iklan

Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya

Cara bertanam hidroponik bagi pemula – Bagi Anda yang gemar berkebun namun tidak mempunyai banyak waktu luang serta lahan yang Anda miliki terbatas, hidroponik sederhana yaitu solusi yang patut Anda coba. Anda tidak perlu menyirami tumbuhan lantaran media yang dipakai dalam hidroponik yaitu air. Berkebun dengan hidroponik berarti Anda termasuk orang yang suka dengan kebersihan. Sebab kelebihan dari berhidroponik yaitu kebun higienis dan gampang dipindah-pindahkan atau di tata serta tidak perlu bekerjasama dengan cacing tanah.


 Bagi Anda yang gemar berkebun namun tidak mempunyai banyak waktu luang serta lahan yang An Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya
Hidroponik sederhana

Sebelum Anda memulai menanam hidroponik, perlu Anda pikirkan jenis tumbuhan hidroponik yang akan Anda tanam serta cara berhidroponik apa yang akan akan Anda gunakan. Jika Anda yaitu seorang gres berguru atau pemula, sebaiknya mencoba yang paling sederhana dahulu dari banyak sekali cara dalam hidroponik. Apabila Anda sudah menerima hasil yang maksimal barulah pindah ke cara lain yang sanggup Anda gunakan untuk tujuan komersil.


artikel terkait hidroponik: Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 40jt/bulan


Berikut yaitu beberapa materi cara bertanam hidroponik bagi pemula:


Wadah plastik


Tahap pertama cara bertanam hidroponik bagi pemula yaitu menyiapkan wadah. Berbagai bentuk dan macam wadah plastik yang sanggup Anda gunakan. Namun yang cukup ideal yaitu wadah plastik berbentuk kotak dengan ketinggian 20 cm. Bahkan botol minuman atau soda pun sanggup Anda gunakan. Hal yang paling penting dalam hidroponik dasar ini yaitu wadah plastik tersebut bisa menyimpan air dan sanggup untuk menaruh lubang diatasnya. Wadah bekas yang sudah tidak dipakai pun sanggup Anda pakai sebagai hidroponik sederhana.


Tutup plastik atau styrofoam jikalau memakai wadah plastik kotak.


Tahap kedua cara bertanam hidroponik bagi pemula yaitu menyiapkan penutup. Menggunakan styrofoam mempunyai kelemahan yaitu gampang patah, oleh lantaran itu disarankan menggunkan tutup berbahan plastik mirip plastik epilog pagar (impraboard) lantaran tidak gampang pecah dan gampang dilubangi. Untuk melubanginya Anda sanggup memakai kaleng ataupun kawat yang dipanaskan serta ukuran diubahsuaikan ukuran netpot.


Netpot dan sumbunya


Tahapan ketiga cara bertanam hidroponik bagi pemula yaitu menyiapkan netpot dan sumbunya. Untuk hidroponik sistem wick (sumbu), Anda memerlukan pot kecil dengan sumbu berbahan kain flanel. Flanel mempunyai daya serap yang tinggi, bisa menyerap air dan nutrisi dalam wadah untuk diteruskan ke akar tanaman. Selain itu flanel juga sebagai media perambatan akar hingga masuk kedalam wadah yang berisi air nutrisi.


 Bagi Anda yang gemar berkebun namun tidak mempunyai banyak waktu luang serta lahan yang An Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya
Cara bertanam hidroponik bagi pemula dengan botol bekas

Rockwool


Rockwool merupakan serat yang terbuat dari watu yang dipanaskan dan menghasilkan serat yang ibarat kapas. Pembenihan sangat baik apabila memakai rockwool khususnya untuk pembenihan hidroponik. Maka tahapan selanjutnya dalam cara bertanam hidroponik bagi pemula yaitu menyiapkan rockwool.


Nutrisi


Saat ini telah banyak toko-toko pertanian yang menjual nutrisi hidroponik A dan B, baik untuk tumbuhan buah-buahan maupun sayuran. Nutrisi yaitu hal penting dalam cara bertanam hidroponik bagi pemula. Nutrisi harus dilarutkan kedalam air satu persatu, jikalau dilakukan bersamaan dalam satu daerah maka akan terjadi penggumpalan. Kandungan yang terdapat dalam nutrisi hidroponik yaitu mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman. Harga nutrisi hidroponik berkisar antara Rp. 30.000,00 hingga Rp. 100.000,00 tergantung pada brand dan ukuran.


Persiapan Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula


Siapkan peralatan dan materi yang akan dipakai untuk hidroponik sederhana. Anda sanggup membeli banyak sekali peralatan serta materi di toko-toko pertanian disekitar Anda. Bahan dan alat yang harus disiapkan antara lain:


Bahan.



  • Bak plastik lengkap dengan tutupnya.

  • Rockwool.

  • Netpot 12 buah.

  • Sumbu dari kain flanel 12 buah.

  • Nutrisi A dan B.

  • Benih tumbuhan sayuran atau buah.


Alat



  • Cuter.

  • Lidi/ tusuk gigi.

  • Gergaji besi.

  • Kaleng atau kawat.


Langkah-langkah cara bertanam hidroponik bagi pemula yaitu sebagai berikut:



  • Siapkan rockwool yang telah dipotong potong dadu dan siapkan juga benih. Potonglah rockwool dengan memakai cuter atau gergaji besi.

  • Lubangi rockwool dengan memakai lidi atau tusuk gigi, lalu basahi hingga terlihat berair lalu tiriskan sebentar (jangan diperas)

  • Tempatkan beberapa benih pada lubang rockwool dengan rapi

  • Simpan pada daerah atau wadah semacam baki lalu tempatkan ditempat yang gelap.

  • Dalam sehari hingga dua hari, benih sudah berkecambah. Kemudian pada hari ke empat kenalkan benih tersebut dengan sinar matahari supaya batang tumbuhan tidak menjadi kurus, tinggi, langsing (etiolasi).


 Bagi Anda yang gemar berkebun namun tidak mempunyai banyak waktu luang serta lahan yang An Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya
Pembibitan hidroponik


  • Campurkan nutrisi dan ikuti petunjuk pada kemasan supaya takarannya tepat.

  • Pindahkan rockwool dengan benih berdaun empat (minimal) ke net pot yang telah dipasangi sumbu. Kemudian pribadi tempatkan pada wadah plastik yang telah diisi dengan larutan air bernutrisi. Pastikan sumbu hingga ke batas bawah ketinggian larutan air bernutrisi dalam wadah plastik.

  • Tempatkan tumbuhan hidroponik pada daerah yang sejuk dengan sinar matahari yang tercukupi. Hindari kehujanan supaya nutrisi tidak tumpah atau luber dari wadah. Gunakan atap plastik tranparan supaya tidak kehujanan namun tetap menerima sinar matahari.

  • Penggantian nutrisi tumbuhan hidroponik sanggup dilakukan setiap dua ahad sekali hingga panen.


Catatan:



  • Untuk cara bertanam hidroponik bagi pemula gunakanlah tumbuhan hidroponik sayur lantaran gampang perawatannya. Tanaman sayur pada hidroponik umumnya yaitu sayuran yang berumur pendek, misal; kangkung, selada, bayam,pakcoy dan sebagainya.


artikel hidroponik lainnya: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


sumber gambar: usahacerdas, hidroponiklombok, saefullah


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel