Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (Rpp) Pragmatik Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP) PRAGMATIK
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Oleh: joko yulianto
1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Matakuliah : PRAGMATIK
Kode Matakuliah : BH38
Kredit Semester : 2 SKS
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester/T.A : GANJIL / 2012
Hari Pertemuan/Jam : Jum’at /08.00 s.d 10.00
Ruang : K4-04
Nama Dosen : joko yulianto, S.Pd.
Telp./Fax/HP : 081 515 282 444
Email : jokoyulianto444@gmail.com
2. MATAKULIAH INI MENGKAJI TENTANG
a. Filosofi dan sejarah pragmatik,
b. pengertian dan kompetensi pragmatik,
c. kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain,
d. deiksis,
e. implikatur percakapan,
f. praanggapan,
g. tindak bahasa, dan
h. strukturr percakapan
3. MANFAAT MATAKULIAH PRAGMATIK
Matakuliah ini ditawarkan untuk membantu mahasiswa memperoleh pemahaman dan keterampilan tentang:
(a) Filosofi dan sejarah pragmatik, (b) pengertian dan kompetensi pragmatik, (c) kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain, (d) deiksis, (e) Implikatur percakapan, (f) praanggapan, (g) tindak bahasa, dan (g) struktur percakapan. yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi mahasiswa kalau kelak menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia.
4. STRATEGI PEMBELAJARAN
Perkuliahan ini berlangsung melalui taktik pembelajaran berbasislearning revolution dengan mengandalkan model-model pembelajaran: SCL, tinjauan kritis buku, penelitian sederhana, diskusi, berguru kooperatif, dan pembelajaran kontekstual. Pendekatan yang dipakai dalam perkuliahan ini yaitu Contextual Teaching-Learning (CTL) dengan ceramah (kuliah mimbar), diskusi kelompok, diskusi kelas, penugasan, proyek dan kerja praktek mahasiswa.
5. DAFTAR RUJUKAN
a. Antilan Purba, 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia
b. Kaswanti Purwo, 1984, Deiksis dalam Bahasa Indonesia
c. Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa
d. P.W.J. Nababan, 1987, Ilmu Pragmatik Teori dan Penerapannya
e. H.G. Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik
6. RANCANGAN BELAJAR (Kompetensi Dasar, Bahan Ajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Dampak Hasil Belajar, dan Sumber Belajar)
NO | KOMPETENSI | MATERI | L E A R N I N G R E V O L U T I O N | ||||||||||||||||||
Aktivitas Pembelajaran | Hasil Belajar (Output) | Dampak Hasil Belajar (Outcome) | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||
Hard Skills | Soft Skills | ||||||||||||||||||||
Model Pembelajaran | Dosen | Mahasiswa | |||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||||||||||||
1 | Mahasiswa memahami tujuan dan manfaat mata kuliah Pragmatik | Motivasi berguru tinggi, kepatuhan terhadap kontrak kuliah, kemandirian | 1)Mempersepsi secara umum kontrak perkuliahan, pengenalan pointer bahan kuliah dan materi kuliah secara keseluruhan. 2)Melakukan pembagian kelompok belajar masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disebut sebagai KELOMPOK ASAL). Kelompok ini bertugas melaksanakan pengkajian perihal bahan perkuliahan: | Contextual Instruction Small Gro up Discission | · Perkenalan · Pengenalan Pointer Materi Kuliah · Penyampaian Kontrak dan kiprah kuliah | · Merencanakan konsep studi · Membentuk kelompok belajar | · Respon interaktif antar mahasiswa dan dng dosen · Terciptanya konsep dan planning studi · Terbentuknya kelompok belajar · Kesepakatan tugas | · Tumbuhnya kebiasaan merespon di kalangan mhs. · Berkembangnya kemampuan dlm merenc. Studi baik pribadi maupun kelompok | Kontrak Perkuliahan | ||||||||||||
2 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Filosofi dan Sejarah Pragmatik | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Filosofi dan Sejarah Pragmatik | · Discovery · Learning Cooperative Lear- ning · Problem Based Introduction · Investigasi · Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan sesama mhs mau pun dng dosn · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang ttg Filosofi dan Sejarah Pragmatik | · Tumbuhnya kebiasaan merespon di kalangan mhs. · Berkembangnya kemampuan dlm merenc. Studi baik pribadi maupun kelompok | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
3 | Mahasiswa sanggup menjelaskan pengertian dan kompetensi Pragmatik | Responsip Bermotivasi Komit Berkemauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpikir kritis Percaya diri Produktif | Pengertian dan kompetensi pragmatik | Discovery Learning Problem Based Introduction Cooperative Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Pengertian dan kompetensi pragmatik | · Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman Pengertian dan kompetensi pragmatik pembelajaran | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
4 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Pengertian dan kompetensi pragmatik (Lanjutan) | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Pengertian dan kom petensi pragmatik (Lanjutan) | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Pengertian dan kompetensi pragmatik | · Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman Pengertian dan kompetensi pragmatik pembelajaran | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
5 | FORMATIF I | ||||||||||||||||||||
6 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kelompok · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain | · Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman mengenai kaitannya dengan ilmu lain | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
7 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain (Lanjutan) | Responsip Bermotivasi Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis Percaya diri Produktif | Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain (Lanjutan) | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kelo · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain | · Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman mengenai kaitannya dengan ilmu lain | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
8 | Mahasiswa sanggup menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Deiksis dalam bahasa Indonesia | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Deiksis dalam bahasa Indonesia | · Kebiasaan memakai Deiksis secara tepat dalam berbahasa · Berkembangnyakemampuan dlmmenggunakan deiksis secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
9 | Mahasiswa sanggup menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia (lanjutan) | Responsip Bermotivasi Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis Percaya diri Produktif | Deiksis dalam bahasa Indonesia (Lanjutan) | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Deiksis dalam bahasa Indonesia | · Kebiasaan memakai Deiksis secara tepat dalam berbahasa · Berkembangnyakemampuan dlmmenggunakan deiksis secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
10 | TES FORMATIF II | ||||||||||||||||||||
11 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Implikatur Percakapan | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Implikatur Percakapan | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Implikatur Percakapan | · Kebiasaan memakai implikatur percakapan · Berkembangnya kemampuan memakai implikatur percakapan secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
12 | Mahasiswa sanggup menje laskan pengertian dan konsep praanggapan | Responsip Bermotivasi Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis Percaya diri Produktif | Praanggapan | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | · Persya Persepsi yang terang mengenai Praanggapan | · Kebiasaan memakai Praanggapan dalam berbahasa · Berkembangnya kemam puan memakai Praanggapan secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
13 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Tindak Bahasa | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Tindak Bahasa | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | Persepsi yang terang mengenai Tindak Bahasa | · Kebiasaan memakai Tindak Bahasa dalam berbahasa · Berkembangnya kemampuan menggu nakan Tindak Bahasa secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
14 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Tindak Bahasa (Lanjutan) | Responsip Bermotivasi Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis Percaya diri Produktif | Tindak Bahasa (Lanjutan) | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi Kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | · Persep Persepsi yang terang mengenai Tindak Bahasa | · Kebiasaan memakai Tindak Bahasa dalam berbahasa · Berkembangnya kemampuan memakai Tindak Bahasa secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
15 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Struktur Percakapan | Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain | Struktur Percakapan | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi Kel · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | · Persep Persepsi yang terang mengenai Struktur Percakapan | · Kebiasaan memakai Struktur Percakapan dalam berbahasa · Berkembangnya kemampuan memakai Struktur Percakapan secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
16 | Mahasiswa sanggup menjelaskan Struktur Percakapan (Lanjutan) | Responsip Bermotivasi Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpikir kritis Percaya diri Produktif if | Struktur Percakapan (Lanjutan) | Discovery Learning Problem Based Intro duction Cooperati ve Scrip Investigasi Penugasan | · Menyepakati kompetensi target · Merancang kiprah mhs · Membimbing mhs bedah materi · Melayani obrolan dan Tanya jawab | · Membedah bahan kuliah · Diskusi Kel. · Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen · Mengajukan pertanyaan pd dosen · Merangkum hasil kuliah | · Persep Persepsi yang terang mengenai Struktur Percakapan | · Kebiasaan memakai Struktur Percakapan sa dalam berbahasa · Berkembangnya kemampuan memakai Struktur Percakapan secara benar | · Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia · Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind. · Nababan,1987. Ilmu Pragmatik · .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik | ||||||||||||
17 | TES FORMATIF III | ||||||||||||||||||||
18 | TES FORMATIF IV (UAS) | ||||||||||||||||||||
0 Response to "Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (Rpp) Pragmatik Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia"
Posting Komentar