iklan

Faq Seputar Dapodik 2019 C

Salam pendidikan,
 C yaitu sebuah fitur gres pada aplikasi Dapodik versi  FAQ SEPUTAR DAPODIK 2019 C
Gambar FAQ Seputar Dapodik 2019C
FAQ Seputar Dapodik 2019 C yaitu sebuah fitur gres pada aplikasi Dapodik versi 2019 C. Apakah FAQ yaitu kependekan dari Frequently Asked Question yang bertujuan menunjukkan layanan informasi bagi pengguna aplikasi Dapodik versi 2019.C. 

Diharapkan dengan adanya FAQ seputar Dapodik 2019 bisa menjawab permasalahan yang dihadapi operator sekolah dalam proses pelaksanaan pendataan pendidikan disekolah. Satu hal yang tidak boleh terlupakan yaitu ihwal budaya literasi membaca sebagai upaya menambah khasanah ilmu kita.

Secara garis besar FAQ ini berisi 170 pertanyaan dan jawaban, untuk lebih jelasnya berikut ini yaitu FAQ Seputar Dapodik 2019 C:

1.    Apa itu Aplikasi Dapodik?

Sistem Aplikasi Dapodik yaitu aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut mencakup sekolah termasuk sarana dan  prasarana,  Pendidik dan  Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan berguru (Rombel).

2.   Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodik?

  1. Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar dan menengah.
  2. Data  dari  Aplikasi  Dapodik  akan  digunakan  sebagai  acuan  data  dalam program- jadwal Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar dan menengah seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), pemberin Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan,   Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan program-program lainnya. Oleh sebab itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam acara pendataan Dapodik.
3.   Apa kesudahannya jikalau sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodik?

Data Aplikasi Dapodik digunakan sebagai teladan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi sebab data milik mereka tidak akan hingga ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

4.   Bagaimana tahapan update aplikasi ke versi 2019.c?
  1. Unduh       aplikasi       versi       2019.c       di       laman       resmi      Dapodikdasmen: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. Uninstal Aplikasi versi sebelumnya
  3. Instal aplikasi versi 2019.c
  4. Buat folder di direktori C:/ prefill_dapodik
  5. Generate prefill kemudian unduh dan simpan di folder prefill_dapodik
  6. Buka aplikasi dapodik
  7. Registrasi dengan prefill yang gres (online atau offline)
  8. Selesai
5.   Apakah  Madrasah  Ibtidaiyah  (MI),  Madrasah  Tsanawiyah  (MTs)  dan                  Madrasah Aliyah (MA) sanggup menggunakan Aplikasi Dapodik?

MI, MTs dan MA berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak sanggup menggunakan Aplikasi Dapodik.

6.   Jenjang sekolah mana saja yang didata dalam Aplikasi Dapodik versi 2019.c?

Jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

7.   Apakah  termasuk  sekolah  yang  masuk  ke  dalam  kategori  3T  dan  SILN        (Sekolah Indonesia Luar Negeri)

Ya, tidak terkecuali.

8.   Apakah username dan password harus diganti dengan yang baru?

Tidak, tetap menggunakan username dan password yang lama, tapi jikalau menemukan duduk masalah yang mengharuskan, maka bisa mengganti username dan password di Dinas Pendidikan.

9.   Peringatan sebagian data tidak masuk, apa yg harus dilakukan?

Silakan lakukan generate ulang prefill dan pendaftaran ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.

10. Apakah prefill yang usang bisa digunakan di aplikasi versi 2019.c?

Tidak, harus lakukan generate ulang prefill sebelum memulai proses pendataan (jika pendaftaran menggunakan metode offline). Hendaknya melaksanakan generate ulang prefill ketika akan memulai pendataan.

11. Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang                              sudah  tutup?

Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat untuk di teruskan ke sentra selanjutnya admin sentra yang akan melaksanakan tindak lanjut permasalahan tersebut.

12. Apakah aplikasi ini masih bersifat bisa bekerja dalam keadaan offline?

Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi ini untuk mengakomodir untuk sekolah-sekolah yang mempunyai keterbatasan susukan internet.

13. Kapan paling lambat pengiriman data dapodik?

Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi per semester.

14. Dimana saya bisa mendapatkan aplikasi dapodik versi 2019.c?

Lakukan pengunduhan installer aplikasi melalui laman    resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

15. Kapan masa berlaku aplikasi versi 2019.c?

 Masa berlaku aplikasi versi 2018.b berakhir pada tanggal 31 Juni 2019. Selanjutnya akan diumumkan updater aplikasi selanjutnya melalui laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita

16. Apakah  bisa  melakukan  sinkronisasi  jika  masih  ada  data  yang  invalid  (berwarna merah)?

Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah sudah bersih, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang dikirimkan oleh sekolah.

17. Apakah bisa melaksanakan sinkronisasi jikalau masih ada data yang warning (berwarna kuning)?

Bisa. Untuk yang bertanda warning masih bisa diberikan dispensasi untuk pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian diharapkan peringatan warna kuning tersebut di perbaiki hingga higienis validasinya.

18. Apa yang dimaksud dengan data periodik, kemudian bagaimana cara mengisinya?

  1.  Data  periodik  adalah  data  yang  harus  diupdate  setiap  periode  semester  tahun pelajaran, data semester kemudian akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang sebab dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.
  2. Cara mengisi sanggup dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada action sajian lanjutkan data periodik PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap
19. Jika ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yang harus di lakukan?
  1. Bisa   menggunakan   fitur   mutasi   online   (tarik   PD   online   melalui   website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.
  2. Tidak  boleh  melakukan  mutasi  manual  (input  ulang  pada  aplikasi),  jika  sudah melaksanakan mutasi online (tarik PD online).
20.  Jika ada PTK mutasi/mencari jam aksesori di sekolah lain apa yang harus dilakukan?

Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id), semoga sekolah gres tidak perlu menambahkan/ inputkan PTK di sekolah baru/ sekolah ke 2 secara manual, selanjutnya pihak dinas yang akan menyetuji ptk tersebut diizinkan atau tidak untuk penambahan jam di sekolah lain.

21. Ketika sinkronisasi, berapa usang data masuk ke dalam server?

Data masuk kedalam database dan profil sekolah secara realtime, tapi untuk agregat data muncul dalam waktu 1x24 jam.

22. Apa yang dimaksud dengan dokumen pakta integritas?

Dokumen yang menyatakan keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online untuk di bubuhi tanda tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas kabupaten/kota.

23. Apa yang harus sekolah lakukan dengan dokumen pakta integritas tersebut?

Dokumen tersebut sanggup di serahkan oleh pihak sekolah kepada dinas pendidikan kab/kota.

24. Kapan dokumen tersebut di kumpulkan?

Dokumen pakta integritas sanggup di unduh web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada dikala data selolah sudah merasa data lengkap, benar dan mutakhir, untuk selanjutnya dokumen tersebut di  tanda tangani oleh sekolah, pengawas dan dinas pendidikan kab/kota.

25. Apakah  pengawas,  kepala  sekolah,  KKDatadik  terlibat dalam  dokumen  pakta integritas?

Ya. Ketiga pihak tadi mengverifikasi data dapodik yang terkirim ke pusat.

26. Penggunaan kurikulum 2013 tidak diizinkan pada aplikasi Dapodik?

Untuk   semester  genap  tahun  ajaran  2017/2018  secara   otomatis   sekolah  bisa menggunakan kurikulum 2013.

27. Bagaimana cara merubah nama operator pada aplikasi dapodik?

  1.  Lakukan pengupdatean data pengguna pada Manajemen Pengguna.
  2. Ada pada sajian Pengaturan >> tabel pengguna >> masukan instruksi pendaftaran >>lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen pengguna.
28. Sekolah kami berstatus Negeri, tapi kenapa mendapatkan BOS = Tidak?

Perbaiki data isian mendapatkan BOS pada data rinci sekolah.

29. Peta koordinat sekolah salah posisi?
  1. Lakukan perubahan melalui laman vervalSP (http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id)
  2. Login  menggunakan  akun  SDM  yang  sudah  di  registrasikan  kemudian  lakukan syncronisasiron pada aplikasi dapodik.
30. Bagaimana cara mengupdate versi aplikasi?

Cek koneksi internet harus terhubung ke internet. Lakukan pembaruan versi melalui sajian pengaturan kemudian pilih Cek Pembaruan, jikalau laptop dalam keadaan online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara otomatis.

31. NISN tidak muncul di aplikasi Dapodikmen?

Cek kembali penginputan pada vervalpd apakah sudah melaksanakan konfirmasi data, jikalau pada vervalpd belum melaksanakan konfirmasi data maka data NISN siswa tidak akan muncul pada aplikasi Dapodikmen.

32. Bagaimana cara mengajukan NUPTK melalui dapodik?
  1. Lakukan pengisian dapodik sesuai prosedur.
  2. Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai NUPTK).
  3. Proses  verifikasi  dan  validasi  selanjutnya  akan  diproses  oleh  PDSP-K  hingga penerbitan NUPTK.
  4. Untuk          informasi          lengkap         dapat          diakses          melalui          laman http://gtk.data.kemdikbud.go.id
33.   Apakah validasi dan syncronisasi mengalami perubahan?

Tidak, sama dengan semester sebelumnya, baik cara dan metodologinya.

34. Jika ingin berpindah komputer atau laptop untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan?

  1. Di komputer yang baru: generate ulang prefill baru, kemudian instal aplikasi dan registrasi seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;
  2. Di komputer yang usang lakukan uninstall aplikasi;
  3. Jika tidak dilakukan tahapan menyerupai di atas, akan terjadi data berganda.
Perangkat Lunak dan Keras (Software & Hardware)

35. Aplikasi Dapodik paling baik diinstal di PC atau di laptop?

Disarankan diinstal pada laptop sebab mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi  Dapodik, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

36. Bagaimana spesifikasi minimal komputer dalam penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen?

Sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 3 Tahun 2019 ihwal spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:

  1. Processor jasus core i3 atau yang setara
  2. Memori standar 4 GB
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
  4. Sistem Operasi windows 10
  5. Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox
37. Sistem Operasi (Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi Dapodik?

Disarankan menggunakan Windows 10. Meski demikian, Aplikasi Dapodik juga sanggup berjalan di Sistem Operasi berikut ini:

  1. Windows 7 32 & 64 Bit
  2. Windows 8 32 & 64 Bit
  3. Windows 8.1 32 & 64 Bit
  4. Windows 10 32 & 64 Bit

38. Peramban web (web browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodik?

Peramban yang direkomendasikan yaitu Google Chrome atau Mozilla Firefox.

39. Bagaimana cara melaksanakan pengaturan semoga Aplikasi Dapodik sanggup dibuka di peramban tersebut?

Aplikasi Dapodik berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Jadi untuk sanggup membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi Dapodik juga sanggup diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi peramban.

Kode Registrasi

40. Apakah instruksi pendaftaran berubah di versi 2019.c?

Tidak. Secara default, instruksi pendaftaran sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jikalau ingin mengubah instruksi pendaftaran sebab sesuatu hal (keamanan data), sekolah sanggup melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset instruksi pendaftaran sebab aplikasi instruksi pendaftaran usang akan ditolak oleh sistem pada dikala sinkronisasi.


41. Apa yang dimaksud dengan instruksi registrasi?

Sebuah instruksi unik dan diam-diam yang dibentuk oleh sistem sebagai kunci aktivasi Aplikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah mempunyai instruksi pendaftaran yang berbeda-beda.

42. Apa fungsi instruksi registrasi?

Untuk melaksanakan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini juga sanggup digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

43. Di mana sekolah saya bisa mendapatkan instruksi registrasi?

Cara  mendapatkannya  adalah  dengan  menghubungi  Kelompok  Kerja  Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

44. Apa syarat mendapatkan instruksi registrasi?

Syaratnya, sekolah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di dalam referensi Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Apabila belum terdaftar, segera perbaharui ke PDSP atau menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di referensi.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yang diinginkan.

45. Jika tidak mempunyai NPSN, apakah sekolah kami bisa mendapatkan instruksi registrasi?

Tidak. Solusinya yaitu dengan mengurus NPSN terlebih dahulu. Setelah mempunyai NPSN, otomatis bisa didaftarkan semoga mendapatkan instruksi registrasi. Hal ini dimaksudkan semoga keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.

46. Apakah NPSN sementara dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan instruksi registrasinya?

Ya, NPSN sementara yang dikeluarkan oleh PDSP-K sanggup dibuatkan instruksi registrasi Dapodik.

47. Apa yang harus dilakukan jikalau lupa dengan instruksi pendaftaran sekolah?

Solusinya bisa segera menanyakan instruksi pendaftaran sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

48. Apa kesudahannya jikalau instruksi pendaftaran diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?

Kode pendaftaran itu bersifat rahasia. Makara jangan hingga diberitahukan ke sekolah lainnya sebab menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan kalau hingga diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

49. Apakah instruksi pendaftaran tahun pedoman 2018/2019 ini sama dengan tahun sebelumnya?

Ya. Namun jikalau sekolah ingin mengubah instruksi pendaftaran sebab sesuatu hal, maka sanggup diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

50. Apa fungsi lain dari instruksi registrasi?

Selain untuk instruksi aktivasi juga sanggup digunakan untuk mengunduh data prefill per sekolah melalui dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Di samping itu juga untuk menyidik data individu sekolah di progres pengiriman untuk memastikan datanya sudah sama dengan di server.

51. Untuk sekolah baru, bagaimana mekanisme mendapatkan instruksi registrasi?

Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan manajemen perizinan sekolah dan SK izin operasional. Setelah mendapatkan NPSN maka sanggup mengajukan instruksi registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

52. Apa akhir bila instruksi pendaftaran digunakan oleh dua sekolah atau lebih?

  1. Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan instruksi pendaftaran tersebut benar-benar milik sekolah tersebut dan tidak diketahui oleh orang lain.
  2. Bila sudah telanjur, solusinya yaitu generate ulang prefill dan lakukan mekanisme instalasi menyerupai semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut kemudian lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinas kabupaten/kota untuk dibuatkan instruksi pendaftaran baru.

53. Apakah sanggup mengubah instruksi registrasi?

  1. Ya, melalui akomodasi ubah/reset instruksi pendaftaran di dinas kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan ketika instruksi pendaftaran diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau pergantian operator, maka perubahan ini sanggup dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Reset instruksi pendaftaran tidak menghilangkan data. Namun yang perlu diingat, kode registrasi usang yang sudah direset tidak sanggup melaksanakan sinkronisasi.
54. Kode pendaftaran ini apakah untuk keperluan manajemen kelembagaan?

Tidak. Kode pendaftaran ini hanya untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodik saja, bukan sebagai nomor administratif menyerupai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

55. Apakah instruksi pendaftaran bersifat permanen?

Ya, selama pendataan Dapodik masih berjalan secara berkelanjutan.

Data Prefill


56. Apa definisi data prefill?

Prefill yaitu data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini yaitu database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan semoga data tahun pedoman sebelumnya sanggup berlanjut ke data tahun pedoman berjalan. Selain itu semoga operator sekolah tidak melaksanakan input data untuk kedua kalinya.

57. Apakah fungsi data prefill?

Data prefill berfungsi untuk pendaftaran dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.

58. Dimana bisa mendapatkan data prefill?

Data prefill bisa didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill.

59. Apa yang dimaksud dengan generate data prefill?

Updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

60. Dimana sanggup difasilitasi untuk melaksanakan generate prefill?

Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dan pilih sajian Prefill.

61. Jika  komputer  bermasalah  (hilang,  rusak,  atau  ganti  komputer)  apa  yang  harus dilakukan?

Lakukan generate ulang prefill, unduh, kemudian lakukan mekanisme instalasi menyerupai mekanisme awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan semoga operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika mekanisme ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, sebab data di server sudah pernah ada.


62. Apakah sanggup menggunakan data prefill tahun pedoman sebelumnya?

Tidak bisa, penggunaan prefill hanya sanggup digunakan satu kali (dalam satu proses Instalasi Aplikasi

63. Dimana bisa didapatkan master instalasi Aplikasi Dapodik?

Installer Aplikasi Dapodikdasmen sanggup diunduh melalui laman resmi  Dapodikdasmen di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

64. Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses instalasi Aplikasi Dapodik?

Fungsinya untuk menentukan letak server lokal yang akan diinstalkan dan bertujuan semoga aplikasi bisa berjalan sempurna. Tidak perlu ubah port ketika instalasi. Biarkan sistem mengaturnya.

65. Bagaimana jikalau instalasi aplikasi berhenti di cuilan konfigurasi server?

Bisa jadi port defaultnya sudah terpakai sehingga aplikasi tidak mau terinstal. Solusinya segera hapus aplikasi yang menggunakan port default Aplikasi Dapodik.

66. Bagaimana cara melaksanakan uninstall Aplikasi Dapodik?

  1. Buka control panel > Program and Features> Dapodik > klik uninstall.
  2. Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus aplikasi > pilih Ya.
  3. Tunggu hingga muncul keterangan Aplikasi Dapodik berhasil dihapus dari komputer Anda.

67. Apa yang terjadi sehabis pendaftaran dengan file prefill ini?

File terebut akan hilang dengan sendirinya sehabis pendaftaran berhasil. Hal ini dimaksudkan semoga penggunaan file ini hanya satu kali saja sehabis sekolah melaksanakan proses input data. Selanjutnya menggunakan mekanisme generate ulang prefill.


Registrasi

68. Data apakah yang diinputkan dikala registrasi?

  1. Username (email)
  2. Password
  3. Konfirmasi Password
  4. Kode Registrasi
69. Apa yang harus dilakukan jikalau dikala pendaftaran muncul keterangan “kode pendaftaran tidak ditemukan”?

Cek pada folder prefill yang ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut atau belum. Kalau belum maka segera unduh prefill- nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada cuilan unduhan Download Data Prefill, kemudian masukkan instruksi registrasi. Setelah itu klik unduh di goresan pena sini. Langkah selanjutnya simpan di folder C:/ prefill_dapodik.

70. Apa yang harus dilakukan jikalau dikala pendaftaran muncul keterangan “beberapa data tidak masuk’’

Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.


Beranda

71. Apa yang harus dilakukan jikalau nama sekolah di aplikasi tidak sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota cuilan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk meminta pinjaman mengubah nama sekolah. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

72. Apa yang harus dilakukan jikalau nama kabupaten/kota di aplikasi tidak sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota cuilan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta pinjaman mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

73. Apa yang harus dilakukan jikalau nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota cuilan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta pinjaman mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

74. Apa yang harus dilakukan jikalau di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?

Silakan buka Aplikasi Dapodik, kemudian pada tab PTK pilih nama Kepseknya, kemudian klik tombol ubah. Lihat pada cuilan rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah kemudian masukkan data kepseknya. Setelah semua  data selesai diinput, kemudian klik simpan.


Input Data


75. Bagaimana mekanisme input data yang benar?

Penginputan data yang benar sesuai dengan yang ada di lapangan dan teratur, dimulai dari input data sekolah, sarana prasarana, penerima didik, PTK, Rombel, dan sebagainya.

76. Di mana bisa didapatkan formulir pendataan Aplikasi Dapodik?

Formulir bisa didapat melalui website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

77. Apakah di aplikasi terdapat panduan pengisian data?

Di  aplikasi ada  panduan  dalam  pengisian  data  berupa  tombol “help”  berupa  tanda Tanya (?). Tombol tersebut berfungsi untuk memberitahu operator kalau ada inputan yang tidak diketahui bisa dilihat melalui pinjaman tersebut.

78. Dapatkah 1 komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?

Bagi forum yang menaungi dua sekolah bisa mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop. Cara pengerjaannya:

  1. Siapkan instruksi pendaftaran dan file prefill semua sekolah yang akan dimasukkan;
  2. File  prefill  kedua  sekolah  tersebut  dimasukkan  ke  folder  dengan  nama prefill_dapodik di drive C;
  3. Siapkan user/email yg berbeda untuk setiap sekolah, jangan menggunakan user dan password yang sama;
  4. Lakukan registasi sekolah pertama;
  5. Login menggunakan user dan password sekolah pertama;
  6. Lakukan pendaftaran penerima didik, dan isi penugasan PTK terlebih dahulu;
  7. Lakukan pendaftaran sekolah kedua;
  8. Login menggunakan user dan password sekolah kedua;
  9. Isi pendaftaran penerima didik, dan isi penugasan PTK;
  10. Dst.
79. Dapatkah entri satu data sekolah dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?

Untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah bisa dikerjakan oleh beberapa orang operator dengan menggunakan laptop yang berbeda. Caranya dengan menggunakan LAN atau IPCONFIG yang di-share oleh Laptop/PC server. Akan tetapi untuk melaksanakan sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang dijadikan server.

80. Bagaimana jikalau sehabis dipindahkan ke tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang?

Bila sehabis menambahkan data PTK atau Peserta Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari server semoga SP (Store Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik bisa tampil di tabel utama. Atau klik Action Menu kemudian pilih PTK “belum penugasan”, atau tampilkan data penerima didik belum pendaftaran dan lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl+f5,

81. Apa solusinya jikalau terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir, dan NISN penerima didik?

  1. Bisa diedit atau diperbaiki melalui vervalpd.data. kemdikbud.go.id
  2. Setelah melaksanakan edit data, silakan sinkronisasi semoga perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).
82. Kenapa data individu Peserta Didik, PTK, dan rombongan berguru berbeda antara Aplikasi Dapodik dan server?

  1. Kesalahan jumlah biasanya terjadi sebab pengisian data di aplikasi double, atau terjadi duplikasi data di server.
  2. Cara menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, kemudian instal ulang aplikasinya dan lakukan pendaftaran dengan menggunakan username dan password yang sama. Setelah itu lakukan sinkronisasi.
83. Bagaimana jikalau sekolah kami ingin melaksanakan merger dengan sekolah lain?

Silakan   hubungi   dinas kabupaten/kota   setempat   dengan   menyerahkan SK penggabungan sekolah (regrouping) dari dinas, atau bisa melalui email resmi (dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id) dan lampirkan SK Penggabungan Sekolah dan data pendukung yang diperlukan.

84. Bagaimana cara mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop dan PC terkena virus atau hilang?

Data bisa diambil kembali apabila sekolah pernah melaksanakan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil dengan melaksanakan generate prefill yang bisa dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di generate, silakan instal aplikasinya dan lakukan pendaftaran dengan username dan password yang sama.

Kirim Data

85. Apakah fungsi sajian update versi sinkronisasi?

Tombol tersebut fungsinya untuk memperbarui perubahan aplikasi syncronisasi yang ada di aplikasi lokal dengan di server.

86. Bagaimana parameter sinkronisasi yang berhasil?

Pada kotak perubahan apa saja yang sebelumnya berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Jika parameter sinkronisasi berhasil maka kota perubahan tersebut hilang.

87. Apa parameter atau ciri-ciri data telah berhasil terkirim semua ke server?

Bisa dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Kemudian cek laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi telah muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir. Cek Progres Pengiriman Data

88. Di mana kita sanggup mengecek hasil pengiriman sinkronisasi Aplikasi Dapodik?

Pengecekan data individu sekolah bisa dilakukan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih sajian “Progres Pengiriman”. Pilih provinsi kemudian kabupaten serta kecamatan daerah sekolah berada. Pilih nama sekolah kemudian masukkan instruksi pendaftaran jikalau hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Aplikasi Dapodik.

Sekolah

89. Jika ada sekolah merger, apa yang harus dilakukan?

  1. Dinas Pendidikan setempat menghubungi Pusat untuk dilakukan proses merger.
  2. Proses merger di Pusat sanggup memindahkan data PD, PTK, dan Prasarana secara otomatis dari sekolah yang dilebur ke sekolah induk tanpa harus menginput ulang.
  3. Setelah proses merger selesai, sekolah induk melaksanakan generate ulang prefill gres dan diregistrasikan menyerupai biasa dengan menggunakan instruksi pendaftaran sekolah induk. Sekolah yang dilebur akan otomatis terhapus di Pusat.
  4. Akan terlihat PD, PTK, dan Prasarana di sekolah yang dilebur otomatis masuk ke sekolah induk.
90. Jika ada sekolah tutup atau berhenti beroperasi, apa yang harus dilakukan?

Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, kemudian dinas akan melaksanakan penutupan sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp.

91. Jika ada sekolah berganti nomenklatur, apa yang harus dilakukan?

Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, kemudian dinas akan melaksanakan perubahan nomenklatur sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp.

92. Jika ada sekolah baru, apa yang harus dilakukan?

  1. Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, kemudian dinas akan menambahkan sekolah gres melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) akan diterbitkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan secara otomatis instruksi pendaftaran sanggup diterbitkan dan diunduh di manajemen pendataan (akses dinas).
  2. Kemudian sekolah melaksanakan proses instalasi aplikasi versi 4.0.0 generate prefill, dan pendaftaran menyerupai biasa.
93. Jika terjadi kesalahan identitas sekolah yang dikunci di Aplikasi Dapodik menyerupai NPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yang harus dilakukan? 

Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, kemudian dinas akan mengubah identitas sekolah tersebut melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id dan otomatis akan memperbarui data di Aplikasi Dapodik dikala melaksanakan sinkronisasi.


94.    Bagaimana  jika  ada  pertanyaan  terkait  integrasi  Kurikulum  2013  dan  Aplikasi Dapodik?

Hubungi        Dinas        Pendidikan       setempat       atau       melalui        surel        resmi dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id

95. Jika sekolah atau dinas tetap mempertahankan implementasi Kurikulum 2013 di luar sekolah yang ditentukan, apa yang harus dilakukan?

Hubungi       Dinas       Pendidikan       setempat       atau       melalui       surel      resmi dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id

96. Sekolah saya ada di daftar validasi pada laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yang harus dilakukan?

Lakukan perbaikan sesuai dengan informasi data invalid.

97. Jika  sekolah  saya  masuk  ke  dalam  validasi  Rombel  berganda,  apa  yang  harus dilakukan?

  1. Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill gres tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
  2. Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
  3. Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel sanggup dihapus. 
Peserta Didik

98.  Untuk siswa pindah ke sekolah lain bagaimana ?

Tidak boleh dihapus, tapi  registrasikan siswa  tersebut, isi  alasan  keluar   (sesuaikan dengan pilihan) di tabel pendaftaran penerima didik. Maka penerima didik akan berpindah ke tabel penerima didik keluar dengan alasan sesuai pilihan.

99.  Untuk siswa masuk atau pindahan dari sekolah lain bagaimana?

Tambahkan penerima didik menyerupai mekanisme awal diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya, bisa melalui tambah penerima didik secara online atau tambah peserta  didik secara  offline  Jangan lupa  dimasukkan  ke  dalam  rombongan  berguru dengan status siswa pindahan dan jenis pendaftaran pindahan di pendaftaran penerima didik.

100.Bagaimanakah mekanisme penambahan penerima didik baru?

Prosedur tambah penerima didik gres menggunakan dua car, yaitu:

  1. Tarik    data    peserta    didik    online    melalui    aplikasi    Manajemen    Sekolah (http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id)
  2. Tambah penerima didik gres diluar Dapodik (yang dikhususkan untuk mutasi penerima didik dari luar Dapodik, contohnya: Kemenag)
101.  Bagaimana mekanisme penambahan penerima didik diluar Dapodik?

  1. Digunakan oleh satuan pendidikan SMP, SMA, dan SMK
  2. Berfungsi untuk menambahkan penerima didik diluar Kemendikbud (MI, MTs, MA, atau tidak pernah terdaftar di Dapodik)
  3. Memerlukan verifikasi oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi
  4. Data penerima didik harus dilengkapi kemudian di Aplikasi Dapodik
102.  Kenapa “Sts” penerima didik bertanda seru (!) dan berwarna merah?

Karena penerima didik tersebut belum diregistrasikan, maka silakan registrasikan penerima didik tersebut sesuai tanggal masuk ke sekolahnya.

103.Untuk siswa lulus bagaimana?

Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut. Isi alasan keluar sebab lulus di tabel pendaftaran penerima didik. Maka penerima didik akan berpindah ke tabel penerima didik keluar dengan alasan lulus.

104.Untuk siswa tinggal kelas bagaimana?

Tidak boleh dihapus, Masukkan siswa tersebut ke dalam Rombel dengan pendaftaran mengulang.

105.Untuk siswa yang keluar atau putus sekolah bagaimana ?

Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut, isi alasan keluar sebab putus sekolah di tabel pendaftaran penerima didik. Maka penerima didik akan berpindah ke tabel penerima didik keluar dengan putus sekolah.

106.  Mengapa data penerima didik pindahan yang telah diinput tidak bisa di-mapping ke Rombel yang seharusnya, justru terbaca sebagai siswa kelas I?

  1. Bila siswa pindahan tidak bisa di-mapping ke Rombel, berarti kesalahan pada proses penambahan siswa.
  2. Pada tabel penerima didik SD terdapat dua jenis tambahan, 1 tambah siswa kelas I, dan tambah. Untuk penerima didik pindahan harus dientri di tabel tambahan, sedangkan untuk kelas I dientri di tambah siswa kelas I.
107.  Bagaimana jikalau ada kesalahan pengisian nama dan tanggal lahir siswa di tabel penerima didik ?

Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah pendaftaran di sdm.data.kemdikbud.go.id.

108.Apakah PD harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?

Jika  menggunakan  fasilitas  action  menu  kenaikan  kelas  maka  siswa tidak  perlu  di mapping ulang dengan catatan penerima didik tidak diacak atau dirandom. Bila menggunakan pilihan buat rombel gres maka penerima didik harus dimapping ulang didalam rombel.

109.  Apakah penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) masih menggunakan Aplikasi  Dapodik?

Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap dengan Aplikasi Dapodik dan vervalpd
(http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id)

110.Jika ada siswa yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?

  1. Untuk siswa yang mutasi dan lulus dari SD bisa menggunakan akomodasi mutasi online yang terdapat di profil sekolah sehabis login sebagai operator sekolah di laman
  2. http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/,  dengan  syarat  siswa  tersebut  sudah dimutasikan atau diluluskan dari sekolah asal.
GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

111.Bagaimana jikalau PTK tersebut keluar atau mutasi dari sekolah induk?

Untuk PTK yang keluar/mutasi dari sekolah induk tidak boleh pribadi dihapus, akan tetapi PTK tersebut harus diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di antaranya: PTK keluar sebab mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula tanggal keluar atau mutasinya

112. Bagaimana mekanisme jikalau ada kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK?

Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah pendaftaran di sdm.data.kemdikbud.go.id.

113.Apakah pengisian data rinci harus per bulan atau per semester?

Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan, baik itu per bulan ataupun per semester, diadaptasi dengan kondisi riil di lapangan. Terdapat di tabel Action Menu, bisa dipilih lanjutkan data periodik untuk mempermudah pengerjaan.

114.Mengapa data info GTK saya tidak bisa dicek?

Karena ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), nama PTK, dan tanggal lahir yang dientri di Aplikasi Dapodik dengan database Pusat.

115.Kenapa ketika mengecek data PTK di info GTK data sekolah induk tidak ditemukan?

  1. Ada dua kemungkinan. Pertama, PTK tersebut terdaftar sebagai PTK induk di dua sekolah.
  2. Kedua, PTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.

116.Mengapa masa kerja golongan atau pangkat PTK tidak sesuai dengan yang dientrikan?

Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel riwayat pangkat dan golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan yang diambil. Akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan yang diambil.

117. Kenapa pada dikala ubah PTK dan Save tidak berhasil muncul keterangan “field masih ada yang merah’’?

ini biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti status pegawaian menjadi PNS dan cek kembali pada isiannya menyerupai NIP, SK CPNS, SK PNS jikalau masih ada yang merah dihapus, sehabis itu pilih kembali ke status pegawainnya yang orisinil menyerupai GTY.


118.Apakah PTK harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?

PTK harus dimapping kembali didalam rombel sebab dipembelajaran untuk semester yang kini kosong kembali

119.Jika ada PTK yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?

Silakan diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya.

Rombel (Rombongan Belajar)

120.Bagaimana cara menciptakan rombongan berguru (Rombel)?

Sama menyerupai tahun sebelumnya. Namun jikalau Rombel tersebut berlanjut ke tingkat selanjutnya, gunakan akomodasi kenaikan kelas dengan perkiraan siswa tetap, tidak di acak atau random. Namun jikalau diacak kembali, maka buatlah Rombel gres menyerupai mekanisme awal.

121.Kurikulum apa saja yang dipilih?

Sesuai  dengan ketentuan dari  puspurdik sekolah yang terdaftar sebagai pengguna kurikulum 2013 bisa tetap menggunakan kurikulum tersebut, tapi bila tidak terdaftar sekolah harus menggunakan kurikulum KTSP.

122.Bagaimana cara pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM) di dalam Rombel?

Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan peraturan menteri ihwal kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data PTK dari Direktorat GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

123.Kenapa isian Rombel di tabel penerima didik tidak bisa diedit?

Untuk mengedit isian Rombel pada  tabel penerima didik, lakukan pendaftaran terlebih dahulu bila penerima didiknya belum diregistrasi. Setelah itu klik tabel rombongan belajar, pilih kelas, kemudian klik anggota Rombel. Kemudian pilih nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah itu lakukan refresh dengan cara menekan tombol ctrl+f5.

124. Apakah Rombel harus dihapus untuk mengubah KTSP 2006 ke Kurikulum 2013, begitu juga sebaliknya?

Tidak. Cukup dengan mengganti kurikulumnya saja dan mengedit kembali pembagian PTK Mengajar sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan.

125. Bagaimana langkah mengganti kurikulum semoga tidak perlu menghapus Rombelnya?

  1. Silakan pilih Rombelnya, ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom kurikulum. Setelah diganti, klik simpan.
  2. Refresh atau tekan CTRL + F5.
  3. Klik Rombelnya, kemudian klik pembelajaran.
  4. Setelah muncul pembelajarannya, silakan edit sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan baik itu KTSP atau Kurikulum 2013 kemudian klik simpan.
  5. Jika Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama diganti ke KTSP SMP, selain mengganti pembagian jam mengajar juga harus menghapus mata pelajaran prakarya.
  6. Jika KTSP Sekolah Menengah Pertama diganti ke Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (sekolah terpilih Kurikulum 2013 SMP), hapus mata pelajaran TIK. PIP (Program Indonesia Pintar)
126.Bagaimana mekanisme penginputan PIP pada Aplikasi Dapodikdasmen?

Inputkan nomor kartu KIP didalam aplikasi Dapodik kemudian sinkronkan ke server.

127.Jika siswa mendapatkan kiriman kartu KIP, apa yang harus dilakukan?

Inputkan nomor kartu KIP didalam aplikasi Dapodik kemudian sinkronkan ke server. Direktorat Pembinaan SD/SMP/SMA/SMK akan melaksanakan verifikasi dan menerbitkan SK kepada siswa yang mendapatkan selanjutnya pihak bank yang ditunjuk akan melaksanakan pencairan dana PIP sesuai dengan SK yang diterbitkan.

128.  Di aplikasi Dapodik menerima kiriman nomor KIP secara otomatis dari server pusat, sedangkan  no.  KIP  tersebut berbeda  dengan  kertu  yang  diterima. Apa  yg  harus dilakukan?

Ganti isian nomor KIP di aplikasi dapodik dari sentra dengan nomor KIP sesuai dengan kartu yang diterima.

129. Jika nama yang tertera di KIP berbeda dengan nama yang sebenarnya, apa yang harus dilakukan?

Isi  di  kolom  isian  "nama  yang  tertera  di  kartu"  di  tabel  peserta  didik,  untuk diprogramkan cetak ulang kartu.

130. Semula isian nomor KIP bergabung dengan isian di kolom KPS/PKH/KKS. Apa yang harus dilakukan?

Secara sistem nomor KIP yang bergabung di kolom KPS/PKH/KKS akan dimigrasikan secara otomatis ke kolom nomor KIP, namun jikalau masih ditemukan belum berpindah maka pindahkan nomor isian tersebut ke kolom nomor KIP.

131. Jika siswa menerima kiriman kartu KIP namun menolak dengan alasan tertentu, apa yang harus dilakukan?

Isi alasan menolak KIP di aplikasi Dapodik pada tabel penerima didik dengan memilih alasannya (menolak, sudah mampu, dihentikan pemda sebab menerima pinjaman serupa).

132. Jika ada anak miskin tidak mempunyai kartu KIP/PKH/KKS/KPS namun ingin diusulkan menerima pinjaman dana PIP, apa yang harus dilakukan?

Isi kolom layak PIP sesuai dengan kriterianya di aplikasi Dapodik.

133. Untuk menyidik hasil inputan terkait PIP, apa yang harus dilakukan?

Manfaatkan akomodasi export yang tersedia di tabel penerima didik. Periksa kembali isian nomor KIP dan kelayakan PIP. 

Validasi

134. Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa hurup vocal

  1. Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
  2. Setelah selesai lakukan sinkronisasi semoga data di server berubah.
135. Nama Peserta Didik dengan tanda baca atau symbol

  1. Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
  2. Setelah selesai lakukan sinkronisasi semoga data di server berubah.
136. Belum pernah sinkron

Sekolah  belum  pernah  melakukan  sinkronisasi  atau  pengiriman  data  ke  server, sehingga data di server kosong.

137. Sinkron terakhir < 20172

Sekolah terkahir melaksanakan sinkronisasi pada periode ganjil 2017/2018, lakukan updating aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan sinkronisasi semoga validasinya hilang.

138. Rombel tanpa wali kelas

Login ke aplikasi dapodik klik rombongan berguru cek setiap rombel bila ditemukan rombel tanpa wali kelas silahkan edit, sehabis selesai sinkronkan datanya.

139. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 – pilihan kurikulum salah

Sekolah bukan merupakan pelaksana kurikulum 2013 akan tetap menentukan kurikul 2013, maka sekolah harus mengubah kurikulum yang digunakan pada aplikasi dapodik dengan mengubahnya ke Kurkulum KTSP.

140. Status honor mengisi pangkat dan golongan

  1. Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK honorer yang terdeteksi mempunyai pangkat dan golongan klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila terisi silahkan hapus datanya.
  2. Lakukan sinkronisasi semoga data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
141. PNS pangkat dan golongan kosong

  1. Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi pangkat dan golongan kosong klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya sesuai dengan SK Kepangkatan yang dimiliki oleh PTK tersebut.
  2. Lakukan sinkronisasi semoga data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
142. PNS NIP kosong

  1. Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi NIP kosong klik ubah cek data PTK pada kepegawaian kemudian cek NIP nya lengkapi data NIP sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut.
  2. Lakukan sinkronisasi semoga data perubahannya terkirim ke server dapodikasmen.
143. Nama PTK Kosong atau tanpa hurup vocal

  1. Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
  2. Setelah selesai lakukan sinkronisasi semoga data di server dapodik berubah.
144. Nama PTK dengan tanda baca atau symbol

  1. Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
  2. Setelah selesai lakukan sinkronisasi semoga data di server dapodik berubah.
145. Usia PTK tidak wajar

  1. Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK yang terdeteksi mempunyai usia tidak wajar, klik ubah cek data PTK pada data tanggal lahirnya ubah tanggal lahirnya diaplikasi  dapodik  lengkapi  datanya  sesuai  dengan  data  yang  dimiliki  oleh  PTK tersebut.
  2. Lakukan sinkronisasi semoga data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
146. Kepsek belum dipilih

  1. Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yang menjabat sebagai kepala sekolah kemudian cek kiprah aksesori ptk tersebut bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan sk kepala sekolahnya.
  2. Bila kiprah aksesori sudah terisi tapi masih tervalidasi cek diisi table kiprah aksesori pada kolom ‘TST’ bila terisi artinya terhitung selesai kiprah berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus TST tersebut sehabis itu refresh / tekan ctrl+f5 kemudian cek diberanda ya.
147. Kepsek Ganda

Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek terhitung lebih dari 1 berarti terdapat 2 PTK yang mempunyai kiprah aksesori sebagai kepala sekolah, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala sekolah, klik ubah cek di data priodik kemudian klik kiprah aksesori klik TST Tugas aksesori dan isi sehabis itu sehabis itu refresh / tekan ctrl+f5 Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi semoga data yang telah dirubah sanggup turun ke aplikasi.

148. Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan

Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang mempunyai kiprah aksesori sebagai kepala Lab, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Lab, klik ubah cek di data priodik kemudian klik kiprah aksesori klik TST Tugas aksesori dan isi sehabis itu sehabis itu refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi semoga data yang telah dirubah sanggup turun ke aplikasi.

149. Jumlah Kepala perpus lebih dari yang telah ditentukan

Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Perpustakaan lebih dari yang telah ditentukan berarti  terdapat  lebih  dari  1  PTK  yang  memiliki  tugas  tambahan  sebagai  kepala Perpustakaan, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Perpustakaan, klik ubah cek di data priodik kemudian klik kiprah aksesori klik TST Tugas aksesori dan isi sehabis itu sehabis itu refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi semoga data yang telah dirubah sanggup turun ke aplikasi.

150. Nama sekolah sama disatu kecamatan

Berarti ada lebih dari 1 nama sekolah yang sama maka untuk merubahnya hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs sentra semoga dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi semoga data yang telah dirubah sanggup turun ke aplikasi.

151. Bentuk pendidikan salah

Bila terdeteksi bentuk pendidikan salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs sentra semoga dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi semoga data yang telah dirubah sanggup turun ke aplikasi.

152. NPSN ganda

Bila NPSN terdeteksi ganda berarti dalam 1 kecamatan ada 2 sekolah menggunakan NPSN yang sama maka segera hubungi dinas kab/kota untuk diperbaiki sehabis itu lakukan syncronisasi untuk data perubahannya.

153. Status sekolah salah

Bila terdeteksi status sekolah salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs sentra semoga dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi semoga data yang telah dirubah sanggup turun ke aplikasi.

154. Indikasi sekolah tutup atau merger

Bila sekolah terdeteksi tutup atau merger tapi dilapangan masih aktif segera hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs sentra semoga dirubah sesuai dengan kondisi disekolah.

155. Nomor rekening BOS kosong

Login ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah sudah terisi atau belum nomorrekeningnya, bila sudah diperbaiki dan disinkronkan tapi hasilnya diaplikasi masih belum terisi maka lakukan langkah berikut
Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill gres tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi nomor rekening BOS nya.


156. Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel sama)

 Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill gres tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);

  • Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
  • Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel sanggup dihapus.
157. Apakah  untuk  semester  genap  tahun  2018/2019  aplikasi  versi  2019.c  ada  yang menggunakan patch?

Untuk semester 2019.c menggunakan installer, tidak ada patch.

158.   Kenapa tidak bisa mencetak surat mutasi penerima didik?

Pastikan sudah di pendaftaran keluar dan alasan keluar mutasi.

159.   Kenapa di jenjang SD, SLB dan Sekolah Menengah kejuruan tidak muncul sajian SKS?

Untuk SKS hanya untuk jenjang Sekolah Menengan Atas dan SMP

160.   Kenapa pembelajaran tidak muncul mata pelajarannya?

Pastikan pemilihan kurikulum sudah benar, telebih untuk Sekolah Menengah kejuruan pastikan kurikulum K13 sudah sesuai dengan kurikulum yang diterbitkan oleh PSMK.

161.   Kenapa kurikulum tidak muncul pada rombongan belajar?

Pastikan sudah ditambahkan untuk jadwal yang dilayani pada sajian sekolah “Program Pengajaran Dilayani” sesuai dengan sekolah.

162.   Bagaimana  cara  untuk  merubah  kurikulum  agar  menjadi  K13  di  tahun  ajaran 2017/2018 semester genap?

Untuk pedoman tahun 2017/2018 semester genap seluruh sekolah pada aplikasi dapodik di izinkan K13.

163.   Kenapa tidak bisa ganti kurikulum di aplikasi 2018.b, dalam masalah tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil menggunakan Kurikulum 2013, sedangkan sekolah akan menggunakan KTSP di tahun pedoman 2017/2018 semester genap?

Kurikulum tidak bisa di ubah pertengahan tahun. Jika semester ganjil menggunakan Kurikulum 2013 maka hingga kelas tersebut lulus harus menggunakan kurikulum 2013.

164.   Syncronisasi data dapodik sudah berubah, tetapi kenapa data update di info gtk tidak berubah sesuai dapodik yang dikirimkan?

Pembaharuan data pada dapodik tidak berubah pribadi ke info gtk, butuh waktu beberapa hari untuk memunculkan datanya.

165.   Kenapa honor yang muncul di info gtk tidak sesuai dengan yang diinputkan pada aplikasi dapodik?

Untuk penampilan honor mengacu secara otomatis ke PP 30 Tahun 2015, dengan melihat dari pangkat dan golongan yang diisi pada tabel Riwayat Gaji Berkala dan Riwayat Kepangkatan.

166.   Menu Inpassing pada dapodik di kunci, kemana harus perbaikan Inpassing jikalau ada kesalahan?

Inpassing secara otomatis akan diisi oleh GTK, hubungi cuilan pengaduan GTK atau Unit Layanan Terpadu. 

167.   Kenapa jumlah siswa yang mendapatkan BOS tidak sesuai dengan data siswa      yang ada pada dapodik?

Pastikan sekolah sudah syncronisasi sebelum cut off yang sudah ditetapkan oleh direktorat pada per triwulan.

168.   Kenapa jumlah jam max pada rombel tidak muncul?

Pastikan pemilihan kurikulum sudah sesuai dengan jenjang dan tingkat rombel tersebut.

169.   Bagaimana  memasukan  data  wakil  kepala  sekolah  jika  rombel kurang   dari ketentuan kiprah tambahan, yaitu 9:1. Dan wakil kepala sekolah mana         yang akan di akui oleh GTK?

Masukan data wakil kepala sekolah sesuai dengan ketentuan berlaku dan inputkan wakil kepala sekolah yang di dapodik maka wakil kepala sekolah tersebut yang diakui oleh GTK.

170.   Kenapa tidak bisa ubah tingkat sekolah pada rombongan belajar?

Untuk merubah tingkatan kelas pada rombel pastikan pembelajaran yang sudah terisi harus di kosongkan terlebih darhulu, maka sekolah bisa merubah untuk kelas tersebut

Bagi anda yang memerlukan FAQ SEPUTAR APLIKASI DAPODIK 2019 C sanggup anda unduh pada link di bawah ini:

Demikian artikel saya pada kesempatan ini, hingga jumpa dengan artikel saya selanjutnya. Jika artikel ini bermanfaat maka anda boleh membagikan melalui media umum yang anda miliki. Saran yang bersifat membangun senantiasa lebih berarti daripada seribu pujian. Salam satu data.

Sumber:

  1. http://localhost:5774/#Unduhan
  2. FAQ aplikasi dapodikdasmen versi 2019.c


Sumber http://rintokusmiran.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faq Seputar Dapodik 2019 C"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel