Contoh Soal Ppg Sd Pedagogik
1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi
problem yang mereka hadapi, kemudian problem itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapat solusinya.
problem yang mereka hadapi, kemudian problem itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapat solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan
kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan penerima didik untuk membina korelasi dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung mencar ilmu sendiri.
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung mencar ilmu sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan
perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
7. Peserta didik telah mempunyai yang memiliki
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu aba-aba moral pribadi.
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu aba-aba moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada
tahapan ...
tahapan ...
A. budi budi pascakonvensional
B. budi budi konvensional
C. budi budi prakonvensional
D. budi budi interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan
moral
moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melaksanakan kegiatan informal lainnya mempunyai fungsi untuk
mengatasi kesulitan mencar ilmu dalam hal ….
rekreasi dengan guru, dan melaksanakan kegiatan informal lainnya mempunyai fungsi untuk
mengatasi kesulitan mencar ilmu dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan korelasi yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat
pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah sampai
sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang sebab matahari
hampir tenggelam.
pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah sampai
sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang sebab matahari
hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai hambatan
pengembangan potensi berupa faktor ....
pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan mencar ilmu dalam
hal ....
yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan mencar ilmu dalam
hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak
pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa biar sanggup memecahkan masalah
pribadinya
pribadinya
B. Menbantu siswa biar sanggup melaksanakan penyesuaian
diri dengan lingkungannya
diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa biar sanggup mengatasi kesulitan
belajar
belajar
D. Membantu siswa biar memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang mencar ilmu sebagai hasil dari
pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari
siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara
rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya
(law of exercise). Teori mencar ilmu yang dimaksud adalah…
pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari
siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara
rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya
(law of exercise). Teori mencar ilmu yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
ialah sebagai fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori mencar ilmu ini
ialah ….
ialah sebagai fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori mencar ilmu ini
ialah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup belajar
setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi sebab kemajuan
teknologi yang memungkinkan mencar ilmu jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori mencar ilmu ….
setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi sebab kemajuan
teknologi yang memungkinkan mencar ilmu jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori mencar ilmu ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang ialah teori belajar…
pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang ialah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil mencar ilmu yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
hasil mencar ilmu yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran
terdiri dari....
terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses
pembelajaran, perbedaannya ialah sebagai berikut:
pembelajaran, perbedaannya ialah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan mencar ilmu untuk mencapai kompetensi dasar
mengarahkan kegiatan mencar ilmu untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus
dibentuk oleh tim guru
dibentuk oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada
penerima didik
penerima didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan aktivitas pada setiap
satuan pendidikan
satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia ialah sebagai berikut ......
bahasa Indonesia ialah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : sesudah pelaksanaan pemilihan
ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip
dipakai adalah....
dipakai adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif penerima didik
C. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif
dengan urutan berikut:
dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis,
dan evaluasi;
dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
sÃntesis, dan evaluasi
sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi
dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi,
dan, sÃntesis.
dan, sÃntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis,
dan evaluasi;
dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi
dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi,
dan, mencipta.
dan, mencipta.
25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan
antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan problem yang dihadapi
secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk
menuntaskan problem yang dihadapi dengan tepat, adalah….
antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan problem yang dihadapi
secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk
menuntaskan problem yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan problem proses pembelajaran adalah:
melaksanakan diskusi pemecahan problem proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan problem yang harus didiskusikan
C. Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi mencar ilmu siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
28. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, bila seorang
penerima didik tidak memperlihatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
penerima didik tidak memperlihatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab
pertanyaan tersebut
pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik biar penerima didik berusaha
menjawab walaupun salah
menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan biar gampang dipahami
penerima didik
penerima didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
B. Adanya korelasi yang konsisten (ajeg, taat asas)
antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian kompetensi dasar.
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara
fungsional dalam mencapai kompetensi.
fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL
ialah sebagai berikut, kecuali....
ialah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam menentukan dan menyebarkan materi
pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang
telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memperlihatkan kontribusi
untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang
telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memperlihatkan kontribusi
untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara
dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk mencar ilmu individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk mencar ilmu individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke
dalam kriteria...
dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru
sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…
sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa
dan sekolah
dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.
pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus mengikuti keadaan dengan kemampuan
sekolah.
sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru
harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..
harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..
A. media yang mempunyai daya liput yang luas dan
media yang mempunyai daya liput terbatas
media yang mempunyai daya liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia
mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia
mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah...
harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi
sekolah dan konteks penggunaan
sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media
karakteristik media
37. Seorang guru harus bisa memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik ialah media
yang berbasis TIK
yang berbasis TIK
B. sebuah media sanggup dipakai untuk semua kegiatan
pembelajaran
pembelajaran
C. media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan
dalam suatu kegiatan pembelajaran
dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan agar
tidak merepotkan
tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat
kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan penerima didik memahami materi yang
mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran.
Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan penerima didik memahami materi yang
mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran.
Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrit konsep yang ajaib
C. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan
mata telanjang.
mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.
dalam lingkungan belajar.
39. Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi
pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.
pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.
Berikut ini ialah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya
pasar, candi.
pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.
dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk
menjelaskan peredaran darah.
menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan
mata telanjang.
mata telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka
situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut
adalah…
adalah…
A. aktivitas mencari informasi
B. aktivitas desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. aktivitas penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi wacana suatu topik atau judul
sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari
(search engine).
sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari
(search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari
selain google adalah...
selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan
contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran
Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut
adalah...
contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran
Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut
adalah...
<![if !supportLists]>1.
<![endif]>Microsoft Database
<![endif]>Microsoft Database
<![if !supportLists]>2.
<![endif]>Microsoft PowerPoint
<![endif]>Microsoft PowerPoint
<![if !supportLists]>3.
<![endif]>Microsoft Desktop Publishing
<![endif]>Microsoft Desktop Publishing
<![if !supportLists]>4.
<![endif]>Microsoft Word
<![endif]>Microsoft Word
44. Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan
banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan
menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan
menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian
dari model pembelajaran…
dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan
memakai problem sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam
kurikulum.
memakai problem sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam
kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....
merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam
alternatif pendapat.
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam
alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran
dengan model pembelajaran project based learning :
dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek
(Monitor the Students and the Progress of the Project),
(Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar ialah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
yang masih acak berikut ini!
yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau
kelompok
kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan
model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna adalah
....
model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna adalah
....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria keberhasilan mencar ilmu siswa ditentukan
dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM ialah rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM ialah rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan
guru
guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake
siswa
siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar,
dan intake siswa
dan intake siswa
51. Fungsi KKM ialah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai teladan penerima didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
kompetensi tiap mata pelajaran
C. sanggup dipakai sebagai penggalan dari komponen dalam
melaksanakan penilaian aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
melaksanakan penilaian aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran,
tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil mencar ilmu siswa
B. Menambah materi pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti
aktivitas tindak lanjut
aktivitas tindak lanjut
D. Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan program
tindak lanjut
tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai
hasil mencar ilmu penerima didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
hasil mencar ilmu penerima didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar
penerima didik ialah penilaian harus terpadu artinya:
penerima didik ialah penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan
kemampuan yang harus diukur
kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan penggalan yang tak terpisahkan
dari kegiatan pembelajaran
dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang terang tentang
kompetensi yang harus dicapai
kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk
semua aspek kompetensi
semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian hasil mencar ilmu yang digunakan
pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang
sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi
yang dinilai
yang dinilai
C. Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan
taraf perkembangan penerima didik
taraf perkembangan penerima didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan
simpulan semester
simpulan semester
58. Untuk mengetahui prestasi mencar ilmu yang dicapai
oleh semua penerima didik pada satu rombongan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan
menghitung nilai;
oleh semua penerima didik pada satu rombongan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan
menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan teladan bagi
guru dalam melaksanakan
guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil mencar ilmu penerima didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian ialah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil belajar
penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan korelasi emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil belajar
penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan korelasi emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan pelengkap materi berupa sumber bimbing dari
pengarang yang berbeda
pengarang yang berbeda
B. memperlihatkan test pelengkap dengan tingkat kesukaran
lebih tinggi
lebih tinggi
C. memperlihatkan pelengkap sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan aktivitas remidi bagi penerima didik
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
A. proses pengajaran remedial intinya adalah
proses mencar ilmu mengajar biasa
proses mencar ilmu mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial ialah sama dengan test
diagnostik
diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
peningkatan kecerdasan siswa
D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah satu prinsip merancang aktivitas remidial bagi
penerima didik tampak dalam kegiatan guru ….
penerima didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
penerima remedial
penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
klarifikasi materi
klarifikasi materi
64. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan
kriteria ketuntasan mencar ilmu yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:
kriteria ketuntasan mencar ilmu yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai penerima didik
C. Nilai maksimal yang dicapai penerima didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan
cara ….
cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap
tugas-tugas siswa
tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test
harian dan sumatif tiap siswa
harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa
yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album
sebagai bukti hasil belajar
yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album
sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil mencar ilmu siswa didasarkan pada
karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post
test disebut ....
karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post
test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun
secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut
dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang
yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di
dalam kelompok.
secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut
dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang
yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di
dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian teladan patokan
D. penilaian teladan norma
68. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian
yang disebut dengan istilah penilaian teladan kriteria (PAK). PAK merupakan
penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan
minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan mencar ilmu minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik.
yang disebut dengan istilah penilaian teladan kriteria (PAK). PAK merupakan
penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan
minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan mencar ilmu minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian teladan patokan
d. Penilaian teladan norma
69. Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik
telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai
seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial
dan aktivitas pengayaan merupakan….
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai
seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial
dan aktivitas pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil mencar ilmu penerima didik harus
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan pada data yang
mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik
dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…
dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan
sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…
sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam melaksanakan assesmen hasil mencar ilmu penerima didik, kecuali….
dalam melaksanakan assesmen hasil mencar ilmu penerima didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. memakai teladan kriteria berdasarkan pencapaian
kompetensi
kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan aktivitas remedial dan
pengayaan
pengayaan
D. dilakukan pengulangan bila ternyata karenanya banyak
yang jelek
yang jelek
76. Program pembelajaran remedial hendaknya
memungkinkan penerima didik untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, kesempatan,
dan gaya mencar ilmu masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi
perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
memungkinkan penerima didik untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, kesempatan,
dan gaya mencar ilmu masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi
perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran
wacana memahami teks anekdot ternyata karenanya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti aktivitas remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti aktivitas pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
wacana memahami teks anekdot ternyata karenanya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti aktivitas remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti aktivitas pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD
tersebut
tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut
remedial
remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa
78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan pelengkap materi berupa sumber bimbing dari
pengarang yang berbeda
pengarang yang berbeda
B. memperlihatkan test pelengkap dengan tingkat kesukaran
lebih tinggi
lebih tinggi
C. memperlihatkan pelengkap sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan aktivitas remidi bagi penerima didik
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
A. proses pengajaran remedial intinya adalah
proses mencar ilmu mengajar biasa
proses mencar ilmu mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial ialah sama dengan test
diagnostik
diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
peningkatan kecerdasan siswa
D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang aktivitas remidial bagi
penerima didik tampak dalam kegiatan guru ….
penerima didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
penerima remedial
penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
klarifikasi materi
klarifikasi materi
81. Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan
tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
82. Mengetahui proses tindakan, imbas tindakan
(yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d)
bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
(yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d)
bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus
yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian
tindakan yang dimaksud ialah ….
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus
yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian
tindakan yang dimaksud ialah ….
A. A. observasi --> refleksi --> perencanaan
--> pelaksanaan tindakan
--> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan
tindakan --> observasi
tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan
tindakan --> refleksi
tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->
observasi --> refleksi
observasi --> refleksi
84. Rumusan problem dalam PTK berikut, yang mana
paling sempurna disebut sebagai rumusan problem PTK?
paling sempurna disebut sebagai rumusan problem PTK?
A. Apakah imbas permainan kiprah sanggup meningkatkan
keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi
juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?
juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal
dari lingkungan sekitar sekolah?
dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan kelas, problem yang
diteliti berasal dari ....
diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. harapan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini ialah prinsip-prinsip penelitian
tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….
tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi
secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK ialah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan
tindakan, kecuali….
tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan
dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat
penelitian harus menjadi penggalan dari PTK khususnya pada bagian….
penelitian harus menjadi penggalan dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan
skenarionya
skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapat dana penelitian
B. Uraian wacana komponen-komponen yang harus
dilakukan guru
dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap
perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
96. Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran
adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik
saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran
bagi penerima didik adalah....
adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik
saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran
bagi penerima didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pendidik dalam pembelajaran
kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik
memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didik
dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh
wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.
wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.
97. Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran
ialah melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik
antara lain ialah ….
ialah melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik
antara lain ialah ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan
hasil mencar ilmu penerima didik
hasil mencar ilmu penerima didik
B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil
mencar ilmu yang telah dilakukan
mencar ilmu yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pembelajaran
kegagalan pembelajaran
D. Untuk menyebarkan model pembelajaran sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu
dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari
pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan sanggup mengetahui
berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan
dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya ialah ....
pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan sanggup mengetahui
berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan
dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya ialah ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh
pendidik untuk perbaikan pembelajaran
pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di simpulan pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran
hingga simpulan pembelajaran
hingga simpulan pembelajaran
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus
dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan
kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah
….
dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan
kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah
….
A. Penilaian dilaksanakan di simpulan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
pembelajaran
C. Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan
sangat kritis
sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik
untuk perbaikan pembelajaran
untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui keberhasilan mencar ilmu peserta
didik, baik selama maupun sesudah penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu
sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau
wawancara wacana kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama
mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan memberikan
klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya ialah ...
didik, baik selama maupun sesudah penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu
sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau
wawancara wacana kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama
mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan memberikan
klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya ialah ...
A. Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti
pembelajaran?
pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan
biar efektif?
biar efektif?
C. Apakah kompetensi awal penerima didik untuk
mengikuti pembelajaran memadai?
mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa penerima didik kita memperlihatkan respon
negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan