iklan

Rangkuman Ajakan Dan Penawaran Pasar



Permintaan yakni jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada banyak sekali tingkat, harga, waktu dan daerah tertentu.

Faktor-faktor yang memengaruhi ajakan yakni harga barang, penghasilan masyarakat, selera masyarakat, kualitas barang, harga barang lain yang berkaitan, waktu, jumlah penduduk, dan ramalan yang akan datang.

Hukum ajakan menyatakan bahwa “makin rendah harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya makin tinggi harga barang, maka jumlah barang yang diminta makin berkurang “.


Rangkuman Permintaan dan Penawaran Pasar Rangkuman Permintaan dan Penawaran Pasar


Kurva ajakan yakni suatu grafik yang menggambarkan sifat korelasi antara jumlah ajakan barang atau jasa dengan tingkat harganya dalam banyak sekali kondisi.


Berdasarkan jumlah konsumen, ajakan dibedakan menjadi ajakan individual dan ajakan pasar.

Berdasarkan daya beli konsumen, ajakan dibedakan menjadi ajakan efektif, ajakan potensial, dan ajakan absolut.

Penawaran yakni jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan daerah tertentu.

Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran yakni biaya produksi tingkat teknologi, harga barang lain, dan tujuan perusahaan.

Hukum penawaran menyatakan bahwa “jika harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, kalau harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan berkurang.”

Harga keseimbangan yakni harga janji antara penjual dan pembeli yang tercipta melalui proses tawar menawar.

Terbentuknya harga keseimbangan melalui proses tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga tercapai janji harga.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Ajakan Dan Penawaran Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel