iklan

Peluang Perjuangan Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang perjuangan bakmi jawa saya lihat trendnya semakin naik final Peluang Usaha Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa UsahaPeluang perjuangan bakmi jawa saya lihat trendnya semakin naik akhir-akhir ini. Di beberapa kota, terutama di Jogjakarta, Jakarta, dan beberapa kota besar lainnya Bakmi Jawa menjadi salah satu tujuan masakan yang digemari. Apalagi jogja sebagai kota wisata, maka bisnis bakmi jawa sangat cocok dikembangkan sebagai salah satu peluang perjuangan di kota wisata, seiring dengan makin digemarinya wisata kuliner.


Walaupun mie berasal dari Tiongkok, namun cita rasa bakmi Jawa sangatlah berbeda, bumbu diadaptasi dengan pengecap orang Indonesia. Karena itu Bakmi Jawa menjadi digemari, sebab selain cita rasanya yang sesuai dengan lidah, juga kemasannya yang tradisional. Dimasak dengan memakai anglo (menggunakan arang) melahirkan cita rasa yang khas. Tidak sedikit orang yang menjajal peruntungannya dengan terjun dalam peluang perjuangan bakmi jawa ini. Namun sebelum menjajal bisnis ini , Anda harus terlebih dahulu membaca artikel kami mengenai Karakteristik Bisnis Makanan.


Mie merupakan kuliner yang yang digemari banyak orang, mulai dari anak muda sampai orang tua. Selain praktis, bakmi jawa bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi, sebab kandungan karbohidratnya. Bakmi jawa akan terasa lebih nikmat kalau dikonsumsi dalam keadaan panas/hangat. Paling umum, bakmi jawa dimasak dengan cara direbus atau digoreng, dalam hidangan dikenal dengan bakmi godhog dan bakmi goreng.


Sebagaimana bisnis kuliner yang lainnya, peluang perjuangan bakmi jawa ini juga menuntut cita rasa yang bisa diterima di pengecap semua orang. Anda harus melaksanakan semacam riset kecil-kecilan untuk menemukan racikan bumbu yang pas. Test hasil masakan pada beberapa orang, minta mereka untuk menilai secara jujur. Terus lakukan perbaikan dan modifikasi pada racikan bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.


Dalam proses tersebut Anda juga harus memperhatikan biaya produksi. Terutama berkaitan dengan materi utama, yaitu mie. Apakah mie yang dipakai dibeli dari pihak lain, atau memproduksi mie sendiri. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Membeli mie dari pihak lain mungkin lebih praktis, tapi dari segi biaya produksi dan cita rasa, Anda tidak sanggup mengontrolnya. Sementara menciptakan mie sendiri sanggup menghasilkan citarasa yang khas, dan biaya produksi sanggup lebih ditekan. Namun tentu saja, akan lebih repot.


Setelah produk siap, langkah selanjutnya dalam peluang perjuangan bakmi jawa adalah menghitung dan mempersiapkan modal usaha. Pada pecahan final goresan pena ini saya sertakan analisa perjuangan bakmi jawa yang sanggup Anda jadikan pola dalam mempersiapkan modal usaha.


Rintangan Dalam Peluang Usaha Bakmi Jawa


Setiap bisnis, meskipun Anda menguasainya dan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, niscaya akan ada rintangan yang dihadapi, tak terkecuali peluang perjuangan bakmi jawa. Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus siap menghadapi setiap halangan dan rintangan dalam menjalankan roda usaha. Sebagaimana lagunya Dewa, ‘Hadapi dengan senyuman…’ Anda harus menghadapi halangan dan rintangan dengan keberanian dan keyakinan bahwa Anda bakal bisa mengatasinya.


Rintangan yang paling kentara ialah pesaing. Ada pesaing pribadi dan pesaing tidak langsung. Pesaing pribadi ialah bisnis yang sama, yaitu perjuangan bakmi jawa. Pesaing tidak pribadi ialah semua perjuangan kuliner. Salah satu taktik menghadapi pesaing ialah dengan pemilihan lokasi. Caranya ialah dengan mencari lokasi perjuangan yang tidak berdekatan dengan pesaing. Strategi menghadapi pesaing yang kedua ialah taktik produk. Anda harus mempunyai produk yang unik atau lebih unggul dibanding kompetitor.


Masalah lain yang lazim dihadapi ialah materi baku. Mie lembap dan sayur merupakan materi baku yang tidak bisa bertahan lama. Karena itu Anda harus memperhitungkan stok dengan secama. Karena stok yang terlalu banyak, kalau tidak habis akan terbuang. Anda tentu tidak ingin membuang uang Anda bukan?


Permasalahan selanjutnya ialah konsistensi kualitas dan rasa. Sekali saja Anda lengah terhadap kedua hal tersebut, konsumen bisa pergi meninggalkan Anda. Kualitas dan rasa harus selalu dijaga secara terus menerus.


Strategi Bisnis Bakmi Jawa


Untuk sanggup sukses dalam menjajal peluang perjuangan bakmi jawa, Anda tentu saja butuh taktik bisnis. Beberapa taktik bisnis bakmi jawa berikut ini mungkin sanggup membantu Anda dalam menjalankan perjuangan bakmi jawa.


Namun sebelum membaca taktik bisnis bakmi jawa, Anda harus terlebih dahulu membaca dan memahami 10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula. Selalu terapkan 10 cara bisnis tersebut setiap Anda memulai usaha, lantas padukan dengan taktik berikut ini:



  1. Lokasi

    Pilih lokasi yang strategis untuk memulai bisnis bakmi jawa. Lokasi bisa dii bersahabat kampus, pemukiman penduduk, perkantoran, atau yang lainnya.

  2. Bahan Beku

    Jaga kualitas produk dengan memakai materi baku yang berkualitas. Jika Anda memakai materi dengan merek tertentu, selalu gunakan merek tersebut. Karena beda merek bisa jadi bakal beda rasanya.

  3. Variasi Menu

    Ciptakan variasi menu. Selain hidangan utama Bakmi godog dan bakmi goreng, tawarkan hidangan lain yang berbeda dari hidangan pesaing.

  4. Pelayanan Terbaik

    Selalu berikan pelayanan terbaik pada setiap konsumen. Bersikap ramah serta menciptakan suasana yang nyaman dan bersih, semoga konsumen suka berkunjung kembali ke warung bakmi jawa Anda.

  5. Harga

    Buat harga yang kompetitif sesuai dengan sasaran market yang Anda bidik. Hitung harga dengan tepat. Jika Anda belum tahu cara memilih harga, Anda sanggup membaca artikel kami yang lain yang berjudul Strategi Menentukan Harga.


Analisa Usaha Bakmi Jawa


Modal Awal



  • Gerobak: Rp 2.000.000,-

  • Meja Kursi: Rp 500.000,-

  • Peralatan Masak: Rp 1.000.000,-

  • Peralatan Makan: Rp 1.000.000,-

  • Perlengkapan Tambahan: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 5.000.000,-


Biaya Operasional



  • Gaji Karyawan: Rp 1.000.000,-

  • Mie 3 kg @Rp10.000 x 24 hari: Rp 720.000,-

  • Ayam @Rp31.000 x 24 hari: Rp 744.000,-

  • Sayuran dan bumbu @Rp20.000 x 24 hari: Rp 480.000,-

  • Kecap & Saos /3hari @Rp10.000 x 8: Rp 80.000,-

  • Gas /3hari @Rp18.000 x 8: Rp 144.000,-

  • Listrik dan Air: Rp 200.000,-

  • Biaya Promosi: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 3.868.000,-


Omset/Pendapatan


Asumsi per malam laris 30 porsi, bakmi jawa + Minum @Rp 20.000,-


= Rp 20.000 x 30 porsi x 24 hari


= Rp 14.400.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= Omset – Biaya Operasional


= Rp 14.400.000 – Rp 3.868.000


= Rp 10.532.000,-


BEP (Break Even Point)


= Modal Awal / Keuntungan


= Rp 5.000.000 / Rp 10.532.000


= 0.47 bulan = 15 hari


Jika dilihat perhitungan analisa perjuangan bakmi jawa tersebut, maka sudah niscaya peluang perjuangan bakmi jawa ini mempunyai potensi yang luar biasa. Karena hanya dalam waktu 15 hari sudah bisa balik modal. Sekali lagi saya tekankan bahwa angka-angka dalam perhitungan ini bisa jadi berbeda, tergantung pada lokasi dan kebutuhan/skala usaha. Harga-harga tersebut ialah harga ketika artikel ini ditulis.


sumber gambar peluang perjuangan bakmi jawa: pegipegi.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel