iklan

Apa Itu Pupuk Phonska Dan Apa Keuntungannya Bagi Tanaman?

Pupuk Phonska – Pupuk memang mempunyai peranan yang begitu penting untuk pertumbuhan tanaman. Terlebih kebutuhan unsur hara yang di butuhkan oleh tumbuhan ini perlu anda penuhi demi perkembangannya.


Memang tumbuhan bisa tumbuh dengan subur bahkan bisa menghasilkan panen yang banyak dengan proteksi pupuk yang di sesuaikan dengan dosisnya. Sekarang ini telah banyak sekali jenis pupuk anorganik yang menjadi pilihan para petani.


Dari banyaknya pilihan pupuk anorganik tadi tentu saja semuanya mempunyai fungsi tersendiri yang bisa membedakannya dengan jenis pupuk yang lainnya. Dari banyaknya pupuk yang telah hadir di pasaran, petani pun menjatuhkan pilihannya pada pupuk Phonska.


Mungkin anda yang belum mengenal pupuk tersebut merasa ingin tau apa kelebihan dari pupuk ini. Pupuk Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang telah di subsidi oleh pemerintah dengan harga yang lebih terjangkau untuk para petani. Biasanya pupuk Phonska ini mempunyai sebutan sebagai pupuk beragam NPK yang mana terdiri dari adanya unsure hara makro.


 Pupuk memang mempunyai peranan yang begitu penting untuk  Apa Itu Pupuk Phonska dan Apa Manfaatnya Bagi Tanaman?
Kandungan dan Manfaat Pupuk Phonska

Unsur hara makro ini tentu saja terdiri dari Phosphor, Nitrogen, Kalium bahkan juga Sulfur. Sampai kini pupuk ini sudah populer luas di pasaran bahkan sudah banyak sekali petani yang memakai pupuk tersebut. Hadirnya pupuk ini ternyata bisa membantu para petani.


Tak hanya harganya yang terbilang murah namun juga bisa menawarkan peningkata pada hasil produksi pertanian. Biasanya pupuk Phonska ini sering dipergunakan oleh petani padi. Dengan proteksi pupuk ini sesuai dengan takarannya maka hasil panen dari tumbuhan padi anda semakin berkualitas.


Ternyata tumbuhan padi yang telah di beri pupuk tersebut bisa menghasilkan sebuah bulir yang terbilang lebih berisi. Pupuk Phonska ini telah di produksi mulai dari awal tahun 2000 bahkan mulai di pasarkan sampai ke seluruh Indonesia dari bulan Agustus di tahun 2000.


Biasanya pupuk Phonska ini hadir dalam dua ukuran kemasan yang bisa menjadi pilihan anda. Ada yang hadir dalam kemasan 20 kg bahkan ada pula yang hadir dalam kemasan 50 kg. Biasanya pupuk tersebut tidak akan di jual secara bebas di pasaran.


Hal ini pastinya alasannya yakni pupuk tersebut termasuk dalam pupuk yang bersubsidi sehingga penjualannya pun juga dilakukan dengan system yang tertutup. Biasanya pupuk Phonska ini hanya bisa di peroleh petani yang telah tergabung dalam kelompok tani.


Persentase Kandungan Pupuk Phonska


Berikut ini daftar kandungan dari pupuk phonska:




  • Phospat(P) :15%

  • Nitrogen(N) : 15%

  • Kalium(k)  : 15%

  • Kadar air maksimal :2%

  • Sulfur(S) : 10%



Sebaiknya anda juga mengetahui sifat yang dimiliki oleh pupuk tersebut. Adapun untuk sifat-sifat pupuk Phonska yakni sebagai berikut:



  • Mempunyai kandungan unsur hara yang terbilang lengkap

  • Mudah sekali terserap oleh tanaman

  • Memiliki sifat higroskopis sehingga gampang terlarut dalam air

  • Pupuk ini mempunyai bentuk butiran dengan warna pink


Fungsi dan Manfaat Pupuk Phonska Bagi Tanaman


Pupuk Phonska merupakan salah satu pupuk beragam yang berasal dari bermacam-macam unsure tumbuhan bahkan sangat di butuhkan demi pertumbuhan tanaman. Dari masing-masing unsur hara yang ada dalam pupuk ini mempunyai peranan penting sekaligus fungsi yang berbeda.


Untuk itulah, pupuk ini mempunyai manfaat yang bermacam-macam sekali untuk tanaman. Jika anda merasa ingin tau dengan manfaatnya.


Inilah aneka macam manfaat dari pupuk Phonska bagi tumbuhan yang harus anda ketahui. Di antaranya:



  • Batang tumbuhan akan semakin besar lengan berkuasa sehingga tumbuhan tidak bakalan gampang roboh

  • Mampu memacu adanya pertumbuhan generatif sekaligus vegetatif

  • Proses pembentukan pati sekaligus gula akan semakin lancar

  • Mampu memicu tumbuhnya akar tanaman

  • Tanaman pun bakalan lebih sehat dan lebih hijau

  • Daya tahan tumbuhan akan kekeringan pun semakin meningkat

  • Mampu memicu pembentukan buah dan juga bunga

  • Mampu memperbesar umbi, buah dan juga biji

  • Kandungan protein semakin meningkat


Apa Kelebihan Pupuk Phonska?


Setelah kita mengetahui bermacam-macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari pupuk ini. Kini sudah saatnya bagi kita mengetahui aneka macam kelebihan maupun kekurangan dari pupuk ini.


Pastinya petani yang menentukan memakai pupuk tersebut, mereka mempunyai alasan tersendiri yang biasanya mereka yakin bahwa pupuk tersebut mempunyai kelebihan yang manis untuk pertumbuhan tanaman.


Kelebihan yang anda peroleh ketika memakai pupuk ini untuk tanaman, diantaranya:



  • Sangat cocok untuk bermacam-macam jenis tanaman, entah itu tumbuhan buah, tumbuhan hias, holtikultura maupun tumbuhan pangan sekalipun.

  • Memiliki sifat higroskopis dimana pupuk tersebut akan gampang terlarut dalam air seingga gampang sekali di serap oleh tanaman. Sehingga penggunaan dari pupuk ini pun terbilang efisien.

  • Merupakan suatu pupuk beragam yang mana mempunyai kandungan bermacam-macam unsur hara yang sangat di butuhkan oleh tanaman.

  • Mampu mencegah adanya resiko keracunan pada tumbuhan alasannya yakni takaran dari kandungan sudah terbilang pas.

  • Mempunyai kandungan unsur hara yang merata di setiap butir dari pupuk Phonska.


Kekurangan Pupuk Phonska


Ternyata dari semua kelebihan yang dimiliki oleh pupuk ini, masih ada beberapa kekurangan yang ada pada pupuk tersebut. Tentunya kekurangan tidak hanya berlaku pada pupuk Phonska saja melainkan juga jenis pupuk yang lainnya.


Supaya anda tidak merasa ingin tau lagi dengan kekurangan yang ada pada pupuk Phonska. Inilah aneka macam macam kekurangannya, yakni:



  • Penggunaan yang berlebih bisa menciptakan tanah mengalami kerusakan. Penggunaan pupuk anorganik memang sudah seharusnya anda imbangi dengan pupuk organik yakni pupuk kompos maupun pupuk kandang. Adanya materi embel-embel yang berada pada pupuk Phonska ini nyatanya bisa merusak tanah terlebih juga bisa merusak unsur hara organik yang ada pada pupuk tersebut. Makara sebaiknya anda memakai pupuk sesuai takarannya.

  • Sifat asam tanah akan semakin berkurang bahkan tanah bisa menjadi basa kalau pengunaan pupuk Phonska ini berlebihan bahkan dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang lama.

  • Hanya bisa di peroleh oleh mereka petani yang sudah tergabung dalam kelompok tani. Hal ini dikarenakan pupuk tersebut termasuk dalam pupuk yang bersubsidi.

  • Kemampuan tanah dalam menyerap air bisa semakin berkurang kalau penggunaan pupuk Phonska di lakukan secara terus-menerus bahkan tidak anda imbangi dengan penggunaan pupuk organik.


***


Itulah tadi aneka macam macam pembahasan penting mengenai pupuk Phonska yang kini menjadi pilihan para petani. Kini anda pastinya sudah semakin tahu dengan kandungan pupuk ini, kelebihan maupun kekurangannya.


Dari segi harganya pupuk tersebut sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Makara anda tak perlu resah lagi kalau ingin membeli pupuk tersebut untuk tumbuhan anda. Jangan lewatkan juga: Jenis Pupuk Kompos dan Cara Panduan Membuatnya



Sumber https://sentrabudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Pupuk Phonska Dan Apa Keuntungannya Bagi Tanaman?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel