iklan

Latihan Soal Ukg Modul G Kelas Atas Sd


SOAL UKG MODUL G KELAS ATAS SD

1.      Salah satu langkah dalam pengembangan RPP yang tepat adalah…
A.    Analisis KI dan KD untuk menetapkan model pembelajaran
B.     Analisis KI dan KD untuk menetapkan materi pembelajaran
C.    Analisis KI dan KD untuk menetapkan IPK
D.    Analisis KI dan KD untuk menetapkan tujuan pembelajaran
2.      Empati kita terhadap orang yang jujur. Cinta kita terhadap kejujuran dan pengendalian diri kita untuk selalu berlaku jujur termasuk…
A.    Cita-cita moral
B.     Prilaku moral
C.     Konsep moral
D.    Sikap moral
3.      Tindakan yang sanggup dilakukan guru untuk menumbuhkan sikap kebersamaan dalam keragaman budaya pada kelas yang heterogen adalah….
A.    Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman suku
B.     Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman intelegensi
C.     Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman gender
D.    Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman ekonomi
4.      Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan petunjuk atas semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia diberbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa. Pernyataan ini merupakan pembuktian pancasila sebagai…
A.    Perjanjian luhur bangsa Indonesia
B.     Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
C.    Pandangan hidup bangsa Indonesia
D.    Kepribadian bangsa Indonesia
5.      Prilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara tercermin…..
A.    Pada pengetahuan dimana lebih ditekankan pada aspek sikap dalam keseharian
B.     Pada pengetahuan ,sikap, nilai dan prilaku yang Nampak dalam keseharian
C.     Pada pengetahuan dimana lebih ditekankan pada sikap keseharian
D.    Pada penetahuan dimana lebih ditekankan aspek nilai dalam keseharian
6.      Menurut UU No.12 tahun 2006 ihwal kewarganegaraan Republik Indonesia, orang yang menjadi warga negara Indonesia (WNI) kecuali..
A.    Anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu Warga Negara Asing (WNA) atau sebaliknya
B.     Anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI
C.     Anak yang llahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI
D.    Setiap orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah tinggal di Indonesia
7.      Sumber berguru yaitu tumpuan , objek dan atu materi yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran , sumber berguru yang termasuk media cetak adalah..
A.    Buku,majalah,kaset, dan lembear kerja akseptor didik
B.     Buku, majalah,jurnal, dan rekaman video
C.    Buku,majalah,jurnal,dan lembar kerja akseptor didik
D.    Buku ,situs sejarah, jurnal,dan lembar kerja akseptor didik
8.      Berikut ini yaitu pola sikap/perilaku yang mencerminkan cinta tanah air dan bela Negara adalah…
A.    Orang yang berobat ke luar negri
B.     Jemaah haji yang pergi ketanah suci
C.    Olahragawan yang bertanding di luar negri yang mewakili Negara
D.    TKI yang bekerja di luar negri
9.      Kepatuhan masyarakat terhadap norma, kebiasaan,adat istiadat dan peraturan yang berlaku akan mewujudkan…
A.    Keadilan sosial
B.     Kepastian hukum
C.    Ketertiban dalam masyarakat
D.    Kebahagiaan dalam masyarakat
10.  Pengamalan sila ketuhanan Yang Maha Esa wajib ditunjukan dalam bentuk perbuatan sehari-hari sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing kecuali..
A.    Menunjukan dalam arti berbuat kasih sayang pada sesama insan dan sesama anggota keluarga
B.     Hidup rukun dengan tetangga tidak menjadi tetangga yang “berisik” hidup rukun denan masyarakat dimana kita hidup dan berdomisili
C.     Memberi sumbangan kepada fakir miskin, orang-orang lanjut usia, panti asuhan dan korban bencan alam
D.    Tidak bertindak kejam kepada makhluk hidup ,binatang, menembak burung semena-mena. Memelihara binatang dan memperlakukannya dengan baik
11.  Dalam silabus tertera KD 3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara ekspresi dan tulis memakai aspek: apa,dimana,kapan,siapa,menggapa dan bagaimana.
Materi yang paling utama untuk KD tersebut adalah…
A.    Menyajikan teks narasi sejarah dengan bahasa ekspresi dan tulis
B.     Menggali informasi penting dengan memakai kata Tanya
C.     Menyajikan teks narasi sejarah dengan memakai kata Tanya
D.    Menggali informasi dari teks narasi sejarah dengan bahasa ekspresi dan tulis
12.  Salah satu pola kegiatan guru dalam merancang pembelajaran didalam kelas utamanya dalam kegiatan inti,guru memfasilitasi akseptor didik untuk melaksanakan proses pengumpulan informasi /mencoba adalah…
A.    Memberi kesempatan akseptor didik nutuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan mengambil aneka macam kesimpulan dari pola yang ditemukan
B.     Membuka secara luas dan bervariasi mmmmmmemberi kesempatan bagi akseptor didik untuk melaksanakan kegiatan melihat, menyimak ,mendengar dan membaca
C.     Memberi kesempatan secara luas kepada akseptor didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat , disimak, di baca atau dilihat
D.    Memberi kiprah akseptor didik untuk membaca buku yang lebih banyak ,memperhatikan fenomean atau objek yang lebih teliti ,atau melaksanakan eksperimen
13.    Keputusan bersama harus mewakili kepentingan…
A.    Pihak tertentu
B.     Organisasi tertentu
C.     Sebagian anggota
D.    Seluruh anggota rapat
14.  Contoh sikap kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat di sekitar kita tercermin dalam …
A.    Bekerjasama dalam pembuatan tempat ibadah
B.     Bekerjasama dalam program ibadah keagamaan
C.     Kerjasama dalam penyelesaian problem dalam agama
D.    Bergotongroyong dalam menciptakan jalan umum
15.  Dalam berbagi kompetensi kepribadian , apabila ada siswa yang bertanya dan Anda kurang menguasai materi tersebut.Maka reaksi Anda seharusnya…
A.    Meminta siswa lain untuk menjawabnya
B.     Menangguhkan jawabannya
C.     Memberitahukan bahwa materi itu tidak dibahas sekarang
D.    Mengatakan terus terang bahwa belum menguasai materi tersebut
16.  Maraknya kasus korupsi di Indonesia merupakan salah satu indikasi dari…
A.    Oknum tersebut belum memahami manfaat dari konsep kejujuran dalam kehidupan
B.     Oknum tersebut belum mengetahui  konsep kejujuran dalam kehidupan
C.     Oknum tersebut sudah menerapkan konsep jujur dalam kehidupannua
D.    Oknum tersebut belum menerapkan kejujuran dalam kehidupan
17.  Penggunaan media dikatakan efektif apabila dapat…
A.    Meningkatkan pencapaian hasil belajar
B.     Membantu guru mempercepat materi
C.     Meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
D.    Menyelesaikan materi semoga melebihi target
18.  Dalam menuntaskan soal KPK dalam kelompok, sikap apa yang perlu dimiliki masing-masing anggota kelompok?
A.    Hanya mengerjakan soal yang mudah
B.     Selalu bertanya
C.    Kerjasama dan tanggung jawab
D.    Selalu berdasarkan jikalau disuruh
19.  Sila keempat pancasila mengandung makna?
A.    Masyarakat Indonesia populer dengan kehidupan yang rukun dan saling menolong
B.     Masyarakat Indonesia memilih demokrasi pancasila
C.     Masyarakat Indonesia menjalankan demokrasi dengan menentukan wakilnya di DPR
D.    Masyrakat Indonesia populer senang bermusyawarah
20.  Contoh sikap yang tidak menerangkan rasa cinta tanah air dan bangsa ditunjukan dengan cara…
A.    Senang mempelajari budaya barat
B.     Taat membayar pajak bumi dan bangunan
C.     Bangga memakai produk dalam negri
D.    Senang mempelajari budaya nusantara
21.  Salah satu pola kegiatan guru melaksanakan proses pembelajaran utamanya pada kegiatan inti yang sanggup membantu akseptor didik menginternalisasi nilai-nilai abjad pada tahap klarifikasi terperinci adalah…
A.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antar akseptor didik serta antar akseptor didik dengan guru,lingkungan, dan sumber berguru lainnya (kerjasama,saling menghargai,peduli lingkungan)
B.     Memfasilitasi akseptor didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh mengalaman berguru yang telah dilakukan (memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
C.    Memfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara ekspresi maupun tertulis(kreatif,percaya diri ,kritis, saling menghargai,santun)
D.    Memfasilitasi akseptor didik mencari informasi yang luas dan dalam ihwal topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber (mandiri,berfikir,logis,kreatif,kerjasama)
22.  Contoh sikap yang menggambarkan proteksi HAM dalam kehidupan sehari-hari adalah…
A.    Menghsrgsi pendspst orsng lain yang berbeda dengan kita
B.     Memberi proteksi pada pendidik yang dituduh main hakim sendiri pada siswanya
C.     Memberi sedekah kepada pengemis
D.    Menghormati orang yang tidak pakai helem pada ketika mengendarai motor
23.  Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman berguru “menalar” adalah…
A.    Peserta didik mendengarkan bemacam-macan bunyi hewan
B.     Peserta didik bercerita ihwal binatang peliharaan
C.    Peserta didik membandingkan binatang peliharaan dan binatang buas
D.    Peserta didik menggambar macam-macam hewan
24.  Pengendalian diri kita untuk selalu berlaku jujur merupakan contoh…
A.    Sikap moral kewarganegaraan
B.     Makna moral kewarganegaraan
C.     Prilaku moral kewarganegaraan
D.    Konsep moral kewarganegaraan
25.  Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah…
A.    Keaktifan siswa menulis karangan
B.     Kemampuan siswa mendalami materi
C.     Keterampilan siswa menulis cerita
D.    Keaktifan siswa berguru di kelas
26.  Perhatika KD 3.1 berikut “menjelasakn bentuk luar badan binatang dan tumbuhan dan fungsinya”. Berdasarkan KD tersebut, rumusan indicator pembelajaran yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah…
A.    Menjelaskan fungsi bentuk luar badan tumbuhan
B.     Melakukan percobaan bentuk luar organ badan tumbuhan
C.     Melakukan pengamatan bentuk luar organ badan tumbuhan
D.    Menjelaskan susunan bentuk luar organ tunuh tumbuhan
27.  Hubungan dasar Negara pancasila dengan konstitusi (UUD 1945 ) sanggup dikaji melalui …
A.    Dalam pasal 23 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945
B.     Alinea kedua dari pancasila
C.     Dalam batang badan Undang-Undang Dasar 1945
D.    Pembukaan dan pasal-pasal Undang-Undang Dasar 1945
28.  Berikut ini merupakan pola moral kewarganegaraan , kecuali…
A.    Empati kita terhadap orang yang jujur
B.     Kesadaran perlunya kejujuran
C.     Cinta kita terhadap kejujuran
D.    Rasa percaya diri kita untuk senantiasa berlaku jujur pada orang lain
29.  Pancasila sebagai ideology dan Dasar Negara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari . Bentuk dan upaya melaksakan nilai-nilai pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan benegara tercermin dalam sikap dan perilaku…Pelaksanaan nilai-nilai pancasila dilingkungan sekolah antara lain dilaksanakan dengan cara…
A.    Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
B.     Membantu korban peristiwa alam
C.     Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
D.    Mentaati tata tertib sekolah
30.  Media pembelajaran yang tepat untuk indicator pencapaian kompetensi “ mengidentifikasi materi dan alat yang digunakan untuk teknik mencetak dengan tepat” adalah…
A.    Krayon dan foto akseptor didik
B.     Potongan buah apel dan gambar pohon apel
C.     Pelepah pisang dan buah manga
D.    Potongan buah belimbing dan pelepah pisang
31.  Berikut ini yang merupakan pola penerapan norma aturan di lingkungan masyarakat adalah…
A.    Warga memperlihatkan kesempatan untuk warga yang berlainan agama untuk beribadah
B.     Warga menjenguk tetangga yang sedang sakit
C.    Warga yang terbukti mencuri dieksekusi sesuai dengan undang-undang yang berlaku
D.    Warga saling bergotong royong untuk membangun jalan
32.  Dalam menuntaskan yang menganut demokrasi pancasila,maka problem yang menyangkut kepentingan bersama mengedepankan cara…
A.    Musyawarah mufakat
B.     Harus menuntaskan melalui jalur hukum
C.     Presiden
D.    Menyerahkan kepada pihak yang bersengketa
33.  Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran , hal-hal yang harus diperhatikan guru yaitu …
A.    Menyusun kriteria penilaian,lembar pengamatan,contoh soal dan teknik penskoran
B.     Mengidentifikasi materi bimbing berdasarkan materi pokok pembelajaran yang terdapat dalam silabus
C.     Menentukan alat,bahan,sumber berguru yang digunakan
D.    Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
34.  Contoh sikap cinta tanah air serta bela Negara berdasarkan abjad masyarakat Indonesia adalah…
A.    Senang memakai produk luar negri Karen lebih tinggi kualitasnya
B.     Mengundang investor absurd untuk membuka usahanya di Indonesia
C.    Mencintai dan memakai produk dalam negri semoga pengusaha local bias maju
D.    Melarang orang absurd untuk berjkunjung ke indonesia 
35.  Pemilihan media dalam pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan…
A.    Kesesuaian kelengkapan dan kualitas media
B.     Kecanggihan media dengan paradigma pembelajaran
C.     Kesesuaian media dengan paradigma pembelajaran
D.    Kesesuain media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
36.  Contoh sikap berdasarkan moral kewarganegaraan antara lain…
A.    Kebiasaan untuk selalu bersikap dan berbuat jujur
B.     Kesadaran perlunya kejujuran
C.     Kata hati kita ihwal kejujuran
D.    Cinta kita terhadap kejujuran
37.  Kemampuan bersikap dan berlaku jujur ,kemauan untuk senantiasa berusaha jujur, dan kebiasaan untuk selalu bersikap dan berbuat jujur. Ketiga hal tersebut merupakan salah satu aspek dari teori Linchona (1992) tentang…
A.    Perilaku moral
B.     Sikap moral
C.     Teori moral
D.    Konsep moral
38.  Kebiasaan untuk selalu bersikap dan berbuat jujur merupakan pola dari…
A.    Makna moral kewarganegaraan
B.     Perilaku moral kewarganegaraan
C.     Konsep moral kewrganegaraan
D.    Sikap moral kewarganegaraan
39.  Perhatikan KD 3.4 “menggali informasi dari teks dongeng ihwal kondisi alam dengan sumbangan guru atau teman dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosa kata bahasa tempat untuk membantu pemahaman.” Bedasarkan KD tersebut, rumusan indicator pemahaman akseptor didik yang tepat adalah…
A.    Menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
B.     Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
C.     Membaca teks dongeng dengan nyaring
D.    Menyebutkan pokok pikiran dari teks bacaan
40.  Menguasai materi keilmuan yang mencakup dimensi pengetahuan,sikap,nilai,perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran ppkn.
A.    Perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara sanggup dilaksanakan dalam kegiatan
B.     Menjaga kemanan lingkungan sekitar
C.     Menganalisis pola sikap kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara
D.    Mencontoh sikap kebersamaan dalam keragaman budaya dalam masyarakat , berbangsa dan bernegara sanggup dilaksanakan dalam kegiatan
41.  Media pembelajaran yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “mengidentifikasi insiden siang dan malam (cuaca cerah dan hujan) secara lisan.” Adalah ....
a.       Teks ihwal insiden siang dan malam
b.      Video insiden pada siang hari
c.       Gambar cuaca cerah pada siang hari
d.      Video insiden siang dan malam
42.  Materi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran “memahami dasar pemikiran tindakan negara dari sumber segala sumber aturan negara” yaitu ....
a.       Pancasila sebagai pedoman hidup, sebagai pandangan hidup dan budaya bangsa
b.      Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
c.       Pancasila sebagai dasar negara
d.      Pancasila sebagai ideologi bangsa
43.  Salah satu pola sikap yang tergolong pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia dan perlu menerima proteksi misalnya....
a.       Seorang hakim menjatuhkan hukuman mati terhadap bandar narkoba
b.      Guru yang menghukum siswanya yang tidak disiplin
c.       Sorang eksekutif yang melarang karyawannya melaksanakan ibadah
d.      Seoang polisi menembak mati perampok yang melawannya
44.  Berikut ini yang merupakan contoh penerapan norma agama di lingkungan keluarga adalah....
a.       Ibu mengajarkan cara berbicara yang sopan kepada anaknya
b.      Ayah mengajak anggota keluarganya untuk sholat magrib berjamaah
c.       Kakak menegur adiknya yang tidak mentaati nasihat orangtua
d.      Andi dan ana selalu membantu pekerjaan rumah
45.  Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman berguru “mengkomunikasikan” adalah....
a.       Siswa membandingkan pengembangbiakan hewan
b.      Siswa mengamati gambar macam-macam hewan
c.       Siswa brdiskusi ihwal pengembangbiakan hewan
d.      Peserta didik menciptakan laporan ihwal binatang peliharaan di rumah
46.  Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat. Mereka menjunjung tinggi....
a.       Kerja keras
b.      Egoisme
c.       Kesukuan
d.      Toleransi
47.  Perhatikan KD 3.2 berikut “Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.” Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran. Berikut ini indikator yang tidaka sesuai dengan KD tersebut adalah....
a.       Mengidentifikasi jenis binatang yang mengalami metamorfosis tepat dan tidak sempurna
b.      Membedakan metamorfosis tepat dan tidak sempurna
c.       Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
d.      Mengamati jenis binatang yang mengalami metamorfosis tepat dan tidak sempurna
48.  Aturan atau ketetuan yang mengikat warga masyarakat, dipakai  sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laris yang sesuai dan diterima oleh masyarakat disebut....
a.       Kebiasaan
b.      Hukum
c.       Norma
d.      Konstitusi
49.  Dalam hidup berdampingan dengan negara lain, sebagai bangsa yang besar Indonesia haruslah menerangkan sikap prilaku, antara lain....
a.      Ikut berperan dalam menjaga perdamaian dunia
b.      Ikut serta menuntaskan problem yang terjadi di negara lain
c.       Menghargai aturan yang berlaku di negara lain
d.      Terlibat dalam memberantas t3r0ris internasional
50.  Alasan guru mengunakan media dalam pembelajaran adalah....
a.       Tuntutan kurikulum
b.      Keberadaan media mengurangi beban kiprah guru
c.       Media membantu siswa agarlebih gampang memahami
d.      Anjuran kepala sekolah
51.  Kegiatan berguru berikut yang sanggup dievaluasi dengan tes kinerja adalah....
a.       Memecahkan masalah
b.      Melakukan percobaan
c.       Berhitung/matematika
d.      Membuat karya tulis
52.  Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PKn dalam dimensi....
a.       sikap, nilai dan perilaku
b.      pengetahuan, sikap, nilai dan perilaku
c.       pengetahuan dan sikap
d.      nilai, sikap dan perilaku
53.  Perilaku korupsi dan manipulatif ada di mana-mana. Secara teori semua orang mengajarkan untuk hidup jujur, akan tetapipada prakteknya justru cenderung menoloka kejujuran. Ada seseorang yang justru tersingkir dari jabatannya justru alasannya ia menentukan untuk tetap jujur. Hal tersebut mengindikasikan....
a.       Rasa hormat yang besar kepada orang yang berlaku jujur
b.      Pengendalian diri kita untuk selalu berlaku jujur
c.       Rasa percaya diri yang besar untuk senantiasa berlaku jujur pada orang lain
d.      Kesadaran akan perlunya kejujuran masih rendah
54.. Di dalam tatanan kehidupan masyarakat terdapat aturan yang mengikat dengan aneka macam aturan. Keunggulan norm ahukum dinading norma-norma yang lain terletak pada....
a.       Hukumannya yang bersifat fisik
b.      Luasnya ruang lingkup berlakunya norma itu
c.       Kekuatan mengikatnya
d.      Kepatuhan insan terhadap norma itu

55.  Contoh soal ihwal kesadaran perlunya kejujuran merupakan suatu perjuangan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang....
a.       Definisi moral
b.      Konsep moral
c.       Perilaku moral
d.      Sikap moral

56.              Dalam silabus tertera KD 3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehar-hari.
Materi yang paling utama untuk KD tersebut adalah....
a.      Menentukan faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuan, dan KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
b.      Faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuam, dan KPK
c.       Faktor persekutuan, FPB, kelippatan persekutuan, dan KPK dari dua bilanga berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d.      Menentukan faktor persekutuan, FPB, kelipatan komplotan dan KPK

57.              Untuk memperlihatkan penguatan, pengayaan dan remedial, maka salah satu prinsip perancangan RPP yang harus diperhatikan adalah....
a.       Penekanan keterlibatan, keterpaduan kompetensi dasar dan materi pembelajaran serta indikator pencapaian kompetensi
b.      Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP
c.       Mengakomodasikan pembelajara tematik terpadu
d.      Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik

58.              Buku paket, video, film, bola dunia, grafik dan CD interaktif termasuk jenis sumber belajar....
a.       Pesan (message)
b.      Peralatan (device)
c.       Bahan (material)
d.      Lingkungan (setting)

59.  Berikut ini yang merupakan pola penerapan norma kesopanan di lingkungan sekolah yaitu ....
a.       Siswa yang terbukti mencuri diberi hukuman oleh sekolah
b.      Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran
c.       Siswa emberikan salam sambi mencium tangan guru
d.      Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa yang beragama lain untuk beribadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing

60.  Materi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran “memahami konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa” adalah....
a.      Pancasila sebagai ideologi bangsa
b.      Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
c.       Pancasila sebagai pedoman hidup, sebagai pandangan hidup dan budaya bangsa
d.      Pancasila sebagai dasar negara

61.  Salah satu pola kegiatan guru melaksanakan proses pembelajaran utamannya pada kegiatan inti yang sanggup membantu akseptor didik menginternalisasi nilai-nilai abjad pada tahap eksplorasi adalah....
a.       Menfasiitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri akseptor didik (percaya diri, saling meghargai, mandiri, kerjasama)
b.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar akseptor didik serta antara akseptor didik dengan guru, lingkungan, dan sumber berguru lainnya (kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
c.       Memfasilitasi akseptor didik melaksanakan refleksi untuk memperoeh pengalaman berguru yang telah dilakukan (memahami) kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
d.      Menfasilitasi akseptor didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan aggasan gres baik secara ekspresi maupun tertulis ( kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)

62.  Perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat dan bernegara sanggup dilaksanakan dalam kegiatan....
a.       Mebangun tempat-tempat ibadah
b.      Menjaga dan menerapkan budpekerti adat
c.       Pelaksanaan upacara adat
d.      Menjaga keamanan lingkungan

63.  Pancasila sebagai ideologi dan Dasar Negara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk dan upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara tercermin dalam sikap dan perilaku. Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah antara lain dilaksanakan dengan cara....
a.       Membantu korban peristiwa alam
b.      Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
c.       Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
d.      Mentaati tata tertib di sekolah

64.  Salah satu pola kegiatan guru dalam merancang pembelajaran di dalam kelas utamannya pada kegiatan inti, guru memfasilitasi akseptor didik untuk melaksanakan proses mengamati adalah....
a.      Membuka secara luas dan bervariasi memperlihatkan kesempatan bagi akseptor didik untuk melaksanakan kegiatan melihat, menyimak, mndengar, dan membaca
b.      Memberikan kesempatan akseptor didik untuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan mengambil aneka macam kesimpulan dari pola yang ditemukan
c.       Membuka kesempatan secara luas kepada akseptor didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca, atau dilihat
d.      Memberiakn kiprah akseptor didik untuk membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan fenomena atau objek yang lebih teliti atau melaksanakan eksperimen
65.  Berikut ini yang merupakan kegiatan pembelajaran PPKn secara tematik antara lain ...
a.      Siswa mempraktekkan salah satu jenis permainan
b.      Siswa menyebutkan macam-macam permainan
c.       Siswa menyebutkan sikap-sikap yang harus dimiliki dalam sebuah permainan
d.      Siswa menyebutkan salah satu pola permainan

66.  Kegiatan Pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman berguru “mengumpulkan informasi” yaitu akseptor didik ....
a.       Membandingkan aneka macam tumbuhan di lingkungannya
b.      Bercerita ihwal aneka macam tumbuhan di sekitarnya
c.       Melihat aneka macam tumbuhan di sekitarnya
d.      Berdiskusi ihwal aneka macam tumbuhan di sekitarnya

67.  Sikap dan sikap cinta tanah air serta bela negara berdasarkan abjad masyarakat Indonesia
a.      Ikut aktif dalam politik luar negeri
b.      Menolak sikap individualistik
c.       Menerima ideologi liberalisme dan sosialisme
d.      Ikut aktif dan berpartisipasi dalam mempertahankan negara dari bahaya luar negeri

68.  Tindakan bijaksana yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yaitu ...
a.       Bermusyawarah dengan pertimbangan baik buruk
b.      Hasil keputusan diambil secara musyawarah
c.       Menerima bahwa perbedaan pendapat memang ada
d.      Mempertimbangkan pendapat orang yang lebih tua

69.  Bentuk pelaksanaan demokarasi di Indonesia yaitu ...
a.      Pemilu dan pilkada
b.      Penunjukan langsung
c.       Voting
d.      Parlementer

70.  Salah satu nilai juang yang sanggup diteladani dari para perumus Pancasila yaitu musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
a.       Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri
b.      Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya
c.       Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan kebanggaan dari orang yang berbeda pendapat
d.      Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menuntaskan masalah

71.  Pancasila sebelum menjadi falsafah dan dasar negara nilai-nilai dasarnya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia yaitu ...
a.      Adat istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai religius
b.      Cerita pewayangan yang menjadi kebudayaan
c.       Sejarah kehidupan masa lalu
d.      Ajaran nenek moyang semenjak moyang semenjak dahulu kala

72.  Media pembelajaran yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis makhluk hidup” yaitu ...
a.      Video ihwal daur hidup kupu-kupu
b.      Video ihwal insiden hidup kupu-kupu
c.       Teks ihwal daur hidup kupu-kupu
d.      Gambar ihwal daur hidup kupu-kupu

73.  Pada tipe sistem pemerintahan presidensial kiprah tugas pemerintahan dipertanggung jawabkan oleh ...
a.       Presiden bersama DPR
b.      DPD
c.       Presiden
d.      DPR

74.  Salah satu pola kegiatan guru dalam merancang pembelajaran di kelas utamanya pada kegiatan inti, guru memfasilitasi akseptor didik untuk melaksanakan proses menanya yaitu ...
a.       Membuka secara luwes, bervariasi dan memberi kesempatan bagi akseptor didik untuk melaksanakan kegiatan melihat, menyimak, mendengar dan membaca
b.      Memberi kiprah akseptor didik untuk membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan fenomena atau objek yang lebih teliti, atau melaksanakan eksperimen
c.       Memberi kesempatan secara luas kepada akseptor didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dibuat.
d.      Memberi kesempatan akseptor didik untuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan mengambil aneka macam kesimpulan dari pola yang ditemukan

75.  Pernyataan yang tidak sesuai dengan rambu-rambu pelaksanaan demokrasi di Indonesia yaitu ...
a.      Kebebasan sepenuhnya dalam memberikan pendapat
b.      Mengutamakan keadilan dan kebebasan dalam pengambilan setiap kebijakan umum
c.       Senantiasa mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara
d.      Penghormatan terhadap harkat dan martabat kemanusiaan
76.  Dalam silabus tertera KD 3.4 menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada binatang dan insan serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
Materi yang paling utama untuk KD tersebut yaitu ...
a.       Organ peredaran darah, fungsi dan cara memelihara kesehatan pada manusia
b.      Fungsi dan cara memelihara organ peredaran darah pada binatang dan manusia
c.       Organ peredaran darah dan fungsinya pada binatang dan manusia
d.      Cara memelihara kesehatan organ peredaran darah binatang dan manusia
77. Instrumen pada setiap muatan pembelajaran mengacu pada indikator untuk KD pengetahuan dan keterampilan. Pernyataan di bawah ini yang benar ihwal penilaian ....
a.      Penilaian pengetahuan terdiri dari bentuk soal dan instrumen penilaian
b.      Penilaian pengetahuan terdiri dari bentuk soal dan lembar observasi
c.       Penilaian keterampilan terdiri dari instrumen penilaian dan soal
d.      Penilaian keterampilan dilakukan dengan soal dan alat observasi yang terkait keterampilan siswa


Sumber http://bpiabad21.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Latihan Soal Ukg Modul G Kelas Atas Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel