iklan

✔ Kegunaan Daun Kelapa


Kegunaan Daun Kelapa
Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip ✔ Kegunaan Daun Kelapa
Foto : manfaat.co.id
Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip. Daun kelapa ini ibarat mirip bulu ayam. Daun mempunyai pelepah daun yang terdapat bawah umur daun pada sisi kiri dan kanannya. Anak-anak daun tersusun berbaris hingga ujung daun. Anak daun berukuran panjang antara 1 m - 1,5 m. Jumlah daunnya sangat banyak sekitar 100-300 lembar. Di tengah-tengah anak daun terdapat tulang daun yang keras, disebut juga dengan lidi. 

Daun kelapa mempunyai beberapa warna yaitu warna hijau muda/janur, hijau tua, dan berwarna coklat apabila sudah tua. Daun kelapa mempunyai banyak manfaat. Setiap warna daun berguna masing-masing. Mulai dari daun kelapa yang berwarna hijau muda, hijau renta dan coklat. Daun kelapa yang berwarna hijau muda/janur sanggup dipakai sebagai pembungkus ketupat, lepet.
Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip ✔ Kegunaan Daun Kelapa 
Foto : abetsirait.wordpress.com
 Biasanya janur juga dipakai untuk hiasan pernikahan. Kemudian daun kelapa yang berwarna hijau renta mempunyai manfaat yaitu sanggup dianyam dan dan dipergunakan sebagai atap rumah. Kemudian daun kelapa yang berwarna coklat ini alasannya yaitu sudah kering dan tua. Daun yang berwarna coklat diambil tulang daunnya yang nantinya sanggup dibentuk sapu lidi sedangkan daun keringnya sanggup dipakai untuk materi bakar memasak.

Pohon kelapa yaitu sejenis pohon palem dengan satu batang lurus yang banyak berguna dan fungsi penting semenjak zaman prasejarah. Ini yaitu salah satu jenis pohon dimana hampir dalam tiap bagiannya memiliki  manfaat, termasuk buah, kayu, akar, dan daunnya di budidayakan baik di perumahan, maupun di perkebunan – perkebunan.
Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip ✔ Kegunaan Daun Kelapa 
Foto : gambar-aneh-unik.blogspot.com
pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan, pohon ini sanggup menghasilkan banyak sekali macam produk yang berasal dari banyak sekali bagian-bagiannya, ibarat untuk membangun rumah, dekorasi, dan bahkan obat-obatan. Kelapa ini mempunyai khasiat atau manfaat pada bab daun yang dimana merupakan daun tunggal dan menyirip. Terdapat banyak macam manfaat ataupun kegunaan dari daun kelapa buat keseharian atau kehidupan sehari – hari. Pohon kelapa tidak hanya daunnya aja yg mempunyai manfaat tapi mulai dari akar, batang, daun, air kelapa, daging kelapa, tempurung kelapa, bunga kelapa.
Dimulai dari akar. Akar kelapa berbentuk ibarat rambut alasannya yaitu terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar dari permukaan tanah, dan hanya beberapa akar tipisnya yang menembus jauh ke dalam tanah. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar kelapa ini, kalau direbus akar kelapa tersebut dan sesudah di saring dan diminum sanggup membantu banyak sekali keluhan pencernaan atau pun gatal – gatal.

Akar kelapa bisa menyerap air dalam jumlah yang banyak, bisa menjadi pilihan untuk mencegah banjir. Banyak gedung-gedung yang dibangun juga menggunakan akar kelapa alasannya yaitu mempunyai struktur yang besar lengan berkuasa sehingga sanggup dipakai untk penyangga bangunan atau sering disebut cakar ayam. Dan pada umumnya akar kelapa juga dipakai sebagai materi untuk prakarya ibarat menciptakan gelang, kalung, dsb.
Daun kelapa. Daun kelapa merupakan daun tunggal besar dan menyirip. Daun kelapa ternyata mempunyai banyak kegunaan antara lain kalau daun kelapa muda sanggup dipakai sebagai pembungkus makanan ibarat seakan-akan ketupat atau lemet. Sementara daun kelapa yang sudah renta sanggup dijadikan anyaman untuk atap atau dinding rumah. Daun kelapa yang  kering bisa dipakai untuk menciptakan prakarya ibarat tikar, topi, ataupun tas. Batang daunnya juga sanggup dipakai untuk menciptakan sapu.
Batang kelapa. Seperti yang sering kita lihat batang pohon kelapa itu rata – rata mempunyai ketinggian nya sekitar 25 meter dan kebanyakan batang pohon kelapa niscaya terlihat miring. Hal itu terjadi alasannya yaitu pohon tersebut mengandung silikia yang memperlihatkan efek elastisitas batangnya. Batang pohon kelapa biasanya dipakai untuk menciptakan jendela, pintu, dsb.

Sedangkan bentuk lain yang terbuat dari batang pohon yaitu kertas, jadi jangan menyianyiakan kertas yang sering kita pakai alasannya yaitu itu terbuat dari batang pohon dan bayangkan berapa banyak batang pohon yang harus ditebang untuk menciptakan kertas, selain itu juga ekstrak dari batangnya sanggup dijadikan bubur kertas.
Air kelapa. Air kelapa yang sering kita minum, apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya, ternyata mempunyai khasiatnya tersendiri. Air kelapa sanggup menjadi penyeimbang elektrolit dalam badan dan juga pembersih alami ginjal kita. Selain itu, bagi kau para wanita, dipercaya air kelapa sanggup menghilangkan jerawat-jerawat yang ada di muka kita. Tidak hanya itu khasiatnya masi banyak lagi, diantaranya menyembuhkan luka bakar, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan dehidrasi.

Daging kelapa. Daging kelapa Ini juga bab favorit semua orang alasannya yaitu rasanya yang bagus dan empuk ketika dimakan. Dan kalau daging kelapanya sudah tua, niscaya ibu kau akan eksklusif memakainya untuk dijadikan santan masak. Nah fungsi lainnya, kalau kau sering lihat minyak kelapa yang ada di supermarket itu berasal dari daging kelapa alasannya yaitu daging kelapa memilki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak biasa.

Tempurung kelapa. Tempurung kelapa Setelah kita meminum air kelapa dan memakan dagingnya, niscaya kau akan eksklusif membuang tempurung kelapanya. Padahal ternyata tempurung kelapa tersebut punya khasiat tersendiri. Selain sanggup dijadikan alternatif pengganti arang untuk memasak, tempurung kelapa juga sanggup diolah sebagai filter rokok dan juga menjadi materi kerajinan tangan.

Bunga kelapa. Bunga kelapa sanggup menyebabkan materi pembuatan cuka ataupun alcohol, selain itu juga sanggup menjadi materi obat – obatan tradisional maupun materi kerajinan tangan. Itulah 7 fungsi pohon kelapa bagi manusia, memperingati hari pohon tradisional ini mari kita semua untuk merawat dan melestarikan pohon – pohon yang ada di sekitar kita.


Sumber http://nindraa.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kegunaan Daun Kelapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel