iklan

√ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan Yang Benar Untuk Kesehatan

Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat minyak ikan? Kabarnya minyak yang berasal dari hati ikan cod ini memang mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan. Namun, banyak orang yang enggan minum minyak ikan alasannya tidak tahan terhadap basi bacin ikan yang menyengat.


Mengingat minyak ikan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, maka sangat disayangkan kalau Anda tidak mau mengonsumsi minyak ikan secara teratur. Bacaterus akan menawarkan panduan cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar untuk anak maupun dewasa. Di goresan pena ini, Anda juga sanggup mencari tahu mengenai cara mengonsumsi minyak ikan tanpa basi amis.


7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar


1. Pilih pelengkap kapsul atau cair


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Dewasa ini, minyak ikan dikemas dalam bentuk kapsul maupun cair. Suplemen cair mempunyai rasa minyak ikan yang lebih kuat, sehingga bagi sebagian orang aroma dan rasanya cukup mengganggu. Akan tetapi, pelengkap cair cepat larut dalam organ pencernaan dan darah.


Sementara itu, pelengkap kapsul tidak berbau dan umumnya berbentuk softgel. Anda sanggup eksklusif menenggak pelengkap kapsul tanpa terganggu dengan rasa dan basi bacin minyak ikan. Cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar yaitu menentukan bentuk pelengkap minyak ikan yang paling nyaman untuk dikonsumsi.


2. Periksa label kandungan pada kemasan


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Sebelum membeli produk minyak ikan, sebaiknya periksa label kandungan pada kemasan. Kami lebih menyarankan Anda untuk mengonsumsi pelengkap yang sudah terdaftar di BPOM alasannya lebih terjamin keamanannya. Pada umumnya, pelengkap minyak ikan juga dikombinasikan dengan Vitamin A dan D.


Sebagai konsumen, Anda harus cermat akan hal ini alasannya sejatinya kita dihentikan terlalu banyak mengonsumsi vitamin. Orang cukup umur tidak memerlukan Vitamin A lebih dari 10000 IU dan Vitamin D lebih dari 5000 IU setiap harinya. Jadi, pilih minyak ikan yang kandungan Vitamin A dan D-nya tidak lebih dari jumlah tersebut.


3. Konsultasi kepada dokter


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Bila Anda galau mencari cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar, sebaiknya konsultasikan duduk perkara ini kepada dokter Anda. Dokter akan memberi petunjuk waktu yang sempurna minum minyak ikan alasannya sanggup saja kondisi kesehatan Anda tidak memungkinkan untuk minum minyak ikan.


Selain itu, kalau Anda masih mengonsumsi beberapa obat tertentu, maka Anda harus menanyakan kepada dokter apakah minyak ikan kondusif diminum bersama dengan obat tersebut. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang justru kondusif kalau dibarengi dengan konsumsi minyak ikan. Misalnya, obat hipertensi akan jadi lebih efektif kalau dikonsumsi bersama dengan minyak ikan.


4. Konsumsi sesuai takaran yang tepat


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Meskipun mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan, minyak ikan harus dikonsumsi sesuai takaran yang tepat. Dosis minyak ikan bagi orang cukup umur tidak lebih dari 3 gram sehari. Sementara untuk anak dosisnya kurang dari 2 gram sehari.


Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa kandungan minyak ikan dalam setiap pelengkap berbeda-beda. Ada pelengkap yang 1 kapsulnya hanya mengandung 1 gram minyak ikan. Oleh alasannya itu, kembali lagi ke poin kedua yaitu periksa kandungan minyak ikan pada pelengkap yang Anda beli. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan lebih dari takaran yang dianjurkan sanggup menjadikan beberapa imbas samping.


5. Ketahui imbas samping konsumsi minyak ikan


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Konsumsi minyak ikan bukan berarti tanpa imbas samping. Walaupun Anda sudah menerapkan cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar, Anda perlu mengetahui bahwa minyak ikan mempunyai imbas samping. Efek samping minyak ikan antara lain yaitu sendawa, basi mulut, penyakit maag, dan juga mimisan.


Apabila Anda mengonsumsi minyak ikan dengan takaran lebih dari yang ditentukan, maka ada beberapa imbas samping yang lebih serius ibarat pendarahan, pembekuan darah, mual, dan diare. Namun, apabila Anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi minyak ikan sesuai takaran yang ditentukan maka tidak akan terjadi apa-apa pada diri Anda.


6. Kondisi yang tidak kondusif untuk mengonsumsi minyak ikan


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Tidak semua orang sanggup mengonsumsi minyak ikan, terutama minyak hati ikan cod. Pasalnya, ada beberapa kondisi kesehatan yang diklaim tidak kondusif untuk mengonsumsi minyak ikan. Misalnya, seseorang yang hipersensitif, alergi seafood, penderita kanker payudara dan prostat atau penderita penyakit jantung.


Di samping itu, perempuan hamil dan menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi minyak ikan terlebih dahulu. Jika Anda sendiri tidak yakin dengan kondisi kesehatan diri sendiri untuk mengonsumsi minyak ikan, bertanyalah kepada dokter Anda sebelum mengonsumsinya.


7. Campurkan pada kuliner dan minuman


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang merasa terganggu dengan aroma dan rasa bacin dari minyak ikan? Jangan jadikan hal ini sebagai halangan untuk tetap mengonsumsi minyak ikan. Cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar tanpa terganggu dengan aromanya yaitu mencampurkan minyak ikan pada kuliner dan minuman.


Campurkan minyak ikan cair ke dalam jus buah atau salad yang akan dimakan. Jika tidak tahan dengan rasa dan aromanya, kombinasikan minyak ikan dengan madu yang manis dan aromanya harum. Manfaat madu dan minyak ikan ini benar-benar luar biasa bagi kesehatan Anda.


Tips menentukan minyak ikan berkualitas


Pernah mendengar ihwal sejumlah manfaat  √ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan yang Benar untuk Kesehatan


Selain mengetahui cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar, Anda juga harus mengetahui beberapa tips penting dalam menentukan minyak ikan berkualitas. Simak tipsnya berikut ini.



  • Transparasi kandungan di label


Ketika membaca label di kemasan minyak ikan yang Anda beli, coba cek jumlah kandungan EPA dan DHA yang terdapat di dalamnya. EPA dan DHA yaitu bab dari Omega-3 yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.


Kandungan EPA + DHA ini minimal yaitu 1 gram. Anda juga harus mencari tahu jenis ikan yang digunakan dalam pelengkap ini. Ikan cod yaitu yang paling populer, meskipun ada beberapa brand pelengkap yang memakai salmon, sarden, atau anchovies.



  • Proses manufaktur dan lokasi


Proses pembuatan dan pengemasan minyak ikan sangat penting untuk menjamin kualitas minyak ikan yang akan Anda konsumsi. Usahakan menentukan produk yang mempunyai label grade farmasi manufaktur yang membutuhkan GMP. Fasilitas GMP biasanya diperuntukkan obat dengan kontrol yang kuat. Selain itu, pilih pelengkap yang pabriknya akrab dengan sumber ikan untuk menjamin kesejukan ikan yang digunakan.



  • Sumber ikan


Perhatikan sumber ikan yang digunakan untuk menciptakan pelengkap minyak ikan. Informasi mengenai lokasi sumber ikan biasanya dicantumkan pada kemasan. Ikan yang diternakkan mempunyai kandungan asam lemak Omega-3 yang rendah. Sementara itu, kalau sumber ikan berasal dari bahari Arctic dianggap mempunyai Omega-3 tinggi dan belum terkotori oleh limbah beracun.


Nah kalau Anda masih belum yakin menentukan minyak ikan yang cocok, silakan simak rekomendasi kami mengenai merk minyak ikan yang bagus ini.


Serba-serbi cara mengkonsumsi minyak ikan yang benar ini sanggup membantu Anda untuk mengoptimalkan manfaat dari minyak ikan. Perhatikan juga tips dalam menentukan minyak ikan yang berkualitas biar Anda tidak membeli minyak ikan dengan mutu yang kurang bagus. Untuk kesehatan diri sendiri dan keluarga tentu Anda menginginkan produk minyak ikan yang terbaik, bukan?



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Ikan Yang Benar Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel