iklan

Tekanan Udara : Pengertian Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. pernah membayangkan ada seseorang pendaki gunung, yang ketika mendaki gunung membutuhkan tabung oksigen, kenapa dibutuhkan? padahal di bumi ada banyak oksigen?, tetapi pernah membayangkan suatu tempat dimana benda tersebut di tekan terus dengan sangat kuat, tetapi tidak sanggup di tekan lagi sekuat apapun kalian coba? itulah yang dinamakan tekanan udara. untuk lebih detail mengenai tekanan udara, simak artikel dibawah.

Pengertian Tekanan Udara

Pengertian dari tekanan udara ialah suatu udara yang menawarkan suatu tekanan tersebut lantaran berat udara tersebut ialah 1 cm2 pada suatu bidang mendatar dari permukaaan bumi hingga hingga batas luar atmosfer bumi. Dimana satuan tekanan udara 1 atm sama dengan 76.00 cm Hg sama dengan 29.92 inci Hg sama dengan 1.013.20 mbar.


Jenis Tekanan Udara

Tekanan udara mempunyai 2 jenis yakni : tekanan udara vertikal dan tekanan udara horizontal

Tekanan Udara Vertikal

Tekanan udara vertikal adalah tekanan udara yang semakin ke atas semakin turun tekannannya, berikut referensi tekanan udara vertikal

  • Pada ketinggian 0 kaki, tekanan udaranya (mbar) ialah 1013.25
  • Pada ketinggian 5.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) ialah 843.11
  • Pada ketinggian 10.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) ialah 696.94
  • Pada ketinggian 15.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) ialah 573.06
  • Pada ketinggian 20.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) ialah 466.00

setiap naik sekitar 5000 kaki ibarat pada referensi diatas, nilai dari tekanan udaranya menurun, yang menandakan karena semakin tinggi suatu tempat, kerapatan atau massa jenis udara semakin kecil, sehingga jumlah oksigen dalam udara akan semakin sedikit. Dimana sanggup disebut juga dengan gradien tekanan udara. atau arti lainnya, gradien tekanan udara ialah nilai perubahan tekanan udara pada jarak sejauh 60 mil bahari arah horizontal yang di ukur dari tekanan tinggi ke tekanan rendah tegak lurus isobar-isobar tersebut. Tekanan udara selalu turun dengan naiknya ketinggian suatu tempat, begitu pula sebaliknya. Sebagai hukum umum, tekanan udara selalu turun 1/30 kali untuk setiap naik 300 m, atau arti lain, setiap 1 mm hg setiap kali naik 11 m pada atmosfer lapisan bawah.

Tekanan Udara Horisontal

Tekanan udara horisontal ialah tekanan udara yang dipengaruhi oleh suhu udara, jikalau suhu udara semakin tinggi, maka tekanna udaranya semakin rendah. tetapi jikalau suhu udaranya rendah, maka tekanan udaranya semakin tinggi. contohnya : tekanan udara di indonesia berbeda dengan tekanan udara di antartika.

Faktor-faktor Tekanan Udara

berikut faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan udara

Lintang Bumi

Lintang bumi kuat terhadap tekanan udara, yang dimana perbedaan lintang bumi pada setiap wilayah akan kuat terhadap perubahan suhu udara. dan ibarat yang sudah dijelaskan diatas, jikalau suhu udara semakin tinggi, maka tekanna udaranya semakin rendah. tetapi jikalau suhu udaranya rendah, maka tekanan udaranya semakin tinggi. sehingga faktor yang mempengaruhi persebaran tekanan udara sama dengan yang mempengaruhi suhu udara. Pada peta tekanan udara permukaan, Isobar biasa dibentuk untuk tiap perbedaan tekanan 3 mbar. Pengaruh dari lintang bumi melalui suhu atau temperatur akan menghasilkan pola tekanan udara pada permukaan bumi yang berbentuk simetris, seperti:

  • Daerah Khatulistiwa :  tekanan udara yang rendah dibandingkan kawasan lainnya
  • Daerah Subtropis :  tekanan udara tinggi lebih daripada kawasan khatulistiwa
  • Daerah Subpolar : tekanan udara rendah daripada kawasan kutub
  • Daerah Kutub : tekanan udara yang tinggi dibandingkan kawasan lainnya

Adapun peningkatan tekanan udara akhir lintang bumi ataupun suhu udara juga oleh faktor lain, ibarat misalnya: angin. Tekanan udara ini juga tidak permanen atau niscaya nilainya tetapi sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu dari matahari dan persebaran daratan dan lautan.


Persebaran Daratan dan Lautan

Persebaran daratan dan lautan mempunyai efek yang sangat terang pada lintang kepingan pertengahan. Dimana pada ketika demam isu dingin, sebagian benua menjadi lebih hambar dan menjadi sentra pusat dari tekanan udara yang dimana bertekanan tinggi. Sementara pada demam isu panas, benua lebih panas dari lautan sehingga menjadi sentra tekanan rendah. Namun sebaliknya lautan dipengaruhi tekanan udara yang rendah pada demam isu hambar dan mempunyai tekanan udara yang tinggi pada demam isu panas.

Pengaruh ini terlihat pada : Atlantik udara dibawah efek tekanan udara yang tinggi pada demam isu panas dan mempunyai tekanan udara yang rendah pada demam isu dingin. Belahan bumi kepingan selatan lebih homogen, tidak memperlihatkan adanya perbedaan musiman yang besar, sehingga perbedaan tekanan udara tidak terlalu siginifikan. Isobar pada lintang 40 – 70 LS hampir sejajar dengan garis lintang, hal ini disebabkan efek sebaran lautan dan daratan yang kecil.

Alat Pengukur Tekanan Udara

Alat pengukur tekanan udara ialah barometer, berikut referensi barometer
Barometer


Variasi Tekanan udara

Tekanan udara mempunyai Variasi atau perbedaanya. Setiap hari, tekanan udara menunjukan 2 kali maksimum dan 2 kali minimum, dimana pada periode ini, tekanan udara mengalami maksimum kemudian minimum, kemudian maksimum kemudian minimum, dan selalu berulang. diman faktor yang mempengaruhi variasi tekanan udara ialah radiasi. berikut waktu yang memperlihatkan perbedaan variasi tekanan udara, yaitu:

  • Pada pukul 10.00, tekanan udara mengalami maksimum
  • Pada pukul 16.00, tekanan udara mengalami minimum
  • Pada pukul 22.00, tekanan udara mengalami maksimum
  • Pada pukul 04.00, tekanan udara mengalami minimum

Demikian artikel mengenai Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, dimulai dari pengertian, jenis, faktor faktor dan alat untuk mengukur tekanan udara, dijelaskan mendalam dalam artikel ini. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Sumber http://ruangterkritis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tekanan Udara : Pengertian Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel