iklan

Begini Cara Aktifkan Pelindung Ponsel Dari Aplikasi Tuyul

Ilustrasi aplikasi Android. Foto: Irna Prihandini/detikINETIlustrasi aplikasi Android. Foto: Irna Prihandini/detikINET

Jakarta - Aplikasi "tuyul" dapat menyusup di Google Play Store sebab berakal menyembunyikan malware. Disebut tuyul, sebab aplikasi ini belakang layar menyedot baterai dan kuota internet.

"Jadi aplikasi tuyul ini pintarnya, ketika ada di Play Store tidak mengandung malware. Update yang dikirimkan, gres mengandung malware," kata pengamat gadget Lucky Sebastian, dihubungi detikINET, Kamis (13/12/2018).

Trik ini menciptakan aplikasi dapat melenggang bebas masuk toko aplikasi dan bertindak sebagai 'tuyul' yang menjahili ponsel. Untuk mencegahnya, ada pertolongan dari Google yang dapat kita aktifkan.

"Google punya pertolongan yang namanya Play Protect. Cara mengaktifkan dan mematikannya, buka aplikasi Play Store, tap menu, kemudian Play Protect," Lucky merinci tahapannya.




Jika sudah, kalian akan menemukan tampilan ibarat di bawah ini. Aktifkan 'Scan device for security threats' dan 'Improve harmful app detection' dengan menggeser tombol ke kanan sampai berwarna hijau.

Begini Cara Melindungi Ponsel dari 'Tuyul'Halaman Play Protect. Foto: Lucky Sebastian


"Secara berkala, Google akan 'me-remote' untuk scan aplikasi di smartphone kita yang ter-instal dan kemudian melaporkan, bahkan menghapus aplikasi berbahaya," terang Lucky.

Pendiri komunitas penggemar gadget Gadtorade ini menyebutkan, Play Protect bahwasanya memudahkan kita melaksanakan sideloading, menginstall aplikasi dari file APK di smartphone Android.

"Aplikasi sideloading dari sumber yang tidak terang ini, sering sudah diubah mengandung malware. Kaprikornus langkah Google mengizinkan install, tapi juga coba memproteksi," urainya.

Meski demikian, dikatakan Lucky, celah akan selalu ada. Karenanya, penting bagi pengguna smartphone untuk selalu mengupdate keamanan perangkatnya.

"Dari pengguna sendiri perlu juga penilaian apa yang mereka instal di ponselnya. Seringkali banyak yang bahagia menginstall aplikasi yang tidak dibutuhkan," katanya.

Lucky juga menyarankan pengguna untuk tidak malas membaca review dan komentar pengguna lain sebelum menginstall sebuah aplikasi.




"Misalnya (apakah) aplikasi ini terlalu banyak iklan, manis apa tidak, dan lain-lain. Karena pengalaman mereka membantu," sarannya.

Tidak kalah penting, pengguna juga harus melihat izin saluran sebuah aplikasi atau app permission yang dapat dilihat, sebelum maupun diinstal melalui sajian setting atau pengaturan.

"Aplikasi yang terlalu banyak meminta izin saluran ke segala pecahan perangkat harus diperhatikan, apakah memang diperlukan. Developer yang baik akan menjelaskan, bahkan dicantumkan di klarifikasi aplikasinya di Play Store," tutupnya.





Sumber detik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Aktifkan Pelindung Ponsel Dari Aplikasi Tuyul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel