iklan

Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (Rpp) Pragmatik Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP) PRAGMATIK
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Oleh: joko yulianto
1.      IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Matakuliah                 :  PRAGMATIK
Kode Matakuliah                 : BH38
Kredit Semester                   : 2 SKS
Program Studi                      :  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester/T.A                       :  GANJIL / 2012
Hari Pertemuan/Jam             :  Jum’at /08.00 s.d 10.00
Ruang                                   :  K4-04
Nama Dosen                        :  joko yulianto, S.Pd.
Telp./Fax/HP                        :  081 515 282 444
Email                                    :  jokoyulianto444@gmail.com

2.      MATAKULIAH INI MENGKAJI TENTANG
a.      Filosofi dan sejarah pragmatik,
b.      pengertian dan kompetensi pragmatik,
c.      kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain,
d.      deiksis,
e.      implikatur percakapan,
f.       praanggapan,
g.      tindak bahasa, dan
h.      strukturr percakapan
3.      MANFAAT MATAKULIAH PRAGMATIK
Matakuliah ini ditawarkan untuk membantu mahasiswa memperoleh pemahaman dan keterampilan tentang:
(a)    Filosofi dan sejarah pragmatik, (b) pengertian dan kompetensi pragmatik, (c) kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain, (d) deiksis, (e) Implikatur percakapan, (f) praanggapan, (g) tindak bahasa, dan (g) struktur percakapan. yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi mahasiswa kalau kelak menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia.

4.      STRATEGI PEMBELAJARAN
Perkuliahan ini berlangsung melalui taktik pembelajaran   berbasislearning revolution dengan mengandalkan model-model pembelajaran: SCL, tinjauan kritis buku, penelitian sederhana, diskusi, berguru kooperatif, dan pembelajaran kontekstual. Pendekatan yang dipakai dalam perkuliahan ini yaitu Contextual Teaching-Learning (CTL) dengan  ceramah (kuliah mimbar), diskusi kelompok, diskusi kelas, penugasan, proyek dan kerja praktek mahasiswa.

5.      DAFTAR RUJUKAN
a.       Antilan Purba, 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia
b.      Kaswanti Purwo,  1984, Deiksis dalam Bahasa Indonesia
c.       Kaswanti Purwo,  1988, Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa
d.      P.W.J. Nababan, 1987, Ilmu Pragmatik Teori dan Penerapannya
e.       H.G. Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

6.      RANCANGAN BELAJAR (Kompetensi Dasar, Bahan Ajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Dampak Hasil Belajar, dan Sumber Belajar)
NO
KOMPETENSI
MATERI
L  E  A  R  N  I  N  G       R  E  V  O  L  U  T  I  O  N

Aktivitas Pembelajaran
Hasil Belajar
(Output)
Dampak Hasil Belajar
(Outcome)
SUMBER BELAJAR

Hard Skills
Soft Skills

Model
Pembelajaran
Dosen
Mahasiswa

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1
Mahasiswa memahami tujuan dan manfaat mata kuliah Pragmatik
Motivasi berguru tinggi, kepatuhan terhadap kontrak kuliah, kemandirian
1)Mempersepsi secara umum kontrak perkuliahan, pengenalan pointer bahan kuliah dan materi  kuliah secara keseluruhan.
2)Melakukan pembagian kelompok belajar  masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disebut sebagai KELOMPOK ASAL). Kelompok ini bertugas melaksanakan pengkajian perihal bahan perkuliahan:
Contextual Instruction

Small Gro up Discission
· Perkenalan
· Pengenalan Pointer Materi Kuliah
· Penyampaian Kontrak dan kiprah kuliah
·  Merencanakan konsep studi
·  Membentuk kelompok belajar
· Respon interaktif antar mahasiswa dan dng dosen
· Terciptanya konsep dan planning studi
· Terbentuknya kelompok belajar
· Kesepakatan tugas
·  Tumbuhnya kebiasaan merespon di kalangan mhs.
·  Berkembangnya kemampuan dlm merenc. Studi baik pribadi maupun kelompok
Kontrak Perkuliahan

2
Mahasiswa sanggup menjelaskan Filosofi dan Sejarah Pragmatik
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Filosofi dan Sejarah Pragmatik
·           Discovery
·           Learning
Cooperative Lear- ning
·      Problem Based Introduction
·      Investigasi
·      Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan sesama mhs mau pun dng dosn
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi  yang terang ttg  Filosofi dan Sejarah Pragmatik

·  Tumbuhnya kebiasaan merespon di kalangan mhs.
·  Berkembangnya kemampuan dlm merenc. Studi baik pribadi maupun kelompok
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

3
 Mahasiswa sanggup menjelaskan pengertian dan kompetensi Pragmatik
Responsip
Bermotivasi
Komit
Berkemauan
dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok
Berpikir kritis
Percaya diri
Produktif

Pengertian dan kompetensi pragmatik
Discovery Learning
Problem Based Introduction
Cooperative Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang terang mengenai  Pengertian dan kompetensi pragmatik
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  Pengertian dan kompetensi pragmatik  pembelajaran      
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

4
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Pengertian dan kompetensi pragmatik
 (Lanjutan)
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Pengertian dan kom petensi pragmatik
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang terang mengenai  Pengertian dan kompetensi pragmatik
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  Pengertian dan kompetensi pragmatik  pembelajaran      
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

5
 FORMATIF  I 

6
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kelompok
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang terang mengenai  Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  mengenai kaitannya dengan ilmu lain      

·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

7
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain (Lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kelo
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang terang mengenai  Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  mengenai kaitannya dengan ilmu lain      

·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

8
 Mahasiswa sanggup menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Deiksis dalam bahasa Indonesia
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang terang mengenai  Deiksis dalam bahasa Indonesia
· Kebiasaan memakai Deiksis secara  tepat dalam berbahasa
· Berkembangnyakemampuan dlmmenggunakan deiksis secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

9
 Mahasiswa sanggup menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia
  (lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Deiksis dalam bahasa Indonesia
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang terang mengenai  Deiksis dalam bahasa Indonesia
· Kebiasaan memakai Deiksis secara  tepat dalam berbahasa
· Berkembangnyakemampuan dlmmenggunakan deiksis secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

10
TES FORMATIF II 

11
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Implikatur Percakapan
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain
Implikatur
Percakapan
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang terang mengenai  Implikatur
Percakapan
· Kebiasaan memakai implikatur percakapan
· Berkembangnya kemampuan memakai implikatur percakapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

12
 Mahasiswa sanggup menje laskan pengertian dan konsep praanggapan
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Praanggapan
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persya   Persepsi yang terang mengenai  Praanggapan
· Kebiasaan memakai Praanggapan dalam berbahasa
· Berkembangnya kemam puan memakai Praanggapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

13
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Tindak Bahasa
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Tindak Bahasa
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang terang mengenai  Tindak Bahasa
· Kebiasaan memakai Tindak Bahasa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggu nakan Tindak Bahasa secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

14
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Tindak Bahasa
(Lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Tindak Bahasa
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi Kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persep  Persepsi yang terang mengenai   Tindak Bahasa
· Kebiasaan memakai Tindak Bahasa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan memakai Tindak Bahasa secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

15
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Struktur Percakapan
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Struktur Percakapan
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi Kel
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persep  Persepsi yang terang mengenai  Struktur Percakapan
· Kebiasaan memakai Struktur Percakapan dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan memakai Struktur Percakapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

16
 Mahasiswa sanggup menjelaskan Struktur Percakapan
 (Lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kelompok
Berpikir kritis
Percaya diri
Produktif if

Struktur Percakapan (Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang kiprah mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani obrolan dan Tanya jawab
· Membedah bahan kuliah
· Diskusi Kel.
· Membangun obrolan dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persep  Persepsi yang terang mengenai  Struktur Percakapan
· Kebiasaan memakai Struktur Percakapan sa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan memakai Struktur Percakapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

17
TES FORMATIF III   

18
TES FORMATIF IV (UAS)



Sumber http://pascaunesa2011.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (Rpp) Pragmatik Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel