksidanisasi
C. Remediasi
D. Gotong royong
II. SOAL ESSAY
1. Jika salah satu organ penyusun sistem mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan sistem organ tersebut? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?
Jawab :
Sistem organ merupakan kumpulan organ yang saling bekerja sama untuk melakukan fungsinya, sehingga apabila salah satu organ penyusun sistem tersebut rusak atau tidak berfungsi, maka sistem organ tersebut akan mengalami kegagalan perannya.
2. Mengapa adanya mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berkhasiat untuk mempelajari sel? Jelaskan !
Jawab :
Mikroskop bisa membantu insan melihat sesuatu yang berukuran kecil dan mata insan tidak bisa melihatnya. Sel sesuatu yang tidak kasat mata/tidak sanggup dilihat dengan mata tanpa pinjaman alat. Alat tersebut ialah mikroskop, yang bisa membantu insan melihat sel dan penggalan dalam sel/organela sel.
3. Apa yang dimaksud dengan hal berikut? Jelaskan !
a. Interaksi
b. Ekosistem
Jawab :
a. Interaksi ialah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya.
b. Ekosistem ialah suatu sistem yang di dalamnya terdapat interaksi antara setiap komponen baik biotik maupun abiotik.
4. Jelaskan wacana pencemaran sekunder yang terjadi lantaran kegiatan alam!
Jawab :
Aktivitas alami yang terjadi pada alam sanggup mengakibatkan pencemaran udara di atmosfer. Kotoran–kotoran yang dihasilkan oleh binatang ternak mengandung senyawa metana yang sanggup meningkatkan suhu bumi, sehinga terjadi pemanasan global.
Proses yang serupa terjadi pada siklus nitrogen di atmosfer. Selain itu, petaka menyerupai meletusnya gunung berarpi menghasilkan bubuk vulkanik yang mencemari udara sekitar yang berbahaya bagi kesehatan serta tanaman. Kebakaran hutan yang terjadi akan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah banyak yang sanggup mencemari udara serta berbahaya bagi kesehatan binatang dan manusia.
5. Jelaskan efek pencemaran udara terhadap kesehatan!
Jawab :
Terbukti bahwa kualitas udara yang menurun akhir pencemaran mengakibatkan banyak sekali penyakit. Seperti ISPA (infeksi akses pernapasan) ialah salah satunya, akses pernapasan merupakan portal masuknya udara ke dalam tubuh. Udara yang kotor membawa senyawa-senyawa yang tidak baik bagi kesehatan. Tentu saja, pengendapan-pengendapan logam yang terlarut dalam udara sanggup mengendap di paru-paru dan sanggup mengakibatkan iritasi.
Akibat yang lebih serius dari polusi udara ialah emfisema, yaitu tanda-tanda kesulitan pengangkutan oksigen. Kadar karbon monoksida yang terlalu banyak di udara (lebih banyak dari oksigen) sanggup menghambat pengikatan oksigen di dalam tubuh. Oleh lantaran itu, badan akan kekurangan oksigen, sehingga, muncul tanda-tanda berupa sesak napas, dan pusing bahkan dapat, berlanjut pada maut apabila tidak ditangani dengan segera.
Itu lah sedikit citra mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Beserta Jawabannya, bagi yang ingin file mentahannnay supaya bisa dipelajrai dalam mode offline anda bisa mendowsloadnya dengan mengklik Link di bawah ini.
Itu lah sedikit citra mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Beserta Jawabannya, bagi yang ingin file mentahannnay supaya bisa dipelajrai dalam mode offline anda bisa mendowsloadnya dengan mengklik Link di bawah ini.
Download Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Beserta Jawabannya format PDf
Demikianlah artikel mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari Soal UTS/PTS Sekolah Menengah Pertama mata pelajaran IPA, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih
0 Response to "Soal Uts/Pts Ipa Semester 2 Kelas 7 Smp Beserta Jawabannya"
Posting Komentar