iklan

Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas Vii (7) Smp/Mts 2016

Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 - Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat dan tinggal menghitung hari kalian akan menghadapi ulangan mid semester. Bagi kalian yang sudah semenjak usang mempersiapkan semuanya, selamat kalian tidak perlu khawatir dalam menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Karena kalian telah mencar ilmu jauh hari sebelum ulangan mid semester. Sedangkan bagi kalian yang belum mempersiapkan diri maka pada kesempatan ini saya akan menunjukkan Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016. Dengan mempelajari soal-soal latihan kalian akan semakin dimudahkan dalam mengerjakan soal kelak ketika mid semester. Berikut Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.




1.
       Akhir – selesai ini Indonesia sering dilanda banyak sekali bencana, menyerupai banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Semuanya terjadi akhir kekurangpedulian insan terhadap lingkungan hidup. Oleh alasannya itu, pembangunan hendaknya tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. Jangan hingga pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan insan malah merugikan.
Pernyataan – pernyataan berikut sesuai dengan paragraf di atas kecuali

A.    A.
Indonesia sering dilanda banjir

B.
Bencana terjadi akhir ulah insan

C.
Pembangunan hendaknya memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

D.
Pembangunan sanggup mengurangi kesejahteraan manusia.





Tabel Prakiraan Ketersediaan dan Kebutuhan Buah-buahan Utama
                Periode September—Desember 2007
Komoditas
Kondisi (ribu ton)
Produksi
Kebutuhan
Surplus/Kelebihan
Jeruk
39,97
33,77
6,2
Mangga
25,69
9,44
16,25
Melon
2,68
1,93
0,75
Semangka
13,83
12,05
1,78
Pisang
95,35
82,07
13,28
Nanas
12,52
9,66
2,86
Pepaya
31,06
26,95
4,11

2.
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel:


A.    A.
Berapa ton produksi mangga pada periode September-Desember 2008 sesuai tabel?



B.
Mengapa produksi papaya pada periode September-Desember 2007 mengalami surplus?



C.
Berapa ton surplus produksi buah nanas pada periode September-Desember 2007?



D.
Berapa ton surplus produksi buah apel pada periode September-Desember 2007?









3.
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan tabel:


A.    A.
Berapa ton produksi mangga pada periode September-Desember 2007 sesuai tabel?



B.
Apakah produksi papaya pada periode September-Desember 2007 mengalami surplus?



C.
Berapa ton surplus produksi buah nanas pada periode September-Desember 2007?



D.
Berapa ton surplus produksi buah jeruk dan apel pada periode September-Desember 2007?









4.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel:


A.    A.
Di antara jenis buah-buahan utama, pisang memilik produksi paling tinggi.



B.
Komoditas buah melon tidak mengalami surplus dalam produksinya.



C.
Hasil  produksi komoditas  papaya yaitu 31,06 ton pada tahun 2007.



D.
Surplus produsi melon paling tinggi di antara komoditas buah yang lain.









5.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan tabel:


A.    A.
Hasil produksi buah semangka yaitu 13,83 ribu ton.



B.
Kebutuhan  untuk  buah jeruk  adalah 33,77 ribu  ton.



C.
Komoditas buah  melon tidak  memiliki kelebihan produksi.



D.
Komoditas buah nanas mempunyai kelebihan/surplus produksi.









6.
Perhatikan kutipan wawancara berikut!
Evy S.       :”Kapan waktu yang sempurna untuk menanam cabe kathur?”
Sartono      :“Kathur sanggup ditanam setiap saat. Akan tetapi, sebaiknya penanaman pada selesai isu terkini  
                        penghujan dan awal isu terkini kemarau semoga tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.”
                        Kesimpulan kutipan wawancara di atas yaitu ….

 A.
Kathur sebaiknya ditanam pada selesai isu terkini penghujan dan awal isu terkini kemarau semoga tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.

B.
Kathur sebaiknya ditanam pada isu terkini kemarau semoga tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.

C.
Kathur sebaiknya ditanam pada isu terkini penghujan semoga tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.

D.
Kathur sebaiknya ditanam setiap ketika semoga tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.





7.
Perhatikan kutipan wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 5!
Pewawancara        :”Bagaimana pendapat Ibu ihwal pelestarian lingkungan hidup?”
Kepala Sekolah     :”Melestarikan lingkungan hidup merupakan hal yang sederhana. Asal kita serasi dengan alam, itu merupakan upaya pelestarian .”
Hal penting dari kutipan wawancara di atas yaitu ….

A.    A.
Melestarikan lingkungan hidup yaitu serasi dengan alam.

B.
Pelestarian lingkungan merupakan hal sederhana.

C.
Lingkungan hidup merupakan hal yang sederhana.

D.
Kita serasi dengan alam, itu merupakan upaya pelestarian.





8.
Kalimat narasi dari wawancara berikut yaitu ….
Pewawancara        :“Apa cita-citamu Budi?”
Budi                      :”Cita-citaku ingin jadi orang yang sukses, semoga saya sanggup membanggakan orang     tua dan guruku.”

A.    A.
Cita-cita kau ingin jadi orang sukses semoga kau sanggup membanggakan orang renta dan gurumu.

B.
Cita-citaku ingin jadi orang yang sukses semoga saya sanggup membanggakan orang renta dan guruku.

C.
Budi menyampaikan bahwa ia ingin menjadi orang sukses semoga ia sanggup membanggakan orang renta dan gurunya.

D.
Dia ingin jadi orang yang sukses semoga mereka sanggup membanggakan orang renta dan guru.





9.
Evy S. :”Setelah penanaman, berapa waktu yang dibutuhkan petani untuk memanen kathur?”
Sartono:“Petani mulai memanen 60 hari sesudah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.”
Wawancara di atas sanggup diubah menjadi ….

 A.
Setelah penanaman, berapa waktu yang dibutuhkan petani untuk menanam kathur? Petani mulai memanen 60 hari sesudah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.

B.
Petani mulai memanen 60 hari sesudah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.

C.
Waktu yang dibutuhkan petani untuk memanen kathur yaitu 60 hari sesudah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.

D.
Setelah penanaman, Petani mulai memanen 60 hari sesudah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan





10.
Perhatikan wacana berikut!
        Selain jabatannya di pemerintahan, Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga menjadi ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komite Olahraga Nasional Indonesia, dan lain-lain.
         Selain sebagai politikus dan negarawan yang baik, bidang kesenian dan kebudayaan pun ia kuasai dengan baik. Di masa cukup umur ia aktif mencipta tari, antara lain tari Golek Menak, yang berpedoman pada dongeng Menak.Hal-hal yang sanggup diteladani dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX berdasarkan kutipan di atas yaitu .…

A.    A.
Ia menjadi seorang atlet disela-sela kesibukannya.

B.
Ia politikus dan negarawan yang baik.

C.
Ia aktif di bidang kesenian dan kepemudaan.

D.
Ia membuat tari Menak





11.
Kiki           :”Selamat sore, apakah betul di sini rumah Ibu Yati?”
Ibu Yati     :“Selamat sore, O, ya betul.”
Kiki           :“...”
Ibu Yati     :”Ini saya, ada apa Kiki?”
Kiki           :”Begini Bu, saya belum mengerti bahan mengenai penceritaan tokoh idola, sanggup besok Ibu  jelaskan lagi di sekolah.”
Ibu Yati     :”Bisa Kiki, besok Ibu jelaskan.”
Kiki           :”Terima kasih Bu! Selamat sore.”
Ibu Yati     :”Selamat sore.”
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi percakapan Kiki yaitu ….

A.    A.
Saya ingin bicara dengan Ibu Yati.

B.
Saya Kiki, bolehkah saya bertanya pada Ibu Yati?

C.
Saya Kiki, murid Ibu Yati. Apakah sanggup berbicara dengan Ibu Yati?

D.
Saya Kiki, ada yang ingin saya sampaikan pada Bu Yati.




12.
Pertanyaan yang sesuai dengan grafik:

A.    A.
Mengapa jumlah penduduk kampung Jawa lebih banyak dari pada kampung Tani?

B.
Berapa perbedaan jumlah penduduk kampung Mekar dengan kampung Pesisir?

C.
Kapan diadakan pendataan jumlah penduduk di desa Karang Sari berdasarkan grafik?

D.
Berapa perbedaan jumlah penduduk kampung Pesisir dengan kampung Karang Sari?





13.
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan grafik:

A.    A.
Berapa jumlah total penduduk desa Karang Sari?

B.
Berapa perbedaan jumlah penduduk kampung Rawa dengan kampung Pesisir?

C.
Berapa jumlah penduduk kampung Jawa dan kampung Mekar?

D.
Berapa jumlah penduduk kampung Karang Sari dan kampung Mekar?





14.
Pernyataan yang sesuai dengan grafik:

A.    A.
Jumlah penduduk kampung Tani lebih banyak dari pada kampung Mekar.

B.
Jumlah penduduk kampung Tani lebih sedikit dari pada kampung Mekar.

C.
Jumlah penduduk kampung Jawa sama dengan  kampung Pesisir.

D.
Jumlah penduduk kampung Rawa paling banyak di antara 4 kampung lainnya.





15.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan grafik:

A.    A.
Jumlah penduduk di desa Karang Sari pada bulan Maret 2015 tidak diketahui.

B.
Kampung Tani dan kampung Mekar mempunyai jumlah penduduk lebih sedikit dari pada 3 kampung lainnya.

C.
Kampung Pesisir mempunyai jumlah penduduk palng banyak dibandingkan 4 kampung lainnya.

D.
Jumlah  penduduk kampung Jawa sama jumlahnya  dengan kampung Rawa.

16.

Orang yang menunjukkan informasi dalam suatu acara wawancara disebut  ….

A.    A.
Seniman

B.
Reporter

C.
Narasumber

D.
Pewawancara

17.

Berikut ini yaitu persiapan sebelum wawancara, kecuali ….

A.    A.
Menentukan topic

B.
Memakai pakaian yang rapi

C.
Menyusun daftar pertanyaan

D.
Memilih narasumber yang sesuai





18.
Dalam menceritakan tokoh idola kita harus mengetahui …. dan keunggulannya.

A.    A.
latar belakang keluarganya

B.
temannya

C.
Identitasnya

D.
Kekayaannya

19.

Berikut ini, yang tidak termasuk santun dalam bertelepon yaitu ….

A.    A.
Berbicara panjang lebar

B.
Mengucapkan salam

C.
Memberitahukan identitas

D.
Berbicara seperlunya





20.
Paman berpesan, “Kamu jaga rumah hingga saya kembali!”
Kalimat di atas jikalau diubah menjadi bentuk tidak langsung, manjadi ….

A.    A.
Paman berpesan semoga saya menjaga rumah hingga Beliau kembali.

B.
Paman berpesan semoga kau menjaga rumah hingga saya kembali.

C.
Paman berpesan semoga kau menjaga rumah hingga Beliau kembali.

D.
Paman berpesan semoga saya menjaga rumah hingga kau kembali.





Paragraf berikut dipakai untu nomor 21-25
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan sanggup berfungsi untuk melestarikan air, udara dan tanah. Akar tumbuhan sanggup berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan pengikisan pada ketika hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling atas terkikis. Selain itu hutan yang rimbun oleh pepohonan sanggup menjadi paru-paru dunia. Tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.
     
21.
Paragraf tersebut membahas dilema …

A.    A.
Jenis-jenis tumbuhan yang hidup di hutan.

B.
Fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan.

C.
Penyebab tragedi pengikisan dan banjir.

D.
Kondisi lapisan tanah paling atas





22.
Pernyataan yang jawabannya terdapat dalam paragraf yaitu …

A.    A.
Apa fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan?

B.
Apa yang terjadi jikalau di hutan tidak ada pepohonan?

C.
Siapa yang bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan?

D.
Bagaimana upaya masyarakat untuk melestarikan hutan?





23.
Berdasarkan paragraf tersebut, kata paru-paru dunia berarti …

A.    A.
sumber ekonomi dunia

B.
tempat ketergantungan masyarakat dunia

C.
penghasil oksigen bagi masyarakat dunia

D.
sumber makanan masyarakat dunia





24.
Simpulan paragraf tersebut yaitu …

A.    A.
tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan sanggup berfungsi untuk melestarikan air, udara
 dan tanah.     

B.
Akar tumbuhan sanggup berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan pengikisan pada
saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling subur akan ikut hanyut.

C.
Hutan yang rimbun oleh pepohonan sanggup melestarikan air, udara, tanah serta sanggup menjadi paru-paru
dunia. 

D.
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan berfungsi untuk melestarikan air, udara dan tanah sehingga
bencana alam menyerupai pengikisan dan banjir sanggup berkurang.





25.
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan paragraph di atas yaitu …

A.    A.
Apa fungsi akar tumbuh-tumbuhan di hutan?

B.
Apa yang dihasilkan oleh tumbuhan di hutan?

C.
Berapa hektar jumlah kerusakan hutan dalam paragraf?

D.
Mengapa lapisan tanah paling atas sanggup terkikis?





II. Soal Uraian
     Perhatikan grafik berikut!
Nama   Kampung
 



1.      Buatlah kalimat berdasarkan grafik di atas dengan kata:
a.       paling banyak
b.      paling sedikit
c.       sama jumlahnya
2.      Tulislah 2 pertanyaan beserta jawabannya berdasarkan grafik di atas!
3.      Tuliskan 1 pertanyaan yang tidak ada jawabannya dalam grafik di atas!
4.      Tuliskan rujukan wawancara dengan seorang tokoh, 2 pertanyaan dan 2 jawaban!
5.      Buatlah rujukan percakapan singkat melalui telepon!






Semoga dengan adanya Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 ini kalian semakin mantap dan siap untuk menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Dengan latihan yang keras dan tanpa mengenal frustasi semoga kalian sanggup memperoleh nilai yang memuaskan. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.

Sumber http://abidtinfaz.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas Vii (7) Smp/Mts 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel