iklan

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Dan Teknik Pembuatannya Yang Harus Anda Tahu

CONTOH SENI RUPA 3 DIMENSI – Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang punya aneka jenis. Dari segi bentuknya, seni rupa dibedakan menjadi 2 dimensi dan 3 dimensi. Seni rupa 3 dimensi punya keunikan tersendiri sebagai hiasan yang fungsional. Contoh seni rupa 3 dimensi sangat bermacam-macam dan punya teknik pembuatan yang berbeda-beda.




Contoh Seni Rupa 3 Dimensi


Seni rupa 3 dimensi ini sebetulnya sudah sangat tidak aneh bagi kita. Hanya saja kita terkadang lupa akan penerapannya. Well, inilah beberapa contohnya. Yuk, ingat lagi sama-sama.


Patung


 Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang punya aneka jenis Contoh Seni Rupa 3 Dimensi dan Teknik Pembuatannya yang Harus Anda Tahu
pexels.com


Patung merupakan salah satu karya seni yang sudah ada semenjak zaman dahulu. Karya seni rupa 3 dimensi ini gampang ditemui di sebuah candi atau pusat kerajinan pahat. Dari segi kegunaannya, patung termasuk seni rupa murni. Apakah itu? seni rupa murni ialah seni rupa yang hanya sanggup dinikmati keindahannya.


Benar bahwa patung hanya sanggup dilihat nilai seninya, di mana tidak punya nilai fungsi lainnya yang sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Keindahan patung sanggup diciptakan dari kualitas pembuatannya yang memakai teknik pahat. Aneka jenis patung ialah hasil pahatan dari watu yang dikerjakan oleh para perajin patung.


Keberadaan patung yang unik sanggup menarik perhatian orang, terlebih patung yang simbolis. Patung simbolis ialah patung yang dipakai sebagai icon tertentu dari suatu tempat, contohnya hotel klasik di kawasan Jawa memiliki patung sinden. Hal ini sanggup menjadi daya tarik sebab keindahannya yang unik.


Kursi Hias dari Kayu


 Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang punya aneka jenis Contoh Seni Rupa 3 Dimensi dan Teknik Pembuatannya yang Harus Anda Tahu
pexels.com


Contoh seni rupa 3 dimensi selanjutnya ialah bangku hias. Jika dilihat dari nilai gunanya, bangku hias ini termasuk benda yang fungsional, yaitu punya fungsi lebih dari 1. Selain memang berfungsi sebagai tempat duduk, bangku hias punya fungsi lainnya yaitu sebagai penambah keindahan.


Suatu karya seni 3 dimensi niscaya memiliki panjang, lebar, dan volume. Dalam hal ini, bangku hias dibuat dengan cara dirakit dan diukir. Teknik pembuatannya berarti teknik merakit dan mengkuir. Kayu mentah diolah menjadi potongan-potongan dan dirakit menjadi sebuah kursi. Setelah jadi, langkah selanjutnya ialah mengukirnya.


Ukiran dalam bangku hias berbahan dasar kayu sangat beragam. furnitur dengan gesekan jitunya sanggup diperoleh dari kawasan Jepara. Motif ukirannya sangat bagus dan punya ciri khas. Bentuk bunga, hewan, dan benda lainnya sanggup menjadi motif ukiran.


Miniatur dari Kayu


 Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang punya aneka jenis Contoh Seni Rupa 3 Dimensi dan Teknik Pembuatannya yang Harus Anda Tahu
pexels.com


Ragam karya seni rupa yang indah lainnya ialah miniatur dari kayu. Produk ini banyak dijumpai di pusat kerajinan. Anda sanggup menemukan bermacam-macam miniatur yang terbuat dari kayu. Teknik perakitan yang dipakai juga sangat detail, sebab setiap bentuk miniatur terdiri dari setiap cuilan menyerupai yang ada pada objek aslinya.


Salah satu teladan miniatur dari kayu ialah meja dan kursi, becak, sepeda, dan alat transportasi lainnya. Bahkan biasanya, benda yang dibuat sebagai miniatur ialah benda yang antik atau kuno.


Vas Bunga


 Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang punya aneka jenis Contoh Seni Rupa 3 Dimensi dan Teknik Pembuatannya yang Harus Anda Tahu
edesainminimalis.com


Vas bunga ialah salah satu karya seni rupa 3 dimensi yang fungsional. Selain sebagai tempat bunga, keindahannya juga bernilai seni. Aneka jenis vas bunga sanggup dibuat dari suatu cetakan memakai teknik menuang atau cor. Bahan dasar pembuatannya juga beragam, menyerupai semen, tanah liat, dan sebagainya.


Setelah dicetak dan mengering, maka selanjutnya ialah tahap penghalusan. Sesudah itu, maka vas bunga tersebut sanggup mulai dihias dengan teknik pewarnaan dan penambahan suatu motif tertentu dengan cara melukisnya.




Karya seni rupa memang sangat akrab kaitannya dengan keindahan. Bahkan, benda fungsional akan terlihat lebih menarik bila bernilai seni.


Kreativitas juga mensugesti keindahan dari suatu karya seni rupa. Beragam teladan seni rupa 3 dimensi tersebut beserta teknik pembuatannya sanggup dipahami dan dijadikan alternatif pilihan guna mempercantik rumah.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Dan Teknik Pembuatannya Yang Harus Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel