iklan

Pengertian Dan Pola Paragraf Persuasi, Beserta Ciri, Dan Jenisnya, Lengkap

Seperti yang kita ketahui bersama, bahsa indonesia merupakan bahasa kesatuan republik indonesia maka oleh alasannya itu bahasa indonesia menjadi mata pelajarana yang wajib bagi setiap sekolah yang ada di indoseia tanpa terkecuali.

Tujuannya biar semua warga indonesia bisa berkomunikasi secara menyeluruh dengan warga indonesia lainnya, kenapa seperti.. lantaran indonesia merupakan negara kepulauan terbanyak di dunia, yang terdiri dari banyak sekali suku dan budaya serta bahasa yang berbeda-beda.

Karena hal tersebutlah muncul bahasa pemersatu bangsa yakni bangsa indonesia yang dibutuhkan semua warga indonesia ini bisa memakai bahasa indonesia yang baik dan benar biar tidak terjadi kesalah pahaman ketika berkemonikasi.

Itulah sedikit citra mengenai pentingnya berbahasa indonesia, namun tidak semudah yang dibayangkan ada aturan-aturan yang diterpakan dalam penggunaan dalam bahasa indoesia, baik ketika berkomunikasi ataupun ketika menulis sebuah buku ataupun hal lainnya.


Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai salah satu hukum bahasa yang mungki ada dalam pembahasan pelajranan bahasa indoneisa, adapaun yang akan saya bahas kali ini, yaitu mengenai Pengertian, Contoh Paragraf Persuasi, beserta Ciri, dan Jenisnya. untuk lebih jelasnnya kalian bisa menyimak goresan pena pada artikel saya ini.

Pengertian, Contoh Paragraf Persuasi, beserta Ciri, dan Jenisnya


Pengertian, Contoh Paragraf Persuasi, beserta Ciri, dan Jenisnya - Suatu paragraf yang isinya berupa undangan atau membujuk pemabacanya biar melaksanakan atau mengikuti apa yang penulis ungkapkan di dalam paragraf disebut dengan paragraf persuasi. Paragraf ini dibentuk dengan menurut pemahaman atau perkiraan bahwa setiap pandangan atau pendirian umat insan bisa berubah-ubah.

Tujuan paragraf ini ialah untuk membujuk atau menghipnotis pembacanya biar mempercayai dan melaksanakan apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf. Untuk mencapai tujuan ini, paragraf persuasi harus disertai dengan bukti dan data-data pendukung yang kuat. Di dalam paragraf persuasi banyak ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak menyerupai “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”. Paragraf ini banyak ditemukan di dalam iklan, himbaun atau propaganda di media masa.

Ciri-ciri paragraf persuasi


Berdasarkan pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa paragraf persuasi mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut ini:
  1. Dikarenakan tujuan utamanya untuk menghipnotis pembaca, paragraf persuasi mempunyai alasan-alasan yang besar lengan berkuasa disertai dengan data dan fakta.
  2. Paragraf ini berusaha meyakinkan pembacanya untuk melaksanakan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis.
  3. Paragraf persuasi banyak memakai kata-kata undangan menyerupai ayo, mari, lakukanlah, dan lain-lain.
  4. Paragraf persuasi  biasanya menghindari konflik biar iktikad pembacanya tidak hilang dan supaya akad pendapat antara penulis dan pembaca tercapai.

Paragraf persuasi banyak digunakan oleh media, produsen-produsen produk tertentu atau keperluan politik lantaran paragraf persuasi merupakan cara yang paling efektif untuk menghipnotis pembacanya.

Contoh paragraf persuasi :


Menggunakan pupuk berbahan dasar kimia memang bisa mempercepat pertumbuhan tumbuhan dan sanggup meningkatkan hasil panen. Namun, pupuk kimia mempunyai dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya lantaran pupuk ini bisa mencemari lingkungan. Bahkan, pupuk ini juga bisa menciptakan buah-buahan yang dihasilkan tercemar oleh zat-zat kimia yang berbahaya buat badan manusia. Oleh lantaran itu, tinggalkanlah pupuk kimia dan beralihlah ke pupuk kompos lantaran selain harganya yang murah, pupuk kompos juga kondusif dan tidak menimbulkan imbas negatif bagi buah yang dihasilkan. 

Jenis-jenis  paragraf persuasi


Berdasarkan fungsinya, paragaf persuasi sanggup dikelompokan ke dalam 4 jenis paragraf yaitu persuasi politik, pendidikan, advertensi dan propaganda.

1. Paragraf Persuasi Politik


Paragraf ini ialah paragraf yang isinya berusaha mengajak atau menghipnotis pembacanya untuk melaksanakan sesuatu atau terjun ke dalam dunia politik. Paragraf jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang politik untuk kepentingan partai ataupun kepentingan Negara. 

Contoh :

Sebentar lagi pemilihan umum (Pemilu) tiba. Ayo gunakan hak pilih kita untuk menentukan calon presiden yang terbaik untuk Negara ini. Ingat, masa depan Negara kita 5 tahun ke depan bergantung dengan pilihan Anda pada tangga 1 juni 2015. Jangan hingga Anda golput atau hak bunyi Anda akan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh lantaran itu, marilah ajak semua saudara, sobat adik dan abang untuk tiba ke TPU untuk memakai hak pilihnya. Ingat jadilah pemilih yang bijak.

2. Paragraf Persuasi Pendidikan


Paragraf persuasi ini digunakan oleh forum atau orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan untuk membantu tujuan pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa himbauan, anjuran, motivasi atau panduan. Biasanya paragraf ini digunakan oleh guru untuk menghipnotis anak didik mereka supaya ulet belajar.

Contoh :

Pendidikan ialah hal yang paling penting di dalam hidup ini ,baik pendidikan formal atau informal. Dengan pendidikan kita bisa mendapat dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bisa mengarahkan kita ke kehidupan yang lebih baik. Pendidikan bisa kita raih dengan berguru yang ulet baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak berguru dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia lantaran tidak ada yang bisa dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bisa menggapai citi-cita. Oleh lantaran itu, marilah berguru dengan ulet dan sungguh-sungguh biar kita sanggup mencapai cita-cita. 

3. Paragraf Persuasi Advertensi


Paragraf ini dibentuk untuk tujuan komersil yang digunakan oleh produsen-produsen produk tertentu untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa kepada para konsumen. Persuasi advertensi bertujuan untuk memasarkan barang atau jasa sehingga konsumen mau membeli barang atau memakai jasa yang ditawarkan. Paragraf ini sering diisebut juga dengan iklan. 

Iklan yang baik biasanya bisa merangsang atau menghipnotis konsumennya untuk membeli barang atau memakai jasa yang ditawarkan dan sebaliknya.

Contoh :

Susu sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Dengan meminum susu badan akan menjadi sehat dan besar lengan berkuasa lantaran susu mengandung banyak kalsium dan protein yang sangat berkhasiat buat badan kita. Oleh lantaran itu, ayo minum health milk sebuah susu yang mempunyai segudang manfaat dikarenakan kandungan vitamin dan mineralnya yang lebih bayak jikalau dibandingkn dengan produk susu lain. Mari ganti susu Anda dengan health milk dan jadilah sehat dan kuat.

4. Paragraf Persuasi Propaganda


Persuasi propaganda biasanya memberikan sebuah info dengan tujuan biar pembacanya mau melaksanakan atau mempercayai apa yang disampaikan oleh penulis di dalam paragraf tersebut. Persuasi propaganda banyak ditemukan di media-media cetak menyerupai majalah, surta kabar dan lain-lain.

Contoh :

Islam ketika ini dianggap sebagai agama penuh kekerasan atau agama t3r0ris. Namun, bergotong-royong anggapan tersebut salah besar. Islam ialah agama yang penuh dengan kedamaian dan toleransi. Hanya sebagian orang-orang yang salah mengartikan kata jihad lah yang menciptakan nama islam menjadi kotor. Banyak para cowok yang direkrut oleh kelompok-kelompok tertentu yang katanya berjihad tapi malah membunuh sesamanya. 

Padahal sudah terang Allah SWT melarang perbuatan membunuh apalagi membunuh saudaranya sesama islam. Oleh lantaran itu, kita sebagai cowok islam janganlah terpengaruh akan ajakan-ajakan sesat yang mengatas namankan Islam. Marilah kita membentengi diri kita biar tidak terpengaruh oleh mereka yang akan menjerumuskan kita. Dan ayo kita membangun kembali Agama Islam yang sudah dicap sebagai agama kekeraan ini menjadi agama yang penuh dengan kebaikan dengan cara berbuat baik kepada sesama manusia. Namun dengan batasan-batasan yang diatur oleh agama kita.


Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai Pengertian,dan Contoh Paragraf Persuasi, beserta Ciri, dan Jenisnya, Lengkap semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Pola Paragraf Persuasi, Beserta Ciri, Dan Jenisnya, Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel