iklan

Pengertian Mac Address Dan Fungsinya

Pengertian MAC Address dan Fungsinya - MAC Address (Media Access Control Address) ialah alamat untuk jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan suatu node tertentu dalam jaringan.

Dalam satu buah jaringan berbasis Ethernet, MAC address ialah alamat yang unik yang mempunyai panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan suatu komputer, interface dalam satu buah router, atau node yang lain dalam jaringan.
Baca juga: Pengertian Router

MAC Address tidak jarang dinamakan juga sebagai Ethernet address, physical address, atau Hardware address.
 ialah alamat untuk jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data Pengertian MAC Address dan Fungsinya
MAC

MAC Address mengijinkan perangkat-perangkat dalam jaringan biar sanggup berkomunikasi antara satu dengan yang yang lain.
Baca juga: 
Pengertian Jaringan Komputer
Perangkat Jaringan Komputer

Kita ambil satu contoh, dalam suatu jaringan berbasis tehnologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi berkenaan MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer maksud (destination).

Beberapa perangkat, menyerupai halnya bridge dan switch Layer-2 sanggup melihat pada gosip MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasirmasi MAC address ini untuk memuntuk "tabel routing" internal dengan cara dinamis.
Baca juga: 
Pengertian HUB dan Fungsinya

Perangkat-perangkat tersebut juga sesudah itu menggunakan tabel yang gres diuntuk itu untuk menambahkan frame yang dia terima ke suatu port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang mempunyai MAC address maksud berada.

Dalam suatu komputer, MAC address ditetapkan ke satu buah kartu jaringan (network interface Card/NIC) yang dibutuhkan utk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan.

MAC Address rata rata tak sanggup diubah dikarenakan sudah dimasukkan ke dalam ROM.

Beberapa kartu jaringan sediakan utilitas yang memungkinkan kita utk mengubah MAC address, meskipun faktor ini kurang disarankan.

Apabila dalam suatu jaringan terdapat dua kartu jaringan yang mempunyai MAC address yang sama, maka kemungkinan akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tak akan saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Beberapa kartu jaringan, menyerupai halnya kartu Token Ring mengharuskan konsumen untuk mengatur MAC address (tak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum sanggup dipakai.

MAC address benar-benar harus unik, dan untuk itulah Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address.

24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa produsen card tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomer card tersebut.

Setiap dari 24 bit tersebut akan direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, maka mengakibatkan keseluruhan 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan total MAC address.
Nah itulah ulasan singkat wacana Pengertian MAC Address dan Fungsinya, semoga bermanfaat!

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Mac Address Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel