iklan

Rangkuman Teladan Penggunaan Lahan Dan Daerah Permukiman



Pernahkah kau berkunjung ke perdesaan atau perkotaan? Ketika menyusuri daerah perdesaan terlihat pemandangan alam berupa areal pertanian yang luas, pemukiman penduduk yang jarang, dan jalan kecil yang sederhana. Namun, saat kau mengunjungi daerah perkotaan akan terlihat gedung-gedung bertingkat, permukiman yang padat, sentra pemerintahan, dan pusatpusat perdagangan.

Pada dasarnya terdapat perbedaan contoh peng gunaan lahan di perdesaan dengan perkotaan. Apakah faktor pendorong adanya perbedaan penggunaan lahan tersebut?

Bagaimana hubungan atau keterkaitan antara ragam bentuk muka bumi dan kondisi wilayah terhadap contoh penggunaan lahan, daerah permukiman, dan acara perekonomian masyarakat setempat?




Ikhtisar

Faktor alam yang besar lengan berkuasa terhadap contoh penggunaan lahan di muka bumi antara lain sebagai berikut.
1. Ketinggian tempat
2. Kandungan unsur hara
3. Kecuraman lereng
4. Struktur dan tekstur tanah

Tanah ialah bab kerak bumi yang tersusun atas lapisan mineral dan materi organik. Adapun lahan ialah lingkungan fisik yang terdiri atas iklim, relief, tanah, air, vegetasi, serta bendabenda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya terhadap penggunaan lahan, termasuk juga hasil acara manusia.

Pola penggunaan lahan di wilayah perdesaan sebagian besar difungsikan sebagai lahan pertanian, per kebunan, dan peternakan.

Pola penggunaan lahan di wilayah perkotaan sebagian besar difungsikan sebagai daerah industri, permukiman, sentra pemerintahan, dan kemudahan hiburan.

Adapun faktor-faktor yang sanggup mengakibatkan terjadinya heterogenitas masyarakat di daerah perkotaan, yaitu sebagai berikut.
1. Perilaku masyarakatnya individualisme.
2. Masyarakatnya terdiri atas keragaman suku dan budaya (multietnis).
3. Kegiatan perekonomian sangat bermacam-macam dan bergerak di luar sektor pertanian.
4. Tingginya nilai jual dan harga tanah di daerah perkotaan.
5. Munculnya bermacam-macam konflik sosial akhir perbedaan kepentingan.
6. Pola permukiman penduduk cenderung padat dan kompleks.

Kegiatan perekonomian di Indonesia selain di sektor pertanian mencakup perdagangan, perindustrian, transportasi, dan komunikasi.

Pola permukiman penduduk terdiri atas contoh permukiman memanjang (linear), contoh permukiman terpusat (nucleated), dan contoh permukiman tersebar (dispersed).


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Teladan Penggunaan Lahan Dan Daerah Permukiman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel