iklan

Tips Mencegah Kecanduan Gawai Pada Anak

Tips mencegah kecanduan gawai pada anak, sebagai orangtua yang berperan dalam perkembangan anak tentunya kecanduan gawai membawa pengaruh yang kurang baik. Bagaimana langkah pencegahan yang perlu dilakukan semoga pengaruh kecanduan gawai sanggup diminimalisir.

 sebagai orangtua yang berperan dalam perkembangan anak tentunya kecanduan gawai membawa d TIPS MENCEGAH KECANDUAN GAWAI PADA ANAK
Tips mencegah kecanduan gawai pada anak

Sebelum mengulas kecanduan gawai secara tuntas, tidak ada salahnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu gawai. Menurut wikipedia Bahasa Indonesia Gawai dalam Bahasa Inggris disebut Gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang mempunyai tujuan dan fungsi mudah yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya yaitu unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Sebagai contoh:
  1. Komputer merupakan alat elektronik yang mempunyai pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.
  2. Telepon rumah merupakan alat elektronik yang mempunyai pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.

Setelah mengetahui apa itu gawai? Sekarang bagaimana cara melaksanakan pencegahannya?. Berikut ini akan saya bagikan tips mencegah kecanduan gawai pada anak yang sanggup diterapkan oleh orangtua di rumah yaitu sebagai berikut:
  1. Adanya hukum yang dikomunikasikan atau disepakati dengan anak berkaitan dengan kapan dan berapa usang boleh bermain gawai.
  2. Adanya pengawasan artinya gawai dalam penguasaan orangtua sehingga anak minta ijin kalau menggunakannya.
  3. Konsisten penegakkan aturan.
  4. Adanya keteladanan orangtua dalam penggunaan gawai.
  5. Adanya durasi janji ketika anak mulai membuka gawai, disepakati hingga jarum jam mengatakan angka berapa (sambil mengenalkan membaca pada anak, kalau anak belum paham).
  6. Peringatkan dikala waktu bermain gawai sudah hampir habis ( 5-10 menit), sekaligus melaksanakan pembelajaran anak berkaitan perhitungan waktu.
  7. Berikan Sanksi yang bersifat mendidik bila anak melaksanakan pelanggaran ( contohnya pengurangan waktu bermain gawai).
Sebagai orangtua tentunya kita perlu melaksanakan pengawasan terhadap konten yang diakses oleh anak. Berikan rokemendasi permainan yang bersifat mendidik sehingga selain anak menjadi bahagia dan bangga anak juga mendapat pengalaman yang berharga dari permainan yang dilakukanya. 

Semoga artikel berkaitan dengan tips mencegah kecanduan gawai pada anak ini bisa  membantu orantua dalam melaksanakan bimbingan dirumah. Marilah kita dampingi anak kita dari pengaruh negatif penggunaan gawai. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.  
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gawai

Sumber http://rintokusmiran.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mencegah Kecanduan Gawai Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel