iklan

Memanfaatkan Ramuan Obat Daun Sirih

     Dalam belahan ini diuraikan beberapa ramuan dari daun sirih untuk mengobati aneka macam jenis penyakit. Dalam hal ini, daun sirih ada yang bekerja sendiri tanpa adonan flora lain dan ada pula yang hanya sebagai pelengkap. Dengan kata lain, daun sirih dapat dijadikan sebagai materi pokok dan dapat sebagai materi tambahan, tergantung dari jenis penyakit yang akan diobati. Di samping itu, perlu diperhatikan cara pemakaiannya, alasannya ialah untuk obat luar (misalnya untuk penyakit kulit dan untuk cebok) berbeda dengan untuk obat dalam yang ramuannya harus diminum atau dikonsumsi. Perlu diperhatikan pula pemakaian dalam bentuk daun sirih matang yang direbus atau dalam keadaan mentah. Sebagai flora yang mempunyai kegunaan obat, daun sirih sebaiknya dimanfaatkan dalam keadaan segar, sehingga cara meramunya harus mengikuti kaidah atau cara-cara yang lazim biar khasiat obat yang dikandungnya tidak pudar.

     Setelah dipetik, daun sirih segar harus dicuci dengan air higienis sebelum dimanfaatkan. Cara mencucinya ialah dengan menyiram atau menyemprotkan air higienis ke permukaan daun, baik bawah maupun atas, lalu mengibaskannya sampai air yang melekat di daun sirih tersebut hilang. Setelah itu, daun sirih gres dimanfaatkan, baik direbus terlebih dahulu maupun tidak, tergantung dari penyakit yang akan diobati. Demikian pula bahan-bahan yang lain (kecuali gula, madu, garam, dan bahan-bahan baku yang sudah higienis atau siap pakai) sebaiknya dicuci higienis menggunakan air bersih.

     Tujuan pembersihan materi ini ialah biar tidak ada zat-zat berbahaya yang melekat di bahan-bahan tersebut. Setelah dicuci sampai bersih, bahan-bahan diramu menyerupai diuraikan dalam resep-resep ramuan. Seperti halnya ramuan obat  tradisional atau jamu, ramuan daun sirih dapat dikombinasikan dengan obat-obat modern sesuai dengan resep dokter. Kombinasi ini dapat saling melengkapi satu sama lain dalam upaya menyembuhkan penyakit, tetapi dapat pula membahayakan.

     Karenanya, sebelum memanfaatkan ramuan ini dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama Anda yang mempunyai penyakit berat, komplikasi, alergi, dan sedang hamil. Konsultasi ini perlu dilakukan mengingat hampir semua ramuan bersifat  tradisional empiris,  yakni pengalaman yang bebuyutan dan belum diteliti secara ilmiah-medis, meskipun dunia medis sendiri telah mengakui keberadaan zat yang terkandung di dalam daun sirih tersebut. Dalam hal ini, tentunya saran atau advis dokter harus diprioritaskan. Agar sembuh dari penyakit dengan ramuan daun sirih, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pegangan atau pedoman.

1.     Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Menyembuhkan biar penyakit dapat disembuhkan dengan perantaraan ramuan obat yang dipakai.

2.     Memakai ramuan obat sesuai dengan hukum pemakaian dan takaran yang dianjurkan. Bisa pula dengan cara mencobanya bertahap dan kalau khasiatnya dapat dirasakan oleh tubuh, gres memakainya sesuai dengan hukum atau dosis.

3.     Menyugesti atau meyakinkan diri sendiri bahwa dengan menggunakan ramuan ini penyakit  yang diderita dapat sembuh.

4.     Memeriksakan diri (check up) dan melaksanakan konsultasi dengan dokter sesuai dengan penyakit yang diderita biar perkembangan penyakit terpantau.

Melaksanakan teladan hidup sehat, yakni memakan masakan yang gizinya seimbang dan teratur, bekerja atau beraktivitas secara teratur, tidur teratur, berolahraga, dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa

Sumber http://agil-asshofie.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memanfaatkan Ramuan Obat Daun Sirih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel