iklan

Jenis Pupuk Npk Dan Keuntungannya Untuk Tanaman

Pupuk NPK – Berbicara mengenai pupuk memang banyak sekali jenisnya. Tak hanya pupuk organik saja namun pupuk anorganik pun juga tersedia dalam banyak sekali pilihannya untuk anda para petani.


Adapun salah satu pupuk yang patut di jadikan sebagai pilihan yakni pupuk NPK.  Pupuk memang menjadi aspek yang begitu penting untuk kesuburan tanaman. Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk yang sudah di kenal dalam dunia pertanian.


Pupuk tersebut bahkan mempunyai kandungan unsur hara yang begitu lengkap. Kandungan dari pupuk ini banyak sekali. Pupuk ini juga tersedia dalam bentuk padat bahkan juga cair sekalipun.


Namun kebanyakan pupuk yang sering anda temui pastinya pupuk dalam bentuk padat. Sekarang ini jenis pupuk NPK yang terbaik cukup banyak yang telah beredar di pasaran.


Banyaknya produk pupuk yang telah hadir di pasaran seakan bisa menjawab kebutuhan para petani. Apalagi tumbuhan sangat membutuhkan asupan unsur hara yang cukup.


Para petani terkadang masih merasa galau untuk menentukan pilihan pupuk yang di nilai bisa menciptakan tumbuhan semakin subur.


 Berbicara mengenai pupuk memang banyak sekali jenisnya Jenis Pupuk NPK dan Manfaatnya untuk Tanaman
Pupuk NPK

Jenis Pupuk NPK


Apalagi sekarang telah banyak sekali produk pupuk yang hadir di pasaran. Tak hanya pupuk organik saja namun pupuk anorganik ini juga hadir dengan banyak sekali jenis pilihannya. Berikut ini banyak sekali pilihan pupuk NPK untuk anda, diantaranya:


1. Pupuk NPK 16-16-16


Pupuk NPK 16-16-16 ini mempunyai beberapa jenis diantaranya:




  • Pupuk NPK Mutiara 16-16-16




Pupuk yang satu ini merupakan salah satu jenis pupuk beragam dengan adanya kandungan unsure hara mikro maupun makro yang sangat di butuhkan oleh tanaman. Pupuk ini biasanya hadir dalam bentuk butiran granul dengan warna biru agak memudar.


Pupuk tersebut biasanya di buat melalui sebuah proses Odda dengan pelarutan batuan fosfat. Dari segi harganya pun pupuk tersebut terbilang tidak murah berkisar antara Rp 25.000 per 900 gram nya.


Meskipun tidak murah namun pupuk ini masih saja laku di pasaran alasannya yaitu mempunyai banyak manfaat untuk pertumbuhan tanaman.


Biasanya penggunaan pupuk tersebut juga tidak di batasi untuk tumbuhan tertentu. Entah untuk holtikultura, tumbuhan pangan atau bahkan perkebunan sekalipun. Semuanya ini pastinya akan mendapat suatu manfaat dari pupuk ini.


Jenis pupuk ini mempunyai kandungan 16% N (Nitrogen), 16% P2O5 (Phospate), 16% K2O (Kalium), 0.5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (Kalsium). Karena kandungan tersebut pupuk ini juga dikenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.




  • NPK Ria Plus 16-16-16




Selanjutnya, ada jenis Pupuk NPK RIA PLUS NPK 16-16-16 yang bermanfaat untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah anakan dan denah warna daun yang lebih tinggi dan banyak dibandingkan dengan perlakuan kontrol.




  • NPK Zamrud 16-16-16




Pupuk NPK Zamrud 16-16-16 ini bersifat netral dan tidak akan besar lengan berkuasa terhadap keasaman tanah. Pupuk ini kaya akan Nitrogen (N), Phospat (P), Kalium (K) yang diperkaya unsur hara sulfur (S) dan Magnesium (MgO) dalam bentuk larut air sehingga gampang diserap akar tanaman. Pupuk ini bisa gipakai untuk segala jenis tanah dan tanaman, serta tidak terpengaruh terhadap cuaca maupun iklim.




  • NPK Pak Tani 16-16-16




Selanjutnya ada jenis pak tani 16-16-16 yang mempunyai kandungan unsur N (Nitrogen) : 16% (Nitrat Nitrogen 6,4%, Amonium Nitrogen 9,6%), P2O5 (Phospate) : 16%, K2O (Potassium Oxide) : 16%, CaO (Calcium Oxide) : 5% dan MgO (Magnesium Oxide) : 1%.


Pupuk pak tani ini mempunyai keunggulan cepat diserap oleh akar tumbuhan alasannya yaitu mempunyai kandungan unsur nitrat 7%, sehingga sanggup mempercepat proses pertumbuhan tanaman.


Pupuk ini sangat gampang terlarut dalam air sehingga gampang sekali untuk diaplikasikan, selain dilarutkan dalam air sebelum diaplikasikan, anda juga sanggup memperlihatkan pribadi ke tumbuhan dengan cara menyebarnya atau dengan menimbun dalam tanah.


Jenis pupuk NPK pak tani ini bisa dipakai untuk banyak sekali tumbuhan mulai dari padi, jagung, hortikultura, sayuran, buah-buahan, bunga, palawija maupun tumbuhan perkebunan.




  • NPK Kebomas 16-16-16




Selanjutnya, ada jenis pupuk NPK Kebomas 16-16-16. Pupuk ini mempunyai ciri berwarna merah bata dengan penampilan berbentuk granul (butiran) berukuran kecil (2-4 mm) sehingga sanggup tersebar merata ketika ditaburkan.


Pupuk jenis ini cukup digemari oleh petani alasannya yaitu mempunyai manfaat untuk meningkan jumlah dan mutu hasil pertanian. Pupuk beragam ini juga tidak perlu dicampur dengan jenis pupuk lain, alasannya yaitu terbilang sudah lengkap kandungan unsur hara-nya.




  • NPK Mahkota 16-16-16




Anda juga bisa memakai jenis pupuk NPK Mahkota 16-16-16 yang merupakan produk asal Rusia yang disebut-sebut sebagai salah satu pupuk beragam super.


Pupuk ini mempunyai kandungan berupa Nitrogen 16% (dalam bentuk Ammonium (NH4+) 10.5% dan Nitrate (NO3-) 5.5%), Phosphate (P2O5) 16%, Kalium (K2O) 16%, dan Kalsium Florida (CaF2) 2.9%.


Luar biasanya juga pupuk ini bisa diaplikasikan pada hampir semua jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan perkebunan, tumbuhan buah-buahan, tumbuhan pangan, hortikultura maupun palawija.


Pupuk ini cocok untuk dipakai pada semua pasa pertumbuhan, bisa sebagai pupuk dasar, masa pertumbuhan vegetatif dan masa pertumbuhan generatif.


 Berbicara mengenai pupuk memang banyak sekali jenisnya Jenis Pupuk NPK dan Manfaatnya untuk Tanaman
Aplikasi Pupuk NPK pada Durian



  • Pupuk NPK Pelangi 16-16-16




Jenis pupuk NPK yang satu ini menjadi salah satu dari sekian banyak jenis pupuk anorganik yang mempunyai kandungan banyak sekali unsure hara yang memang sangat diharapkan oleh tanaman. Semisal saja N,P bahkan juga K.


Pupuk tersebut biasanya di buat dengan pencampuran fisik antara 3 materi baku yakni diamonium phospat granul, urea granul bahkan juga KCL flake.


Pupuk NPK pelangi ini biasanya hadir dalam bentuk butiran yang berwarna-warni. Biasanya pupuk ini bakalan di jual eceran dengan harga Rp 2.300 per kg. Kini pupuk NPK Pelangi hadir dengan banyak sekali macam jenisnya yakni NPK Pelangi Maxi, NPK Pelangi Unggul bahkan juga NPK Pelangi Super.


Mari kita bahas satu-persatu mengenai pupuk NPK Pelangi ini:


Pupuk NPK Pelangi Unggul

Pupuk yang satu ini sengaja di formulasikan khusus untuk kenaikan pertumbuhan bahkan juga produksi dari hasil pertanian  tumbuhan perkebunan. Formulasi yang telah di miliki pupuk ini memang mempunyai sifat yang fleksibel sehingga bisa di sesuaikan dengan kebutuhan tumbuhan akan hara.


Pupuk NPK Pelangi Maxi

Pupuk yang satu ini telah di formulasikan khusus hanya untuk tumbuhan keras. Sebagai tumpuan saja tumbuhan perkebunan semoga bisa menaikkan hasil produksi dari tanaman.


Entah itu karet, kelapa sawit, tebu, kopi, lada maupun tumbuhan perkebunan lainnya. Pastinya dengan pupuk tersebut, tumbuhan perkebunan pun semakin cantik saja hasil panennya. Kaprikornus tak ada salahnya anda menentukan pupuk tersebut.


Pupuk NPK Pelangi Maxi tersedia dalam 3 jenis varian yaitu :

> NPK Pelangi Maxi (13-6-27-4-0,6),

> NPK Pelangi Maxi (12-12-17-2), dan

> NPK Pelangi Maxi (15-15-6-4).


Angka-angka tersebut mempunyai arti, yaitu perbandingan hara (komposisi) yang terkandung di dalamnya dengan urutan (hara N – hara P – hara K – hara mikro lainnya ibarat S, Mg, dan B). Pupuk jenis ini dipakai untuk tumbuhan perkebunan yang bermanfaat guna meningkatkan hasil produksi tanaman. Kelapa sawit, karet, kopi, kakao, tebu, lada, dan tumbuhan perkebunan lainnya menerangkan imbas positif berupa peningkatan produksi antara 5-30% sesudah diaplikasikan pupuk NPK Pelangi Maxi.


Pupuk NPK Pelangi Super

Pupuk yang satu ini mempunyai kandungan beberapa hara makro semisal saja N,P dan juga K dengan perbandingannya antara 20-10-10. Pupuk tersebut juga sudah di formulasikan untuk banyak sekali tumbuhan pangan maupun hortikultura. Semisal saja jagung, pai, brokoli, ubi, wortel dan juga lain sebagainya.


Artikel terkait: Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk TSP


2. Pupuk NPK 15-15-15


Selain jenis pupuk NPK 16 – 16 – 16, juga ada jenis pupuk NPK 15-15-15 yang terdiri dari:




  • Pupuk NPK Phonska 15-15-15




Pupuk NPK yang satu ini umumnya telah di kemas dalam kemasan karung dengan berat higienis sekitar 20 kg bahkan ada pula yang 50 kg. pupuk tersebut mempunyai bentuk butiran dengan warna merah muda bahkan juga orange.


Pupuk NPK Phonska ini juga gampang sekali terlarut dalam air sehingga tumbuhan pun gampang menyerapnya bersamaan ketika tumbuhan menyerap air. Pupuk NPK Phonska ini menjadi pupuk NPK yang paling bersahabat di gunakan oleh para petani. Harga pupuk yang terbilang cukup murah bisa menciptakan para petani lebih menentukan pupuk ini.


Biasanya pupuk ini di jual dengan harga eceran sekitar Rp 1.800 per kg. Pupuk tersebut bisa di jadikan sebagai pengganti pupuk KCI yang mana ketersediaannya akan semakin sulit untuk di dapatkan.


Wajar saja bila ketika ini sudah banyak petani yang lebih menentukan memperlihatkan pupuk NPK Phonska ini untuk tumbuhan mereka. Pastinya tumbuhan pun bisa tumbuh dengan subur dan bisa menghasilkan tumbuhan yang terbaik.


Ternyata sudah banyak pula para petani yang lebih menentukan pupuk NPK Phonska ini untuk tumbuhan mereka. Harapannya para petani tentu saja semoga tumbuhan mereka bisa tumbuh dengan subur tanpa adanya hama atau bahkan lainnya.


Adapun kandungan jenis pupuk ini yaitu Nitrogen (N) 15%, Phosphat (P2O5) 15%, Kalium (K2O) 15%, dan Sulfur (S) 10%. NPK Phonska 15-15-15 berbentuk butiran (granul) berwarna merah jambu/pink, bersifat higroskopis (mudah larut) sehingga gampang diserap oleh akar tanaman.




  • Pupuk NPK Basf 15-15-15




Selanjutnya ada jenis pupuk NPK Basf 15-15-15 yang bentuknya juga berupa butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik.


Pupuk ini sendiri masih diimpor dari Jerman. Sehingga harganya masih tergolong cukup mahal. Meski demikian pupuk ini peminatnya juga cukup tinggi alasannya yaitu keuntungannya yang cukup baik bagi pertumbuhan tumbuhan dengan reaksi yang cukup cepat.


Adapun kandungan jenis pupuk ini yaitu 15% N (Nitrogen), 15% P2O5 (Phospate), 15% K2O (Kalium), 0.5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (Kalsium). Karena kandungan tersebut pupuk ini juga dikenal dengan istilah Pupuk NPK 15-15-15 NITROPHOSKA.




  • Pupuk NPK Ria Plus 15-15-15




Selanjutnya juga ada jenis pupuk NPK Ria Plus 15-15-15 yang mempunyai kandungan hara makro berupa nitrogen 15%, phosphat dalam bentuk P2O5 sebesar 15% dan Kalium dalam bentuk K2O sebesar 15%. PupuK ini bisa dipakai untuk semua jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan pangan, hortikultura, tumbuhan buah maupun tumbuhan perkebunan.




  • Pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15




Ada juga jenis pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15 yang merupakan varian baru. Produk pupuk ini gres dilounching kira-kira pada November 2016 oleh PT. Petrokimia Gresik


Pupuk ini berbentuk granul, berwarna putih, dan bersifat higroskopis (mudah larut dalam air). Adapun kandungan nutrisi pupuk ini terdiri dari unsur hara makro Nitrogen (N), P2O5 atau Fosfat (P), dan Kalium (K2O) dengan kadar masing-masing 15%.


Selain mempunyai untuk hara makro tersebut juga terdapat unsur hara mikro dengan rincian Sulfur (S) 9% dan Zinc atau Seng (Zn) sebesar 2.000 part per million (ppm). Penambahan unsur hara mikro Seng inilah yang membedakan NPK Phonska Plus dengan NPK Phonska bersubsidi biasa.


Artikel terkait: Manfaat Pupuk KNO3 Merah dan Putih untuk Tanaman!


Pupuk NPK Khusus untuk Kelapa Sawit


Selain jenis pupuk umum tersebut, juga ada pupuk yang dibentuk khusus untuk kelapa sawit. Berikut ini jenis pupuk NPK yang dibentuk khusus untuk menyuburkan tumbuhan kelapa sawit anda:




  • Pupuk NPK Palmo




Dari namanya saja kita sudah mengetahui, palmo, kelapa sawit. Memang pupuk yang satu ini mengandung unsur hara makro berupa asam humat dan fulvat, diformulasikan khusus untuk tumbuhan kelapa sawit.


Inovasi Palmo mengatasi sifat-sifat unsur N yang sangat gampang hilang alasannya yaitu menguap dan tercuci. Palmo diperkaya dengan asam humat dan fulvat yang sanggup memperbaiki struktur tanah, mengaktifkan mikro-organisme, sehingga rhizosper menjadi sehat dan meningkatkan kapasitas  akar menyerap hara.


Adapun kandungan makro dari pupuk ini berupa (N,P,K,MG, Ca dan S) sedangkan unsur hara mikro (Trace Element) (B, Cu, Zn, Fe dan Mn) serta Asam Humat dan Fulvat. Bahan pelepas lambat (slow release agent) dengan kadar cukup untuk intermediate release.




  • Pupuk NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE




Ada juga jenis pupuk NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE yang juga dirancang khusus untuk meningkatkan produksi tumbuhan kelapa sawit anda.


Penggunaan pupuk ini diprioritaskan pada proses pembibitan serta tumbuhan kelapa sawit yang belum menghasilkan (TBM).


Meski demikian, pupuk ini juga bisa dipakai untuk Tanaman Menghasilkan (TM) untuk perkebunan yang mempunyai status N dan P yang rendah dengan embel-embel hara K sesuai dengan rekomendasi dari forum penelitian/rekomendator.


Secara spesifik, pupuk ini lebih cocok bila dipakai untuk tumbuhan kelapa sawit yang ditanam pada dataran rendah.


Adapun kandungan unsur hara pupuk ini berupa Nitrogen (N) 12%, Phosphat (P2O5) 12%, Kalium (K2O) 17% dan Magnesium (MgO) 2%. Serta kandungan hara mikro (TE)  = 0,04-0,07 Borate, CuSO4 dan ZnSO4


Artikel terkait: Takaran, Kandungan dan Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman


Manfaat Pupuk NPK untuk Tanaman


Setiap jenis pupuk anorganik pastinya mempunyai banyak sekali manfaat penting bagi tanaman. Terlebih dalam hal mencukupi kebutuhan hara untuk tanaman.


Jika kita melihat dari kandungan haranya, maka pupuk NPK ini bisa memperlihatkan banyak sekali macam manfaat yang penting untuk tanaman.


Apabila anda masih merasa ingin tau dengan banyak sekali manfaat sekaligus fungsi dari pupuk NPK. Inilah bermacam-macam manfaat yang bisa anda dapatkan:



  • Produktivitas tumbuhan semakin meningkat.

  • Daya tahan tumbuhan terhadap serangan hama pun juga semakin naik.

  • Daun tumbuhan akan semakin hijau sehingga proses fotosintesis pun bisa berjalan lebih optimal.

  • Mampu memicu pembentikan bunga bahkan proses panen akan semakin cepat.

  • Mampu merangsang adanya pertumbuhan akar yang baru.

  • Batang tumbuhan pun bisa tumbuh tegak sehingga bisa mengurangi resiko tumbuhan rebah.

  • Mampu memacu pertumbuhan ukuran umbi, buah bahkan juga biji-bijian.


Itulah tadi banyak sekali macam manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk NPK yang sering di pergunakan oleh para petani.


Cara Menggunakan Pupuk NPK


Agar pupuk yang sudah kita beli tidak terbuang sia-sia begitu saja, ada baiknya juga kalau kita mengetahui cara memakai pupuk NPK yang benar. Seperti apa? Berikut ini panduannya:



  1. Secara umum – Sebarlah pupuk secara merata pada tanah yang telah disiapkan untuk ditanami tanaman. Sebelum menyebar pupuk, pastikan tanah sudah diolah dengan rata.

  2. Untuk tumbuhan jagung, kedelai ataupun shorgum – Berikan dengan cara menciptakan parit kecil disekitarnya.

  3. Untuk tumbuhan perkebunan – Untuk tumbuhan perkebunan misal kelapa sawit, cengkeh, apel, dan jeruk, dsb, pupuk diberikan secara melingkar pada batang pohon di bawah tajuk terluar dengan kedalaman berkisar antara 10-15 cm. Dengan metode ini, pupuk sanggup diserap lebih baik oleh akar tumbuhan dan tidak merusak batang pohon itu sendiri.

  4. Untuk sayuran – Untuk jenis sayuran, dukungan pupuk bisa dengan cara menyebarkannya pada lubang yang ada disekitar tumbuhan berjarak 5 cm. Pastikan lubang tidak terlalu dalam alasannya yaitu akarnya tidak akan dalam.

  5. Untuk tumbuhan hias – Berikan pupuk yang sudah dilarutkan ke dalam air dalam takaran yang rendah, kemudian siram ke tumbuhan hias atau bisa juga untuk tumbuhan sayuran.


****


Pupuk anorganik jenis NPK ini memang hadir dengan harga yang sangat terjangkau sekali. Kaprikornus ketika anda berencana untuk membeli pupuk anorganik buat tumbuhan anda, tak perlu merasa galau lagi dengan budget yang anda miliki.


Kenyataannya harga pupuk NPK memang hadir dengan harga yang cukup murah. Pastinya juga cocok sekali dengan kebutuhan para petani ketika kini.


Baca juga: Pupuk SP 36 – Kandungan Manfaat Cara Menggunakan



Sumber https://sentrabudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Pupuk Npk Dan Keuntungannya Untuk Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel