iklan

✔ Cara Dan Syarat Menjadi Masinis Kereta Api ( Perempuan Serta Laki-Laki )

Cara dan syarat menjadi seorang masinis kereta api di PT KAI yang akan saya jelaskan di artikel kali ini berlaku untuk anda yang berjenis kelamin wanita/perempuan dan pria/laki-laki.Tatacara dan persyaratan yang harus anda lakukan serta persiapkan sebenanya tidak terlalu sulit,jadi anda tidak perlu menghawatirkan hal ini.

Cara menjadi masinis kereta api bagi perempuan ataupun laki-laki sebetulnya tidak teralu berbeda dengan ketika anda melamar pekerjaan di perusahaan pada umumnya.Sedangkan syarat yang harus dipenuhi atau dilengkapilah yang menjadi point yang sedikit berebeda dengan yang lain,bisa dikatakan sedikit ribet.


Alur atau Proses untuk Menjadi Seorang Masinis Kereta Api




Cara dan syarat menjadi seorang masinis kereta api di PT KAI yang akan saya jelaskan di ar ✔ Cara dan Syarat Menjadi Masinis Kereta Api ( Wanita serta Pria )



Masinis yaitu seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan atau mengemudikan sebuah kereta baik itu kereta biasa atauun listrik ( KRL ).Tetapi tidak hanya mengemudiaknya saja,seorang " sopir kereta " mempunyai tanggung jawab yang sangat luar biasa menyangkut keselamatan semua penumpang yang dibawanya.


Kerja jadi masinis itu enaknya apa sih?

Sebelum ke inti pembahasan,saya ingin menceritakan sedikit pengalaman ketika melamar kerja di perusahaan ini dulu.Ketika saya melamar kerjaan,saya berfikir bahwa orang-orang yang mendaftar itu sebab sedang mengganggur atau mencari kerja saja,TERNYATA TIDAK!

Ketika saya menanyakan ( iseng-iseng ) kepada beberapa angkatan yang mengikuti seleksi bareng dengan saya mengenai ALASAN kenapa mendaftar,ternyata jawabanya beraneka ragam dan mungkin sanggup dibilang bahwa itu yaitu sisi posisitf bekerja sebagai juru kemudia kereta.

Beberapa hal yang manjadi alasan dan dianggap lezat menjadi seorang " sopir kereta " antara lain :
  • Gajinya besar 
  • Tunjanganya lumayan
  • Masa depanya bagus
  • Untuk yang masih " single ",akan ada sedikit kepercayaan diri ketika mendekati lawan jenis
Itu beberapa tanggapan dari mereka-mereka yang saya tanya.Itu semua memang benar,jadi banyak hal yang menjadi daya tarik seseorang melamar profesi ini.


Gaji Masinis Berapa?


Gaji atau upah menjadi seorang juru kemudi kereta memang yang menjadi faktor utama banyaknya peminat untuk profesi ini.Dikutip dari laman tribunnews,upah seorang juru mudi mencapai angka rata-rata 12 juta rupiah.

Untuk ukuran perekonomian di indonesia,pendapatan yang mencapai angka 12 juta sudah termasuk sangat besar dan sangat layak untuk keberlangsungan hidup.Belum lagi beberapa tunjanganyang diperoleh.

Menurut Bp. Sukmoro selaku dirut PT KAI,besaran honor sebesar 12 juta itu sudah dikalkulasikan atau sudah " take home pay " alias uang yang dibawa pulang atau honor kotor.Itu sudah termasuk beberapa biaya sumbangan profesi dan yang lainya.


Jam Kerja Masinis Berapa Lama?


Untuk mereka yang berprofesi dan bertugas,memiliki jam kerja juga,karena memang seorang karyawan,jam kerjanya di atur dalam undang undang.Sebelum ke panjelasan jam kerja,seorang juru kemudi akan diberikan JADWAL pada tanggal 1 awal bulan dan berlaku untuk satu bulan penuh.

Sedangkan untuk jam kerja rata-rata dalam satu hari yaitu sekitar 6 hingga 8 jam.Untuk perjalanan jauh yang membutuhkan waktu lama,biasanya akan di handle oleh petugas yang lain,jadi anda tidak perlu kaget kalau dalam sebuah perjalanan,anda melihat sopir yang berbeda dari ketika awal berangkat.

Pergantian petugas atau sistem rolling ini dilakukan selain untuk mematuhi ketentuan perundangan ihwal hak jam kerja karyawan juga bertujuan untuk menjaga stamina dan kesehatan masinis.Sangat mustahil kalau seorang juru kemudi harus melaksanakan perjalanan hingga 15 jam atau 20 jam tanpa ada panggantinya,bahaya untuk penumpang juga.

Jadi,jika sudah hingga batas waktu yang ditentukan,maka akan digantikan oleh juru kemudi yang lainya.


Kapan Hari Libur Untuk Masinis?

Sedangkan untuk hari liburnya memakai " sistem off ".Makdusnya sistem off itu yaitu : Bekerja beberapa hari kemudian libur 1 hari,cotohnya ada yang kerja 5 hari terus libur,ada yang 6 hari gres libur 1 hari dan seterusnya.

Kaprikornus sanggup dikatakan " tidak menentu " untuk hari liburnya,antara satu petugas dengan petugas yang lainya akan berbeda.Tidak sanggup libur sekaligus ( siapa yang mau mengemudikan keretanya ).

Bagian yang paling " tidak lezat " dengan sistem libur menyerupai ini yaitu : Ketika menemui hari besar atau libur nasional tetapi jadwaknya berangkat,ya mau tdak mau harus berangkat.Bahkan kalau hari raya lebaran idul fitri juga banyak yang tidak libur sebab memang jadwalnya untuk bertugas.

Tapi semua itu saya rasa tidak terlalu menjadi problem besar melihat semua hal yang diperoleh dari profesi ini.Toh walaupun menyerupai itu,seorng karyawan masih diberikan hak untuk jam istirahat,libur bahkan hak untuk mengajukan cuti.


Sekolah atau Pendidikan Masinis Kereta Api itu Bagaimana?


Apakah ada sekolah atau pendidikan khusus untuk menjadi seorang juru kemudi kereta? Jika yang anda maksudkan sekolah itu menyerupai jenjang Sekolah Menengan Atas atau akademi tinggi,maka jawabanya TIDAK ADA.

Sekolah atau pendidikan masinis yaitu sebuah jadwal dari PT KAI untuk memeberikan ilmu pengetahuan kepada calon masinis.Jadi anda harus diterima di PT KAI dulu gres mendapat pendidikan dari sana.

Untuk seorang calon masinis biasanya akan menempuh pendidikan selama kurang lebih 6 hingga 1 tahun sesuai kebijakan yang berlaku.Setelah lulus dan mendapat akta resmi,barulah seseorang boleh menjadi juru kemudi kreta.

Dulu juga saya berfikir kalau ada pendidikan khususnya,setelah saya tanyakan,ternyata tidak ada dan harus diterima bekerja dulu.Itulah kenapa lulusan SMA/SMK sederajat sanggup untuk melamar lowongan kerja di PT KAI.


Syarat Menjadi Masinis Kereta Api untuk Wanita dan Pria


Untuk persyaratan yang harus anda penuhi antara lain :
  • WNI ( warga negara indonesia )
  • Untuk lulusan SMA/SMK sederajat,umur minimal 18 tahun dan maksimal yaitu 25 tahun
  • Untuk lulusan diploma,umur minimal yaitu 22 tahun dan maksimal yaitu 30 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani ( dibuktikan dengan surat sehat dokter )
  • Berkelakukan baik ( dibuktikan dengan SKCK atau surat kelakuan baik )
  • Bebas dari imbas obat terlarang atau narkoba ( dibuktikan dengan surat bebas narkotika )
  • Tidak bertato dan bertindik
  • Siap bertugas dan ditempatkan di seluruh wilayah indonesia
  • Tidak ada status perkawinan dengan karyawan PT KAI
  • Laki-laki tinggi bdan minimal 160 cm
  • Perempuan tinggi tubuh minimal 155 cm

Persyaratan diatas sanggup berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah.Jadi untuk yang paling tepat,anda lihat saja dalam brosur atau gosip loker PT KAI yang ada,pasti akan ada persyaratan yang dicantumkan.

Mungkin bagi sebagian orang beranggapan bahwa seorang juru kemudi kreta yaitu mereka yang khusus laki-laki,tetapi tidak demikian.Tidak ada larangan dalam perundangan bahwa perempuan dihentikan ikut,semuanya bole ikut.

Hanya saja,memang sebagian besar di dominasi oleh para pria.Hal ini juga dikatakan oleh Ibu Mega Tarigan selaku kepala MRT divisi jakarta.Beliau menuturkan kalau tidak ada deskriminasi untuk profesi ini baik laki-laki ataupun wanita.


Cara Menjadi Masinis Kereta Api baik Wanita ataupun Pria


Setelah anda mengetahui sedikit citra diatas,jika anda ingin menjadi seorang sopir kereta api,anda sanggup menempuh langkah berikut ini :

1. Via Website/Situs Resmi KAI

Jalan yang paling umum dan saya sediri gunakan ketika melamar kerja disini yaitu dengan memakai website atau situs resminya.Adapun alur pendaftaranya yaitu sebagai berikut :
  • Pastikan ada lowongan yang dibuka
  • Akses website resminya di alamat : https://recruitment.kai.id/
  • Lakukan proses pendaftaran atau pendaftaran akun terlebih dahulu ( jangan hingga lupa username dan paswordnya,kalau lupa anda tidak sanggup masuk nanti )
  • Setelah proses pendaftaran selesai,silahkan lakukan pendaftaran
  • Mengungah berkas/dokumen sebagai seleksi tahap manajemen awal
  • Jika tahap seleksi manajemen lulus,anda akan diperbolehkan mengikuti tahapan cek kesehatan awal
  • Tahapan selanjutnya dalah tahapan tes psikotes
  • Jika anda lulus,maka anda akan mengikuti psikotes tahap 2
  • Jika anda lolos,maka anda akan diperbolehkan mengikuti tahapan seleksi wawancara/interview
  • Jika anda dinyatakan lulus,anda akan mengikuti tahapan kesehatan akhir
  • Selesai

Sebenarnya,setelah prosesi tes kesehatan atau medical chek up yang terahir,anda masih akan mengikuti aneka macam mekanisme lainya,tetapi kalau sudah di tahapan ini,mungkin sudah sanggup dikatakan zona aman.

Tidak ada perlakukan berbeda untuk perempuan dan laki-laki,semuanya memakai sistem yang sama.Jika ada perbedaan,itu hanya prakteknya saja bukan sistemnya,contohnya untuk tes kesehatan simpulan atau yang lainya,bagian-bagian tubuh yang diperiksa akan berbeda antara cewek dengan cowok.

Itu masuk akal saja,karena memang anggota tubuhnya berbeda dan mungkin ada evaluasi lainya.Tetapi secara sistem,semuanya sama saja.

BACA :



Dari serangkaian proses seleksi,tes psikotes yaitu proses yang paling banyak menciptakan para pelamar gagal.Selain sebab memakai sistem gugur,proses ini soalnya juga tidak mengecewakan sulit,apalagi proses wawancaranya.

BACA JUGA :



Demikian klarifikasi ihwal bagaimana cara dan syarat untuk menjadi masinis baik perempuan ataupun pria.Semoga sanggup membantu anda.terimakasih teleh membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Cara Dan Syarat Menjadi Masinis Kereta Api ( Perempuan Serta Laki-Laki )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel