iklan

Pengertian, Manfaat, Dan Tujuan Organisasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Organisasi Menurut Para Ahli - Setiap insan dalam perjalanan hidupnya selalu akan menjadi anggauta dari banyak sekali organisasi, ibarat organisasi bidang sosial atau kemasyarakatan , organisasi bidang politik, organisasi bidang pendidikan dan sebagainya. Organisasi akan meresap ke dalam masyarakat atau kehidupan sehari-hari, dan insan akan berada dalam lingkungan organisasi. Organisasi – organisasi ini mempunyai kesamaan dalam pengelolaannya. Kesamaan tersebut antara lain ada tujuan, keanggotaan, struktur dan sistem serta prosedurnya.

Kesamaan yang pertama yaitu adanya suatu tujuan, tanpa tujuan organisasi tidak sanggup dibentuk.. Tujuan ini tentunya sesuai dengan jenis organisasinya. Tujuan suatu organisasi biasanya tergambar pada sasaran-sasaran baik jangka panjang maupun jangka pendek. Secara umum sasaran dari tujuan organisasi ialah mencapai tingkat pertumbuhan, perkembangan, laba dan keberlangsungan dari organisasi itu sendiri. Kesamaan yang kedua ialah bahwa organisasi mempunyai kumpulan orang-orang, satu orang yang berusaha mencapai tujuan secara sendiri tidak sanggup dikatakan sebagai organisasi. Organisasi ialah sekumpulan atau sekelompok orang ( lebih dari dua orang) yang mempunyai maksud yang sama untuk mencapai tujuannya. Kesamaan yang ketiga ialah organisasi perlu membuatkan suatu struktur supaya anggota sanggup melakukan pekerjaan dengan gampang dan baik. Struktur organisasi sebagai citra dari hubungan-hubungan wewenang dan tanggungjawab yang sanggup dipergunakan sebagai alat penyalur tugas, informasi, resources, dan perintah-perintah. 

 dan Tujuan Organisasi Menurut Para Ahli Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Organisasi Menurut Para Ahli
image source: www.epikint.com
baca juga:
Struktur organisasi senantiasa harus diadaptasi dengan keadaan dan kebutuhan yang berubah-ubah, alasannya ialah insan yang menjalakan pekerjaan bukan struktur organisasinya. Kesamaan yang keempat ialah organisasi mempunyai sistem dan prosedur. Organisasi mempunyai aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan harus dijalankan dengan komitmen. Sistem dan mekanisme dalam organisai tercermin dari kebujakan-kebijakan manajer wacana cara kerja, sistem rekrut, pengawasan, dan pelaporan.

Organisasi sanggup memberi manfaat bagi masyarakat. antara lain;
  • Organisasi mengubah kehidupan masyarakat. Manfaat ini sanggup diamati dari banyaknya organisasi sanggup menciptakan kehidupan menjadi lebih baik,. misal organisasi kesehatan menciptakan masyarakat menjadi sehat jasmani, organisasi pendidikan menjadi masyarakat menjadi cerdas, organisasi kemilteran dan kepolisian menciptakan masyarakat menjadi aman 
  • Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. Dengan berorganisasi pencapaian tujuan menjadi lebih mudah. 
  • Organisasi menunjukkan karier. Organisasi merupakan sekumpulan orang yang mempunyai ketrampilan, pengetahuan dan tujuan. Oleh alasannya ialah itu orang yang ingin membuatkan karienya sanggup bergabung dalam suatu organisasi, alasannya ialah organisasi akan selalu menunjukkan karier pada seseorang yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang lebih. 
  • Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Dengan berorganisasi pengetahuan sanggup ditingkatkan terus. Sejarah masa kemudian sanggup didokumenkan, penelitian-penalitian sanggup dikembangan, demikian juga dengan pekerjaan-pekerjaan yang tidak sanggup dilakukan sendiri sanggup dilakukan bersama. ( Amirullah, 2004, 6) 

Organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerja sama dalam suatu cara yang terstruktur, dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan bersama. Untuk mencapai tujuan organisasi sanggup memakai sumberdaya-sumberdaya yang ada di lingkungannya . Sumberdaya tersebut ialah manusia, finansial, fisik dan informasi. Sumberdaya insan termasuk talenta manajerial dan tenaga kerja, sumberdaya finasial ialah modal yang dipakai organisasi untuk mendanai operasi yang berjalan baik operasi jangka panjang maupun jangka pendek, sumber daya fisik mencakup akomodasi gedung, kantor dan peralatannya,serta materi yang dipergunakan dalam operasionalnya, sumber daya warta ialah data-data yang dipakai dalam menciptakan keputusan yang efektif.

Manajer dalam mencapai tujuan organisasi bertanggungjawab untuk mengkombinasikan dan mengkoordinasikan banyak sekali sumberdaya tersebut,misal seorang walikota (manajer ) akan memakai polisi, dana pemerintah, kantor polisi yang ada, data ststistik kejahatan yang terinci untuk menciptakan jadwal pencegahan kejahatan. Bagaimana walikota dan manajer-manajer lainnya mengkombinasikan dan mengkoordinasikan banyak sekali jenis sumber daya tersebut.

Dari uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa konsep dasar organisasi adalah:
  • Suatu organisasi selalu mempunyai tujuan 
  • Adanya spesialisasi dan pembagian kerja 
  • Spesialisasi akan mempunyai manfaat apabila dikoordinasi 
  • Koordinasi ialah mengintegrasikan kegiatan-kegiatan serta usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan 
  • Untuk meralisasi tujuan perlu ada mekanisme kerja yang lebih rinci 
  • Kenyataan bahwa organisasi berada dalam suatu lingkungan yang dinamis alasannya ialah yang menjadi odyek dan subyeknya ialah orang.

Sekian artikel tentang Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Organisasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
  • Buchari Zainun, Organisasi Dan Manajemen, Balai Aksara
  • Sutarto, 1978, Dasar-Dasar Organisasi; Gadjah Mada Press, Yogyakarta

Sumber http://blogpsikologi.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Dan Tujuan Organisasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel