iklan

Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan

Semakin meningkatnya bisnis budidaya ikan tidak hanya memperlihatkan laba yang besar kepada pembudidayanya saja akan tetapi bisnis ini juga memperlihatkan berkah tersendiri kepada pelaku bisnis yang bergerak disektor bisnis pakan ikan. Mengapa sanggup demikian? Jawabannya sangatlah gampang lantaran pakan ikan ialah kebutuhan pokok yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis budidaya ikan.


Semakin meningkatnya bisnis budidaya ikan tidak hanya memperlihatkan laba yang besar kep Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan
Macam pelet pakan ikan- Bisnis pakan ikan

Pakan yang sering dipakai untuk bisnis budidaya ikan biasanya ialah pelet. Setiap pembudidaya ikan pastilah membutuhkan persediaan pakan ikan yang cukup besar setiap bulannya. Tidak mengherankan bila ketika ini sudah banyak pengusaha melaksanakan bisnis pakan ikan berupa pelet. Pebisnis ini  bermunculan lantaran dengan jelinya mereka menangkap peluang perjuangan yang cukup berpotensi ini.


Saat ini pasokan pakan ikan ke banyak sekali tempat di Indonesia masih terbilang sangat kurang. Selain itu bila pun ada pasokan maka harga yang ditawarkan cukuplah mahal bagi kalangan petani ikan dan semakin hari harga pakan ikan inipun semakin menanjak naik. Saat ini dipasaran harga pakan ikan sanggup mencapai Rp 8.000 per kg. Menurut beberapa pengusaha bisnis pakan ikan, cenderung mahalnya harga pakan ikan di sebabkan lantaran para pengusaha tersebut masih mengandalkan materi baku impor dari luar negeri. Padahal bila para pebisnis pakan ikan tersebut memakai materi – materi lokal maka harga pakan ikan sanggup cenderung lebih murah dari pada harga pakan buatan pabrik besar.


Untuk menanggulangi mahalnya materi baku impor untuk materi pembuat pakan ikan, ketika ini beberapa pelaku bisnis pakan ikan di tempat – tempat mulai mencoba memakai materi baku lokal. Bahan baku lokal yang dipakai biasanya biasanya diadaptasi dengan ketersediaan dari sumber daya alam yang ada disekitar lokasi perjuangan yang dibuatnya. Saran dari kami ialah sebaiknya bila Anda mencoba membangun bisnis pakan ikan maka buatlah bersahabat dengan pusat budidaya ikan, lantaran selain akan lebih gampang untuk memasarkan hasil pakan ikan Anda juga lebih mendekatkan Anda dengan sumber materi baku yang diperlukan.


Jenis pakan ikan yang diproduksi dengan memakai materi – materi lokal akan menghasilkan kualitas pakan yang tidak kalah dengan kualitas pakan dari materi baku impor. Bahkan kadang kualitasnya sanggup melebihi dari kualitas pakan dari materi baku impor. Jenis materi – materi lokal yang sanggup Anda gunakan untuk memulai bisnis pakan ikan diantaranya ialah tepung ikan, jagung bingkil kedelai, dedak padi, minyak sawit, minyak ikan, mineral serta asam amino. Yang sangat terpenting dari materi – materi tersebut ialah kandungan proteinnya, memiliki nutrisi yang tinggi, sangat gampang untuk diolah dan dihaluskan, terhindar dari kandungan racun serta untuk memperoleh materi pakan ikan tersebut cukup mudah.


Agar bisnis pakan ikan yang Anda produksi mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap ikan, maka proses peramuan pakan ikan berbeda – beda untuk masing – masing jenis ikan atau komposisi materi – materi yang dibutuhkan akan berbeda dan menyesuaikan jenis ikan yang Anda budidayakan. Misal bila Anda melaksanakan budidaya ikan nila dan ingin menghemat biaya produksi pembuatan pakan ikan maka Anda sanggup membaca artikel kami berikut ini sebagai tumpuan pakan. Baca di sini


Untuk gambarannya akan kami berikan 5 garis besar pembuatan pakan ikan berupa pelet ikan. 5 garis besar tersebut ialah sebagai berikut:



  • Untuk masing – masing materi baku sanggup Anda haluskan dengan memakai mesin penghalus. Bahan baku bisnis pakan ikan sanggup memakai ikan sebagai bahannya.

  • Setelah materi baku pakan ikan telah halus, maka langkah selanjutnya ialah melaksanakan pengayakan. Pengayakan dilakukan untuk memisahkan materi yang masih agresif dan materi yang telah halus.

  • Setelah proses pengayakan selesai, maka materi yang telah halus atau telah menjadi tepung lalu Anda takar sesuai dengan komposisi masing – masing. Setelah Anda takar maka langkah selanjutnya ialah mencampur materi – materi dengan memakai mesin mixer.

  • Agar aroma pakan ikan sanggup keluar maka Anda sanggup mengkukusnya di dalam alat piranti steam.

  • Setelah semua proses dilakukan maka proses selanjutnya ialah membentuk pakan ikan menjadi pelet. Untuk mempermudah proses pembentukan pakan menjadi pelet, Anda sanggup memakai mesin cetak pelet yang banyak dijual di pasaran.

  • Langkah terakhir dari proses pembuatan pakan ikan ialah proses pendinginan. Proses pendinginan dilakukan dengan memakai alat blower. Dengan memakai blower maka proses pengeringan sanggup berlangsung dengan cepat sehingga Anda sanggup dengan cepat segera memasarkan pakan ikan yang telah dibuat.


Semakin meningkatnya bisnis budidaya ikan tidak hanya memperlihatkan laba yang besar kep Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan
Kandungan materi lokal untuk pakan ikan

Jika Anda tinggal pada lokasi bersahabat dengan pusat budidaya ikan maka kami menyarankan untuk mencoba bisnis pakan ikan ini. Selain lebih memudahkan untuk memasarkan hasil olahan pakan ikan Anda laba lainnya ialah Anda sanggup mendapat materi baku bisnis pakan ikan dengan harga yang sangat murah. Jagalah kualitas pakan ikan Anda, sehingga petani ikan yang telah mencoba pakan Anda akan kembali membeli stok pakan ikannya kepada Anda. 


Bisnis pakan ikan ini cocok Anda coba untuk dijadikan perjuangan yang sangat menguntungkan. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semua dan selamat mencoba. Selain pelet ada beberapa jenis pakan yang sanggup Anda gunakan untuk pengganti pelet. Baca di sini jenisnya. 


sumber gambar: talitakum, tokomaksindo, google




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Potensi Besar Bisnis Pakan Ikan Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel