iklan

√ 10 Ancaman Terlalu Sering Mengonsumsi Masakan Pedas

Makanan pedas atau yang sering kali disebut spicy food merupakan kuliner yang yummy dan selalu wajib dikonsumsi oleh para pecinta pedas. Makanan yang mempunyai rasa pedas akan memberimu sensasi yang berbeda dikala dimakan. Biasanya, makanan-makanan yang mempunyai rasa pedas mempunyai bumbu gabungan berupa cabai, baik diolah terlebih dahulu ataupun tanpa diolah.


Bahkan, di beberapa tempat dalam suatu negara, kuliner pedas dijadikan sebagai kuliner khasnya. Semakin berkembangnya zaman, kuliner dengan rasa pedas ini semakin berkembang pula dengan inovasi-inovasi gres yang lebih menarik, ibarat contohnya di Indonesia yang mempunyai kuliner olahan pedas modern salah satunya yaitu seblak yang sangat diminati oleh aneka macam kalangan.


Memakan kuliner pedas mempunyai beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, ibarat contohnya sanggup mengurangi risiko terkena flu. Namun, kalau kuliner pedas ini dikonsumsi terlalu sering dan tak teratur tentu saja akan menimbulkan dampak negatif yang sanggup berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, beberapa penyakit yang menyerang sanggup menimbulkan kematian.


Kira-kira apa saja, sih, dampak negatif yang ditimbulkan lantaran terlalu sering mengonsumsi kuliner pedas tanpa terkontrol? Simak pemaparannya di bawah ini.


10 Dampak Negatif Keseringan Makan Pedas


1. Mengurangi Sensitivitas Lidah


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: hellosehat.com


Lidah merupakan indera pengecap yang tentu saja mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh. Lidah ini bisa membedakan rasa yang kita konsumsi sehari-hari sehingga menimbulkan kesan enak atau tidaknya suatu makanan. Namun, fungsi pengecap sebagai indera pengecap ini sanggup berkurang lantaran mengonsumsi kuliner pedas, lho!


Ya, sensitivitas pada pengecap ternyata sanggup berkurang kalau kita mengonsumsi kuliner pedas secara berlebihan dan tak terkontrol. Fungsi pengecap yang tak bekerja secara optimal ini tentu saja akan menciptakan kita tidak merasa nyaman lantaran kita tidak bisa mengecap suatu rasa pada kuliner yang kita konsumsi secara maksimal.


Bukan hanya berkurang, bahkan sensitivitas pengecap ini sanggup hilang secara sedikit demi sedikit kalau kuliner pedas sering dikonsumsi tanpa kontrol yang baik. Tentu saja kita semua tetap ingin mempunyai kemampuan mengecap secara baik dan maksimal, bukan? Maka dari itu, kontrol kuliner pedas yang kau konsumsi.


2. Menyebabkan Insomnia


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: lifeh4ck3r.com


Insomnia merupakan tanda-tanda di mana seseorang sulit merasa ngantuk sehingga tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup panjang bahkan semalaman. Gejala ini sudah tak abnormal lagi dan banyak dirasakan oleh orang-orang yang kebanyakan di antaranya ialah orang yang beranjak dewasa.


Insomnia ini sebetulnya disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya lantaran mengonsumsi kuliner pedas yang tak terkontrol. Makanan pedas yang kita konsumsi sanggup meningkatkan suhu tubuh sampai berkeringat. Selain itu, kuliner pedas ini sanggup mengaktifkan suatu zat kimia yang menimbulkan seseorang sulit untuk terlelap.


Namun jangan khawatir lantaran semua ini sanggup diminimalisir. Caranya yaitu dengan memakan kuliner pedas secara terkontrol dan tak terlalu sering. Selain itu, hindari makan pedas di malam hari dikala hendak tidur.


3. Maag


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas


Maag ialah salah satu penyakit yang menyerang pada lambung. Rasa sakit yang tak tertahankan sehingga sangat mengganggu para penderitanya. Salah satu penyebab maag ternyata ialah kuliner pedas yang dikonsumsi terlalu sering. Makanan pedas ini sanggup melukai lambung sehingga menimbulkan peradangan.


Hal ini sanggup menimbulkan penurunan fungsi pada lapisan pelindung lambung dan yang lebih parahnya lagi sanggup menimbulkan gastritis atau maag akut pada lambung dengan beberapa gejala, ibarat mual, muntah, dan perut kembung. Jika tanda-tanda tersebut mulai terasa, ada baiknya segera cek ke dokter sebelum terlambat, ya.


4. Iritasi Usus


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: m.merdeka.com


Terlalu sering mengonsumsi kuliner pedas tanpa diiringi kontrol yang baik akan menimbulkan banyak penyakit. Salah satunya penyakit yang menyerang organ pencernaan yaitu usus. Usus ini merupakan salah satu sistem pencernaan yang sangat berkhasiat dalam memproses kuliner yang kita konsumsi dalam tubuh yang harus selalu dijaga dengan baik.


Dengan memakan kuliner pedas yang terlalu sering maka akan menimbulkan efek ancaman pada usus lantaran sensasi panas yang terkandung dalam kuliner sangat pedas sanggup menimbulkan iritasi usus. Gejala iritasi pada usus biasanya ditandai dengan perut kram dan nyeri.


5. Meningkatkan Asam Lambung


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: doktersehat.com


Selain iritasi pada usus yang diakibatkan oleh kuliner pedas yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering, lambung juga sanggup mengalami hal serupa, lho. Dengan mengonsumsi kuliner pedas secara berlebihan, sanggup meningkatkan asam lambung pada tubuh. Jika asam lambung naik, hal ini sanggup menimbulkan iritasi pada lambungmu.


Hal ini sangat berkaitan dengan gastritis yang juga disebabkan oleh kuliner pedas yang dikonsumsi secara berlebihan. Gastritis atau maag akut ternyata juga sanggup menimbulkan iritasi lambung dengan ditandai tanda-tanda nyeri di pecahan perut dan mual. Jika tidak segera melaksanakan pengobatan, penyakit pencernaan ini sanggup menjadikan kematian, lho.


6. Sakit Kepala


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas


Makanan pedas yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak secara berlebihan ternyata juga sanggup menimbulkan risiko sakit kepala. Hal ini merupakan salah satu tanda-tanda yang ditimbulkan dari maag akut yang menimpa seseorang lantaran mengonsumsi kuliner pedas secara berlebihan.


Sakit kepala ini sanggup berupa rasa nyeri di area kepala sampai rasa pusing. Jika sudah terjadi gejala-gejala ibarat ini maka kau harus segera menanganinya dengan cara cek ke dokter dan mengurangi kuliner pedas.


7. Sakit perut dan Diare


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: doktersehat.com


Penyakit yang paling sering ditimbulkan oleh kuliner pedas yang dikonsumsi secara tak teratur yaitu sakit perut. Biasanya sakit perut ini dibarengi dengan rasa panas yang terjadi di dalam perutmu bahkan sampai diare. Tentu saja diare ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi para penderitanya dimana ia harus melawan rasa sakit pada perutnya.


Diare ini ialah salah satu penyakit yang cukup berbahaya lantaran sanggup menciptakan tubuh penderitanya merasa lemas mengingat banyaknya cairan tubuh yang dikeluarkan secara tak terkendali. Meskipun penyakit ini sanggup diobati, namun ada baiknya kita mencegah penyakit tersebut semoga tidak terjadi.


8. Menurunkan Nafsu Makan


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: travel.tribunnews.com


Mengonsumsi kuliner pedas dengan jumlah yang cukup sanggup menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan. Akan tetapi sebaliknya, kalau kuliner pedas dikonsumsi dengan jumlah yang melampaui batas atau berlebihan, hal ini sanggup menurunkan nafsu makanmu sehingga sanggup menciptakan tubuhmu semakin kecil atau kurus.


Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kau yang mempunyai tubuh kecil atau kurus lantaran sanggup menciptakan tubuhmu semakin kurus dan akan menyulitkanmu untuk menambah berat tubuh semoga optimal. Bagi kau yang ingin menambah bobot tubuh semoga lebih berisi dan optimal, yuk kurangi kebiasaan mengonsumsi kuliner pedas secara berlebihan.


9. Tuli


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas


Tuli atau yang dikenal dengan istilah “budeg” ternyata sanggup disebabkan oleh kuliner pedas yang dikonsumsi secara berlebihan. Makanan pedas mempunyai suatu zat kimia berjulukan capsaicin yang sanggup menimbulkan sensasi panas. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit, capsaicin ini akan menimbulkan sensasi panas dan rasa gerah pada tubuh.


Akan tetapi, kalau dikonsumsi dengan jumlah yang cukup banyak, maka sensasi panas ini akan memproduksi air mata, ingus, sampai lendir di sekitar tenggorokan. Tuli ini disebabkan lantaran tersumbatnya pendengaran oleh lendir-lendir di sekitar eustachius yaitu jalan masuk penghubung tenggorokan dengan telinga.


10. Risiko Kanker Usus


Makanan pedas atau yang sering kali disebut  √ 10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

* sumber: palembang.tribunnews.com


Makanan pedas yang dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa terkontrol tentu saja menimbulkan aneka macam penyakit berbahaya. Penyakit ini lebih sering mengganggu organ pencernaan, ibarat lambung dan usus. Salah satu penyakit berbahaya yang ditimbulkan oleh makanan pedas yang dikonsumsi berlebihan ialah kanker usus.


Kanker usus ini menjadi salah satu jenis kanker yang sanggup menimbulkan maut tertinggi, lho. Ngeri, bukan? Yuk, segera cegah dengan mengonsumsi makan pedas secara terkontrol tanpa berlebihan!


Nah, itu beliau beberapa penyakit berbahaya yang sanggup menyerang tubuhmu lantaran mengonsumsi kuliner pedas dalam jumlah banyak tanpa kontrol dan kesadaran wacana dampak negatif yang ditimbulkan. Berbagai penyakit berbahaya tersebut bahkan sanggup menimbulkan dampak yang sangat fatal yaitu kematian.


Bagi kau para pecinta kuliner pedas, boleh-boleh saja mengonsumsinya asalkan diiringi dengan kontrol yang baik semoga memakannya secara terencana dan tidak berlebih-lebihan mengingat bahwa sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.


Semoga isu mengenai bahaya terlalu sering mengonsumsi kuliner pedas sanggup bermanfaat bagi kita semua dan menyadarkan kita untuk tidak mengonsumsi kuliner pedas secara berlebihan. Punya pengalaman menarik wacana mengonsumsi kuliner pedas? Yuk, bagikan ceritanya di kolom komentar!



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Ancaman Terlalu Sering Mengonsumsi Masakan Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel