iklan

Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini

Siapa yang tidak suka akan daging ayam? Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka olahan dari daging ayam. Dari hal diatas maka sanggup Anda simpulkan bahwa berbisnis ternak ayam, terutama beternak ayam potong merupakan peluang perjuangan yang sangat cerah untuk dikembangkan. Seperti apa sih citra perihal perjuangan ternak ayam yang sukses mendatangkan pundi – pundi rupiah? Baca di sini artikelnya.


 Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka olahan dari daging ayam Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini
Beternak ayam potong dengan ayam broiler

Konsumen Ayam


Sebagian besar masyarakat sangat menyukai daging ayam. Konsumen daging ayam ini mencakup anak – anak, remaja hingga orang tua. Selain itu aneka macam perjuangan masakan dan restoran yang menggunakan daging ayam sebagai materi baku untuk sajian andalannya. Sehingga Anda sanggup menjualnya melalui konsumen perorangan ataupun melalui kerjasama dengan perjuangan – perjuangan masakan yang menggunakan materi baku daging ayam. Selain itu Anda juga sanggup menjual bibit ayam potong ini sebagai pemasukan komplemen Anda jikalau ada masyarakat yang ingin memulai bisnis beternak ayam potong.


Informasi Produk


Jenis ayam yang umunya dipakai untuk beternak ayam potong ialah jenis ayam broiler atau ayam ras pedaging. Ayam ras jenis pedaging tersebut merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari jenis ayam yang mempunyai produktifitas tinggi. Terutama dalam memproduksi daging ayam. Selain itu ayam broiler juga mempunyai kelebihan waktu panen yang cepat, yaitu sekitar 5 – 6 ahad Anda sudah sanggup memanennya. Dengan keunggulan waktu dari pemeliharaan yang cukup relatif singkat maka banyak para pebisnis gres serta peternak musiman yang mulai bermunculan untuk beraktivitas beternak ayam dan mencari laba besar dalam beternak ayam potong.


Bagi Anda yang ingin memulai beternak ayam potong ini maka persiapan sarana, prasarana dan peralatan haruslah dilakukan dengan maksimal. Adapun hal – hal yang harus Anda perhatikan ialah sebagai berikut:


Persiapan kandang


Sistem sangkar ayam potong ideal yang sanggup Anda gunakan untuk beternak ayam potong adalah:



  • Temperatur sangkar diusahakan berkisar antara 32 – 35oC dan kelembaban antara 60 – 70%.

  • Penerangan atau pemanasan sangkar diubahsuaikan dengan hukum standar ternak ayam.

  • Tata letak sangkar supaya selalu menerima sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata angin kencang.

  • Model sangkar dalam bisnis ayam potong sanggup Anda sesuaikan dengan umur ayam. Untuk anakan dengan usia 2 ahad hingga 1 bulan sanggup menggunakan sangkar model box. Untuk ayam remaja dengan usia 1 bulan – 3 bulan Anda sanggup menggunakan sangkar model box dengan ukuran yang lebih besar dan untuk usia ayam cukup umur maka Anda sanggup menggunakan tipe sangkar postal ataupun tipe sangkar baterai.


Peralatan Beternak Ayam Potong



  • Alas lantai (litter)


Alas lantai atau litter usahakan harus selalu dalam kondisi kering. Maka dari itu pastikan tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak masuk ke dalam sangkar walaupun angin berhembus dengan kencang. Idelanya tebal bantalan lantai setinggi 10 cm. Bahan yang sanggup Anda gunakan sebagai litter ialah adonan dari kulit padi atau sekam dengan ditambahkan sedikit kapur dan pasir secukupnya. Anda sanggup juga menggunakan serutan kayu dengan panjang antara 3 – 5 cmsebagai pennganti sekam.



  • Brooder atau indukan ayam


Brooder ialah alat dengan bentuk bundar atau persegi empat dengan areal jangkauan seluas 1 – 3 m dan mempunyai alat pemanas di tengahnya. Fungsi alat ini ialah sebagai indukan ayam yang sanggup menghangatkan anak ayam saat gres saja menetas.



  • Tempat makan dan minum serta daerah grit


Untuk daerah makan dan minum harus Anda sediakan dengan jumlah yang cukup. Untuk materi daerah makan dan minum Anda sanggup menggunakan dari materi apa saja asalkan kuat, tidak gampang bocor dan tidak gampang berkarat. Untuk daerah grit sanggup Anda dapatkan dengan gampang di toko – toko peternakan.


Pembibitan


Ternak yang Anda pelihara dalam bisnis ayam potong haruslah memenuhi persyaratan sebagai berikut:



  1. Keadaan ternak sehat dan tidak terdapat cacat pada fisiknya

  2. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan normal dan tidak ada kendala

  3. Ternak berasal dari bibit yang unggul

  4. Bersih dari lekatan tinja pada anusnya


Tips Pemilihan Bibit dan Calon Indukan


Ada beberapa cara atau teknis dalam menentukan bibit/DOC/ayam umur sehari, yaitu:



  1. Pastikan DOC berasal dari indukan yang sehat

  2. Bulu halus dan penuh serta pertumbuhannya baik

  3. Tidak ada cacat pada tubuh DOC

  4. Anak ayam mempunyai nafsu makan yang baik

  5. Mempunyai ukuran tubuh yang normal dan ukuran berat antara 35 – 40 gram

  6. Tidak ada kotoran yang menempel pada anus


Keuntungan Usaha Beternak AyamPotong


Beternak ayam potong ialah salah satu peluang perjuangan yang menghasilkan omset dengan margin laba yang cukup besar. Maka sangat tidak mengherankan jikalau perjuangan ini sangat banyak diminati oleh para pebisnis pemula. Selain itu dalam menjalankan beternak ayam potong tidak akan banyak menyita waktu, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan sehari – hari Anda.


Kekurangan Usaha Beternak Ayam Potong


Kekurangan dari bisnis ayam potong ialah diperlukannya teknik dan pengetahuan yang sempurna perihal beternak ayam potong. Kegiatan perjuangan ayam potong ini tidaklah gampang alasannya ialah Anda harus mengetahui dosis untuk makanan, minum serta ukuran sangkar yang ideal untuk pertumbuhan ternak ayam secara maksimal. Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari lingkungan ternak ayam, alasannya ialah penyakit menyerupai flu burung dan penyakit ayam lainnya sanggup memperlihatkan bahaya kepada perjuangan ternak ayam Anda.


Pemasaran Ternak Ayam Potong


Untuk melaksanakan pemasaran perjuangan beternak ayam potong Anda, maka Anda sanggup mulai dengan dari verbal ke mulut. Selain itu Anda juga sanggup bekerja sama dengan perjuangan pemotongan ayam atau sanggup juga menitipkan bibit ayam ke penjual bibit ayam. Tapi perlu Anda ingat untuk selalu memperhatikan perbandingan anak ayam yang dijual dengan stok yang diternakkan. Sehingga perjuangan Anda tidak kehabisan stok bibit ayam untuk diternakkan.


 Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka olahan dari daging ayam Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini
Kandang untuk beternak ayam potong

Kunci Sukses


Dibutuhkan keahlian khusus untuk merawat anakan ayam sehingga menjadi ayam cukup umur yang siap dipanen. Disamping itu dalam membangun sangkar ayam potong usahakan jauh dari pemukiman warga supaya perjuangan Anda tidak mengganggu kenyamanan warga sekitar. Untuk analisis perjuangan sederhana perjuangan ayam potong, sanggup Anda baca pada artikel berikut ini. Klik di sini


sumber gambar: investasiuntung, tribun, singularination


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prospek Cerah Dari Beternak Ayam Potong Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel