iklan

√ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun Yang Menyehatkan

Olive oil alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah olive (zaitun). Buah ini berasal dari Pohon Basin Mediterania. Buah zaitun semenjak dulu sudah digunakan untuk banyak sekali tujuan, mulai dari dimasak, diminum, untuk kecantikan, dan dibentuk minyak.


Minyak zaitun sering digunakan untuk kecantikan, obat, dan makanan. Karena, memang, minyak zaitun mempunyai banyak khasiat. Pada kesempatan ini, Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 manfaat beserta cara mengonsumsi minyak zaitun. Tapi, sebelum itu, ketahuilah bahwa ada empat jenis minyak zaitun yang paling sering digunakan:


Jenis Minyak Zaitun


1. Minyak Zaitun Murni / Pure Olive Oil


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan


Minyak zaitun murni yakni perpaduan antara extra virgin oil dan minyak zaitun olahan (refined olive oil). Minyak zaitun murni ini mempunyai kadar gizi yang lebih rendah daripada virgin olive oil. Karenanya, minyak jenis ini lebih baik digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut saja daripada untuk memasak.


Karena, bila dipanaskan, minyak ini akan menghasilkan amis yang tidak enak. Namun, bila digunakan pada rambut, pure olive oil sanggup memberantas ketombe, rambut dan kulit kepala kering, serta rambut yang sulit diatur. Lalu, minyak ini juga bagus untuk kulit alasannya sanggup melembabkan dan memperlihatkan efek relaksasi. Makanya, minyak ini banyak digunakan sebagai minyak pijit/massage.


2. Minyak Zaitun yang Dimurnikan / Refined Olive Oil / Light and Pure Olive Oil


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan


Minyak zaitun yang dimurnikan atau refined olive oil lebih gampang dijumpai di negara India. Minyak ini dikenal juga sebagai light and pure olive oil. Harga minyak zaitun ini lebih murah daripada virgin olive oil. Mungkin alasannya kandungan vitamin dan nutrisi refined olive oil lebih rendah daripada extra virgin olive oil maupun virgin olive oil.


Karena tidak mengandung banyak anti-oksidan dan sifat anti-inflamasi penting menyerupai yang dikandung virgin olive oil, minyak zaitun yang dimurnikan tidak mempunyai rasa pahit. Walaupun tidak mengandung banyak nutrisi, minyak ini bagus untuk keperluan memasak, apalagi untuk memasak masakan India.


3. Minyak Zaitun / Virgin Olive Oil (VOO)


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.thekitchn.com


Virgin olive oil (VOO) menjadi diam-diam diet orang-orang Mediterania. Virgin olive oil, yang bila diterjemahkan yakni “minyak zaitun” biasa tanpa perhiasan apapun lagi, merupakan minyak yang tidak dimurnikan. Maksudnya adalah, minyak zaitun ini tidak mengandung materi kimia dan tidak melalui proses pemanasan saat dibuat.


Jika Anda resah membedakan virgin olive oil dengan extra virgin olive oil, lihatlah pada gambar di atas. Warna minyak zaitun biasa lebih pucat, sedangkan extra virgin olive oil lebih pekat. Perbedaan lainnya yakni dari tingkat keasaman oleic yang sedikit lebih tinggi didapatkan pada minyak zaitun biasa.


Minyak zaitun ini sanggup digunakan untuk sauté (menumis) sampai memasak dan memanggang. Namun, minyak ini tidak sanggup digunakan untuk deep fried, ya. Deep fried merupakan cara menggoreng dengan minyak yang banyak menyerupai untuk menggoreng ayam, ikan, dan gorengan.


Kenapa minyak zaitun tidak sanggup digunakan untuk deep fried, alasannya minyak zaitun mengandung titik pengasapan yang rendah (low smoking point) dan tinggi asam lemak jenuh.


4. Minyak Zaitun Ekstra Virgin / Extra Virgin Oil (EVOO)


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan


Selanjutnya ada minyak zaitun ekstra virgin. Minyak ini mempunyai kualitas yang tertinggi (dan yang paling mahal harganya) daripada minyak zaitun lainnya. Hal ini dikarenakan minyak ini mengandung banyak mineral alami dan vitamin. Minyak zaitun ekstra virgin juga mengandung tingkat keasaman terendah, namun kaya akan anti-oksidan, mineral, dan vitamin.


Karena minyak ini murni alias tidak melalui proses kimia apa pun juga, Anda sanggup meminumnya atau menuangkannya eksklusif di atas salad. Anda sanggup juga menimbulkan minyak zaitun ekstra virgin ini sebagai cocolan untuk roti atau dituang pada kuliner dingin. Asal, jangan pernah memakai minyak ini untuk memasak, alasannya kandungan vitamin minyak ini akan hancur.


Nah, itu ia sekilas mengenai jenis-jenis minyak zaitun dan cara menggunakannya yang terbaik. Sekarang, Anda sudah tahu kan mana minyak yang kondusif dikonsumsi langsung, sanggup digunakan untuk memasak, dan yang hanya sanggup digunakan untuk kecantikan? Yuk, mari ketahui lebih lanjut cara mengkonsumsi minyak zaitun!


Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun


1. Diminum Langsung


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.sbs.com.au


Cara mengkonsumsi minyak zaitun yang pertama yakni dengan meminumnya langsung. Tentu tidak semua jenis minyak zaitun sanggup Anda minum. Yang sanggup Anda konsumsi eksklusif hanyalah extra virgin olive oil. Karena merupakan minyak zaitun yang paling murni, minyak ini mengandung anti-kanker, terutama kanker pencernaan dan kanker payudara.


Minyak zaitun ekstra virgin juga sanggup memberantas demensia semenjak dini. Penyebab demensia atau alzheimer yakni terjadi peningkatan beta-amyloid di otak. Nah, minyak zaitun ekstra virgin mengandung senyawa oleocanthal yang berfungsi mengontrol tingkat beta-amyloid tersebut.


Cara mengonsumsinya, Anda sanggup mengambil sloki atau gelas kecil, dan minum minyak zaitun satu sloki penuh. Anda sanggup juga meminum minyak zaitun sebanyak 1-2 sendok makan. Minyak ini kondusif diminum satu kali setiap hari, lebih baik diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas.


2. Dressing Salad


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.livestrong.com


Masih minyak zaitun ekstra virgin, selain diminum langsung, Anda sanggup menjadikannya sebagai dressing salad yang enak! Cara mengkonsumsi minyak zaitun sebagai dressing salad yakni sebagai berikut:


Bahan:



  • 100 ml Extra virgin olive oil

  • 3 siung bawang putih, cincang halus

  • ½ sdt merica bubuk / blackpepper

  • 100 ml perasan jeruk lemon / jeruk nipis / cuka apel

  • 2 sdt garam

  • 1 sdm gula pasir

  • Oregano dan Basil (Italian herbs) secukupnya


Cara Membuat:


Campur semua materi di atas di dalam mangkuk. Siapkan salad sesuai selera Anda, tapi dressing minyak zaitun lebih cocok untuk salad sayur daripada salad buah. Setelah adonan minyak zaitun jadi, siramkan di atas salad Anda. Selesai! Praktis sekali, bukan?


Anda sanggup juga menyimpan dressing salad ini di dalam botol dengan ujung corong menyerupai kawasan kecap untuk digunakan kemudian hari alasannya tidak akan bau walaupun tidak digunakan langsung.


3. Basic Mustard Vinaigrette


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.reluctantgourmet.com


Cara mengkonsumsi minyak zaitun yang selanjutnya yakni dengan membuat basic mustard vinaigrette. Begini cara membuatnya. Pertama-tama siapkan bahannya:



  • 1 genggam bawang putih, hancurkan

  • 2 sdm cuka balsamic

  • 1 sdt Dijon mustard atau mustard biasa

  • 5-6 sdt minyak zaitun

  • Sejumput peterseli dan thyme kering

  • Garam dan lada secukupnya


Lalu, cara membuatnya yakni sebagai berikut:



  • Siapkan mangkuk atau toples kecil. Masukkan cuka, bawang putih, mustard, kemudian aduk rata.

  • Sambil diaduk cepat, tambahkan minyak zaitun sedikit demi sedikit.

  • Jika sudah tercampur semua, tambahkan peterseli, thyme, garam dan lada, kemudian tes rasa apakah sudah pas di pengecap Anda atau belum.


4. Puree Ati Ayam


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: eathealthrive.ca


Puree ati ayam merupakan MPASI (makanan pendamping ASI) yang sangat baik buat si kecil. Mari ketahui cara mengkonsumsi minyak zaitun dengan menjadikannya kuliner sehat untuk anak. Berikut yakni materi dan cara membuatnya.


Bahan:



  • 1 potong hati ayam beku

  • 1 siung bawang putih, geprek

  • 1 batang sereh, geprek

  • 1 lembar daun salam

  • 1 sdt EVOO

  • Keju parut secukupnya


Cara Membuat:


Cuci higienis hati ayam, kemudian parut. Parut keju (opsional). Kukus hati ayam yang sudah diparut bersama dengan bawang putih, sereh, dan daun salam selama 15 menit. Angkat, kemudian tambahkan 1 sdt EVOO dan sejumput keju parut.


Selain untuk MPASI, puree hati ayam sanggup dikonsumsi oleh orang remaja juga. Puree ini lezat bila dimakan dengan roti yang sudah dipanggang terlebih dahulu. Selamat mencoba!


5. Spaghetti Udang Minyak Zaitun


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.taste.com.au


Spaghetti memang bukan kuliner utama orang Indonesia, tapi sangat populer. Biasanya spaghetti tersedia di restoran dan kafe. Tapi, Anda sanggup juga membuatnya sendiri di rumah dengan memakai minyak zaitun. Berikut resepnya.


Bahan:



  • 170 gram pasta

  • 150 gram udang kupas

  • 2 siung bawang putih, geprek, kemudian cincang

  • ½ bawang b0may, potong dadu kecil-kecil

  • Minyak zaitun, oregano, cabai tumbuk kering, keju parmesan, garam, dan kaldu bubuk secukupnya


Cara membuat:



  • Rebus spaghetti hingga al dente (tidak terlalu lembek)

  • Selagi menunggu spaghetti siap, tumis bawang putih dengan minyak zaitun sampai harum

  • Masukan udang, masak sampai berubah warna

  • Masukan spaghetti ke dalam tumisan udang

  • Masukkan garam, kaldu bubuk, dan oregano

  • Angkat, tata di piring kemudian taburi cabe kering dan keju parmesan. Selesai! Sajikan hangat.


6. Cah Sayuran Mix


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.vegkitchen.com


Makan sayur, yuk. Cara mengkonsumsi minyak zaitun yang selanjutnya yakni dengan menjadikannya cah sayuran campur. Resepnya sanggup Anda dapatkan pada link ini.


7. Bubur Oatmeal


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: emmycooks.com


Siapa bilang oatmeal cuma sanggup dikonsumsi dengan susu saja? Anda sanggup berkreasi memakai oatmeal dan minyak zaitun. Salah satunya yakni dengan resep bubur oatmeal yang sanggup Anda saluran lewat link ini. Makanan ini sanggup dikonsumsi oleh orang remaja maupun balita dan bayi.


8. Baked Rice


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.news24.com


Nasi panggang sering dijumpai di restoran dan kafe yang menjual kuliner ala Barat. Yang sering dimasukkan ke dalam nasi panggang ini diantaranya tuna, smoked beef, potongan daging ayam/sapi/kambing, dan masih banyak lagi. Anda sanggup membuatnya sendiri di rumah, loh! Ikuti langkahnya pada resep ini.


9. Sup Tomat


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.bbcgoodfood.com


Mau makan sup yang rendah lemak dan vegetarian friendly? Sup tomat minyak zaitun ini pas sekali buat Anda. Sup tomat sanggup eksklusif dinikmati saat masih panas. Anda sanggup mencocol roti juga dengan sup ini. Resep sup tomat ini sanggup Anda baca di link ini.


10. Es Krim


alias minyak zaitun yakni minyak yang terbuat dari buah  √ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun yang Menyehatkan

* sumber: www.telegraph.co.uk


Pernah mendengar es krim minyak zaitun? Belum? Kalau begitu sama, kami juga gres mendengarnya sekarang. Ternyata, cara mengkonsumsi minyak zaitun sanggup dijadikan es krim juga, loh!


Bahan yang diharapkan adalah 875ml susu full-fat, 250ml double cream, 220g gula kastor (caster sugar), 10 kuning telur, ½ sdt ekstrak vanili, sea-salt flakes (serpihan garam laut) secukupnya, dan 75ml minyak zaitun ekstra virgin. Resepnya sanggup Anda baca di sini.


Nah, itu ia jenis-jenis, manfaat, dan cara mengkonsumsi minyak zaitun dari Bacaterus. Minyak zaitun memang menyehatkan, tapi ingat untuk membatasi penggunaannya, ya. Karena, bagaimanapun juga, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Selain yang sudah kami sebutkan di atas, apakah Anda tahu resep lezat dari minyak zaitun lainnya? Share, ya, di kolom komentar.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun Yang Menyehatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel