iklan

Lakukan 7 Hal Ini Untuk Resolusi Finansial Bisnis 2019

Masalah finansial memang selalu menjadi pembahasan yang menarik. Setiap hari, bulan maupun tahun selalu membahas wacana uang, uang dan uang. Hampir semua orang ingin mempunyai banyak uang dengan aneka macam cara. Mungkin kau pun juga suka dengan hal tersebut. Resolusi finansial bisnis wajib Anda lakukan di awal tahun ini.


Pengelolaan keuangan yang baik bukan hanya dilakukan oleh seorang individu yang mengandalkan pemasukan keuangan dari honor saja. Melainkan juga dilakukan oleh para pengusaha yang selalu memutarkan uangnya biar bisa terus bertambah setiap harinya. Nah apakah Anda sudah mempunyai tekad untuk meresolusi pengelolaan finansial bisnis?


Menjadi pebisnis atau pengusaha Anda akan berpikir bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Selama ini masih banyak pengusaha yang sangat jarang bisa mengatur keuangan dengan baik alasannya sebagian dari mereka lebih sering mencampuradukan antara uang langsung dengan uang usaha. Tapi di tahun baru, ini dihentikan lagi terjadi. Anda harus resolusi keuangan bisnis.


Dalam menjalankan bisnis Anda dihentikan hanya fokus pada penjualan saja. Memang tidak salah, lantaran Anda berpikir bahwa penjualan selalu berbanding lurus dengan keuntungan. Tetapi Anda juga harus mempunyai kemampuan dalam mengatur keuangan dengan baik.


SolusiUKM akan memperlihatkan Anda trik ampuh dan jitu dalam melaksanakan resolusi finansial. Sehingga ini bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis menjadi lebih baik di 2019. Apa saja trik dan caranya, yuk simak lanjutannya.


Lunasi Hutang


Apakah di tahun-tahun sebelumnya bisnis Anda mempunyai hutang? Baik itu hutang dengan bank, kerabat ataupun hutang kepada supplier. Usahakan tahun 2019 ini menjadi cara Anda biar bisa lebih gampang dalam melunasi hutang-hutang yang ada. Jika ini yang terjadi maka Anda harus konsisten di 2019 menjadi tahun untuk segera melunasi hutang-hutang tersebut.


Bisnis tanpa hutang? Bisa? Tentunya bisa dong. Banyak di luar sana pengusaha-pengusaha sukses yang berhasil dari bisnis tanpa hutangnya. Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapat hasil tanpa hutang.


Membuat Perencanaan Keuangan


Banyak sekali pebisnis yang menjalankan perjuangan tanpa perencanaan. Mungkin ketika Anda mendirikan perjuangan yang kini telah berjalan, Anda pun tidak menciptakan perencanaan keuangan yang matang. Untuk itu, sebaiknya ketika ini Anda harus menciptakan perencanaan keuangan secara matang dan tepat. Perencanaan keuangan sebagai salah satu resolusi finansial bisnis Anda di tahun 2019. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam mengatur keuangan bisnis.


Apa saja yang harus direncanakan?



  • Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membayar honor karyawan

  • Berapa total uang untuk budget promosi

  • Berapa uang untuk perluasan bisnis


Mungkin ketiga unsur tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam berbisnis. Namun bisa Anda tambahkan unsur-unsur lainnya. Masih banyak unsur yang bisa Anda gunakan dalam merencanakan keuangan bisnis Anda.


Perencanaan keuangan pun bisa menjadi salah satu unsur yang paling sempurna untuk memilih arah dan arti dari bisnis Anda. Jangan hingga Anda tidak merencanakan keuangan dengan baik dan benar sehingga arah bisnis Anda tidak jelas.


Lakukan Evaluasi Keuangan Tahun Lalu


Awal tahun gres ialah awal untuk evaluasi. Apakah Anda sudah melaksanakan penilaian keuangan bisnis di tahun sebelumnya. Kalau belum ini waktu yang sempurna untuk Anda evaluasi. Salah satu resolusi finansial bisnis yang harus dilakukan ialah penilaian keuangan. Evaluasi merupakan satu cara sempurna untuk bisa mengetahui apa saja yang menjadi salah satu kesalahan di tahun sebelumnya.


Masalah finansial memang selalu menjadi pembahasan yang menarik Lakukan 7 Hal ini untuk Resolusi Finansial Bisnis 2019


Mudahnya penilaian bisa dilakukan dengan melihat jumlah pengeluaran bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mengevaluasi dari sisi utang Anda selama tahun sebelumnya. Apakah utang-utang tersebut sudah Anda lunasi. Atau setidaknya Anda mengurangi utang di tahun 2019 ini.


Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Hal-Hal Konsumtif


Banyak pengusaha di Indonesia yang sering memakai kartu kredit untuk hal-hal konsumtif. Tentunya ini bukan satu cara bijak yang Anda lakukan. Sebab kalau Anda memakai kartu kredit dengan tidak secama, Anda bisa kebobolan dalam pembayaran cicilannya. Apa lagi kalau Anda membayar kartu kredit masih memakai uang hasil usaha.


Namun kalau memakai kartu kredit untuk mendapat diskon-diskon itu bisa menjadi pilihan bagi Anda. Dengan begitu kartu kredit yang Anda miliki bisa menjadi satu cara untuk menjadi sumber diskon untuk membeli materi baku bagi usaha Anda. Bukankah itu lebih menarik?


Jangan Lupa Pembukuan


Ini ni yang jarang sekali dilakukan oleh para pengusaha di Indonesia. Masih banyak yang malas melaksanakan pembukuan. Pembukuan bukan perkara yang ribet. Tapi merupakan hal gampang yang bisa dijalankan oleh setiap pengusaha. Pembukuan bisa menjadi salah satu resolusi keuangan bisnis Anda di tahun 2019.


Untuk tahap awal, Anda bisa melaksanakan pembukuan dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Setelah itu Anda bisa mencatat setiap barang masuk, barang digudang dan juga barang yang sudah keluar.


Tetapi kalau itu Anda rasa sulit, sebaiknya untuk memudahkan Anda. Anda bisa memakai aplikasi akuntansi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk pembukuan bisnis yakni platform akuntansi Accurate Online.


Accurate Online ialah platform pembukuan yang cocok untuk bisnis UKM. Saat ini Accurate Online sudah membantu ribuan pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Anda bisa mengikuti jejak mereka dengan memakai Accurate Online.


Atur Cashflow


Mengatur cashflow salah satu pengawasan yang wajib dilakukan oleh pengusaha sebagai resolusi finansial bisnis di 2019. Karena mengatur arus kas harus dilakukan secara berkala. Jangan hingga Anda kecolongan lagi di tahun 2019. Tahun ini Anda harus bisa mengawasi cashflow lebih menarik lagi.


Memanfaatkan Laba


Laba memang harus di manfaatkan. Jangan hingga Anda tidak memanfaatkan laba. Mengapa? Karena keuntungan bisa di putar kembali untuk perluasan bisnis atau untuk dana investasi lainnya. Anda bisa menimbulkan keuntungan sebagai manfaat gres bagi bisnis Anda ketika ini.


Jangan hingga Anda hanya menimbulkan keuntungan hanya dipakai untuk keperluan langsung Anda. Laba bukan hanya sekedar untuk dipakai bagi keperluan langsung Anda. Melainkan untuk keperluan bisnis lagi, biar bisnis Anda bisa berkembang dan menimbulkan bisnis Anda lebih besar lagi.


Tahun gres juga resolusi baru. Anda harus menyiapkan resolusi-resolusi terbaik untuk bisnis Anda. Termasuk dalam hal keuangan bisnis. Keuangan bisnis merupakan satu hal penting demi kesuksesan bisnis ke depannya.


Sistem keuangan bisnis yang baik tentunya akan membawa bisnis Anda ke arah yang baik dan aman. Karena diluar sana banyak pengusaha yang gagal dikarenakan tidak mempunyai kemampuan dalam mengelola keuangan yang baik.


Meminimalkan kegagalan harus Anda lakukan dari sekarang. Salah satu caranya ialah dengan  melakukan resolusi finansial bisnis di tahun gres ini. Memiliki administrasi dan sistem pengelolaan yang baik pada bisnis dengan langkah-langkah yang telah SolusiUKM berikan.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan 7 Hal Ini Untuk Resolusi Finansial Bisnis 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel