iklan

✔ Rekber ( Rekening Bersama ) - Klarifikasi Dan Cara Menggunakanya

Kali ini saya akan menjelaskan apa itu rekber atau rekening bersama lengkap dengan cara memakai serta klarifikasi sistem yang terjadi didalamnya bagaimana.Karena tujuan dan fungsi dari sistem jual beli menyerupai ini juga sangat manis dan kondusif baik untuk penjual dan pembeli,maka saya akan paparkan dengan detail kepada anda.

Rekber ( rekening bersama ) sanggup dikatakan sebagai " jalan tengah " bagi penjual dan pembeli biar terhindar dari penipuan atau bentuk pelanggaran yang lainya.Kok bisa? Saya akan menjelaskanya untuk anda.


Rekening Bersama atau REKBER



Pengertian Rekber


Rekening Bersama atau lebih familiar dengan sebutan rekber yakni sebuah sistem transaksi jual beli ONLINE yang memakai orang ketiga sebagai " HAKIM " untuk proses transaksi tersebut.Dengan pemberian " hakim/orang ketiga " inilah proses transaksi sanggup dilakukan dengan lebih aman.

Berhubung ini transaksi online ( antara pembeli dan penjual tidak bertemu eksklusif ) maka keamanan yakni point yang paling penting dari semuanya.


Aman? memangnya kenapa kalau tidak pakai REK-BER

Begini,dalam sebuah transaksi jual beli khususnya online,pasti anda sering mendengar atau bahkan mengalaminya dimana :
  • Barangnya tidak sesuai
  • Barangnya ternyata rusak
  • Yang dikirimkan tidak sesuai perjanjian
Dan masih banyak bencana yang tidak mengenakan bukan? Jika anda memakai siste rek-ber maka semua bencana tersebut sanggup diminimalisir.


Fungsi serta Tujuan Rekber


Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas,sistem transaksi ini mempunyai tujuan atau fungsi untuk menjaga keamanan transaksi antara si penjual dan pembeli.


Penjual dan Pembeli? Maksudnya bagaimana?

Tahukah anda bahwa tindak penipuan online TIDAK HANYA sanggup menimpa pembeli saja,melainkan penjual juga sanggup terkena penipuan.Saya akan jelaskan lebih detail lagi untuk anda :

- Tindak penipuan yang sering menimpa pembeli :
  • Barangnya tidak sesuai dengan kesepakatan
  • Setelah di transfer uang,barang tidak dikirimkan
  • Barang yang tidak dikirimkan
  • Dan sebagainya

-  Tindak penipuan kepada penjual :
  • Barang sudah diterima tetapi bilangnya belum terima
  • Barang yang diterima kondisinya manis tetapi bilangnya jelek
  • Barang sudah diterima kemudian part atau mesinya diganti kemudian menyampaikan bahwa barangnya palsu
  • Dan sebagainya

Ada aneka macam jenis penipuan online yang sanggup menimpa kedua belah pihak ( pembeli dan penjualnya ).Itulah kenapa sistem rekening besama diciptakan atau dibuat,supaya semua tindak menipu tersebut sanggup di organisir.


Jenis dan Macam-Macam Rekber


Untuk jenis re-bernya sendiri ada 2 macam,yaitu :
  • Terpisah ( orang yang ditunjuk menurut persetujuan kedua belah pihak )
  • Terhubung otomatis ( sudah ada dan anda sebagai pembeli atau penjual tidak sanggup menentukan )

- Terpisah

Untuk jenis yang terpisah atau orang ketiga sesuai persetujuan pembeli dan penjual maksudnya begini :

Anggaplah anda sedang melaksanakan transaksi jual beli di media umum menyerupai facebook,instagram,twitter atau yang lainya,kemudian menurut kesepakatan bersama,menunjuk orang ketiga sebagai rek-ber atau pihak ketiga untuk menjadi " HAKIM " atas transaksi anda.

Tips jikalau anda memakai sistem rekening besama dengan jenis menyerupai ini untuk menghindari tindakan penipuan adalah :
  • Pastikan orang yang anda pilih yakni orang yang bertanggung jawab ( anda harus tahu orang itu baik pembeli maupun penjual ).Anda sanggup menunjuk orang yang terpercaya atau situs reakber yang terpercaya untuk itu.
  • Jangan mau jikalau anda ditawari rek-ber tetapi anda sendiri tidak tau itu siapa atau organisasi apa ( sanggup jadi itu kong kalikong penipu saja )


- Terhubung Otomatis

Jenis yang ini biasanya terdapat pada situs jual beli online menyerupai bukalapak,tokopedia dan sejenisnya.Baik anda sebagai pembeli maupun penjual TIDAK BISA MEMILIH untuk menunjuk orang ketiganya.

Semuanya sudah ada didalam situs online tersebut,jadi anda hanya tinggal mengikuti instruksinya saja.

Tips untuk memakai jenis ini adalah :
  • Selalu pilih situs online yang terpercaya ( jangan belanja di situs online yang abal-abal )
Kenapa harus menyerupai itu? Karena situs ual beli online yang sudah terpercaya/terkenal,biasanya memang memakai jasa Rekening Bearsama yang sudah tervalidasi.Dan kalaupun terjadi kesalahan sistem,si pemilik situs akan betanggung jawab untuk itu.


Cara Menggunakan Rekber Bagaimana?


Untuk alur/sistem/langkah pengunanya yakni sebagai berikut :


Kali ini saya akan menjelaskan apa itu rekber atau rekening bersama lengkap dengan cara me ✔ Rekber ( Rekening Bersama ) - Penjelasan dan Cara Menggunakanya


Perhatikan gambar diatas : Itu yakni alur perjalanan dari sistim rekening bersama.Untuk cara menggunakanya yakni sebagai berikut :


1. Pastikan Sudah Deal


Pertama saya anggap anda sudah setuju/deal baik antara penjual dengan pembeli dengan memakai pemberian orang ketiga ( yang anda pilih bersama ) ataupun memakai yang sudah otomaits ada.


2. Pembeli Transfer


Selanjutnya yakni si PEMBELI melaksanakan transfer uang sebesar yang sudah disetujui kepada pihak REK-BERnya + biaya jasa.Untuk biaya jasa rekaning bersama bervariasi antara 10.000 hingga 50.000 tergantung dari pihak rekenig bersamanya saja.

Setau saya 50.000 yakni angka yang paling tinggi untuk sekali transaksi ( itupun saya memakai jasa orang ketiga yang saya pilih sendiri,jika memakai situs besar,mungkin akan lebih murah ).

Jika biayanya terlalu mahal,itu keputusan anda,mau menggunakanya atau mengganti dengan jasa yang lainya.


3. Pihak Rek-Bernya Melakukan Konfirmasi


Setelah uang pembeli diterima pihak rekening besamanya,maka mereka akan melaksanakan konfirmasi kepada pembeli dan lenjual :
  • Kepada pembeli : Kami sudah mendapatkan uang transaksi sebesar ...... untuk pembayaran unit ..... dan sebagainya ( biasanya bentuk notifikasinya menyerupai itu,tetapi tidak selalu sama menyerupai itu yaa )
  • Kepada penjual : Kami sudah mendapatkan uang dari pembeli sebesar..... untuk pembayaran unit .... selanjutnya silahkan anda kirimkan barang yang dimaksud ke alamat pembeli ( ini juga kurang lebih menyerupai ini pemberitahuanya,bisa juga berbeda )


4. Penjual Mengirim Barang


Jika anda yakni sebagai penjual,setelah mendapatkan notifikasi dari pihak REK-bersama,barulah anda mengirimkan barang/unit yang dimaksudkan ( ingat yaa,kirim barang sehabis ada notifikasi/pemberitahuan dari pihak rek-bernya ).

Setelah mengirimkan barangnya,silahkan berikan KODE RESI pengiriman kepada pihak rekening bersaama sebagai bukti sah jikalau anda sudah mengirimkan barangnya.nanti pihak REK-BER juga akan melaksanakan pengecekan,apakah resi tersebut benar/valid atau resi bodong.

Jika pembeli menyampaikan sudah trasfer uang tetapi pihak rek-bernya tidak menunjukkan pemberitahuan apapun maka JANGAN KIRIMKAN barangnya.Ini sudah merupakan alurnya,jadi anda sebagai penjual tidak perlu takut nama anda buruk jikalau memang rakbernya belum konfirmasi kepada anda,karena memang prosedurnya menyerupai itu.


5. Pembeli Menerima Barang dan Melakukan Pengecekan


Setelah pembeli mendapatkan barang,pembeli akan melaksanakan pengecekan,apakah semuanya sesuai dengan kesepakatan atau tidak.Jika pihak pembeli sudah puas dan semuanya lancar maka pembeli WAJIB memberitahukan pihak rekening bersiama bahwa semuanya sudah diterima dan lancar.


6. Pihak Rek-Ber Memberikan Uang Kepada Penjual


Setelah semuanya lancar,maka barulah pihak rekening bersama akan menunjukkan hak uang kepada penjual dan transaksipun SELSAI.


MASALAH yang sering terjadi :


- Si Pembeli mendapatkan barang yang tidak sesuai bagaimana?

Jika pembeli mendapatkan barang yang tidak sesuai kesepakatan maka,pembeli diperbolehkan melaksanakan komplain ke pihak REK-bersama dan meminta jalan tengah untuk penyelesaian.Selama problem belum final maka uang pembeli TIDAK AKAN diberikan ke panjual


- Si Pembeli sudah mendapatkan barang tetapi menyampaikan belum terima bagaimana?

Tidak bisa,kan pihak rekenig bersama mempunyai kode RESI pengiriman.Jika mereka mengecek ternayata statusnya sudah terkirim,maka barang akan diangap sudah terkirim ( tanpa alasan apapun ).


- Si pembeli memang belum mendapatkan barangnya tetapi resi tertulis sudah terkirim bagaimana?

Pihak rek-ber akan mengangap tu sudah terkirim.Jadi itu urusan pembelipenerima dengan pihak jasa expedisi pengiriman ( mungkin salah kirim atau alasan lainya ).Tetapi anda sebagai pembeli tidak perlu kahawatir,karena pihak rekening bersama akan menunggu hingga problem ini final gres uangnya diberikan ke pihak penjual.

Mereka juga biasanya akan membantu anda untuk melaksanakan komplain ke jasa pengiriman perihal problem tersebut.


- Si Penjual menunjukkan resi palsu

Ketika penjual berbuat curang dengan menunjukkan resi palsu ( padahal beliau belum mengirimkan barangnya ) dengan sangat gampang pihak rekening-bersama akan mengetahuinya dan uang pembeli akan AMAN dan dikembalikan ke pembeli.


- Si Pembeli sudah mendapatkan barang tetapi tidak melaksanakan konfirmasi ke pihak rek-bernya bagaimana?

Biasanya ada masa batas waktu tenggang ( antara 2 hingga 5 hari ) tergantung kebijakan pihak rekening besama yang anda gunakan.Jika dalam batas waktu tenggang yang ditentukan si pembeli TIDAK MELAK
UKAN KONFIRMASI maka,transaksi dianggap SUKSES dan uang akan di berikan ke penjual.


Jika anda masih mempunyai pertanyaan seputar ini,silahkan tanyakan di kolom komentar TETAPI patuhi peraturan sebelum berkomentar ( baca deskripsi di atas form komentar dibawah ).




Demikian klarifikasi ihwal rekber atau rekening bersama,semga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Rekber ( Rekening Bersama ) - Klarifikasi Dan Cara Menggunakanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel