iklan

3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman

Pernah mengalami kondisi genting dan mengharuskanmu keluar uang banyak dalam jangka waktu singkat? Tenang, kau tentu saja tidak sendirian. Semua orang niscaya pernah mengalaminya biasanya untuk keperluan perbaikan rumah, kesehatan atau kendaraan yang tiba mendadak.


Pengeluaran dadakan menyerupai itu memang harus kita waspadai. Datang tiba-tiba tanpa pernah kita ketahui kapan datangnya. Disaat mendesak dan membutuhkan uang yang banyak menciptakan kita harus mempersiapkan uang khusus yang disebut dana darurat.


Jadi, dana darurat yaitu dana yang dipersiapkan untuk keperluan mendesak dengan jangka waktu yang singkat. Mempersiapkan dana darurat memang sangat penting semoga tidak mengganggu perencanaan uang lainnya. Kalau tidak punya dana darurat sanggup aja dana pendidikan anak atau dana lainnya yang udah disiapkan malah terpakai. Gawat juga kan.


Dalam ilmu perencanaan keuangan, lantaran sifatnya sangat mendadak dana darurat menjadi pondasi paling awal dalam perencanaan keuangan langsung maupun keluarga. Langkah awal yang perlu dijalankan oleh siapapun guna megamankan kondisi finansial. Wajib banget buat semua orang mempersiapkan “bumper” dalam kondisi yang darurat.


Lalu gimana cara menyusun dana darurat itu?


1. Tentukan Jumlah Dana Darurat


Pernah mengalami kondisi genting dan mengharuskanmu keluar uang banyak dalam jangka waktu  3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman


Para perencanaan keuangan di Indonesia selama ini menyatakan bahawa setiap individu maupun keluarga harus mempersiapkan dana darurat dengan jumlah besaran 4-12 bulan kali pengeluaran kita.


Sebenarnya jumlah besaran itu tergantung kebutuhan. Misal kalau belum berkeluarga jumlah besarannya cukup 4-6 bulan kali pengeluaran. Lain hal kalau sudah berkeluarga maka dana darurat idealnya 6-12 bulan kali pengeluaran.


Setelah menentukan besarannya lalu kau sanggup memulai mengumpulkan dana darurat dari memotong penghasilan di awal gajian atau memotong biaya-biaya yang tidak perlu menyerupai membeli barang hanya lantaran harapan bukan kebutuhan,serta pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu lainnya.


2. Persiapkan Tempat Menyimpan Dana Darurat


Pernah mengalami kondisi genting dan mengharuskanmu keluar uang banyak dalam jangka waktu  3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman


Setelah kita menentukan besaran jumlah dana darurat langkah selanjutnya yaitu menentukan produk keuangan yang cocok. Perlu diketahui untuk dana darurat lebih cocok dengan produk keuangan yang bebas risiko dengan imbal hasil yang lumayan.


Salah satu daerah menyimpan dana darurat yang bebas risiko dengan imbal hasil meningkat setiap tahunnya yaitu emas. Emas dikenal sebagai asset safe heaven yang bebas risiko.


Bagaimana caranya investasi emas? Untuk ketika ini sangat gampang hanya dengan memakai aplikasi saja kau udah sanggup mempersiapkan dana darurat dengan emas. Kamu sanggup d0wnl0ad aplikasi Tamasia di playstore dan appstore hanya mulai 10 ribu kau udah sanggup memulai nabung emas buat persiapan dana darurat loh.


3. Memantau Jumlah Dana Darurat


Pernah mengalami kondisi genting dan mengharuskanmu keluar uang banyak dalam jangka waktu  3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman


Langkah terakhir yaitu terus memantau jumlah dana darurat yang sudah berapa terkumpul dan berapa kekurangannya. Salah satu keunggulan kalau kau memakai aplikasi Tamasia maka kau sanggup memakai fitur-fitur didalamnya untuk terus memantau dan sanggup mengukur dana daruratmu yang dibelikan emas hanya dalam satu aplikasi. Praktis bukan?


Bagaimana kalau terjadi inflasi? Itulah sebabnya kita harus menentukan produk yang sempurna untuk mengalahkan inflasi menyerupai emas.


Apakah dana darurat jumlahnya sanggup direvisi? Tentu saja bisa. Kamu sanggup menambahkan atau mengurangi dengan sesuai kebutuhan.


Demikianlah 3 tips yang sanggup kau praktikan semoga dana darurat cepat terkumpul dan kondusif dari risiko.


——-


BACA JUGA:


Benarkah Lebih Baik Beli Emas daripada Menabung Uang di Bank?


Cara Wujudkan Pergi ke Tanah Suci di Umur 30 Tahun


8 Tips menikah dengan bujet 50 juta


——-


Tamasia yaitu Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kau sanggup memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas kondusif tersimpan di forum kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis kini di android dan iOS!



Sumber https://www.tamasia.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Tips Mengelola Dana Darurat Dengan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel