iklan

Usaha Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Hasil Produksi

Cara Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi – Adalah Kenaikan kebutuhan insan yang berlangsung, tidak sebanding dengan jumlah produksi yang dihasilkan. Oleh alasannya yakni itu, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan hasil produksi. Upaya upaya tersebut dilakukan dengan cara ekstensifikasi, intensifikasi, diversifikasi, spesialisasi, dan mekanisasi.

a. Ekstensifikasi
Ekstensifikasi yakni upaya meningkatkan hasil produksi barang atau jasa dengan menambah faktor-faktor produksi yang bekerjasama eksklusif dengan proses produksi. Misalnya, menambah jumlah tenaga kerja. Pada sektor pertanian untuk meningkatkan hasil produksi, petani sanggup melaksanakan ekstensifikasi, yaitu dengan menambah luas lahan pertanian atau dengan membuka lahan baru.

b. Intensifikasi
Intensifikasi yakni upaya meningkatkan hasil produksi barang atau jasa dengan meningkatkan kualitas faktor produksi. Misalnya, dengan menawarkan training (trainning) bagi para karyawan. Pada perjuangan pertanian untuk meningkatkan hasil produksi padi, intensifikasi dilakukan dengan menawarkan pemupukan secara sempurna dan teratur, pengairan yang baik, serta penyemprotan flora yang dilakukan secara berkala.

c. Diversifikasi
Diversifikasi yakni upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi barang atau jasa melalui penganekaragaman hasil produksi. Misalnya, dengan menambah jenis barang yang dihasilnya (diversifikasi produk). Contohnya, PT Unilever Indonesia meningkatkan hasil produksi dengan memproduksi banyak sekali jenis produk, ibarat detergen, pasta gigi, sabun mandi, dan shampo.


Sebelumnya mengenai Macam Jenis Faktor Produksi Turunan ini sanggup menambah pengetahuan anda


d. Spesialisasi
Spesialisasi yakni upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi barang atau jasa melalui pembagian kerja menurut kemampuan dan keahlian. Misalnya dalam sebuah industri garment, spesialisasi dilakukan dengan pembagian kerja, ibarat karyawan yang bertugas memotong kain, menciptakan pola, dan menjahit pakaian hingga dengan proses selesai (finishing).

Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi


e. Mekanisasi
Mekanisasi yakni upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi barang atau jasa dengan cara mengganti peralatan yang dioperasikan secara manual dengan mesin-mesin yang proses pengerjaannya dilakukan secara otomatis. Misalnya pada perjuangan pertanian, untuk mengolah tanah, petani biasanya memakai bajak atau cangkul, tetapi dengan mekanisasi, petani sanggup memakai traktor.




Sekian mengenai Cara Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi, biar apa yang telah dirangkum dan dipaparkan diatas sanggup membantu kalian yang membutuhkan.

Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Usaha Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Hasil Produksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel