iklan

Review Fujifilm Gfx 50R, Kamera Ringkas Dan Ringan Di Kelasnya

Foto: Dok. Enche TjinFoto: Dok. Enche Tjin

Jakarta - Fujifilm GFX 50R yaitu kamera digital mirrorless bersensor medium format yang mempunyai resolusi 50MP. Kamera ini bersensor medium format, dan merupakan kamera medium format Fuji yang kedua sesudah GFX 50S yang diluncurkan dua tahun sebelumnya (2016).

Fuji GFX 50R mempunyai desain bergaya rangefinder yang bentuknya kotak persegi panjang sedangkan GFX50S desainnya bergaya kamera DSLR. Dibandingkan dengan pendahulunya, kamera gres ini mempunyai body yang lebih compact ringan.

Desain dan antarmuka

Desain GFX 50R ibarat dengan Fuji X-Pro 2 dan X-E3, dengan ciri mempunyai roda kendali (dial) shutter speed, dan kompensasi eksposur di bab atas kamera. Di bab belakang kamera, terdapat joystick 8 arah dan beberapa tombol fungsi.

Casing kamera ini berbahan magnesium alloy dan roda dial kamera terbuat dari alumunium. Saat memegangnya, kamera ini terasa jauh lebih ringan dari penampilannya. Ada kesan kurang kokoh, tapi Fuji mengklaim bahwa kamera ini mempunyai segel yang berpengaruh sehingga tahan air dan cuaca hirau taacuh hingga dengan -10 derajat Celcius. Meskipun ukuran kameranya besar, ukuran tombol-tombol kamera hanya sedikit lebih besar dari tombol-tombol di kamera Fuji seri X, sehingga proporsinya tampaknya terasa agak kecil.

Pegangan (grip) untuk kamera ini agak kecil, tidak ibarat pegangan di GFX 50S atau X-H1 yang besar. Tapi ketika memotret aku tidak menemukan problem ketika dipasang dengan lensa-lensa yang tidak terlalu besar ibarat 45mm f/2.8 dan 63mm f/2.8.

Bagi yang biasa mengunakan sistem kamera full frame, GFX 50R mempunyai crop factor 0.79x. Makara untuk menemukan lensa dengan jarak fokal dan sudut pandang yang sama, kita perlu mengalikan 0.79 ke jarak fokal lensa Fuji G, contohnya, Fuji 63mm f/2.8 yang banyak aku gunakan untuk review ini mempunyai sudut pandang yang kurang lebih sama dengan lensa 50mm di full frame. Sedangkan 45mm ibarat 35mm. Kedua lensa ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar dan berat, masih cocok dipakai untuk kamera GFX 50R ini.

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 100, f/2.8, 1/1100, 63mm - Model: Yessy (Foto: Dok: Enche Tjin)

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaCrop detail foto di atas (Foto: Dok: Enche Tjin)

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 100, 1/1000, f/2.8, 45mm (Foto: Dok: Enche Tjin)





Sumber detik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review Fujifilm Gfx 50R, Kamera Ringkas Dan Ringan Di Kelasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel