iklan

Peluang Perjuangan Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha salon kecantikan tak pernah kehilangan pesonanya Peluang Usaha Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa UsahanyaUsaha salon kecantikan tak pernah kehilangan pesonanya. Salon merupakan daerah favorit untuk manjaga dan merawat penampilan. Hal yang lumrah apabila kaum hawa selalu merawat penampilan dan ingin tampil cantik. Bisnis salon kecantikan ini bukan sekedar usaha pangkas rambut semata. Namun melayani segala yang berkaitan dengan kecantikan dan perawatan tubuh, mulai dari potong rambut, creambath, rias wajah, pedicure, manicure, body spa, dan aneka perawatan tubuh lainnya.


Tidak hanya itu, perjuangan salon kecantikan juga sanggup memanfaatkan momen-momen khusus. Seperti momen wisuda, pernikahan, sampai momen peringatan hari besar nasional menyerupai Hari Kartini dan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Pada momen-momen tertentu tersebut salon kecantikan akan dibanjiri konsumen untuk merias wajahnya dan tak jarang juga sewa baju/kostum. Konon bisnis rias pengantin sanggup jadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.


Potensi perjuangan salon kecantikan berkembang cukup pesat, apalagi kini banyak juga muncul salon muslimah. Meningkatnya kesadaran religius di kalangan masyarakat membuka lebar peluang perjuangan salon muslimah, yaitu salon khusus untuk kaum perempuan yang ingin melaksanakan perawatan di daerah yang “aman” dan nyaman. Aman dalam artian terjaga auratnya ketika membuka hijab, alasannya yaitu di dalam salon tersebut bebas dari kaum adam.


Kunci sukses dalam perjuangan salon kecantikan ada dua, yaitu selalu mengikuti musim mode dan selalu menunjukkan pelayanan terbaik. Sebagaimana bisnis yang berkaitan dengan penampilan lainnya, dalam bisnis salon kecantikan Anda harus mengikuti perkembangan trend. Karena dunia mode selalu mengalami perubahan musim dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda juga harus menunjukkan pelayanan terbaik pada setiap konsumen. Pelayanan merupakan hal penting supaya konsumen merasa betah dan ingin terus dimanjakan di salon kecantikan Anda.


Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan



  1. Konsep Salon. Karena banyak jenis salan, maka sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memilih konsep salon kecantikan yang hendak Anda bikin. Apa saja layanan yang hendak diberikan di salon Anda? Interiornya kira-kira menyerupai apa? Standar pelayanan terhadap customer bagaimana? Semakin detail merencanakan konsep salon, akan semakin bagus nantinya.

  2. Siapkan SDM. Seperti halnya juru masak dalam bisnis kuliner, SDM dalam perjuangan salon kecantikan juga memainkan tugas kunci. Siapkan SDM yang kompeten di bidangnya. Cari yang sudah berpengalaman, atau memang lulusan sekolah/kursus kecantikan. Bila perlu kirim karyawan untuk mengikuti kursus atau training kecantikan tertentu, supaya mereka juga selalu update pengetahuan.

  3. Hunting Lokasi. Pemilihan lokasi diadaptasi dengan konsep salon, alasannya yaitu konsep salon ini juga berkaitan dengan segmen pasar. Sementara pemilihan lokasi harus erat dan gampang diakses oleh sasaran market. Kalau Anda menyasar pangsa pasar mahasiswi, maka bidik lokasi sekitar kampus, selain mahasiswi yang rajin perawatan, salon Anda juga akan banjir order ketika program wisuda.

  4. Strategi Pemasaran. Strategi pertama, Anda harus menciptakan perjuangan Anda dikenali sebanyak mungkin orang. Caranya sanggup dilakukan dengan mengembangkan brosur, pamflet, atau leaflet. Jangan lupa aktif di media social, gunakan kekuatan viral sosial media untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Selalu perhatikan kompetitor, belajarlah dari mereka. Para kompetitor itulah yang akan menciptakan bisnis Anda jadi besar.

  5. Siapkan Modal. Hitung kebutuhan modal, kemudian cari dana untuk membiayainya. Baik itu dana yang berasal dari tabungan Anda sendiri, dana pinjaman, atau menjalin kerjasama dengan investor.

  6. Action.. Jangan dihitung-hitung terus… Jangan direncanakan doang… Segera action…


Analisa Usaha Salon Kecantikan


Modal Awal



  • Renovasi tempat: Rp 5.000.000,-

  • Cermin rias 4 pcs @Rp 200.000: Rp 800.000,-

  • Kursi potong tidur 4 pcs @Rp 250.000: Rp 1.000.000,-

  • Tempat tidur facial: Rp 600.000,-

  • Tempat basuh rambut: Rp 700.000,-

  • Steamer rambut: Rp 800.000,-

  • Steamer badan: Rp 700.000,-

  • Bath up: Rp 750.000,-

  • Handuk kecil 1 lusin: Rp 50.000,-

  • Peralatan lain: Rp 1.000.000,-

  • JUMLAH: Rp 11.400.000,-


Biaya Operasional



  • Bahan kosmetik (facial,crembath,dll): Rp 2.500.000,-

  • Kosmetik perawatan tubuh: Rp 1.500.000,-

  • Kosmetik rias: Rp 500.000,-

  • Gaji 2 orang @Rp 1.000.000: Rp 2.000.000,-

  • Listrik & Air: Rp 500.000,-

  • Marketing: Rp 500.000,-

  • Lain-lain: Rp 1.000.000,-

  • JUMLAH: Rp 8.500.000,-


Omset/Pendapatan


Asumsi 15 orang per hari @Rp 30.000,-


= 15 orang x Rp 30.000 x 30 hari


= Rp 13.500.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= Omset – Biaya Operasional


= Rp 13.500.000 – Rp 8.500.000


= Rp 5.000.000,-


Break Event Point


= Modal Awal / Keuntungan


= Rp 11.400.000 / Rp 5.000.000


= 2,28 bulan = 69 hari


Angka-angka pada analisa usaha di atas sanggup berbeda, tergantung pada skala perjuangan yang hendak Anda jalani. Semoga goresan pena ini sanggup memberi citra bagi Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam perjuangan salon kecantikan.


sumber gambar usaha salon kecantikan: seputarsemarang.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel