iklan

Pengertian Jenis Macam Motif

Pengertian Jenis Macam Motif - Setiap orang mempunyai alasan, mengapa ia melaksanakan tindakan ekonomi? Misalnya, kau membeli tas gres sebab tas yang usang sudah rusak. Alasan yang mendorong kau membeli tas gres disebut motif ekonomi. Jadi, motif ekonomi yakni alasan atau keinginan yang mendorong insan melaksanakan tindakan ekonomi. Motif insan untuk melaksanakan tindakan ekonomi majemuk dan berbeda antara yang satu dan yang lainnya.


Secara umum, ada dua motif yang mendasari seseorang melaksanakan tindakan ekonomi, yaitu motif menurut asalnya dan motif menurut aspeknya.


1. Motif Berdasarkan Asalnya
Berdasarkan asalnya, motif ekonomi terdiri atas motif intrinsik dan motif ekstrinsik.
a. Motif Intrinsik
Motif intrinsik yakni motif yang timbul atas dasar kesadaran insan itu sendiri. Misalnya, kau ingin prestasi belajarmu di sekolah bagus. Tentunya, kau akan bersungguh-sungguh dalam belajar. Tindakan yang kau lakukan, di antaranya memerhatikan setiap klarifikasi guru dengan saksama, rajin mengerjakan kiprah dari guru, di rumah mengulang kembali pelajaran yang diberikan di sekolah, dan banyak membaca buku. Tindakan-tindakan tersebut kau lakukan atas dasar kesadaran sendiri sebab kau ingin menjadi siswa berprestasi.

 kau membeli tas gres sebab tas yang usang sudah rusak Pengertian Jenis Macam Motif


b. Motif Ekstrinsik
Motif ekstrinsik yakni motif ekonomi yang dilandasi atas dasar dorongan atau efek dari orang lain atau lingkungan. Misalnya, kau ingin membeli sepatu gres sebab melihat teman kelasmu membeli sepatu baru. Kamu berusaha menabung uang saku yang diberikan orangtuamu supaya sanggup membeli sepatu baru. Contoh lainnya, orangtuamu ingin menyekolahkan semua anaknya hingga perguruan tinggi tinggi ibarat bawah umur tetanggamu. Tentunya, orangtuamu akan berusaha keras untuk memperoleh pendapatan pemanis supaya sanggup menabung. Kemudian, uang tersebut dipakai untuk biaya pendidikan anak-anaknya hingga perguruan tinggi tinggi. Oleh sebab itu, kau harus mencar ilmu sungguh-sungguh supaya sanggup mewujudkan impian orangtuamu.



Berdasarkan aspeknya, motif yang men dorong insan melaksanakan tindakan ekonomi sanggup dikelompokkan menjadi motif-motif ekonomi berikut.
a. Motif untuk Memenuhi Kebutuhan
Motif ini akan mendorong insan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga sanggup mencapai kemakmuran. 
b. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan
Motif ini akan mendorong insan melaksanakan tindakan untuk memperoleh kekuasaan di masyarakat atau perusahaan.
c. Motif untuk Kepentingan Sosial
Motif ini mendorong insan melaksanakan tindakan untuk menolong sesamanya. Misalnya, orangtuamu bekerja untuk memperoleh pendapatan.
d. Motif untuk Memperoleh Penghargaan
Motif ini mendorong insan melaksanakan tindakan dengan tujuan ingin dihargai oleh orang lain.
e. Motif untuk Memperoleh Keutungan
Motif ini mendorong insan melaksanakan tindakan untuk memperoleh keuntungan atau keuntungan dalam melaksanakan usahanya.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Jenis Macam Motif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel