iklan

Pengertian Jaringan Komputer Lengkap Fungsinya

Pengertian Jaringan Komputer Lengkap Fungsinya- Diera isu ketika ini, kebutuhan akan isu merupakan hal yang sangat penting terutama dalam sebuah bisnis, oleh alasannya yaitu itu orang orang bekerja dalam sebuah TIM, bekerja sama saling bertukar isu dan banyak sekali sumberdaya.

Untuk mendukung pertukaran data dan isu serta banyak sekali sumber daya maka kita membutuhkan jaringan komputer. Pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian jaringan komputer.

Baca juga:
Jenis Jenis Jaringan Komputer
Pengertian Topologi Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
Macam Macam Jaringan Komputer
Protokol Jaringan Komputer

Maka dari itu mari kita ikuti postingan ini hingga ke selesai.

Peranan komputer dalam kehidupan sehari hari semakin penting. Berbagai aktivitas bisnis dan diberbagai bidang industri dilakukan dengan memakai komputer.

Oleh karena, itu kebutuhan mengolah data-data dan informasi, demi kelancaran dan efesiensi untuk pengolahan data suatu isu dari satu komputer ke komputer yang lain, maka komputer-komputer yang ada dihubungkan satu sama lain, kumpulan komputer yang terhubung dengan satu yang lain disebut dengan jaringan komputer.


Pengertian Jaringan Komputer Lengkap Fungsinya Pengertian Jaringan Komputer Lengkap Fungsinya
Jaringan Komputer

Dalam sebuah jaringan komputer ada yang disebut dengan komputer server dan beberapa komputer klien. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan pengiriman data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan.

Dengan kata lain komputer server berfungsi untuk mengatur pedoman data dalam jaringan. Selain itu komputer server juga berfungsi untuk penyedia resource yang diharapkan oleh komputer-komputer klien.

Jika jaringan komputer terhubung ke internet, komputer server juga sanggup berfungsi sebagai gateway, disebut sebagai gateway alasannya yaitu komputer server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang diguanakan oleh komputer klien untuk mengakses internet.

Selain itu komputer server juga sanggup berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman halaman web dari sebuah situs web, dan juga sebagai mail server atau komputer yang memperlihatkan layanan mail.

Dilihat dari klarifikasi, jaringan komputer terbagi menjadi tiga :

1. Berdasarkan Geografis.
Berdasarkan Geografis, jaringan komputer terbagi jadi jaringan area lokal atau yang sering disebut dengan Local Area Network (LAN), jaringan area metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN).

Jaringan LAN yaitu jaringan milik langsung di dalam satu gedung atau lokasi yang berjarak hingga beberapa km contohnya dari 1 - 10 km.

LAN sangat sering dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer-komputer langsung dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor satu perusahaan atau pabrik-pabrik untut memanfaatkan dengan sumberdaya contohnya pencetak (printer) dan saling bertukar info.

Sedangkan Jaringan Area Metropolitan atau MAN yaitu lebih luas dari jaringan LAN luas maka sanggup meliputi satu kota yang sangat luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 km.

Kabel transmisi yang dipakai ialah kabel serat optik (Fiber Optic).

Jaringan WAN Ialah jaringan antarkota, antar provinsi, antar negeri, bahkan antar benua. Jaraknya sanggup meliputi seluruh dunia, contohnya jaringan yang menghubungkan seluruh bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan seluruh kantor Perwakilan Indonesia di semua dunia.

Alat transmisi yang pokok dipakai ialah komunikasi melalui satelit, namun tidak sedikit yang mengandalkan koneksi serat optik antar negeri.

2. Berdasarkan Fungsi.
Jaringan Komputer menurut fungsi terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server intinya ada satu komputer yang disiapkan jadi server (peladen) dari komputer yang lain yang sebagai klien (client).

Seluruh usul pelayanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer server, komputer server ini yang akan mengatur pelayanannya. Jika komunikasi usul pelayanan sangat sibuk maka kita harus menyiapkan lebih dari satu komputer yang akan dijadikan server, maka ada pembagian pekerjaan, contohnya file-server, print-server, database server dan seterusnya.

Sudah tentu konfigurasi komputer server kebanyakan lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari sudut kapasitas memori, kapasitas Harddisk, ataupun kecepatan prosessornya.

Sedangkan jaringan peer to peer itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling memberi dukungan, maka tiap-tiap komputer sanggup meminta penggunaan dengan sumberdaya dari komputer yang lain, begitu juga harus siap melayani usul dari komputer yang lain.

Model jaringan ini umumnya sanggup diterapkan pada jumlah komputer yang cukup banyak, maksimum 25, karena komunikasi sanggup jadi rumit dan tertahan bilamana komputer terlalu banyak.

3. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi
Untuk jaringan komputer menurut topologinya, silahkan klik pada link di atas.

Baca juga: Pengertian Topologi Ring serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi Star serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi BUS serta Kelebihan dan Kekurangannya


Terimakasih alasannya yaitu anda sudah membaca pengertian jaringan komputer lengkap dengan fungsinya. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya. :D

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer Lengkap Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel