iklan

Cara Buat Akun Gtk Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2019.C

Salam Pendidikan, 

cara buat akun gtk pada aplikasi dapodikdasmen  CARA BUAT AKUN GTK PADA APLIKASI DAPODIKDASMEN 2019.C
Gambar cara buat akun GTK
Apa kabar sobat pengunjung setia khususnya sobat p0juang data diseluruh tanah air. Sobat Operator sekolah yang berbahagia. Pada artikel saya kali ini akan membahas cara menciptakan akun GTK pada aplikasi Dapodikdasmen 2019. Untuk d0wnl0ad aplikasi Dapodik 2019.C beserta panduan sudah saya share pada artikel sebelumnya rintokusmiran.blogspot.com. Nah bagi anda yang sudah d0wnl0ad aplikasi tersebut tentunya akan melaksanakan update data semester genap tahun pelajaran 2018/2019 baik data Sekolah, GTK, Siswa, rombel, jadwal pelajaran dll.

pada aplikasi Dapodikdasmen 2019  ini ada yang gres lho, ini menurut pengalaman langsung saya pagi ini. Saya berencana menambahkan data GTK pada bab riwayat honor bersiklus ada salah satu gtk yang mengusulkan Kenaikan honor bersiklus dan sudah terbit SK Kenaikan berkalanya pada tanggal 14 Desember 2018. Kemudian saya buka aplikasi dapodik sekolah saya, terus saya klik tab GTK kemudian saya klik guru dilanjutkan nama guru tersebut. kemudian saya klik Ubah, selanjutnya muncul sajian data yang perlu diubah, alasannya ialah saya berkeinginan merubah data riwayat honor bersiklus maka saya klik Tab Riwayat honor berkala. saya pilih tanda tambah kemdian muncul kolom gres yang perlu diisi datanya meliputi:
  1. Pangkat dan Golongan
  2. Nomor SK Gaji Berkala
  3. Tanggal SK honor Berkala
  4. TMT SK honor Berkala
  5. Masa Kerja dalam Tahun
  6. Masa kerja dalam Bulan
  7. Nominal Gaji Pokok.
Setelah selesai saya klik Simpan, ternyata keluar notifikasi atau pemberitahuan pada aplikasi yang berisi goresan pena "Error" dengan keterangan " Perubahan data hanya sanggup dilakukan oleh GTK yang bersangkutan" kemudian saya klik tanda silang berwarna putih. 

Berdasarkan pengalaman yang saya alami di atas melalui artikel ini saya jelaskan bagaimana caranya kalau mengalami hambatan tersebut. Dengan kata lain anda harus menciptakan akun GTK yang bersangkutan dan sejumlah GTK serta tendik yang ada pada sekolah anda. akun GTK ialah akun yang dipergunakan untuk mengedit data pada data GTK/Tendik. Berikut ini ialah cara mebuat akunnya:
  1. Silahkan anda klik tab sajian GTK/Tendik yang akan anda buatkan akun
  2. Kemudian klik satu kali pada tabel GTK/ Tendik
  3. Silahkan Klik sajian Penugasan dengan warna background goresan pena hijau muda
  4. Lalu akan muncul jendela gres penugasan GTK/Tendik dengan menampilkan data (Penugasan, Nomor surat tugas, Tanggal surat tugas, TMT tugas, Keaktifan PTK, Mutasi PTK, Alasan Keluar, tanggal keluar)
  5. Pada bab bawah terdapat 4 pilihan tab berwarna hijau renta ( tanda tanya/Batuan, Buat/ubah akun PTK, Simpan, serta Simpan dan tutup)
  6. Silahkan anda klik " Buat akun/ Ubah PTK" 
  7. Langkah selanjutnya akan muncul pengambilan data PTK berupa alamat email yang sudah anda inputkan pada data ptk semester sebelumnya. Alamat email tersebut sudah secara otomastis menjadi user.
  8. Langkah berikutnya anda masukkan kata sandi/password sesuia dengan yang anda inginkan.
  9. Lakukan konfirmasi kata sandi/Password pada kolom yang disediakan.
  10. Dibawah kolom konfirmasi kata sandi/Password, terdapat 4 keterangan mencakup (Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password orisinil email PTK, Diharapkan biar PTK sendiri yang memasukan password tersebut, Akun ini akan dipakai oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK, Akun pengguna PTK hanya sanggup dipakai untuk PTK yang berada di sekolah induk)
  11. Setelah dinyatakan disetujui oleh gtk yang bersangkutan silahkan anda klik "simpan"
  12. Selesai. 
Silahkan anda lakukan langkah yang sama menyerupai di atas pada masing-masing GTK/Tendik yang terdaftar pada sekolah anda. GTK/tendik yang sudah mempunyai akun PTK sanggup login memakai akun tersebut pada aplikasi dapodik sekolah anda. Namun bagaimana caranya akan saya jelaskan di bawah ini.
  1. Silahkan logout dari aplikasi dapodik sekolah anda.
  2. Kemudian silahkan masukkan email/user serta kata sandi sesuia dengan akun GTK yang sudah anda buat.
  3. Sama menyerupai login sekolah hanya berbeda dengan user dan kata sandinya, 
  4. Klik Tahun Pelajaran genap 2018/2019
  5. Kemudian klik Login
Setelah anda berhasil login dengan saya gtk anda kemudian akan muncul ( Beranda, GTK, Nilai, Profile Pengguna, Tentang, Keluar). Silahkan anda rubah data sesuai dengan bukti fisik yang ada. Lakukan dengan teliti, hati-hati, dan jangan bertindak melaksanakan manipulasi data. Karena sanksinya sangat berat kalau melaksanakan tindakan tersebut. Dalam melaksanakan update data GTK/Tendik sanggup juga didampingi oleh perator sekolah atau kepala sekolah. Semua Perubahan data yang dilakukan oleh GTK/Tendik secara otomatis akan tersimpan pada aplikasi dapodik sekolah anda selanjutnya lakukan pengecekan ulang dengan cita-cita data yang disajikan benar-benar sesuai dengan kondisi real serta uptodate. Jika sudah selesai anda sanggup secara bergantian loginnya dengan GTK/Tendik yang lainnya.

Jika sudah simpulan silahkan anda logout dari aplikasi dapodik, selanjutnya Opertor sekolah silahkan cek sekali lagi perubahan data yang telah dilakukan GTK/tendik yang bersangkutan. Bila semua proses sudah dilakukan anda sanggup mengirim data dapodik anda ke server dapodikdasmen menyerupai biasanya.

Demikian artikel saya berkaitan dengan cara menciptakan akun GTK pada aplikasi Dapodikdasmen 2019.c. Semoga memperlihatkan manfaat bagi kita semua, khusunya Operator sekolah. Samapai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. Jangan lupa berikan komentar anda yang bersifat membangun.

sumber ; Panduan Maual Aplikasi Dapodikdasmen 2019.c






Sumber http://rintokusmiran.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Buat Akun Gtk Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2019.C"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel