iklan

Pengertian Administrasi Dan Konsep Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli - Kamus Webster menyatakan bahwa manajemen berasal dari katamanage (maneggio, Italia) yang dalam kamus bahasa Inggris-Indonesia kata manage berarti:mengurus, memimpin, mencapai, dan memerintah. Berdasarkan pengertian secara etimologis itu munculahkonsepmanajemenyang secara terminologis berdasarkan para andal disebut sebagaithe act or art of managing, conducting, directing, and controllingManajemen merupakan suatu kegiatan atau seni dalam mengurus (memimpin, mencapai, dan memerintah), membimbing, mengarahkan dan mengendalikan (Appley dalam Zailani dan Antowijoyo, 1989:1).

Definisi terhadap istilah administrasi banyak diberikan oleh beberapa andal manajemen. Dalam kenyataannya tidak ada definisi administrasi yang sanggup diterima secara universal. Beberapa definisi administrasi antara lain :

1. Mary Parker Follet
Mendifinisikan administrasi sebagai seni dalam menuntaskan pekerjaan melalui orang lain (Hani.Handoko, 8). Pengertian ini mengandung arti bahwa manajer dalam mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain yang tergabung dalam organisasi. Pengaturan orang lain yang dilakukan manajer satu dan manajer lain tentunya berbeda, dan perbedaan pengaturan ini membutuhkan kemampuan dan ketrampilan tersendiri.yang merupakan seni manajemen.

2. Harold Koontz dan Cyriil O’ donnel
Mendifinisikan administrasi yakni perjuangan mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah acara orang lain yang mencakup perencanaan, penggorganisasian, penggerakan dan pengendalian. (Amirullah, h 7)

3. R Terry
Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan uituk memilih serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya insan dan sumber daya lainnya.

4. Stonner, James AF
Manajemen yakni proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Upaya anggauta organisasi dan memakai semua sumberdaya organisai untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. ( Stonner, 1982, h 9). Proses yakni suatu cara yang sistematis untuk melaksanakan sesuatu. Manajemen sebagai suatu proses sebab semua manajer apapun keahliannya dan ketrampilannya selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kegiatan yang dimaksud yakni perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan.

5. Paul Hersey
Manajemen didefinisikan sebagai proses kolaborasi dengan dan melalui orang-orang dan kelompok untuk mencapai tujuan. (Paul Hersey, 1994, h 3). Definisi ini sanggup diterapkan pada semua bentuk dan jenis organisasi apakah perusahaan, forum pendidikan, rumah sakit, organisai politik, dan sebagainya. Untuk sanggup berhasil organisasi mempunyai personalia pimpinan yang berkemampuan baik, sehingga korelasi antar langsung berjalan secara baik dan harmonis, setiap orang yakni manajer.

6. Luther Gulick
Mendifinisikan administrasi sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan/science yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana insan bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan menciptakan sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan (dalam T Hani p 11)

Dari beberapa definisi tersebut di atas sanggup disimpulkan bahwa administrasi sanggup sebagai
  1. ilmu dan seni
  2. proses
  3. profesi
Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli
image source: business2community.com
baca juga:
Manajemen sebagai ilmu dan seni

Manajemen sebagai ilmu sebab administrasi telah dipelajarai usang dan telah dikaji, diorganisasikan menjadi suatu rangkaian teori. Manajemen memerlukan disiplin-disiplin ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya untuk mencapai tujuan, misal disiplin ilmu ekonomi, akutansi, statistik dan lain-lain. Manajemen dalam upaya mencapai tujuannya berdasarkan kaidah ilmiah dan sistematis.

Manajemen sebagai ilmu. mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Prinsip dan konsep administrasi sanggup dipelajari
  2. Decion making sanggup didekati dengan kaidah-kaidah ilmiah
  3. Obyek dan sarana administrasi untuk mencapai tujuan sebagian yakni elemen yang bersifat materi
  4. Dalam penerapannya administrasi memerlukan pendekatan dari bidang ilmu lainnya.

Manajemen sebagai seni diartikan bahwa manajer dalam mencapai tujuan banyak dipengaruhi oleh ketrampilan-ketrampilan pribadi, talenta dan karakternya. Dan semua ini merupakan seni tersendiri. Manajemen sebagai seni mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. pencapain tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan talenta para menejer
  2. Dalam . proses pencapaian tujuan sering kali melibatkan unsur naluri, perasaan dan intelektua.l
  3. Dalam pelaksanaan kegiatan, faktor yang sanggup mempengaruhi keberhasilannya yakni kekuatan langsung dan kreativitas.

Manajemen sebagai proses

Manajemen sebagai proses sebab dalam mencapai tujuan memakai serangkaian kegiatan yang tidak sanggup dipisahkan satu dengan yang lainnya. Serangkaian kegiatan tersebut dimulai dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi atau mengendalikan. Manajemen sebagai proses lebih diarahkan pada proses mengelola dan mengatur pelaksanaan suatu pekerjaan, atau serangkain acara dalam rangka mencapai tujuan. Proses manajenen dalam pencapaian tujuan ini juga memakai pemberian orang lain yang bekerja sama.

Manajemen sebagai profesi

Manajemen sebagai profesi penekannya pada kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dengan memakai keahlian-keahlian tertentu. Keahlian-keahlian tersebut diperoleh dikarenakan telah memenuhi syarat atau standart tertentu dan diakui oleh masyarakat. Dengan keahlian tersebut seseorang sanggup memperoleh suatu status. Sekelompok orang yang bekerja dalam organisasi dengan memakai keahlian tertentu sanggup dikelompokan dalam organisasi profesional.

Ciri-ciri sesuatu sebagai profesi sebagai berikut :
  1. Para profesional menciptakan keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum
  2. Para profesional mendapat status mereka sebab mencapai standar prestasi kerja tertentu, bukan sebab favorit, politik, agama. atau sosial
  3. Para profesionalisme harus ditentukan oleh suatu instruksi etik yang besar lengan berkuasa dan disiplin bagi mereka yang menyandang profesi.

Sekian artikel tentang Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
  • Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha Ilmu, Yogyakarta
  • Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta 
  • John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta 
  • Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
  • Robins and Coulter, 1996, management 5” ed Prentice Hall, Inc
  • T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta

Sumber http://blogpsikologi.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Administrasi Dan Konsep Administrasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel