iklan

Ternyata 8 Peluang Perjuangan Di Desa Ini Dapat Bikin Anda Banyak Uang

Desa sering dianggap daerah yang tidak mempunyai potensi ekonomi. Sehingga menciptakan banyak masyarakat pergi meninggalkan desa untuk pergi ke kota-kota besar yang sudah maju. Dengan alasan “untuk mendapat penghidupan yang lebih baik.”


Betulkah begitu? Ternyata tidak menyerupai yang dibayangkan. Desa bukanlah sekedar daerah yang tidak dapat memperlihatkan kehidupan yang layak. Karena desa mempunyai potensi yang besar untuk kehidupan masyarakatnya. Namun, memang tidak semua potensi di desa satu dapat sukses di desa lainnya. Inilah yang harus dilihat oleh masyarakat setempat.


Jika Anda ketika ini tinggal di desa dan ingin mendapat penghasilan tambahan dari berbisnis. Cukup banyak bisnis yang dapat dijalankan dari desa. Bisnis-bisnis ini tentunya dapat membantu mendongkrak penghasilan Anda lebih besar lagi.


Menemukan Potensi Di Desa


Indonesia merupakan negara berkembang yang mempunyai jumlah Desa cukup banyak. Saat ini jumlah desa di Indonesia berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah Desa mencapai 82 ribu. Sedangkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 56 Tahun 2015 perihal isyarat dan data wilayah manajemen mengungkapkan bahwa jumlah desa di Indonesia mencapai 83.184 terdiri dari 74.754 desa dan 8.430 kelurahan.


Mengutip dari Berdesa.com banyak kepala desa yang menganggap desa tempatnya tidak mempunyai potensi yang memadai untuk dijadikan BUMDesa atau Badan Usaha Milik Desa. Apa yang jadi potensi Desa yang dapat digarap oleh Desa tersebut.


Karena potensi di desa bukan hanya pertanian dan perkebunan saja. Masih banyak potensi yang dapat digarap oleh para pemangku kepentingan desa. Salah satunya menyerupai desa digital di Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu desa yang melihat potensi dari perkembangan digital.


Desa yang berjulukan Tanjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Jaraknya dari Pusat Kota Kabupaten Purbalingga sekitar 25 kilometer. Potensi desa ini pun dihidupkan oleh para perjaka desa. Pelopornya ialah Nofi Bayu Darmawan.


Tentunya menemukan potensi desa bukanlah perkara sulit dan juga bukan perkara mudah. Sebagai masyarakat orisinil desa, tentuya kondisi dan suasana desa hanya Anda yang tahu. Anda dapat mencari tahu potensi apa saja yang kira-kira ada di desa Anda.


Lalu Peluang perjuangan apa saja yang sekiranya dapat diterapkan di desa dan dapat menjadi cara untuk mencegah masyarakat desa untuk pergi dari desanya ke kota demi mendapat pekerjaan atau kehidupan yang lebih layak?


Peluang Usaha Di Desa


Banyak sekali peluang perjuangan di Desa yang dapat dilakukan oleh masyarakat Desa. Hal ini tentunya akan memudahkan masyarakat Desa dalam menjalankan roda perekonomian di desa. Peluang perjuangan di desa yang akan kami sebutkan bukan hanya perkebunan, pertanian, dan peternakan. Karena ketiga perjuangan tersebut pastinya sudah dijalankan oleh masyarakat Desa.


Membuka Warnet


Akses internet di Desa mungkin sudah ada. Namun belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat desa. Karena untuk menggunakan kanal internet, seseorang harus mempunyai smartphone, komputer atau laptop dan sebagainya. Tentunya tidak semua masyarakat desa mempunyai alat-alat ini.


Salah satu hal yang diharapkan oleh masyarakat desa yang cukup diminati oleh masyarakat ialah Warnet. Karena Warnet dapat menjadi daerah masyarakat Desa dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pertanian dan perkebunan, sampai kebutuhan belum dewasa sekolah yang membutuhkan materi-materi untuk mengerjakan kiprah mereka.


Jika Anda mempunyai lokasi yang cukup luas, Anda dapat mencoba untuk membuka Warnet di rumah. Karena warnet dapat menjadi salah satu peluang perjuangan yang cukup menjanjikan di Desa. Dan dapat menjadi daerah belum dewasa berguru untuk melihat dunia mereka.


Usaha Makanan Hasil Pertanian & Peternakan


Apa hasil pertanian atau perkebunan yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan masakan atau cemilan? Tentunya sangat banyak peluang ini di Desa. Seperti menciptakan kripik buah, kalau di desa Anda mempunyai pasokan buah yang cukup banyak.


Selain itu, misal Anda juga dapat menciptakan kripik-kripik atau apapun yang dapat dijadikan peluang yang cukup besar dari daerah Anda. Tentunya di desa sangat banyak hasil pertanian maupun peternakan yang dapat dijadikan masakan atau cemilan yang sangat disukai oleh masyarakat perkotaan.


Anda harus dapat melihat peluang perjuangan ini, biar di desa Anda dapat mempunyai cukup masakan untuk dijadikan peluang bisnis.


Bank Sampah


Terkadang banyak Desa yang tidak mempunyai Tempat Penampungan Sampah atau biasa disebut TPS. Tidak adanya TPS dapat Anda manfaatkan untuk membangun Bank Sampah. Membangun Bank Sampah tidak sekedar mencari laba saja, tetapi Anda juga dapat menjadi pionir untuk mengatasi duduk perkara sampah di pedesaan.


Desa sering dianggap daerah yang tidak mempunyai potensi ekonomi Ternyata 8 Peluang Usaha di Desa Ini Bisa Bikin Anda Banyak Uang


Dengan masyarakat mengumpulkan sampah-sampahnya ke Bank Sampah yang Anda dirikan, tentunya menciptakan Anda dapat dengan gampang membantu masyarakat biar tidak membuang sampah atau membakarnya sembarangan. Serta menyebabkan Anda sebagai seorang yang peduli lingkungan.


Bahkan sampah-sampah yang dikumpulkan di Bank Sampah dapat menjadi satu cara untuk menyebabkan sampah tersebut sebagai produk kreatif lagi. Contohnya tas plastik, karpet plastik, atau lainnya. Bahkan sampah berair yang cukup wangi dapat Anda jadikan sebagai pupuk kompos yang dapat dijual lagi ke petani-petani Desa. Bukannya menguntungkan?


Membuat uang yang ada di Desa akan berputar di Desa saja dan tentunya dapat dipakai untuk membangun infrastruktur Desa secara mandiri. Ini dapat menjadi salah satu Andalan Desa-Desa. Sudah banyak Desa-Desa di Indonesia yang dapat mandiri. Sekarang waktunya Desa Anda.


Kerajinan Tangan


Setiap desa terkadang mempunyai ciri khas tersendiri. Salah satunya ialah kerajinan tangan, masyarakat Desa cukup kreatif dalam menciptakan sebuah kerajinan tangan yang mempunyai nilai seni tinggi. Dengan memanfaatkan barang-barang baik dari alam maupun barang-barang bekas dapat menjadi satu kerajinan tangan yang kreatif.


Sebagai masyarakat Desa, Anda dapat memanfaatkan kerajinan tangan ini untuk usaha. Jika memang Desa Anda bukanlah Desa wisata, Anda dapat menjual produk-produk tersebut ke Kota untuk dijual kembali. Namun kalau Desa daerah Anda tinggal merupakan Desa wisata ini merupakan salah satu peluang perjuangan di Desa yang sangat menjanjikan.


Kerajinan tangan tersebut dapat Anda jual kepada para wisatawan yang datang. Selain itu, kalau kerajinan tangan yang Anda buat hanya berasal dari Desa daerah tinggal Anda, tentunya ini akan menjadi salah satu kearifan lokal yang dikenang oleh masyarakat luar.


Home Stay


Desa Anda Desa wisata? Kalo lokasi Desa Anda merupakan Desa Wisata ini dapat menjadi peluang perjuangan unggulan. Jika Anda mempunyai beberapa properti di Desa dan properti tersebut tidak di tempati atau tidak dipakai sebagai daerah tinggal, Anda dapat menjadikannya sebagai daerah untuk home stay.


Terkadang para wisatawan memerlukan home stay untuk mereka tinggal beberapa hari di Desa Anda. Dalam menyewakan Homestay dapat menjadi sesuatu yang cukup menguntungkan. Apa lagi kalau Anda memperlihatkan pelayanan terbaik, pastinya Homestay Anda dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan yang berlibur ke Desa dan ini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan bagi Anda.


Bengkel Kendaraan


Cukup banyak masyarakat Desa yang mempunyai kendaraan bermotor. Kendaraan yang mereka gunakan memerlukan perawatan. Namun masyarakat Desa cukup segan untuk sekedar memperbaiki motor atau melaksanakan kendaraannya dengan bepergi ke Kota.


Membuka Bengkel dapat menjadi salah satu peluang perjuangan di Desa yang cukup menjanjikan bagi sebagian masyarakat Desa dan peluang ini dapat Anda lakukan di desa daerah tinggal Anda.


Ekpedisi atau Jasa Pengiriman


Banyak petani atau para peternak di Desa yang terkadang galau dalam mengirimkan produk-produknya keluar Desa. Mereka membutuhkan jasa ekpedisi atau jasa pengiriman untuk mengirimkan produknya.


Dengan membuka jasa ekpedisi atau jasa pengiriman dapat memudahkan para petani, peternak, dan pebisnis lainnya di Desa untuk mempermudah pergerakan barang mereka ke Kota. Membuka perjuangan ekpedisi dan jasa pengiriman dapat menjadi salah satu peluang perjuangan di desa yang cukup menjanjikan.


Bisnis Online


Bisnis online bukan sekedar bisnis yang hanya dapat dilakukan oleh masyarakat kota-kota besar. Namun masyarakat Desa pun dapat melakukannya. Karena bisnis online dapat dilakukan dari mana saja asal mempunyai jaringan internet. Ini dapat menjadi salah satu peluang perjuangan yang dapat dijalankan oleh masyarakat Desa.


Bahkan produk yang dijual pun bukan sekedar produk yang berasal dari kota. Melainkan produk yang berasal dari hasil Desa pun dapat dilakukan. Nah inilah yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat Desa biar dapat berkembang dan dapat menghasilkan dari kota sendiri.


Desa bukanlah daerah yang tidak dapat menghidupkan perekonomian. Banyak sekali potensi dan peluang perjuangan di desa yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Anda pun dapat mencoba untuk membangun perjuangan di Desa dibandingkan harus pergi ke Kota untuk mencari kehidupan yang lebih layak. Padahal di desa dapat menghasilkan kehidupan yang lebih layak dibandingkan di kota loh. Sudah terpikirkan ingin membuka peluang perjuangan di Desa?



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ternyata 8 Peluang Perjuangan Di Desa Ini Dapat Bikin Anda Banyak Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel