iklan

√ Gimana Sih Cara Lulus Masuk Ptn ?




style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">



Buat kau siswa kelas XII SMA, mesti  siap-siap meninggalkan indahnya masa SMA. Tapi sebelum itu, kau  harus siap-siap menghadapi setumpuk ujian. Mulai dari Ujian Sekolah, Ujian Nasional (UN), sama Ujian praktek. Sudah beres itu semua, mulai deh kau harus mikir lagi buat langkah ke depan, mau kerja atau mau ngelanjutin sekolah lagi. Kalau mau lanjut mesti pilih Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau PTS?. Masing-masing orang kayaknya bakal punya pendapatnya masing-masing. Beberapa orang ada yang ga fanatik masuk PTN, sebab kini banyak Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang kualitasnya anggun dan bisa menandingi kualitas PTN. Baik dari kelengkapan maupun kesempatan bekerja sesudah lulus. Tapi bagi kau yang fanatik pengen masuk ke PTN, kau ga sekedar hanya punya mimpi saja buat masuk PTN, tapi musti dipikirkan siasat & seni administrasi semoga bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang kau idamkan. Rata-rata anak Sekolah Menengan Atas yang saya temukan, masih pada resah harus gimana dan harus kemana ngelanjutin kuliahnya. Buat yang mau masuk Perguruan Tinggi Negeri coba deh disimak beberapa hal yang perlu kau perhatikan.




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



MASUK Perguruan Tinggi Negeri ITU GA SAMA KAYAK KAMU MASUK Sekolah Menengah Pertama NEGERI ATAU Sekolah Menengan Atas NEGERI


Kenapa hingga ga sama? ga sama sebab perlu perjuangan yang lebih buat masuk PTN. Kalau biasa bersaing masuk Sekolah Menengah Pertama atau SMA,  tingkat saingannya paling sekota. Coba jikalau masuk PTN, kau harus bersaing dengan puluhan ribu pesaing se-indonesia. coba deh lihat referensi daftar peminat masuk ITB tahun 2013 dan yang diterimanya di tahun 2014. Diambil dari halaman resmi SBMPTN.

























































































KODE

NAMA



DAYA TAMPUNG 2014



PEMINAT 2013


UJI KET.
351015

FAK. ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB)



108



2.422




351023

FAK. TEKNIK PERTAMBANGAN & PERMINYAKAN (FTTM)



134



3.251




351031

  FAK. MATEMATIKA & ILMU PENGET. ALAM (FMIPA)



136



2.248




351045

  FAKULTAS TEKNIK SIPIL & LINGKUNGAN (FTSL)



166



3.155




351053

SEKOLAH FARMASI (SF)



58



1.045




351061

SEKOLAH ILMU & TEKNO. HAYATI – PROG. SAINS



50



994




351075

SEKOLAH TEK. ELEKTRO & INFORMATIKA (STEI)



162



2.927




351083

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI)



156


2.168


351091

FAKULTAS TEKNIK MESIN & DIRGANTARA (FTMD)



118



2.564






Mau lihat Perguruan Tinggi Negeri yang lain? klik disini.




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Kalau kita bisa berhasil masuk Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas Negeri Favorit, tapi jikalau mau masuk Perguruan Tinggi Negeri kau harus lebih waspada. Bayangin aja kita harus bersaing sama ribuan bahkan ratus ribu orang yang pilihannya sama dengan kita. Masuk Perguruan Tinggi Negeri itu bisa jadi simpel bisa juga jadi susah, semuanya tergantung seni administrasi kau dan perjuangan kau buat belajar. Kalau kau yakin bener mau masuk ke PTN, dan sukses di sana. Perhatikan juga pemilihan jurusannya. Coba deh disimak saran dari saya.


PILIH JURUSAN YANG SESUAI DENGAN BAKAT & MINAT KAMU


Pengamatan saya di sekolah, saat pemilihan kegiatan IPA atau IPS banyak siswa-siswa yang milihnya ga merhatiin minat sama bakatnya. Bagusnya, milihnya bener-bener sesuai talenta & minatnya bukan salah satunya. Contoh kecil beberapa siswa ada yang milih kegiatan IPA sebab minat aja, tapi bakatnya ada di kegiatan IPS, contohnya hebat debat, hebat presentasi sama komunikasinya bagus, jiwa entrepeuneurnya yahud. Tapi ngitungnya kurang jago, daya imajinasinya kurang. So niscaya pasti bakal keteteran di kegiatan IPA. Atau Dia bakatnya di IPA tapi malah ga minat ke IPA. Sama halnya kaya gitu, masuk kuliah juga mesti merhatiin talenta & minat kamu. Sederhananya mulai deh jawab pertanyaan di bawah ini:




  • Kamu di sekolah paling suka pelajaran apa?



  • Di penggalan mana kau suka pelajaran itu?



  • Kamu orangnya kaya gimana sih?



  • Coba kelebihan kau apa aja?



  • Kalau kekurangannya apa aja?



Kenapa harus tau semua itu? Karena di setiap jurusan Perguruan Tinggi Negeri akan menuntut skill yang berbeda-beda. Contoh nih, jikalau kau mau jadi guru. Kekurangan kau suaranya kecil atau ga yummy di denger, niscaya dong ga cocok. Atau kau orangnya pemalu terus masuk ke jurusan ilmu komunikasi yang menuntut kerja berhadapan dengan banyak sekali macam orang. Makara milih jurusan tuh harus bener kau banget. Jangan terpengaruh sebab trend, kau lebih tahu sama kualitas kau kelebihan dan kekurangannya. Makara bagusnya kau yang paling sempurna milih jurusannya. Coba minta pendapat orang lain, tapi sesudah kau ngasih informasi mengenai talenta minat kau ke orang itu. Biar yang ngasih saran tahu jurusan mana yang sempurna buat kamu.




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



PILIH JURUSAN & Perguruan Tinggi Negeri YANG KAMU PILIH SESUAI KEMAMPUAN DIRI


Saya yakin 100% kau niscaya akan masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini, tapi syaratnya kamu harus milih jurusan yang sempurna sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau di bimbel, masing-masing jurusan di tiap Perguruan Tinggi Negeri punya yang namanya passing grade/persentase batas minimum lulus. Yang begituan jangan dianggap sepele, sebab bikin passing grade itu bukan hasil karangan atau asal-asalan. Apalagi buat bimbel yang udah yahud. Passing grade menjadi patokan buat membantu siswanya lolos ke PTN. Jadi, mereka bikin passing gradenya seakurat mungkin. Jangan asing jikalau passing grade beda-beda. Karena masing-masing bimbel punya cara yang berbeda memilih passing gradenya.


Tugas kita kini ialah ngukur diri kita ada dimana. Gimana cara ngukurnya? Nih saya kasih tips ya


1. Sering-sering ikutan Try Out (TO) SBMPTN, mau yang bayar atau yang gratisan, bisa manual atau bisa ikut secara online ibarat di web ini. Sebelum TO pastikan kau mencar ilmu dulu semaksimal mungkin. Jangan hingga ga mencar ilmu sebab niscaya akibatnya ga karuan. Makara inget, mencar ilmu dulu sebelum TO !


2. Catat tiap hasil TO kau dari awal hingga mendekati ujian SBMPTN. Ambil rata-ratanya, jadikan itu buat referensi pemilihan jurusan di SBMPTN.


3. Ambil passing grade dari beberapa bimbel yang sudah yahud, bisa minta ke temen yang les di sana. Liat passing graden dari beberapa bimbel dan ambil yang hampir mirip.


4. Amannya pilih pilihan I kau di atas sedikit passing grade yang kau miliki dari hasil TO. Kalau passing grade kau 40 %, maksimal ambil yang 45 %. Pilihan II ambil yang mirip-mirip passing grade kamu. Pilihan III ambil yang di bawah passing grade kamu.


So, milih jurusan itu gampang-gampang susah, Cuma perlu waktu serius kau untuk menentukannya. Jangan asal jeplak, asal disuruh ortu, atau asal ngikutin Trend. Hasilnya nanti kau ga masuk, sayang kan mesti nunggu setahun lagi.


 


BINGUNG ADA YANG BELUM JELAS?


ADA YANG MAU DITANYAKAN?


MASUK KESINI : TEMPAT NANYA


UNTUK BERTANYA DAN BERBAGI ILMU BERSAMA





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">



 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Gimana Sih Cara Lulus Masuk Ptn ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel