iklan

20 Manfaaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya

Sering kita dengar bahwa kopi ditanggapi dengan negatif lantaran sanggup merusak kesehatan dan penampilan. Contohonya, pada kopi terdapat kandungan kafein dan sanggup meninggalkan noda pada gigi. Tapi kenyataannya adalah, manfaat mengkonsumsi kopi jauh lebih banyak daripada imbas negatif yang diakibatkannya. Yang sering diabaikan dari kopi bahwa faktanya minuman ini jauh lebih dari hanya sekadar kafein.


Dalam bentuk aslinya, kopi merupakan masakan yang mengandung zat-zat bermanfaat bagi kesehatan ibarat nutrisi dan antioksidan. Kunci untuk mendapat manfaat kopi ialah mengetahui kopi ibarat apa yang berkualitas tinggi dan bagaimana cara menghindari imbas sampingnya. Sebab banyak kopi dijual bekerjsama kandungan nutrisi nya sudah dikurangi atau telah ditambahkan materi buatan berupa zat yang berbahaya.


Mari kita simak manfaat-manfaat kopi yang luar biasa bagi kesehatan.


Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh


1. Membantu Tubuh Kamu Membakar Kalori


Dalam satu penelitian di Spanyol, atlet yang minum kira-kira 12ons kopi sebelum berolahraga tubuhnya sanggup mengkremasi kalori sekitar lebih banyak 15% dengan berolahraga selama tiga jam.


Sedangkan tidak berolahraga saja, telah terbukti bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 10 sampai 20 persen, dengan meminum satu sampai dua cangkir kopi per hari. Alhasil, kau bisa mengkremasi kalori dan bahkan membantu kau menurunkan berat tubuh bila kau sedang diet dan jadwal rutin olahraga.


2. Meningkatkan Sirkulasi Darah


Berdasarkan penelitian dari Jepang, dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 5 ons terbukti sanggup meningkatkan pedoman darah kapiler sebanyak 30% kapiler.


Dengan peningkatan sirkulasi darah yang sedemikian banyaknya, pedoman oksigenas pada jaringan tubuh lebih banyak. Sehingga bisa meningkatkan kinerja kegiatan fisik.


3. Efek Penghilang Rasa Sakit


University of Illinois telah meneliti dan tetapkan bahwa bahwa dengan mengkonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari sanggup mengurangi tingkat nyeri sesudah setelah olahraga berat.


Penemuan tersebut diteliti ulang dalam sebuah studi di Universitas Georgia. Dimana penerima melaporkan penurunanan nyeri otot sebanyak 48%. Sedangkan obat Naproxen hanya bisa menurunkan nyeri otot sebanyak 30% dan Naproxen hanya 25%.


4. Meningkatkan Stamina


Selain sanggup mengurangi tingkat nyeri otot selama kegiatan fisik, kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina atau daya tahan kamu. Disimpulkan bahwa kopi bisa menciptakan pengkonsumsi sanggup mengurangi pengeluaran energi yang dirasakan lebih sedikit 5%.


Dengan demikian, meminum kopi sebelum berolahraga atau kegiatan fisik lainnya sanggup meningkatkan performa lebih dari 11%, lantaran tubuh merasa memakai energi lebih sedikit.


5. Membantu Mempertahankan Jaringan Otot semoga Awet Muda


Ketika kau minum kopi, otak kau akan melepaskan zat yang disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor (Faktor Neurotropik yang Dikeluarkan oleh Otak), yang mendukung kekuatan otot-otot kamu. Tanpa faktor yang penting ini, otot cenderung mengalami atrofi berlebih.


Pada dasarnya, kafein yang dikandung oleh kopi sanggup membantu mencegah hilangnya kekuatan terkait usia yang juga sanggup mengurangi risiko cedera.


6. Membuat Lebih Pintar


Kafein yang ada pada kopi sanggup meningkatkan kewaspadaan dan energi, yang dihasilkan oleh interaksi antara adenosin reseptor di otak.


Hal tersebut bisa meningkatkan fungsi otak dalam aneka macam hal, ibarat kecepatan reaksi, kewaspadaan, dan fungsi-fungsi yang lain.


7. Meningkatkan Daya Ingat


Salah satu fungsi otak yang terpenting ialah daya ingat. Oleh lantaran idu, mengkonsumsi kopi sanggup meningkatkan daya ingat.


Dengan meminum dua cangkir kopi (sekitar 8 ons) per hari bisa meningkatkan daya ingat menjadi lebih tajam.


8. Mengurangi Resiko Terhadap Berbagai Jenis Kanker


Sejauh ini, telah terbukti bahwa kopi sanggup menekan resiko kanker hati dan kolorektal, Kdua jebis kanker ini ialah peringkat ketiga dan keempat terjangkit pada penderita kanker sedunia.


Pada peminum kopi 4-5 gelas per hari mempunyai resiko kanker hati 40% lebih rendah dan kanker kolorektal 15% lebih rendah dari orang yang bukan peminum kopi. Ditemukan juga korelasi antara peminum kopi dan sejenis kanker kulit bahwa peminum kopi mempunyai resiko lebih rendah terhadap penyakit karsinoma sel basal.


Baca juga maanfaat bawang dayak yang sangat mujarab untuk mengobati aneka macam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.


9. Mengurangi Resiko Serangan Jantung


Sebuah studi selama bertahun-tahun telah mengklaim bahwa mengonsumsi kafein sanggup meningkatkan tekanan darah. Namun efeknya tidak terlalu signifikan dan umumnya penyakit jantung lebih sering ditemukan pada orang-orang yang tidak minum kopi secara teratur. Sementara itu sebaliknya, belum ada studi yang mendukung gagasan bahwa kopi sanggup meningkatkan risiko penyakit jantung.


Bukti memperlihatkan bahwa kopi sanggup mengurangi resiko penyakit jantung pada beberapa orang yang diteliti, terutama pada wanita. Selain itu para peminum kopi juga mempunyai risiko stroke 20 persen lebih rendah dari orang yang tidak minum kopi.


Ketahui juga khasiat daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan aneka macam laba lainnya.


10. Menurunkan Resiko Depresi


Kopi juga sanggup menurunkan tingkat depresi, terutama pada wanita. Jika perempuan mengonsumsi sebanyak empat cangkir atau delapan ons per hari, sanggup menurunkan risiko depresi sebanyak 20%.


Penurunan resiko ini dikarenakan oleh fakta bahwa kopi mempengaruhi produksi zat kimia pada otak ibarat serotonin dan dopamine.


11. Membantu Melawan Encok


Encok ialah suatu penyakit yang disebabkan oleh peningkatan asam urat pada darah. Pria yang minum empat atau lima gelas kopi per hari mempunyai risiko terkena encok lebih rendah 40 persen dibandingkan dengan laki-laki yang tidak minum kopi.


Kopi yang tidak mengandung kafein juga lebih sedikit lebih banyak menurunkan risiko asam urat dibandingkan dengan kopi yang mengandung kafein.


12. Melindungi Hati


Selain mencegah kanker hati, kopi juga telah terbukti sanggup mencegah penyakit lain yang bekerjasama dengan hati, ibarat hepatitis dan penumpukan lemak pada hati.


Kopi sanggup melindungi serangan sirosis pada hati. Sironis adalah penyakit kronis pada hati yang ditandai dengan degenerasi sel, peradangan, dan penebalan jaringan sel. Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh alkohol atau hepatitis. Jika terkena penyakit yang satu ini, organ ini rusak parah lantaran sel-selnya rusak. Sementara peminum kopi 4 gelas sehari mempunyai resiko terjangkit penyakit sironis sebanyak 80% lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang tdak mengkonsumsi kopi.


13. Mengandung Nutrisi dan Antioksidan


Kandungan antioksidan pada kopi sangat tinggi. Faktanya, peminum kopi mendapat antioksidan lebih banyak dari kopi ketimbang orang yang memperoleh antioksidan dari buah-buahan dan sayuran.


Selain Antiosidan terdapat zat-zat penting lain ibarat Riboflavin (11% dari RDA), kalium (3%), magnesium dan niacin (masing-masing 2%). Jumlah tersebut meningkat bila kau minum kopi lebih dari satu gelas per hari.


14. Membuat Tubuh Lebih Energik


Manfaat kopi yang satu ini sepertinya sudah diketahui oleh orang-orang pada umumnya. Inilah alasan utama kenapa banyak orang meminum secangkir kopi pada pagi hari.


Selain harum dan nikmat, tidak ragu lagi bahwa kopi sanggup memberi penambahan energi pada tubuh. Terutama pada dikala kau kurang tidur. Hal ini disebabkan oleh kafein yang berfungsi sebagai stimulan untuk membantu kau merasa lebih waspada dan fokus. Selain itu, meminum kopi juga sanggup memperlihatkan dorongan energi untuk membantu kau tetap fit dikala kau kekurangan stamina. Kamu juga bisa meningkatkan produktivitas bila meminum kopi sebelum melaksanakan suatu aktivitas.


15. Mengurangi Tingkat Stres Hanya dengan Mencium Aroma Kopi


Para peneliti dari Seoul National University menemukan bahwa tikus yang kurang tidur dan menghirup aroma kopi mengalami penurunan protein otak yang menjadikan stres. Perlu dicatat bahwa pengurangan stres ini khususnya stres yang terkait dengan akhir kurang tidur.


16. Menurangi Risiko Diabetes Tipe 2


Diabetes tipe 2 ialah pwnyakit yang diderita oleh sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Sementara peminum kopi secara rutin sanggup mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 ini.


Hasil dari aneka macam penelitian memperlihatkan pengurangan resiko terjangkit diabetes tipe 2 sebanyak 7% untuk setiap satu cangkir kopi yang dikonsumsi. Bahkan pecandu kopi sanggup menurunkan risiko sebanyak 67%.


17. Menurunkan Risiko  Terkena Alzheimer


Alzheimer ialah penurunan daya ingat, alias pikun. Studi di Universitas Miami dan Universitas South Florida telah pertanda bahwa ada korelasi antara mengkonsumsi kopi dan penurunan risiko demensia, di mana Alzheimer ialah salah satu jenisnya.


Bahkan, orang yang mengkonsumsi sekitar tiga gelas kopi setiap hari sanggup mempunyai resiko Alzheimer 65% lebih rendah ketimbang orang yang tidak meminum kopi. Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit Parkinson, mengurangi resiko sekitar 32 sampai 60%, dan penyakit neurodegeneratif atau motor system yang lainnya.


18. Menambah Usia


Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute (NCI) tetapkan bahwa orang yang minum tiga gelas atau lebih setiap hari sanggup menambah usia sekitar 10% lebih lama. Sementara tujuan utama penelitian tersebut ialah mencari tahu kemungkinan imbas meminum kopi terhadap kesehatan.


19. Membuatmu Merasa Lebih Bahagia


Kita tentu sudah mengetahui bahwa senang sanggup meningkatkan kesehatan. Nah, bagi yang suka minum kopi, kehangatan dan rasa kopi yang kau nikmati setiap pagi sanggup menciptakan kau hidup lebih bahagia.


20. Meningkatkan Ekonomi yang Berkelanjutan


Beberapa tahun terakhir tercatat bahwa perdagangan kopi meningkat di seluruh dunia. Dimana hal tersebut berbuah positif terhadap petani kecil di seluruh dunia.


Dengan perdagangan di aneka macam organisasi yang adil dan bekerja untuk meningkatkan peluang dan hak-hak bagi para petani, mereka mempromosikan keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Mereka mendorong para petani semoga meningkatkan tanaman kopi merka dan juga menyarankan bertani kopi organik.


Adakah Efek Samping Meminum Kopi?


Ada beberapa faktor penting yang harus kau pertimbangkan bila kau ingin menikmati manfaat kopi.



  • Beberapa dari manfaat kopi berkaitan eksklusif dengan kafein. Tentu manfaat kopi yang tidak mengandung kafein tidak sama dengan kopi yang mengandung kafein. Manfaat kopi bagi kesehatan akan berkurang bila koppi tersebut ditambah dengan zat-zat lain ibarat perhiasan buatan atau krim.

  • Meskipun kopi sanggup membantu kau untuk menahan rasa lelah, bila berlebihan sanggup menjadikan kelelahan adrenalin.

  • Kopi juga bersifat diuretik (menghasilkan air seni). Oleh lantaran itu, bila meminum kopi terlalu banyak sanggup menjadikan dehidrasi.


Seperti yang bisa kau lihat pada infographic di bawah ini, imbas kopi diilustrasikan dengan malaikat dan iblis. Jika kau meminum kopi secara berlebihan, sanggup menjadikan hasil negatif.


Sering kita dengar bahwa kopi ditanggapi dengan negatif lantaran sanggup merusak kesehatan dan 20 Manfaaat Kopi untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya


Cara Mengambil Manfaat yang Maksimal dari Kopi


Untuk mendapat manfaat yang maksimal dari kopi, pilihlah biji kopi utuh dan menggilingnya sendiri sebelum kau menyeduh dan meminumnya. Atau bila kau tau dimana penggiling kopi orisinil yang kau percaya, kau bisa beli disitu. Kopi hitam sangat dianjurkan bila kau ingin mendapat manfaat kopi untuk kesehatan yang lebih banyak.


Kamu juga boleh memakai biji kopi organik lantaran bebas pestisida dan sering ditanam di antara tanaman yang sering disemprot.


Cara terbaik untuk mendapat kopi yang terbebas dari materi kimia ialah dengan mencari produk kopi yang di segel 100% organik. Atau, bila kau sedang bepergian ke tempat pertanian, kau juga bisa mengunjungi perkebunan kopi lokal dan membeli eksklusif dari petaninya.


Referensi:



  1. Time.com – Here’s Another Reason to Feel Good About Drinking Coffee

  2. www.livestrong.com – The Effects of Caffeine on Adenosine

  3. Fitness.mercola.com – 6 Reasons to Drink Coffee Before Your Workout

  4. www.healthdigezt.com – The Health Benefits Of Coffee

  5. www.huffingtonpost.com – 11 Reasons You Should Drink Coffee Every Day

  6. www.healthline.com – 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science

  7. Blog.arthritis.org – Does Coffee Help or Hurt Gout?

  8. www.dailyinfographic.com – Pros and Cons of Coffee Consumption



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Manfaaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel