Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay
Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya belum dicoba dan diuji.
1. Konsep wawasan nusantara aspirasinya tertuang dalam semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Konsep wawasan nusantara tersebut yaitu istilah dari segi ...
a. Azas negara kepulauan
b. Ide, gagasan, dan cita-cita
c. Perumusan dan penetapan
d. Nama
e. Perumusan dan penjabaran
2. Perhatikan faktor di bawah ini!
1) Faktor geostrategis
2) Faktor geografis
3) Faktor perkembangan wilayah Indonesia
4) Faktor geopolitik
Faktor-faktor yang mempengaruhi wawasan nusantara yaitu nomor ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 2, dan 3
c. 1 dan 2
d. 1, 2, dan 4
e. 2 dan 3
3. UU yang mengatur kewenangan penyidikan terhadap pelanggaran wilayah udara pegawai sipil yaitu Undang-Undang Nomor ...
a. 5 Tahun 2009
b. 1 Tahun 2009
c. 3 Tahun 2009
d. 2 Tahun 2009
e. 4 Tahun 2009
4. Cita-cita mempersatukan Nusantara (negara Indonesia) sudah ada semenjak zaman Majapahit melalui ikrar dari Patih Gajah Mada yang dinamakan ...
a. Mitreka Satata
b. Sumpah Pemuda
c. Bhinneka Tunggal Ika
d. Sumpah Palapa
e. Tan Hana Dharma Mangura
5. Liga Bangsa Bangsa didirikan pada tanggal ...
a. 9 Agustus 1967
b. 10 Januari 1920
c. 8 September 1967
d. 10 Januari 1930
e. 9 Agustus 1966
6. Jumlah negara yang melaksanakan penandatanganan Piagam PBB yaitu sejumlah ...
a. 42 negara
b. 7 negara
c. 21 negara
d. 8 negara
e. 50 negara
7. Kedudukan dan fungsi organisasi internasional adalah....
a. dilema koordinasi
b. subjek aturan internasional
c. maslah internasional
d. objek internasional
e. maslaah kepribadian
8. Ada 3 prosedur sosialisasi pengembangan budaya politik berdasarkan Robert Le Vine, yaitu ….
a. keluarga, sekolah, lingkungan.
b. partai politik, lembaga, media massa.
c. partai politik, LSM, media massa.
d. sekolah, keluarga, media massa.
e. Imitasi, instruksi, motivasi.
9. Sistem training kebijaksanaan pekerti masyarakat Indonesia yaitu salah satu cerminan dari wawasan nasional yaitu ….
a. Tata sosial
b. Tata negara
c. Tata budaya
d. Tata hukum
e. Tata ekonomi
10. Letak geografis, wujud bumi, luas wilayah, penduduk, tabiat nasional, dan sifat pemerintah yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan laut. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
a. Alfred Thayer Mahan
b. Sir Harford
c. William Billy Mitchell
d. Giulio Douket
e. Rudolph Kjellen
11. Penandatanganan piagam Atlantik yaitu tanggal
a. 15 Februari 1972
b. 14 Agustus 1941
c. 14 Agustus 1952
d. 14 Agustus 1942
e. 14 Agustus 1964
12. Mengirimkan pasukan untuk misi perdamaian di aneka macam konflik di dunia merupakan ...
a. peranan ASEAN
b. fungsi PBB
c. tujuan PBB
d. peranan PBB
e. asas PBB
13. Sikap nyata pelajar yang menawarkan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah ….
a. Bergaul bebas
b. Senang tawuran
c. Giat belajar
d. Senang nyontek
e. Malas belajar
14. Pola tingkah laris individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik dalam suatu sistem politik merupakan pengertian ….
a. Mekanisme budaya politik
b. Sistem politik
c. Budaya politik
d. Partisipasi politik
e. Sosialisasi budaya politik
15. Contoh sikap rendahnya semangat kebangsaan di kalangan pelajar yaitu ...
a. Saling memaki dan menjelekkan antar kelompok
b. Tawuran antar sekolah
c. Tumbuh suburnya benih-benih primordialisme
d. Bentrokan antar suku, agama, dan ras
e. Suatu golongan menghujat golongan lain
16. Budaya politik Indonesia hingga kini belum mengalami perubahan sekalipun sistem politik sudah beberapa kali berubah, hal tersebut merupakan pendapat ….
a. Gabriel Almond
b. Powel
c. Samuel Beuer
d. Verba
e. Rusadi Kantaprawira
17. Karakteristik politik masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu diantaranya yaitu ….
a. Adanya konfigurasi subkultur masyarakat Indonesia
b. Budaya politik Indonesia yang bersifat parokial-kaula
c. Kultur masyarakat Indonesia beragam
d. Kecenderungan patronage
e. Ikatan primordial yang masih berpengaruh berakar
18. Wadah penanaman nilai-nilai politik yang paling efektif dan efisien yaitu ….
a. Media massa
b. Keluarga
c. Lingkungan
d. Sekolah
e. Partai politik
19. Masyarakat cenderung tidak mempunyai minat terhadap objek-objek politik yang luas kecuali dalam batas tertentu (tempat tinggal). Hal tersebut merupakan penjabaran budaya politik ….
a. Parochial Political Culture
b. Subject Political Kaula
c. Political Traditional Culture
d. Political Modern Culture
e. Participant Political Culture
20. Masyarakat berpendidikan tinggi cenderung mempunyai kesadaran politik yang relatif ….
a. Cukup rendah
b. Tinggi
c. Rendah
d. Sedang
e. Tidak ada
21. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Merupakan suara pasal ….
a. 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945
b. 28 Undang-Undang Dasar 1945
c. 27 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945
d. 28 A Undang-Undang Dasar 1945
e. 27 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945
22. Seseorang yang mendapatkan kewarganegaraannya sesuai negara tempat di mana ia dilahirkan, walaupun orang tuanya bukan warga negara dari negara tersebut dinamakan ….
a. Domisili
b. Kewarganegaraan
c. Ius soli
d. Naturalisasi
e. Ius sanguinis
23. Yang bukan merupakan hak warga Negara yaitu ….
a. Mempertahankan kedaulatan negara
b. Mendapatkan pekerjaan
c. Mendapatkan pendidikan
d. Mendapatkan kehidupan yang layak
e. Mendapatkan pertolongan hukum
24. Suatu proses aturan yang mengakibatkan seseorang dengan aneka macam syarat tertentu mempunyai kewarganegaraan negara lain dinamakan….
a. Domisili
b. Kewarganegaraan
c. Ius soli
d. Naturalisasi
e. Ius sanguinis
25. Proses penyatuan aneka macam kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional merupakan arti integrasi secara ….
a. Budayais
b. Antropologis
c. Sosiologis
d. Ekonomis
e. Politik
26. Yang bukan merupakan pola wujud integrasi nasional yaitu
a. Pembangunan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) di Jakarta oleh Pemerintah RI
b. Sikap saling menghargai kebudayaan kawasan lain, bahkan mau mempelajari budaya kawasan lain.
c. Sikap menonjolkan budaya kawasan sendiri dengan merendahkan budaya kawasan lain.
d. Diadakan pekan olahraga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
e. Sikap toleransi antar umat beragama.
27. Proses adaptasi diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat merupakan arti integrasi secara ….
a. Budayais
b. Antropologis
c. Sosiologis
d. Ekonomis
e. Politis
28. Suatu tindak pidana kriminal akan tetapi mempunyai sifat yang khusus, antara lain anggotanya mempunyai militansi tinggi, bergerak dalam kelompok, beroperasi di bawah tanah, memakai senjata yang canggih dan terkait dalam jaringan internasional dinamakan ….
a. Aksi blokade
b. Aksi agresi
c. Aksi spionase
d. Aksi t3r0risme
e. Aksi sabotase
29. Di dalam negara adanya warga negara yang mempunyai ... atas warga negara tersebut.
a. Kebebasan
b. Kekuasaan
c. Hak dan kewajiban
d. Kewajiban
e. Kedaulatan
30. Suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok insan yang bahu-membahu mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok insan tersebut ….
a. Departemen
b. Negara
c. Institusi
d. Pemerintah
e. Lembaga
31. Tujuan nasional bangsa Indonesia termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 pada alinea ….
a. Pertama
b. Ke lima
c. Ke tiga
d. Ke empat
e. Ke dua
32. Perhatikan Uraian di bawah ini!
1) Semua insan mempunyai martabat yang sama.
2) Semua bangsa mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
3) Semua bangsa mempunyai pemerintah yang berdaulat.
Alasan di atas yang melatarbelakangi bangsa Indonesia menolak paham rasialis ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 3
b. 2
c. 1 dan 2
d. 3
e. 2 dan 3
33. Setiap perjuangan baik dalam negeri atau luar negeri yang dinilai sanggup membahayakan keutuhan wilayah negara, kedaulatan negara, dan keselamatan segenap bangsa dinamakan ….
a. Ancaman dalam negeri
b. Ancaman
c. Ancaman non militer
d. Ancaman militer
e. Ancaman luar negeri
34. Integrasi berasal dari bahasa Latin yakni … yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan.
a. Integration
b. Integriti
c. Introgation
d. Integrazion
e. Integrate
35. Salah satu kewajiban warga negara terhadap negaranya yaitu ….
a. Memilih, memeluk, dan menjalankan masing-masing kepercayaan yang dipercayai
b. Mempunyai kedudukan yang sama di mata aturan dan di dalam pemerintahan
c. Memperoleh pekerjaan yang layak
d. Mempertahankan wilayah NKRI dari serangan musuh
e. Kemerdekaan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara ekspresi dan goresan pena sesuai UU yang berlaku
Jawab : Pengertian perwakilan dipolomatik yaitu orang yang diberi kuasa untuk melaksanakan diplomasi di dalam melaksanakan korelasi internasional
2. Sebutkan sarana-sarana korelasi internasional !
Jawab : Sarana atau alat korelasi internasional, dibagi dua, yaitu :
a. Alat kelengkapan negara di dalam negeri, mempunyai kiprah melaksanakan korelasi internasional, misalnya dalam ketentuan Undang-Undang Dasar 1945 tetapkan wewenang presiden dalam korelasi internasional.
b. Alat perlengkapan negara di luar negeri, terdiri atas aneka macam utusan yang mempunyai kiprah melakuka korelasi internasional antara atu negara dengan negara lain. Utusan-utusan alat perlengkapan negara di luar negeri, yaitu perutusan diplomatik, konsul, perutusan khusus, dan perwakilan lain.
3. Jelaskan pengertian perjanjian internasional berdasarkan Warsito Sunaryo!
Jawab : Pengertian perjanjian internasional berdasarkan Warsito Sunaryo yaitu studi ihwal interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi ihwal keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.
4. Sebutkan dua bentuk perjanjian bangsa Indonesia dengan negara lain!
Jawab : Dua bentuk pernjian bangsa Indonesia dengan negara lain sebagai berikut :
5. Sebutkan tahap-tahap dalam menjalin kolaborasi internasional !
Jawab : Tahap-tahap dalam menjalin kolaborasi internasional, yaitu :
a. perundingan
b. penandatanganan
c. pengesahan
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian selesai semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.
Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?
Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia semenjak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.
Dari definisi tersebut sanggup dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk meliputi proses penyiapan generasi muda untuk mengambil kiprah dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, kiprah pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.
Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia dibutuhkan sanggup menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang mempunyai komitmen yang berpengaruh dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern yaitu negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.
Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan Depdiknas (2006:49), yaitu mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI 1945.
a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang membuatkan insan Indonesia seutuhnya. Yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, mempunyai kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan berdikari serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.
b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang dibutuhkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap yang memancarkan kepercayaan dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari aneka macam golongan agama, sikap yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, sikap yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta sikap yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia.
Sedangkan berdasarkan Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh logika dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik yang sehat serta perbaikan masyarakat.
Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara supaya menjadi warga negara yang baik, yang sanggup dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa dibutuhkan :
Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka sanggup saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman
Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai sehabis pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.
Dari definisi tersebut sanggup dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk meliputi proses penyiapan generasi muda untuk mengambil kiprah dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, kiprah pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.
Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia dibutuhkan sanggup menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang mempunyai komitmen yang berpengaruh dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern yaitu negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.
Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan Depdiknas (2006:49), yaitu mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI 1945.
Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)
a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang membuatkan insan Indonesia seutuhnya. Yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, mempunyai kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan berdikari serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.
b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang dibutuhkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap yang memancarkan kepercayaan dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari aneka macam golongan agama, sikap yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, sikap yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta sikap yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia.
Sedangkan berdasarkan Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh logika dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik yang sehat serta perbaikan masyarakat.
Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara supaya menjadi warga negara yang baik, yang sanggup dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa dibutuhkan :
- Mampu Memahami dan menguasai secara logika konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
- Memahami secara eksklusif apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan aturan yang berlaku dalam Negara RI.
- Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
- Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap sikap diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.
Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka sanggup saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman
Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai sehabis pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.
FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman impian nasional /tujuan Negara.
- Siswa/mahasiswa sebagai genersi gres Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan masalah pribadi, masyarakat dan negara.
- Dapat mengapresiasikan impian nasional dan sanggup menciptakan keputusan-keputusan yang cerdas.
- Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar NKRI 1945.
Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay
Adapun Untuk pola Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 yaitu sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Konsep wawasan nusantara aspirasinya tertuang dalam semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Konsep wawasan nusantara tersebut yaitu istilah dari segi ...
a. Azas negara kepulauan
b. Ide, gagasan, dan cita-cita
c. Perumusan dan penetapan
d. Nama
e. Perumusan dan penjabaran
2. Perhatikan faktor di bawah ini!
1) Faktor geostrategis
2) Faktor geografis
3) Faktor perkembangan wilayah Indonesia
4) Faktor geopolitik
Faktor-faktor yang mempengaruhi wawasan nusantara yaitu nomor ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 2, dan 3
c. 1 dan 2
d. 1, 2, dan 4
e. 2 dan 3
3. UU yang mengatur kewenangan penyidikan terhadap pelanggaran wilayah udara pegawai sipil yaitu Undang-Undang Nomor ...
a. 5 Tahun 2009
b. 1 Tahun 2009
c. 3 Tahun 2009
d. 2 Tahun 2009
e. 4 Tahun 2009
4. Cita-cita mempersatukan Nusantara (negara Indonesia) sudah ada semenjak zaman Majapahit melalui ikrar dari Patih Gajah Mada yang dinamakan ...
a. Mitreka Satata
b. Sumpah Pemuda
c. Bhinneka Tunggal Ika
d. Sumpah Palapa
e. Tan Hana Dharma Mangura
5. Liga Bangsa Bangsa didirikan pada tanggal ...
a. 9 Agustus 1967
b. 10 Januari 1920
c. 8 September 1967
d. 10 Januari 1930
e. 9 Agustus 1966
6. Jumlah negara yang melaksanakan penandatanganan Piagam PBB yaitu sejumlah ...
a. 42 negara
b. 7 negara
c. 21 negara
d. 8 negara
e. 50 negara
7. Kedudukan dan fungsi organisasi internasional adalah....
a. dilema koordinasi
b. subjek aturan internasional
c. maslah internasional
d. objek internasional
e. maslaah kepribadian
8. Ada 3 prosedur sosialisasi pengembangan budaya politik berdasarkan Robert Le Vine, yaitu ….
a. keluarga, sekolah, lingkungan.
b. partai politik, lembaga, media massa.
c. partai politik, LSM, media massa.
d. sekolah, keluarga, media massa.
e. Imitasi, instruksi, motivasi.
9. Sistem training kebijaksanaan pekerti masyarakat Indonesia yaitu salah satu cerminan dari wawasan nasional yaitu ….
a. Tata sosial
b. Tata negara
c. Tata budaya
d. Tata hukum
e. Tata ekonomi
10. Letak geografis, wujud bumi, luas wilayah, penduduk, tabiat nasional, dan sifat pemerintah yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan laut. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
a. Alfred Thayer Mahan
b. Sir Harford
c. William Billy Mitchell
d. Giulio Douket
e. Rudolph Kjellen
11. Penandatanganan piagam Atlantik yaitu tanggal
a. 15 Februari 1972
b. 14 Agustus 1941
c. 14 Agustus 1952
d. 14 Agustus 1942
e. 14 Agustus 1964
12. Mengirimkan pasukan untuk misi perdamaian di aneka macam konflik di dunia merupakan ...
a. peranan ASEAN
b. fungsi PBB
c. tujuan PBB
d. peranan PBB
e. asas PBB
13. Sikap nyata pelajar yang menawarkan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah ….
a. Bergaul bebas
b. Senang tawuran
c. Giat belajar
d. Senang nyontek
e. Malas belajar
14. Pola tingkah laris individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik dalam suatu sistem politik merupakan pengertian ….
a. Mekanisme budaya politik
b. Sistem politik
c. Budaya politik
d. Partisipasi politik
e. Sosialisasi budaya politik
15. Contoh sikap rendahnya semangat kebangsaan di kalangan pelajar yaitu ...
a. Saling memaki dan menjelekkan antar kelompok
b. Tawuran antar sekolah
c. Tumbuh suburnya benih-benih primordialisme
d. Bentrokan antar suku, agama, dan ras
e. Suatu golongan menghujat golongan lain
16. Budaya politik Indonesia hingga kini belum mengalami perubahan sekalipun sistem politik sudah beberapa kali berubah, hal tersebut merupakan pendapat ….
a. Gabriel Almond
b. Powel
c. Samuel Beuer
d. Verba
e. Rusadi Kantaprawira
17. Karakteristik politik masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu diantaranya yaitu ….
a. Adanya konfigurasi subkultur masyarakat Indonesia
b. Budaya politik Indonesia yang bersifat parokial-kaula
c. Kultur masyarakat Indonesia beragam
d. Kecenderungan patronage
e. Ikatan primordial yang masih berpengaruh berakar
18. Wadah penanaman nilai-nilai politik yang paling efektif dan efisien yaitu ….
a. Media massa
b. Keluarga
c. Lingkungan
d. Sekolah
e. Partai politik
19. Masyarakat cenderung tidak mempunyai minat terhadap objek-objek politik yang luas kecuali dalam batas tertentu (tempat tinggal). Hal tersebut merupakan penjabaran budaya politik ….
a. Parochial Political Culture
b. Subject Political Kaula
c. Political Traditional Culture
d. Political Modern Culture
e. Participant Political Culture
20. Masyarakat berpendidikan tinggi cenderung mempunyai kesadaran politik yang relatif ….
a. Cukup rendah
b. Tinggi
c. Rendah
d. Sedang
e. Tidak ada
21. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Merupakan suara pasal ….
a. 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945
b. 28 Undang-Undang Dasar 1945
c. 27 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945
d. 28 A Undang-Undang Dasar 1945
e. 27 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945
22. Seseorang yang mendapatkan kewarganegaraannya sesuai negara tempat di mana ia dilahirkan, walaupun orang tuanya bukan warga negara dari negara tersebut dinamakan ….
a. Domisili
b. Kewarganegaraan
c. Ius soli
d. Naturalisasi
e. Ius sanguinis
23. Yang bukan merupakan hak warga Negara yaitu ….
a. Mempertahankan kedaulatan negara
b. Mendapatkan pekerjaan
c. Mendapatkan pendidikan
d. Mendapatkan kehidupan yang layak
e. Mendapatkan pertolongan hukum
24. Suatu proses aturan yang mengakibatkan seseorang dengan aneka macam syarat tertentu mempunyai kewarganegaraan negara lain dinamakan….
a. Domisili
b. Kewarganegaraan
c. Ius soli
d. Naturalisasi
e. Ius sanguinis
25. Proses penyatuan aneka macam kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional merupakan arti integrasi secara ….
a. Budayais
b. Antropologis
c. Sosiologis
d. Ekonomis
e. Politik
26. Yang bukan merupakan pola wujud integrasi nasional yaitu
a. Pembangunan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) di Jakarta oleh Pemerintah RI
b. Sikap saling menghargai kebudayaan kawasan lain, bahkan mau mempelajari budaya kawasan lain.
c. Sikap menonjolkan budaya kawasan sendiri dengan merendahkan budaya kawasan lain.
d. Diadakan pekan olahraga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
e. Sikap toleransi antar umat beragama.
27. Proses adaptasi diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat merupakan arti integrasi secara ….
a. Budayais
b. Antropologis
c. Sosiologis
d. Ekonomis
e. Politis
28. Suatu tindak pidana kriminal akan tetapi mempunyai sifat yang khusus, antara lain anggotanya mempunyai militansi tinggi, bergerak dalam kelompok, beroperasi di bawah tanah, memakai senjata yang canggih dan terkait dalam jaringan internasional dinamakan ….
a. Aksi blokade
b. Aksi agresi
c. Aksi spionase
d. Aksi t3r0risme
e. Aksi sabotase
29. Di dalam negara adanya warga negara yang mempunyai ... atas warga negara tersebut.
a. Kebebasan
b. Kekuasaan
c. Hak dan kewajiban
d. Kewajiban
e. Kedaulatan
30. Suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok insan yang bahu-membahu mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok insan tersebut ….
a. Departemen
b. Negara
c. Institusi
d. Pemerintah
e. Lembaga
31. Tujuan nasional bangsa Indonesia termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 pada alinea ….
a. Pertama
b. Ke lima
c. Ke tiga
d. Ke empat
e. Ke dua
32. Perhatikan Uraian di bawah ini!
1) Semua insan mempunyai martabat yang sama.
2) Semua bangsa mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
3) Semua bangsa mempunyai pemerintah yang berdaulat.
Alasan di atas yang melatarbelakangi bangsa Indonesia menolak paham rasialis ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 3
b. 2
c. 1 dan 2
d. 3
e. 2 dan 3
33. Setiap perjuangan baik dalam negeri atau luar negeri yang dinilai sanggup membahayakan keutuhan wilayah negara, kedaulatan negara, dan keselamatan segenap bangsa dinamakan ….
a. Ancaman dalam negeri
b. Ancaman
c. Ancaman non militer
d. Ancaman militer
e. Ancaman luar negeri
34. Integrasi berasal dari bahasa Latin yakni … yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan.
a. Integration
b. Integriti
c. Introgation
d. Integrazion
e. Integrate
35. Salah satu kewajiban warga negara terhadap negaranya yaitu ….
a. Memilih, memeluk, dan menjalankan masing-masing kepercayaan yang dipercayai
b. Mempunyai kedudukan yang sama di mata aturan dan di dalam pemerintahan
c. Memperoleh pekerjaan yang layak
d. Mempertahankan wilayah NKRI dari serangan musuh
e. Kemerdekaan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara ekspresi dan goresan pena sesuai UU yang berlaku
II. SOAL ESSAY
1. Jelaskan pengertian perwakilan diplomatik !Jawab : Pengertian perwakilan dipolomatik yaitu orang yang diberi kuasa untuk melaksanakan diplomasi di dalam melaksanakan korelasi internasional
2. Sebutkan sarana-sarana korelasi internasional !
Jawab : Sarana atau alat korelasi internasional, dibagi dua, yaitu :
a. Alat kelengkapan negara di dalam negeri, mempunyai kiprah melaksanakan korelasi internasional, misalnya dalam ketentuan Undang-Undang Dasar 1945 tetapkan wewenang presiden dalam korelasi internasional.
b. Alat perlengkapan negara di luar negeri, terdiri atas aneka macam utusan yang mempunyai kiprah melakuka korelasi internasional antara atu negara dengan negara lain. Utusan-utusan alat perlengkapan negara di luar negeri, yaitu perutusan diplomatik, konsul, perutusan khusus, dan perwakilan lain.
3. Jelaskan pengertian perjanjian internasional berdasarkan Warsito Sunaryo!
Jawab : Pengertian perjanjian internasional berdasarkan Warsito Sunaryo yaitu studi ihwal interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi ihwal keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.
4. Sebutkan dua bentuk perjanjian bangsa Indonesia dengan negara lain!
Jawab : Dua bentuk pernjian bangsa Indonesia dengan negara lain sebagai berikut :
- Perjanjian antara Republik Indonesia dengan RRC (Republik Rakyat Cina) pada tahun 1955 ihwal penyelesaian dwikewarganegaraan.
- Perjanjian ekstradisi antara Republik Indonesia dan Malaysia pada tahun 1974.
5. Sebutkan tahap-tahap dalam menjalin kolaborasi internasional !
Jawab : Tahap-tahap dalam menjalin kolaborasi internasional, yaitu :
a. perundingan
b. penandatanganan
c. pengesahan
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
0 Response to "Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay"
Posting Komentar