iklan

Pengertian Bandwidth Dan Fungsinya

Pengertian Bandwidth dan Fungsinya - Apa itu Bandwidth? Bandwidth yakni luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth sanggup diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah.

Frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal bunyi tipikal mempunyai Bandwidth kira-kira 3 KHz, analog Televisi broadcast (Televisi) mempunyai Bandwidth kira-kira 6 MHz.

Bandwidth (lebar pita) dalam ilmu komputer merupakan sebuah penghitungan mengkonsumsi data yang tersedia pada sebuah telekomunikasi dihitung dalam unit Bps atau bits per seconds. Melihat bahwa bandwidth yang ada dalam komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik yakni bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam unit Hertz (makna sesungguhnya dari istilah tersebut) yang lebih cocok ditulis bitrate daripada bits per second.
 Bandwidth yakni luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam mediu Pengertian Bandwidth dan Fungsinya
Pengertian Bandwidth dan Fungsinya
Dalam dunia website hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebar pita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, nada, dan yang lain) yang berjalan antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu masa tertentu.

Misalnya 5 GB perbulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang sanggup dilakukan oleh semua klien yakni 5 GB, bila bandwidth habis maka situs tidak sanggup diakses hingga bulan baru. Semakin banyak feature di dalam situs ibarat gambar, video, suara, maka akan semakin banyak bandwidth yang akan digunakan.

Baca juga: Cara Download Video Youtube

Jenis-jenis Bandwidth


Digital Bandwidth
Digital Bandwidth yakni jumlah atau volume data yang bakal dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi dalam unit Bps tidak dengan distorsi.

Analog Bandwidth

Sedangkan analog Bandwidth yakni perbedaan antara frekuensi terendah dgn frekuensi paling atas dalam suatu rentang frekuensi yang diukur dalam unit Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang memastikan berapa banyak warta yang sanggup ditransimisikan dalam satu waktu.

Bandwidth Komputer
Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, Bandwidth sering difungsikan juga sebagai sebuah data transfer rate yakni jumlah data yang akan dipindah dari satu buah titik ke titik lain dalam jangka disaat tertentu (rata-rata dalam detik). Kategori Bandwidth ini rata-rata diukur dalam BPS bits per seken).
Adakalanya dinyatakan dalam BPS (bytes per seken). Sebuah modem yang bekerja pada 57,600 Bps mempunyai Bandwidth 2X lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 Bps. Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar akan menciptakan pengiriman warta besar ibarat pengiriman gambar/images dalam video presentation. Baca juga : Pengertian Presentasi Video


Alokasi bandwidth
Alokasi atau reservasi Bandwidth yakni suatu proses memastikan jatah Bandwidth pada pemakai  aplikasi dalam suatu jaringan. Termasuk juga didalamnya ditentukan prioritas pada bermacam macam kategori pedoman data menurut seberapa utama atau krusial dan delay-sensitive pedoman data tersebut.

Hal ini sanggup memungkinakna pemakaian Bandwidth yang ada secara efisien. Dan kalau sewaktu-waktu jaringan tersebut lambat, pedoman data yang mempunyai prioritas yang lebih rendah akan diberhentikan.

Besar nya saluran atau Bandwidth sanggup berdampak kepada kecepatan transmisi. Data dalam jumlah besar sanggup menempuh saluran yang mempunyai Bandwidth kecil lebih usang di bandingkan melintasi saluran yang mempunyai Bandwidth yang besar. Kecepatan transmisi tersebut sangat diperlukan untuk aplikasi komputer yang memerlukan jaringan terutama penerapan real-time, ibarat video conferencing.

Pemakaian Bandwidth untuk jaringan LAN bergantung pada jenis media atau medium yang dipakai, kebanyakan semakin tinggi Bandwidth yang ditawarkan oleh suatu media atau medium, makin tinggi juga nilai jualnya. Sedangkan pemakaian Bandwidth untuk jaringan WAN bergantung dari kapasitas yang ditawarkan dari pihak ISP.

Perusahaan harus membeli Bandwidth dari ISP, dan semakin tinggi Bandwidth yang dibutuhkan, semakin tinggi harganya. Baca juga : Pengertian ISP dan Fungsinya
Teknologi jaringan gres dikembangkan dan infrastruktur jaringan yang ada diperbaharui, aplikasi sanggup dimanfaatkan kebanyakan sanggup mengalami peningkatan dalam aspek mengonsumsi Bandwidth. Video streaming dan Voice over IP ([[VoIP]]) yakni beberapa teladan pemakaian teknologi gres yang memakai Bandwidth dalam jumlah yang besar.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Bandwidth Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel