iklan

Prinsip 7C Ala Aprindo Biar Bisnis Bertahan Lama

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) merupakan salah satu wadah yang memfasilitasi perkembangan para pengusaha di tanah air. Tak sekadar menjadi daerah untuk saling membuatkan informasi, Aprindo juga membantu memperlihatkan saran kepada pemerintah ihwal regulasi industri ritel Indonesia. Di sisi lain, Aprindo juga gencar memperlihatkan banyak ilmu gres kepada para pengusaha biar iklim bisnis di Indonesia senantiasa lancar.


Roy Mandey selaku ketua Aprindo pernah menjelaskan ihwal prinsip 7C yang penting untuk menciptakan bisnis bertahan lama. Kalau Anda ingin bisnis Anda langgeng dan jauh dari risiko bangkrut, alangkah lebih baik kalau Anda menerapkan prinsip 7C berikut ini:


Community


Banyak pebisnis yang sibuk mengembangkan bisnis hingga lupa membangun komunitas yang sulit. Padahal, komunitas ialah bekal yang penting untuk memperkuat pondasi bisnis. Para pebisnis harus membangun komunitas dengan sesama pebisnis, supplier, pelanggan, dan masyarakat. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) juga penting untuk memperkuat korelasi dengan masyarakat.


Customization


Setiap bisnis harus peka melaksanakan kustomisasi seiring dengan berjalannya waktu. Karena bisnis yang sanggup bertahan usang ialah bisnis yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Jangan hanya menjalankan bisnis untuk memperoleh laba besar. Sebab kebutuhan masyarakat ialah prioritas yang penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.


Connectivity


Konektivitas merupakan hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Selain toko fisik, Anda juga harus sanggup menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Manfaatkan jaringan internet dan jasa pengiriman barang untuk memperluas sasaran pasar Anda. Cara yang paling umum yaitu menciptakan toko online dan melaksanakan promosi melalui media sosial.


Convenience


Hal apa yang dibutuhkan pelanggan dikala mempercayai bisnis Anda?


Selain menginginkan harga yang terjangkau, kenyamanan (convenience) juga menjadi hal yang tak kalah penting. Anda dan staf harus mempunyai jiwa melayani biar pelanggan merasa diperhatikan. Kenyamanan juga sanggup dirasakan pelanggan melalui perilaku tulus dikala mendapatkan saran dan kritik. Sehingga pelanggan pun tak sungkan mengomentari hal-hal yang dianggap kurang sesuai dengan ekspektasi. Tidak semua bisnis sanggup memperlihatkan kenyamanan yang menciptakan pelanggannya setia dengan bisnis tersebut.


Content


 merupakan salah satu wadah yang memfasilitasi perkembangan para pengusaha di tanah air Prinsip 7C ala Aprindo Agar Bisnis Bertahan Lama


Masyarakat selalu butuh penemuan produk gres untuk mendukung kebutuhannya. Contohnya, produk teh dalam kemasan gelas plastik yang mulai digemari semenjak lima tahun terakhir. Itulah yang menjadikan Anda harus peka dan inovatif dalam menyiapkan konten produk. Supaya produk Anda benar-benar menarik, bermanfaat, dan sanggup diterima oleh khalayak ramai.


Curation and Choice


Kurasi (kegiatan mengelola sesuatu) dan pilihan ialah dua aspek utama yang juga harus diperhatikan seorang pebisnis. Jadi, pebisnis tak perlu ragu untuk menghentikan produksi atau pembelian barang yang sudah tidak diminati pelanggan. Karena pelanggan masa kini semakin cerdas menentukan produk yang lebih menarik dan bermanfaat.  


Control


Sesibuk apa pun Anda, tetap saja Anda harus melaksanakan kontrol penuh terhadap bisnis yang Anda jalankan. Kendali bisnis bukan hanya ihwal penemuan dan administrasi saja. Urusan keuangan pun tak boleh luput dari perhatian Anda.


Kini, Anda sanggup mengelola kondisi keuangan bisnis secara gampang bila Anda memakai Accurate Online. Karena software pembukuan tersebut mempunyai fitur yang mudah dan fungsional. Anda sanggup melaksanakan tahapan pembukuan mulai dari pencatatan hingga menciptakan laporan keuangan, hingga laporan pajak.


Untuk keamanan, Anda tidak perlu takut. Karena Accurate Online mempunyai sistem keamanan yang sangat aman. Bahkan data Accurate Online sanggup disimpan pada database server milik perjuangan Anda sendiri.  Penyimpanan data pada Accurate Online sangat kondusif alasannya dilengkapi dengan sistem server bertingkat.


Kalau Anda mulai menerapkan prinsip 7C tersebut dari sekarang, pasti bisnis Anda akan mempunyai pondasi besar lengan berkuasa untuk bertahan lama. Ancaman kebangkrutan pun tak akan menjadi momok menyeramkan bagi Anda. Sebab Anda sudah memahami cara untuk mencegahnya dan memahami bagaimana menghadapi risiko-risiko yang akan terjadi selama menjalankan bisnis.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prinsip 7C Ala Aprindo Biar Bisnis Bertahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel